Cara Memulai Bisnis Online (& 6 Ide Bisnis Mudah Untuk Pemula)

Avatar
Oleh        •   September 08, 2020      Rahasia Periklanan

 

Jika Anda ingin memulai bisnis online, maka Anda telah mendarat di website yang tepat. Di sini, kami akan memberi panduan terbaik untuk membuat bisnis online Anda meningkat dan berkembang, langkah-langkah yang perlu diambil untuk mengembangkan bisnis, dan memberikan beberapa ide bisnis untuk Anda.

 

 

Menggunakan Internet untuk menjalankan bisnis Anda

 

Terciptanya internet di dunia merupakan salah satu hal terbaik yang pernah terjadi pada kita. Itu telah mengubah cara kita hidup, dari cara kita bepergian (Google Maps vs peta tradisional + menanyakan arah) hingga cara kita mencari rekomendasi (ulasan online vs dari mulut ke mulut). Membuat bisnis online lebih mudah dari sebelumnya.

 

Dengan adanya broadband berkecepatan tinggi di berbagai tempat di seluruh dunia, kita bebas untuk mengoperasikan bisnis dari rumah dengan nyaman (tentunya, asal ada WiFi).

 

Hal terindah tentang bisnis online adalah pasarnya tidak terbatas hanya di negara Anda. Bermipilah tinggi. Dengan kekuatan internet, Anda dapat menjual produk secara global!

 

 

Mengapa sebagian besar bisnis online mengalami peningkatan

 

Segala sesuatu itu tidak semudah yang terlihat. Bahkan, dengan kemudahan dan manfaat internet dalam kehidupan kita, masih banyak orang yang gagal membangun bisnis mereka secara digital. Ini karena kebanyakan orang tidak tahu cara membuat, memasarkan, dan menjual produk mereka dalam ruang digital.

 

Membuat platform e-Commerce untuk produk terbaru tanpa rencana dan hanya ingin menjual, mirip seperti membeli tiket kereta satu arah yang akhirnya gagal.

 

 

Praktik & tips terbaik bisnis online

 

Pada artikel ini, kami akan membahas beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memastikan keberhasilan bisnis online Anda. Siapa sangka? Dengan ketekunan dan sedikit keberuntungan, Anda mungkin dapat mendapatkan keuntungan yang besar dan mengubah bisnis menjadi startup unicorn hebat berikutnya!

 

Terlepas dari apakah Anda seorang dokter hewan atau wirausahawan yang beruntung, kami yakin Anda akan merasakan bahwa tips berikut ini sangat berguna, jadi tandai halaman ini untuk pedoman Anda di masa depan.

 

Jika Anda ingin lebih banyak info baru dan trik-trik bisnis kecil, silakan berlangganan buletin kami juga.

 

Baiklah, cukup promosi diri yang tidak tahu malu ini, mari kita mulai pembahasan artikel ini!

 

 

Cara Memulai Bisnis Online

 

Langkah 1: Berikan Solusi Untuk Masalah Yang Ada

 

Masalah adalah peluang. Masalah bisa menjadi penghalang dan sangat menjengkelkan. Dengan mengenali masalah dan menciptakan produk/layanan yang memecahkan masalah itu, Anda menciptakan solusi yang dibutuhkan pasar. Ini adalah cara pasti untuk meningkatkan peluang menciptakan bisnis yang sukses.

 

Bahkan, jika Anda tidak masuk dalam bisnis pemecahan masalah, Anda akan sangat diuntungkan hanya dengan mengidentifikasi masalah pelanggan. Anda dapat memperbaiki masalah dan mendapat kunjungan kembali.

 

Anda dapat melakukannya dengan:

 

  • Mengunjungi forum yang relevan dengan produk/layanan Anda.
    Dengan membacai keluhan atau hal yang tidak disukai orang, Anda mendapatkan informasi berharga tentang masalah dan keinginan mereka. Beberapa website populer yang dapat Anda kunjungi adalah Reddit dan Bizwarriors. Atau, manfaatkan Facebook dan bergabung ke grup yang relevan dengan pasar Anda! Anda akan mendapatkan banyak informasi.
  •  

  • Mengunjungi Quora
    Quora dapat menjadi aset berharga untuk mengumpulkan wawasan. Quora memiliki lebih dari 200 juta pengguna unik setiap bulan, yang semuanya mencari solusi untuk masalah mereka.
  •  

  • Melakukan pemeriksaan kata kunci
    Pemeriksaan kata kunci membantu menemukan kata kunci yang dicari pengguna. Beri tanda pada beberapa kata kunci yang dicari orang tetapi yang tidak memiliki banyak persaing. Berikan solusi yang dicari orang.
  •  

  • Teliti persaingan Anda
    Kunjungi website pesaing untuk melihat apa yang mereka lakukan. Anda dapat melihat solusi apa yang mereka sediakan, kemudian Anda dapat “berinovasi” dari sana. (Asal tahu saja, ketika saya mengatakan “berinovasi”, maksud saya tiru dan tingkatkan.)

 

 

Langkah 2: Menjual Melalui Tulisan

 

Menulis artikel yang bagus salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan penjualan Anda. Pelajari teknik-teknik dasar copywriter atau sewa seorang copywriter yang baik (perlu diingat bahwa seorang penulis yang baik tidak selalu merupakan copywriter yang baik. Keduanya benar-benar memiliki rangkaian keahlian yang berbeda).

 

Seorang copywriter yang baik tahu di mana menempatkan tombol ajakan bertindak (call-to-action) dengan tepat. Mereka tahu cara menulis judul berita menarik yang pendek tetapi cukup kuat untuk menarik perhatian pengunjung Anda, dan membimbing selangkah demi selangkah sampai akhirnya ke halaman checkout. Mereka melakukan penjualan silang secara ahli setelah pelanggan membayar, dan membuat pembeli merasa senang.

 

Berikut adalah beberapa panduan tentang cara menulis dengan meyakinkan:

 

  • Buat headline yang singkat dan menarik.
  • Tulislah yang saat ini sedang populer di dunia maya. Pengunjung Anda memiliki rentang perhatian yang sangat pendek.
  • Jangan menggunakan kata atau bahasa yang rumit.
  • Menulis untuk suatu tujuan.
  • Gunakan pengalaman dari pembeli. Sudah terbukti efektif!

 

Jika ingin mempelajari lebih lanjut, baca artikel lengkap kami tentang cara menulis konten website.

 

 

Langkah 3: Buat Website yang Berkesan Premium

 

Ketika seseorang menemukan website bisnis kecil Anda, Anda memiliki waktu kurang dari 5 detik untuk membuat kesan yang baik. Website yang terlihat amatir tidak akan menarik kepercayaan orang, dan begitu mereka pergi, mereka biasanya mengucapkan selamat tinggal untuk selamanya.

 

Perhatikan Antarmuka (User Interface, UI) dan Pengalaman Pengguna (User Experience, UX).

 

  • Apakah user interface Anda mudah dioperasikan?
  • Apakah halaman Anda bisa merespon dengan cukup cepat?
  • Apakah mudah dibaca dengan latar belakang yang ada?
  • Apa saja nilai yang Anda tawarkan?
  • Apakah website Anda memberikan pengalaman yang menyenangakan untuk pelanggan?
  • Apakah mudah membeli barang dari website Anda?

 

Bayangkan website Anda adalah sebuah toko fisik. Anda tidak ingin membeli dari toko yang kelihatan seperti kedok untuk transaksi narkoba di gang kumuh. Lihat artikel ini untuk merancang toko yang membuat pelanggan ingin menghabiskan uangnya di toko Anda.

 

 

Langkah 4: Pastikan Anda Ahli di Bidangnya

 

Cara ini bisa diterapkan untuk bisnis online dan offline. Perhatikan ketika berbelanja sesuatu, Anda cenderung melakukan pembelian dari penjual yang paling berpengalaman, bukan?

 

Konsep yang sama juga berlaku untuk bisnis online.

 

Ketika memiliki pengetahuan luas, percaya diri, dan berwibawa, orang-orang akan menaruh kepercayaan dan akan membeli apa pun yang Anda rekomendasikan.

 

Anda tidak perlu tahu semua tentang produk, cukup tahu lebih banyak dari pelanggan dan memberikan informasi manfaat produk kepada mereka. Berikan konten yang berharga dan tulis tips secara gratis (seperti artikel ini). Pastikan untuk selalu menghubungkan kembali ke website Anda, sehingga orang-orang yang membaca akan tahu dari mana asalnya.

 

Anda juga bisa:

 

  • Menulis artikel (berdasarkan pencarian kata kunci).
  • Membuat video (jika tidak bisa menulis).
  • Menjawab pertanyaan di Quora.
  • Menulis untuk Medium.
  • Berpartisipasi dalam forum yang terkait.

 

 

Langkah 5: Memanfaatkan Email Untuk Pemasaran

 

Jangan meremehkan kekuatan pemasaran email. Ketika seseorang memberikan alamat email, mereka memberi Anda jalur komunikasi langsung.

 

Anda tidak perlu khawatir tentang iklan, jangan pedulikan jika pesan Anda hilang di lautan iklan media sosial.

 

Ketika pelanggan memberikan alamat email mereka, itu berarti Anda telah menawarkan sesuatu yang mereka anggap penting, dan mereka percaya kepada Anda. Dengan demikian, lebih mudah untuk memasarkan produk baru kepada mereka!

 

Jadi, buat opsi buletin di website Anda. Anda akan mendapatkan segalanya dengan memanfaatkan email pemasaran!

 

Jika membutuhkan lebih banyak tips mengenai email pemasaran, bacalah artikel-artikel ini. Ikuti dengan baik dan Anda akan menjadi ahli tentang email pemasaran dalam waktu singkat!

 

 

Langkah 6: Jual Kembali Kepada Pelanggan Yang Pernah Membeli

 

Mendapatkan penjualan pertama dari pengunjung mungkin adalah hal tersulit dari proses penjualan. Setelah Anda memberikan alasan untuk membeli, 36% dari mereka akan bersedia untuk membeli produk dari Anda lagi.

 

Sarankan produk atau layanan yang melengkapi pembelian mereka di masa lalu. Buat program loyalitas atau kode diskon yang dapat ditebus dengan pembelian. Tawarkan program ucapan “Terima Kasih” kepada mereka saat checkout.

 

Berikan hadiah, dan mereka akan menjadi pelanggan seumur hidup Anda.

 

Omong-omong soal hadiah, berikut ini ada beberapa hal untuk membantu Anda dalam meningkatkan penjualan.

 

 

BONUS: Ide Bisnis Online Yang Mudah Bagi Pemula

 

Di sini, kami akan memberikan beberapa ide bisnis yang dapat dicoba dengan usaha yang minimal.

 

1. Memulai website pemasaran afiliasi

 

Jangan meremehkan hubungan kerja sama pemasaran seperti ini – menurut Awin.com, dengan pertumbuhan 10% setiap tahun, bagian ini diperkirakan menjadi industri $6,8 miliar pada tahun 2020.

 

Lakukan pengamatan dengan mengunjungi forum, pada saat melakukan pencarian kata kunci, periksa apa yang menjadi masalah pengguna quora dan reddit. Ingat, Anda ingin memberikan solusi untuk masalah mereka.

 

Setelah Anda menetapkan masalah yang akan Anda selesaikan, sekarang saatnya untuk membuat konten. Tulis panduan. Berikan informasi berharga, beri orang alasan harus mengunjungi website Anda. Jual tulisan Anda, dan manfaatkan pengalaman dari pembeli.

 

Catatan

Anda akan ingin mendaftarkan diri sebagai penerbit di jaringan afiliasi seperti Shareasale. Cari produk atau merek berkualitas untuk bekerja sama dengan merek Anda.

 

Pada saat membuat konten, Anda juga harus membuat website. Pertimbangkan juga desain UI dan UX Anda, dan buat website berpenampilan profesional dengan pengoperasian sederhana.

 

Anda juga perlu menawarkan kerja sama pemasaran di website atau tidak ada yang akan tahu keberadaan Anda. Tulis artikel atau blog pengunjung untuk website lain sehingga Anda bisa menautkannya balik ke website Anda. Berpartisipasilah dalam forum dan jawab pertanyaan di Quora. Pastikan Anda sebagai seorang ahli di bidangnya.

 

Anda juga harus membuat halaman “pendaftaran” untuk buletin dan pemasaran melalui email. Orang-orang yang memberikan alamat email-nya berarti memberikan izin untuk menghubungi secara langsung. Jadi, pastikan memanfaatkan pemasaran melalui email ini untuk menarik mereka ke website Anda!

 

Jangan lupa bahwa terus menambah penjualan adalah kunci untuk mempertahankan bisnis online Anda. Tambahkan konten dengan tautan internal yang terkait satu sama lain, agar orang lebih banyak menghabiskan waktu di website Anda. Semakin banyak waktu yang dihabiskan, semakin besar kemungkinan akan terjadi penjualan.

 

Anda juga dapat mencoba kekuatan tangan Anda. Ini pada dasarnya sama dengan pemasaran afiliasi, kecuali bahwa Anda sedang mengumpulkan target untuk merek Anda. Targetkan pasar seperti perusahaan kartu kredit, perbankan, fintech, dan hubungi merek yang terkait untuk membahas model pembayaran setiap ada pendaftaran.

 

Sekarang, ada banyak hal yang perlu diperhatikan jika ingin website Anda berhasil, tetapi satu hal yang tidak bisa diabaikan dan cukup membuat stres adalah ini – memastikan hosting web Anda CEPAT, atau pengunjungnya tak akan banyak.

 

Kami melakukan pengamatan dan menyusun daftar web host tercepat, di sini. Untuk panduan pembuatan website yang lebih terperinci, silakan kunjungi website tersebut.

 

 

2. Membuat Blog

 

Meskipun blog dan website serupa, mereka jelas tidak sama. Sebagian besar website menciptakan konten tetap, sementara blog selalu diperbarui secara terus-menerus dan lebih bersifat pribadi.

 

Meski orang mungkin tertarik pada konten di website, di sisi lain, orang mungkin tertarik pada kepribadian blogger.

 

Setelah blog memiliki pengikut yang cukup banyak, Anda dapat menghasilkan uang dengan menjual ruang iklan, menulis artikel yang bersponsor, menyediakan layanan konsultasi kepada orang-orang, dan bahkan pemasaran afiliasi.

 

Faktanya, ada beberapa blogger yang telah mengubah blog mereka menjadi bisnis online kecil yang sukses.

 

Semua orang tahu tentang blog terkenal Tim Ferris tanpa perlu orang untuk memperkenalkan, sementara Amy Song mendominasi dunia mode.

 

Salah satu platform favorit untuk membuat blog adalah WordPress, pembuat website yang mudah digunakan dan sangat cocok untuk blogger. Jika ini adalah sesuatu yang Anda cari, bacalah artikel ini.

 

Ingat, berikan solusi untuk masalah yang ada, menjual melalui tulisan, membuat website premium, tunjukkan bahwa Anda sebagai orang yang ahli, memanfaatkan email pemasaran, dan selalu TINGKATKAN PENJUALAN!

 

 

3. Memulai bisnis e-Commerce

 

Dengan platform e-shopping seperti Amazon yang semakin populer setiap hari, tidak ada salahnya memanfaatkan ketenarannya untuk menjual produk di toko mereka.

 

Namun, jika ingin membangun merek yang tahan lama dan sukses, Anda mungkin ingin mendirikan bisnis e-Commerce sendiri.

 

Jangan salah paham, tidak ada yang salah dengan menjual produk di Amazon (bahkan merek besar melakukannya). Hanya saja, sebagai merek baru, saingan Anda ratusan, bahkan ribuan orang menjual produk serupa di platform tersebut.

 

Dengan membuat toko e-Commerce sendiri, Anda dapat menyesuaikannya dan memposisikan merek sedemikian rupa yang akan membuatnya menonjol dari pesaing. Salah satu cara terbaik untuk memulai adalah melalui Shopify.

 

Spotify dibuat khusus untuk e-Commerce, mudah digunakan, dan memiliki alat pemasaran yang luar biasa!

 

Anda juga dapat mencoba Dropshipping. Salah satu model bisnis paling populer karena Anda hampir tidak perlu mengeluarkan biaya. Produk ditempatkan di gudang pemasok, dan hanya dikirim ketika Anda menerima pesanan. Berhati-hatilah dan cari sendiri pemasok yang baik, karena pemasok yang buruk dengan layanan yang buruk hanya akan merusak merek Anda.

 

Anda harus berinvestasi dalam pemasaran, memastikan produk mendapat waktu tayang yang cukup. Pastikan untuk selalu mengingat 6 cara terbaik kami, dan bisnis Anda akan dapat bertahan lama.

 

 

4. Memulai bisnis desain kreatif

 

Selalu ada kebutuhan untuk seni visual digital. Meskipun ada program gratis di luar sana, orang lebih suka membayar para profesional untuk menyelesaikan karya seni mereka. Mereka mengerti bahwa senimanlah yang menghasilkan karya, bukan alat.

 

Anda dapat mempertimbangkan untuk fokus dalam desain logo, desain website, atau bahkan memperdalam desain grafis umum.

 

Buat nama untuk diri sendiri dengan membagikan tip desain di forum seperti Quora atau dengan orang-orang di platform media sosial Anda. Jangan khawatir berbagi keahlian atau membagikan rahasia.

 

Dengan YouTube, orang dapat dengan mudah mempelajari semua yang mereka butuhkan, tetapi mereka masih lebih suka membayar profesional untuk menyelesaikan pekerjaan secara profesional.

 

Ingat, berikan nilai untuk pengunjung Anda, dan Anda akan mendapatkan lebih banyak nilai sebagai imbalan!

 

 

5. Memulai jenis bisnis studio atau produksi

 

Berkat munculnya iklan media digital/sosial, permintaan untuk produksi gambar dan video lebih tinggi dari sebelumnya. Ini menarik, mengikat, dan yang paling penting dari semua itu, perlu dikonversi.

 

Anda dapat memulai studio yang berfokus pada produksi gambar, pengeditan, produksi video, atau mungkin hanya fokus pada penciptaan produk digital seperti wallpaper ponsel.

 

Anda dapat menjual layanan ke agen periklanan, mengirimkan cuplikan stok ke platform seperti Shutterstock atau Blackbox, atau mendaftar program pengembang Samsung dan membuat tema untuk dijual di jajaran Galaxy mereka.

 

Yang terbaik, Anda dapat dengan mudah meningkatkan skala bisnis dengan mempekerjakan freelancer! Dengan catatan bahwa Anda memiliki freelancer yang baik, Anda berpegangan pada mereka seperti hidup Anda bergantung padanya. Freelancer yang dapat diandalkan sulit didapat, dan jika Anda menemukannya, hargai mereka dengan baik!

 

 

6. Membuat program e-Learning

 

Tutorial online sangat populer akhir-akhir ini. Mereka murah, informatif, dan memberikan nilai bagus bagi konsumen dan pembuatnya. Yang terbaik adalah, programnya dibuat satu kali, dan itu akan menghasilkan pendapatan pasif!

 

Buat bisnis di seputar program e-Learning. Buatlah tutorial dan informasi berharga, unggah ke platform e-Learning seperti Udemy dan Anda akan memiliki serangkaian produk yang tidak pernah kedaluwarsa!

 

 

Renungan Akhir

 

Berikut adalah ringkasan kecil yang dapat kami lakukan untuk memastikan bisnis online kecil Anda berkembang cepat dan tinggi:

 

  1. Memberikan solusi untuk masalah yang ada
    Temukan keluhan pelanggan Anda dan selesaikan.
  2. Menjual melalui tulisan
    Tidak ada yang suka membaca, jadi pastikan tulisan Anda ditulis untuk MENJUAL!
  3. Buat website yang terkesan premium
    Tidak masalah menjual kentang mentah atau tas tangan desainer, pastikan toko Anda terlihat bagus.
  4. Pastikan Anda ahli di bidangnya
    Berikan nilai tambah kepada pelanggan dengan pengetahuan yang Anda miliki, dan mereka akan menghargai Anda seumur hidup.
  5. Memanfaatkan pemasaran melalui email
    Ini adalah jalur komunikasi langsung ke pelanggan. Manfaatkan, lakukan dengan bijaksana.
  6. Menjual kepada pelanggan yang sudah pernah membeli
    Jika mereka membeli dari Anda sebelumnya, mereka akan membeli lagi. Anda hanya perlu memberi mereka alasan untuk membeli.

 

Anda sudah mendapatkan semuanya. 6 langkah tepat untuk mempertahankan usaha kecil Anda. Pastikan untuk mengingat atau melakukan tips ini pada merek Anda. Suatu hari, Anda akan melihat keberhasilan dan berterima kasih kepada Google karena telah menemukan tulisan yang dikirim dari surga ini.

 

Omong-omong, jika Anda memiliki pertanyaan dan ingin mendapatkan jawaban dari kami, cukup kirimkan pesan atau email kepada kami. Kami pasti akan membalasnya secepat mungkin. Sekarang, maju dan tunjukkan pada dunia apa yang bisa dicapai pengusaha kecil.