14 Trik Kilat Untuk Mempercepat Website Anda

Avatar
Oleh          Oktober 16, 2020   Pengembangan Web    Rahasia Periklanan

Rangkaian Blog tentang kecepatan website telah menjadi petualangan seru.

 

Sejauh ini, kita telah mempelajari bahwa Amazon akan kehilangan $1,6 MILIAR(!) jika website mereka melambat.

 

Kita juga mempelajari di balik layar apa yang sebenarnya penyebab melambatnya website.

 

Hal ini membuat kita menarik kesimpulan secara alami: bagaimana cara paling tepat untuk mempercepat segala sesuatunya? Kami membahas semuanya mulai dari kecepatan server, hingga pengoptimalan dan beberapa pembahasan tambahan lainya.

 

 

Pertama, mari kita catat penyebab melambatnya kecepatan:

 

Ketika Anda memuat website saya di Bitcatcha ini, browser Anda (Firefox, Safari, Chrome, dll) memulai percakapan dengan server web saya.

 

Browser: “Hai, server web! Bisakah kau memberiku semua bit dan potongan yang untuk menampilkan Bitcatcha.com?”

 

Server: “Baik, akan kucari dan kukirimkan padamu!”

 

Kemudian, server web menempatkan semua bagian website ke dalam saluran, dan mengirimkannya ke browser Anda untuk dimuat.

 

Terdengar cukup sederhana, tetapi berikut ini adalah beberapa hal akan memperlambat segalanya.

 

  • Server yang malas akan membutuhkan waktu lama untuk merespons permintaan.
  • Server mengelola banyak bagian dari berbagai website secara bersamaan.
  • Banyak ‘bagian’ dari website besar yang harus ditemukan dan dikirim ke saluran.
  • Saluran sibuk.

 

Di situ, ada banyak hal yang mungkin akan bermasalah. Jadi, bagaimana cara kita mempercepatnya?

 

Speed Up Your Website

 

 

Bagian 1: Mempercepat Server Anda

 

1. Tingkatkan ke host web yang lebih baik (mis. server yang lebih baik)

 

Web host adalah perusahaan yang menyediakan server. Bisa diibaratkan seperti menyewa sebidang lahan di internet, tempat menyimpan semua bagian website.

 

Sebagian besar dari kita cenderung membeli sebidang lahan termurah yang dapat kita temukan. Namun, itu belum tentu solusi yang bijaksana.

 

Web host murah menyewa server yang ramai dan kecil. Ingat, Anda ingin server yang dapat merespon permintaan dengan cepat, dan juga dapat dengan cepat mengirim website ke saluran kemudian ke browser.

 

Catatan

Lihatlah daftar web hosting tercepat kami berdasarkan waktu respons server mereka.

 

 

2. Beralih dari shared hosting ke VPS

 

Web host yang murah akan menempatkan website Anda di server bersama dengan banyak website lainnya. Hal ini disebut shared hosting, dan berarti Anda harus berebut sumber daya.

 

Jika satu website tiba-tiba mendapat banyak trafik, Anda akan melambat, sementara mereka melahap bandwidth.

 

Dengan beralih ke VPS (server pribadi virtual) atau (setidaknya server bersama kelas atas seperti SiteGround), web host akan memagari server bersama hanya untuk Anda. Ini berarti Anda tidak perlu khawatir website lain mencuri sumber daya Anda.

 

 

3. Pindahkan server lebih dekat dengan pengguna

 

Setiap kali seseorang mengeklik website Anda, server Anda harus mengirim informasi ke melewati seluruh planet agar dapat muncul pada layar komputer mereka.

 

Jika server ada di sisi lain dunia, akan memakan waktu lama. Jika Anda tahu dari mana sebagian besar trafik Anda berasal, mintalah host web untuk meletakkan website di server yang paling dekat dengan pengguna utama Anda.

 

 

4. Gunakan jaringan pengiriman konten (CDN)

 

Masalah yang timbul ketika Anda memindahkan server lebih dekat dengan pengguna tertentu adalah, akan ada yang kalah. Jika server dipindahkan ke California, pengunjung Anda dari Australia akan mendapatkan waktu pemuatan yang lambat. Begitu pula pengguna Eropa Anda.

 

Jaringan pengiriman konten (Content Delivery Network atau CDN) menempatkan data di server yang tersebar di seluruh dunia. Jadi ketika seseorang mengeklik website Anda, server yang paling dekat dengan mereka yang akan mengirimkan info.

 

Ini berarti pengguna Anda akan mendapatkan kecepatan super cepat di mana pun mereka berada di dunia. (Sebagai referensi, saya menggunakan Cloudflare di Bitcatcha).

 

 

5. Aktifkan pengaturan “selalu aktif”

 

Ketika server mengirim file website Anda ke saluran jaringan, setiap bagian melakukan perjalanan secara terpisah. Seperti contohnya lembar CSS, logo, setiap gambar Anda, dll.

 

Jelas, cara paling efisien untuk melakukannya adalah dengan mengirim semua melalui satu saluran besar yang sama.

 

Di situlah pengaturan ‘selalu aktif’ berperan. Ketika diaktifkan, saluran utama tetap hidup, dan semuanya masuk melalui koneksi yang sama (Ini super cepat).

 

Namun, ketika pengaturan ini tidak aktif, sebuah saluran baru harus dibuat untuk setiap unsur (Ini sangat lambat).

 

Sebagian besar web host mengaktifkan pengaturan ini (bagus), tetapi terkadang host bersama menutup koneksi tanpa peringatan.

 

 

Bagian 2: Mengoptimalkan Unsur-Unsur Website

 

Server Anda telah dibuat secepat dan se-efisien mungkin. Sekarang, bagaimana cara mengoptimalkan sendiri bagian-bagian website itu tersendiri?

 

6. Mengurangi Round Trip Time (RTTs)

 

Browser Anda saat ini harus meminta setiap unsur kepada server, satu per satu. Logo Anda, lalu masing-masing gambar, dan juga lembar CSS Anda.

 

Waktu yang diperlukan untuk menerimanya adalah satu perjalanan pulang pergi.

 

Semakin banyak perjalanan pulang pergi yang harus dilakukan, semakin lama waktu yang dibutuhkan agar seluruh website berhasil dimuat. Umpamanya seperti mengemasi barang dengan kotak-kotak, dan memindahkannya ke rumah baru.

 

Semakin banyak kotak yang Anda miliki, semakin banyak perjalanan pulang pergi yang harus dilakukan. Solusinya? Kurangi jumlah kotak yang diambil.

 

Kurangi jumlah elemen yang dikirim server ke saluran. Lebih sedikit gambar, lebih sedikit kode, lebih sedikit plugin.

 

 

7. Mengaktifkan kompresi pada website Anda

 

Sayangnya, persoalannya bukan hanya jumlah kotak. Namun, tentang betapa beratnya mereka. Jika semua unsur Anda besar dan berat, akan memakan banyak ruang di saluran Anda. Mereka juga akan bergerak lebih lambat. Seperti truk yang memuat banyak barang. Masing-masing penuh dengan kotak-kotak berat.

 

Untungnya, Anda dapat meringkas website, dan semua yang ada di dalamnya. Gunakan alat seperti Gzip (Ini dikenali oleh 90% browser – sebagian besar pengguna mengenalnya, kecuali yang masih menggunakan Internet Explorer 4).

 

Bagian paling keren dari website Anda adalah gambar, HTML, CSS, dan Javascript. Dengan menringkasnya, Anda dapat mengurangi ‘berat’ rata-rata website Anda.

 

Fakta Menarik

Berat rata-rata sebuah website adalah 2MB, tetapi terus bertambah besar setiap tahunnya.

 

 

8. Mengoptimalkan gambar

 

Biasanya, gambar adalah bagian paling berat pada suatu website. Itu adalah unsur yang paling besar, padat, dan lambat untuk dimuat.

 

Mulailah dengan memangkas (crop) gambar ke ukuran yang Anda butuhkan. Jangan mengunggah gambar yang sangat besar, dan turunkan ukurannya pada bagian HTML. Unggahlah mereka dengan ukuran yang tepat.

 

Jangan lupa juga, kompreslah gambar sebelum diunggah. Jika Anda menggunakan WordPress, plugin seperti WP Smush dapat mengurangi ukuran gambar hingga 80%!

 

 

9. …Atau buatlah Sprite

 

Sprite adalah gambar tunggal yang berisi banyak gambar kecil. Ini santa cocok digunakan untuk tombol berbagi atau elemen gambar lainnya.

 

Sekarang, website Anda hanya perlu membuat satu permintaan, bukan sepuluh permintaan terpisah. Anda dapat menggunakan CSS untuk memilih bagian gambar mada yang perlu ditampilkan di tempat tertentu.

 

 

10. Ringkas kode Anda

 

HTML padat, berat, dan juga sangat berulang. CSS sedikit lebih ringkas, tetapi banyak bagian yang tidak diperlukan.

 

Saatnya untuk membaca kode Anda dengan teliti, dan singkirkan semua bit yang tidak perlu.

 

Jika Anda menggunakan template dari WordPress, Tumblr, dll, mungkin ada banyak kode yang tidak Anda gunakan. Template ini diatur untuk memberi banyak pilihan dan berbagai fungsi. Namun, kebanyakan tidak semuanya dibutuhkan oleh kita.

 

Jangan tidak tega meringkas kode!

 

 

11. Copot plugin tidak berguna (WordPress)

 

Kita sudah sering bereksperimen dengan banyak plugin selama ini. Namun seringkali, lupa menghapus instalannya.

 

Setiap plugin adalah sebuah permintaan server . Ini akan menjadi paket berat yang dapat memblokir saluran berkecepatan tinggi Anda.

 

Jika tidak digunakan, nonaktifkan.

 

 

12. Mengurangi pengalihan jurusan

 

Untuk setiap peralihan, paket-paket Anda perlu melewati saluran sebanyak dua kali. Kecuali benar-benar harus melakukannya, jangan gunakan pengalihan di website Anda.

 

 

Bagian 3: Bonus Ekstra

 

13. Kurangi DNS lookup

 

Ada satu bagian dari proses yang belum kita bicarakan. Ini terjadi di awal.

 

Sebelum browser Anda memulai percakapan dengan server, ia harus menemukan lokasi server (dengan menemukan alamat IP-nya). Seperti halnya mencari lokasi server di buku telepon, hal ini membutuhkan waktu (Biasanya 20 – 120 milidetik).

 

Akan lebih lama jika ada beberapa nama domain yang mirip dengan website Anda. Contoh umum: blog.websiteanda.com, atau domain tambahan untuk gambar, stylesheet, dan objek flash.

 

Jika browser Anda perlu melakukannya lima kali, Anda mungkin akan kehilangan setengah detik. Simpan sebagai domain sesedikit mungkin.

 

 

14. Caching browser

 

Bayangkan betapa cepatnya jika browser Anda dapat menyimpan semua salinan file website. Jadi, tidak harus menghubungi dengan server setiap saat. Bisa hanya dimuat dari penyimpanan.

 

Itulah yang disebut caching. Browser Anda ‘mengingat’ website. Saat Anda memuat untuk kedua kalinya, akan menjadi sangat cepat.

 

 

 

Fiuh! Artikel ini yang lebih panjang dari biasanya, tetapi saya kira tidak sia-sia.

 

Sekarang Anda tahu segala hal yang membuat website menjadi secepat kilat. Trik-trik ini dapat memangkas waktu pemuatan Anda.

 

Ini berarti pengguna bahagia. Dan artinya, lebih banyak penjualan.

 

Panduan Kecepatan WordPress

Jika website Anda dibuat dengan WordPress, kami telah menyusun panduan langkah terperinci untuk mempercepatnya. Dengan menggunakan langkah-langkah yang tepat, kami berhasil membuat Bitcatcha.com dapat dimuat dalam 3 detik

 

 

Avatar

About The Author

Daren Low adalah pendiri Bitcatcha.com & co-developer dari Pemeriksa Kecepatan Server. yang gratis. Dengan 10 tahun pengalaman dalam pengembangan website dan pemasaran di Internet yang sangat dikuasai, Daren dianggap sebagai autoritas utama dalam semua hal yang berkaitan dengan membangun dan mengelola keberadaan online. Jangan ragu bertanya kepadanya dengan terhubung melalui Linkedin dan Twitter.

Suka Artikel Yang Anda Baca?

Maka Anda akan menyukai buletin kami! Kami mengirimkan wawasan & kiat terbaik untuk membangun karier online yang lebih sukses.