Klik Tombol Ini! 7 Langkah Membuat Kalimat Ajakan (Call-To-Action) Menarik (Dengan Contoh Asli)

Avatar
Oleh          September 11, 2020   Produk & Pengalaman Pengguna    Rahasia Periklanan

Seri ini berisi tentang menggandakan laju konversi Anda.

 

Sekarang, kita berada di bagian terpenting. Setelah menggiring para pelanggan Anda pada penjelajahan pengguna yang sempurna, Anda sudah mendapatkan mereka dalam genggaman tangan Anda. Hanya tersisa satu hal yang perlu dilakukan:

 

Klik tombol beli.

 

Ini adalah bagian yang paling sederhana, tetapi yang terpenting dari seluruh website Anda. Agar mereka mengklik beli, Anda membutuhkan tombol ajakan tindakan yang kuat & sangat menarik.

 

Apa Itu Kalimat Ajakan?

 

Ini adalah bagian akhir dari saluran penjualan Anda. Tujuan utamanya adalah membuat pelanggan Anda untuk membeli sesuatu.

 

Ajakan bertindak atau Call-To-Action (CTA) adalah tombol kecil yang meminta pelanggan Anda untuk melakukan sesuatu. Anda melihat tombol ini di mana pun di internet.

 

  • ‘Klik untuk daftar’
  • ‘Berlangganan buletin’
  • ‘Tambahkan ke troli’
  • ‘Unduh software’

 

Mereka langsung ke intinya. Namun, seringkali sedikit membosankan, bukan?

 

CTA Anda perlu singkat, tajam, dan kreatif. CTA harus menarik.

 

Dan ya, saya akan menggunakan 1.000 kata untuk menjelaskan kepada Anda tentang cara membuat tiga atau empat kata untuk tombol CTA! Namun, tiga atau empat kata itu SANGAT PENTING.

 

Inilah beberapa cara agar mereka mengklik beli.

 

1. Beri tahu apa yang harus mereka lakukan

 

Kesalahan terbesar yang dibuat di internet adalah berasumsi bahwa pengguna Anda tahu apa yang harus dilakukan. Lebih buruk lagi adalah berasumsi mereka akan langsung membeli produk Anda, atau mendaftar, tanpa harus diajak.

 

Sekarang ini bukan waktunya untuk bersikap sopan! Sekarang waktunya berterus terang, dan memberitahu pelanggan apa yang harus dilakukan.

 

Tombol CTA yang terbaik menggunakan kata kerja yang kuat & memaksa. Anda mungkin sudah pernah melihat tombol CTA dari Apple di App Store. Apple tidak menggunakan tombol ‘unduh’ (‘Download’) yang gampang ditebak, tombol itu mengatakan ‘Dapatkan’ (‘Get’). Bahasa yang digunakan sedikit arogan. Akan tetapi sangat memprovokasi respon, dan berhasil.

 

2. Katakan dengan jelas apa yang akan mereka dapatkan

 

Ajakan bertindak sebaiknya harus jelas. Situs Anda pun seharusnya tidak ambigu juga, terutama pada CTA.

 

Mari kita lihat sebuah contoh nyata. Elegant Themes adalah situs pengembang yang menjual tema & plugin WordPress. Salah satu tujuan mereka adalah menarik pendaftaran lewat email. Saat ini mereka bisa menggunakan ajakan bertindak biasa, seperti: ‘Daftar ke daftar penyuratan mingguan kami!’

 

Namun, mereka malah melakukan ini:

 

Tell Them What They Get

 

Mereka memberi tahu para pengguna secara persis apa yang didapat sebagai ganti alamat email.

 

Mereka juga menggunakan semua cara cerdas lainnya di sini. Termasuk yang akan saya bahas selanjutnya.

 

3. Buat semuanya tentang mereka

 

Mari kita terima saja. Kita semua paham bahwa semua website menginginkan kita untuk mendaftar ke daftar langganan mereka. Atau membeli produk. Atau mengunduh perangkat lunak.

 

Akan tetapi, website terbaik adalah yang membuat Anda ingin melakukannya.

 

Ini adalah tentang pemasaran 101. Gunakan tombol CTA Anda untuk menjelaskan semua manfaat yang mereka dapatkan dari mengeklik tombol itu.

 

Starbucks melakukannya dengan tepat. Mengapa tombol daftar? Sederhana. Karena Anda akan mendapatkan penawaran eksklusif.

 

Exclusive Rewards

 

Mereka juga menggunakan sedikit bahasa cerdas di sini. Ungkapan “hanya mendaftar” membuat pelanggan berpikir ini hal yang mudah. Mengapa saya tidak mendaftar saja?

 

4. Gunakan bahasa orang pertama

 

Apakah Anda tahui bahwa mengubah satu kata dapat meningkatkan konversi sampai dengan 90%?

 

Apakah kata itu rahasia yang ajaib?

 

Bukan.

 

Ubah kata ganti ajakan bertindak Anda dari ‘your’ (Anda/milik Anda) menjadi ‘my’ (saya/milik saya).

 

Jangan gunakan: “Mulai uji coba gratis Anda”

 

Gunakan: “Mulai uji coba gratis saya

 

Mari kami lihat pada contoh asli in situ. Lihatlah bagaimana perusahaan pemasaran digital Crazy Egg menarik Anda dengan kata kerja orang pertama. CTA ini sangat magnetis, Anda TIDAK bisa tidak mengeklik tombol itu.

 

First Person Language

 

Ini adalah tentang psikologi dasar. Kita merasa seolah-olah penawaran diberikan secara langsung pada kita. Dan hanya untuk kita.

 

Seolah-olah mengeklik tombol tersebut adalah keinginan Anda sendiri.

 

Contoh favorit saya untuk hal ini adalah website pengiriman makanan, Hungry House.

 

Feed Me

 

Iklan brilian mereka menggunakan kata ‘beri saya makan’ sebagai ajakan bertindak. Tombol ini berhasil karena berbagai sebab. Tombol ini terkesan sangat ceria, kreatif, dan sangat tegas. Seakan-akan iklan ini berbicara kepada saya sebagai orang pertama.

 

5. Buat penawaran terbatas

 

Sampai di sini saya sudah menjelaskan pada Anda cara membuat tombol CTA yang menarik dan membangkitkan minat. Namun, kita belum selesai.

 

Masih ada banyak orang yang kurang yakin untuk mengklik. Ini adalah tugas Anda untuk mendorong mereka secara (tidak terlalu) lembut ke arah itu.

 

Hal ini bisa berbentuk sebuah teks tambahan; saya menyebutnya penentu (clincher). Inilah motivasi tambahan kecil yang Anda perlukan agar pengguna bertindak saat ini juga.

 

Salah satu dari cara termudah adalah membuat penawaran Anda terbatas untuk waktu tertentu. Atau, ikut sertakan semacam tekanan waktu.

 

Sesuatu yang sederhana seperti: “Unduh uji coba gratis Anda sekarang cukup untuk membuat pengguna Anda bertindak.

 

Untuk hasil yang nyata, mulailah penawaran terbatas: “Daftar sekarang, dan dapatkan diskon 20% pada semua tawaran (Berakhir 31 Agustus!)”

 

CTA ini sangat cocok bila Anda sedang membuat daftar email secara cepat sebelum sebuah kampanye besar. Atau mungkin jika Anda perlu secepatnya menjual sejumlah stok.

 

6. Menyingkirkan risiko

 

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, beberapa orang masih akan keberatan mendaftar atau membeli. Lagipula, kita mendaftar untuk banyak hal belakangan ini. Kita jadi enggan menyerahkan alamat email.

 

Jadi, singkirkanlah risiko. Trik ini dinamakan ‘cegah kecemasan’. Ini adalah semacam garis penentu pada teks yang memberikan kepercayaan pada pengguna Anda.

 

Netflix menawarkan uji coba gratis untuk layanannya (yang sudah sangat bebas risiko!) Namun, mereka masih mencantumkan sebuah garis sederhana yang menghilangkan segala jenis kekhawatiran yang tersisa:

 

“Tanpa tekanan, batalkan kapan saja”.

 

Berikut adalah beberapa banyak contoh bagus yang bisa Anda gunakan:

 

  1. Sama seperti Anda, kami juga tidak suka spam. Kami tidak pernah membagikan alamat email Anda dengan siapapun.
  2. Tidak perlu rincian kartu kredit.
  3. Jika Anda tidak puas, kami mengembalikan uang Anda tanpa syarat

 

Hilangkan semua hambatan untuk mendaftar. Beri mereka insentif, kemudian hapus semua kecemasan mereka.

 

7. Warna & penempatan

 

Saya berbicara dengan hampir secara eksklusif tentang teks & salinan di sini. Salinan yang baik letaknya ada pada inti CTA Anda. Semua ini adalah tentang komunikasi, intrik, dan meyakinkan pengguna.

 

Akan tetapi, Anda juga dapat menggunakan trik desain psikologis untuk membantu mempercepat jalannya proses. Hal ini berarti memusatkan perhatian pada warna & tempat tombol CTA Anda.

 

Anda akan menyadari bahwa semua gambar yang saya gunakan di sini menggunakan tombol CTA berwarna terang. Ini adalah trik sederhana yang menarik perhatian mata. Pisahkan tombol ajakan CTA dari yang lainnya dan gunakan warna apa saja untuk menarik mata.

 

Tip Pro

Hijau, kuning, dan jingga biasanya sangat ampuh – buatlah warna yang kontras!

 

Warna juga bisa digunakan untuk memprioritaskan tombol CTA Anda. Anda bisa memiliki dua atau tiga pada website. Akan tetapi, Anda sangat ingin para pengguna mengklik hanya satu yang terpenting saja.

 

Sebagai contoh, Buffer memberi Anda pilihan untuk mendaftar dengan akun yang berbeda. Namun, coba tebak mana akun yang mereka ingin Anda gunakan untuk mendaftar.

 

Contract

 

Elegant Themes (pengembang tema WordPress) melakukan hal yang sama untuk menganjurkan Anda membeli produk level menengahnya. Ada paket awal yang lebih murah, tetapi (seperti yang Anda lihat), mereka menarik Anda ke versi yang lebih mahal.

 

Elegant Theme Package Contrast

 

Jadikan CTA Anda Tepat Sasaran & Tingkatkan Konversi Anda

 

CTA adalah bagian terpendek, tetapi tersulit untuk dibuat pada website Anda.

 

Tetapi, apabila dilakukan dengan tepat, Anda akan melihat konversi Anda meningkat pesat.

 

Ayo bagikan tombol CTA favorit Anda pada bagian komentar. Atau beri tahu saya bagaimana cara Anda mengarahkan pengguna untuk mengeklik tombol beli pada website Anda.

 

Avatar

About The Author

Daren Low adalah pendiri Bitcatcha.com & co-developer dari Pemeriksa Kecepatan Server. yang gratis. Dengan 10 tahun pengalaman dalam pengembangan website dan pemasaran di Internet yang sangat dikuasai, Daren dianggap sebagai autoritas utama dalam semua hal yang berkaitan dengan membangun dan mengelola keberadaan online. Jangan ragu bertanya kepadanya dengan terhubung melalui Linkedin dan Twitter.

Suka Artikel Yang Anda Baca?

Bergabunglah bersama para subscriber kami untuk menerima kabar terbaru dari Bitcatcha. Kami mengirimkan berbagai tips dan trik eksklusif untuk bisnis online.