Cara Membuat Landing Page Pertama Anda (+ 14 Tips Mengoptimalkan Konversi!)

Avatar
Oleh          September 11, 2020   Pengembangan Web    Rahasia Periklanan

Landing page merupakan bagian penting untuk kampanye pemasaran yang baik.

 

Halaman ini mendorong konversi, meningkatkan penjualan, dan mendorong calon pengguna untuk mendaftar. Sayangnya, ada kekeliruan yang membuat landing page jarang dioptimalkan.

 

Pertama, mari coba jawab pertanyaan besar ini:

 

Apa itu Landing Page?

 
shopify

 

Landing page adalah halaman web kustom yang dirancang khusus untuk membuat pelanggan membeli produk/layanan/mendaftar ke milis. Fungsinya yang sangat spesifik, yakni mengoptimalkan penjualan atau pendaftaran.

 

Halaman ini sering digunakan untuk mengarahkan pengunjung dari tautan iklan di media sosial atau Google.

 

Halaman ini berdiri sendiri, tidak tertaut dengan halaman home atau bagian lain dari website Anda. Jika orang membuka landing page, berarti mereka sudah tertarik dengan produk atau layanan Anda. Mereka sudah terpikat.

 

Yang harus Anda lakukan adalah membuat mereka jadi pelanggan, yang dapat Anda wujudkan dengan dua cara utama:

 

  1. Menambah prospek melalui formulir pendaftaran!
  2. Menjual sesuatu!

 

Apa Perbedaaan antara Landing Page dan Halaman Home?

 

Banyak iklan di Facebook dan Google yang mengarahkan orang ke halaman home website. Ini sering kali jadi blunder.

 

Halaman home sifatnya sangat umum; fungsinya adalah untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada pengunjung pasif, dan memungkinkan mereka mempelajari segala hal tentang bisnis Anda sesuai kehendak mereka. Di halaman home, apa yang dirasakan dan didapatkan masing-masing pengguna pasti berbeda.

 

Namun, landing page dibuat sangat spesifik yang bertujuan untuk satu promosi saja. Dengan landing page, hanya ada satu pengalaman yang dirasakan pengguna. Anda hanya ingin SATU hasil: penjualan atau pendaftaran.

 

Jadi bagaimana cara membuat landing page ini?

 

a. Gunakan plugin WordPress

 

Jika menggunakan WordPress untuk meng-host website, Anda mungkin harus mengerjakannya sesuai dengan batasan tema. Dalam beberapa kasus, Anda dapat membuat halaman baru. Tata sesuai yang Anda mau, dan beri URL baru (selengkapnya akan dibahas nanti).

 
landing page plugin

 

Jika mencari yang lebih fleksibel, instal plugin landing page. Salah satu plugin terbaik adalah ‘WordPress Landing Pages’ yang memungkinkan Anda memilih dari berbagai template untuk membuat desain kustom. Dengan plugin ini, Anda dapat menjalankan pengujian A/B terpisah yang berguna untuk mengoptimalkan rasio konversi.

 

b. Instal tema WordPress drag & drop

 

Untuk tema WordPress, opsi drag-and-drop adalah opsi yang paling serba guna dan fleksibel. Salah satu favorit saya adalah Divi (dan sudah kami sertakan di daftar tema WordPress terbaik). Dengan Divi, Anda dapat menambahkan landing page dengan cepat dan mudah, serta membuat tata letak kustom menggunakan kotak drag & drop.

 

c. Alternatif berbayar

 

Anda juga dapat menggunakan alternatif berbayar seperti Lander atau Leadpages. Butuh biaya memang, tapi opsi alternatif ini membantu Anda membuat landing page dengan instruksi langkah demi langkah yang sederhana. Tidak perlu koding yang kompleks; proses pembuatan hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit. Banyak pilihan templat, dan Anda dapat mengubahnya sesuai keperluan.

 
Leadpages®

 

Karena kita sudah membahas dasar-dasarnya, mari kita membahas optimasi. Bagaimana Anda dapat mengoptimalkan penjualan dan konversi dari landing page?

 

14 Tip Mengoptimalkan Landing Page Konversi!

 

1. Memilih URL

 

Anda mungkin tidak terlalu memperhatikan kata-kata atau huruf-huruf di alamat website. Namun, kata-kata tersebut ternyata memiliki dampak yang cukup besar. Pertama, membuat URL yang baik adalah hal penting, khususnya untuk SEO. Dengan menggunakan kata kunci yang tepat di URL, Google menemukan website Anda dengan lebih mudah.

 

Tapi untuk landing page, perannya makin signifikan. Sebaiknya manfaatkan URL untuk memperkuat kalimat ajakan (Call-to-action, CTA) Anda. Misalnya Anda menggunakan landing page untuk mempromosikan aplikasi baru. Jika demikian, buat url seperti berikut:

 

www.bisnis-saya.com/unduh-aplikasinya

 

Dengan begini, pengunjung secara langsung maupun tidak langsung akan berpikir untuk mengunduhnya. Selalu buat URL yang pendek, spesifik, dan jelas.

 

2. Buat satu tujuan yang jelas

 

Landing page terbaik adalah halaman yang spesifik. Ingat, halaman ini tidak dibuat untuk menawarkan beberapa promosi sekaligus; ia dirancang untuk satu tujuan saja.

 

Seperti landing page Code Academy di bawah ini, tujuan mereka adalah membuat orang-orang untuk mendaftar ke program mereka. Tidak ada target atau tautan lain di landing page!

 
Codecademy Landing Page

 

Apa satu-satunya tujuan Anda? Apakah mendorong orang lain mendaftar ke milis Anda? Apakah mendorong orang mengunduh aplikasi baru Anda? Atau menjual produk baru? Pilih satu, dan prioritaskan untuk itu.

 

3. Hilangkan semua yang mengganggu tercapainya tujuan

 

Desainer web sering mengatakan bahwa 90% dari pekerjaan mereka adalah memotong bagian yang tidak penting! Setelah merancang landing page, pilihlah semua gangguan yang berpotensi mengalihkan perhatian pengunjung.

 

Sebagai contoh, lihatlah website CampusTap. Ini adalah landing page paling sederhana dan efisien yang pernah saya lihat. Hanya ada empat unsur desain: satu judul, satu keterangan, satu kalimat ajakan, dan satu gambar. Cukup itu saja.

 
Simple Landing Page

 

4. Pastikan tidak ada titik keluar yang lain

 

Di halaman web tradisional, Anda butuh banyak tautan untuk membantu pengunjung mempelajari website Anda. Tapi untuk landing page, Anda cuma butuh satu tautan: hanya tautan untuk kalimat ajakan (call-to-action).

 
No exit points

 

Tidak boleh ada titik keluar yang mengganggu pengunjung atau malah mengalihkan perhatian mereka. Tidak adanya tautan eksternal di sebuah halaman memang cukup aneh, tetapi inilah cara terbaik untuk mengajak pelanggan Anda

 

Jika mereka tidak dapat mengeklik bagian lain pada website, mereka kemungkinan besar mengeklik kalimat ajakan Anda.

 

5. Buat kalimat ajakan yang sangat efektif

 

Kalimat ajakan (call-to-action) merupakan bagian paling penting dalam landing page. Kalimat ini ibarat tombol ‘beli’ atau tombol ‘daftar’. Bagian ini penting sekali, sampai-sampai kami membuat postingan blog tersendiri untuk elemen kecil ini.

 

Tujuan utama Anda adalah membuat pengunjung mengeklik tombol ini. Buat tombol yang rapi, jelas, dan menarik. Bicaralah langsung dengan pengunjung Anda, seperti contoh Crazy Egg ini.

 

Crazyegg's Call-to-action

 

Pertimbangkan warna dan desainnya juga. Warna terbaik adalah kuning, oranye, dan hijau. Mengapa? Karena warna ini membuat halaman terlihat kontras dan menonjol sehingga dapat menarik perhatian pengunjung.

 

6. Konversi dalam sekali klik

 

Landing page terbaik memiliki prosedur sederhana untuk mengonversi pelanggan. Idealnya, Anda ingin mengonversi orang hanya dengan sekali klik.

 

Sebagai contoh, Anda mungkin memiliki formulir pendaftaran di landing page. Saat pelanggan melengkapi informasi, coba jangan sertakan langkah kedua atau ketiga. Mengeklik kalimat ajakan harus jadi akhir dari proses. Semakin banyak langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan proses, semakin besar peluang Anda kehilangan konversi. Buat yang sederhana saja.

 

7. Ketahui apa yang dipikirkan pengunjung Anda

 

Setelah pengunjung tiba di landing page, Anda punya beberapa detik untuk membujuk mereka agar melakukan langkah selanjutnya. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah mengetahui apa yang mereka pikirkan!

 

Coba buat landing page yang membuat pengunjung merasa terhubung dengan Anda. Sentuh titik sentimental mereka – seperti mimpi dan ambisi. Lihat bagaimana AwesomeTalk dapat menarik perhatian dengan landing page yang cerdas. Halaman tersebut tidak menjelaskan layanannya, tetapi pengunjung mengeklik kalimat ajakan karena ada yang membuat mereka tersentuh.

 

Tap into audiences' emotion

 

Jika ada yang membuat mereka terentuh, hal tersebut pasti akan merasuk ke dalam pikiran mereka. Dan hal ini berpeluang besar untuk meyakinkan mereka agar mengeklik lebih lanjut.

 

8. Konsistensi desain

 

Biasanya, pengunjung mengunjungi landing page melalui tautan iklan. Iklan Facebook sering kali jadi solusi yang cocok untuk mengarahkan orang ke landing page. Di titik ini, Anda harus menjaga gambar dan desain sekonsisten mungkin.

 

Dengan kata lain, gambar yang digunakan di landing page dan iklan harus sama. Gunakan kalimat dan keterangan yang sama. Mengapa? Karena dengan ini, pesan Anda jadi makin kuat. Ini juga membantu meningkatkan peluang konversi dan mencegah pelanggan agar tidak terganggu.

 

9. Gunakan promo & diskon

 

Semua orang suka promo atau diskon yang menarik. Ini bisa jadi solusi untuk meyakinkan seseorang agar mendaftar atau membeli produk Anda. Netflix memiliki salah satu landing page terbaik (dan halaman home mereka pun sama bagusnya). Mereka menawarkan uji coba gratis selama satu bulan, yang adalah sebuah penawaran menggiurkan yang menarik banyak orang.

 

Netflix Offer & Discounts

 

Jika memiliki website e-commerce, Anda juga dapat menggunakan landing page untuk mempromosikan penjualan item tertentu, atau gunakan untuk mengemas beberapa item yang serupa jadi satu penawaran yang menjanjikan. Diskon atau promo meningkatkan peluang pembelian.

 

10. Sertakan bukti sosial

 

Jika seseorang tiba di landing page Anda, berarti mereka sudah hampir teryakinkan. Anda telah berhasil menarik perhatian mereka dan mendorong mereka ke halaman pendaftaran. Tinggal beberapa masalah kecil yang tersisa: ada beberapa pertanyaan atau prosedur yang mengganggu mereka.

 

Tugas Anda adalah mereka agar langsung mendaftar/membeli! Satu cara brilian untuk melakukannya adalah dengan menyertakan bukti sosial. Dengan kata lain, gunakan kesempatan ini untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa banyak orang yang menggunakan produk atau layanan Anda. Beri tahu pengunjung bahwa orang lain senang menggunakan produk/layanan Anda.

 

Include social proof in your landing page

 

Sebuah aplikasi daftar tugas, Todoist, mengingatkan Anda dengan ceria bahwa 2 juta orang telah menggunakannya. Angka ini pasti bisa jadi pegangan untuk membuat calon pengguna merasa ketinggalan zaman dan ingin menggunakannya seketika itu juga!

 

Anda juga dapat melakukan hal yang serupa dengan mengutip testimoni di landing page, utamakan testimoni dari pembeli atau klien terkenal.

 

11. Pastikan halaman ramah untuk perangkat seluler

 

Ini tahun 2020, dan saya sebenarnya tidak harus menyebutkan hal ini! Banyak landing page yang masih belum ramah perangkat seluler. Kini, dengan akses internet yang berasal dari perangkat seluler lebih dari 50%, landing page harus terlihat bagus di perangkat mana pun.

 

Ini penting, terutama jika Anda mengarahkan trafik dari iklan media sosial. Tingkat penggunaan media sosial yang tinggi didominasi oleh perangkat seluler, jadi akses landing page via perangkat seluler harus lancar. Jika membuat landing page dengan metode yang saya jelaskan di awal artikel, metode ini akan memberi Anda semua opsi untuk memastikan bahwa landing page ‘responsif’.

 

Jangan sampai kehilangan konversi karena landing page Anda sangat jelek saat diakses di perangkat seluler!

 

12. Tambahkan tombol bagikan

 

Anda bisa memperoleh nilai lebih dari landing page Anda dengan menambahkan tombol bagikan. Biasanya Anda mengeluarkan sedikit uang untuk mempromosikan landing page di Facebook atau Google. Namun, setelah pengunjung mulai berdatangan, permudah mereka untuk membagikan landing page ini kepada teman-teman mereka.

 

Ini adalah promosi gratis! Selalu minta pengunjung untuk membagikan landing page jika mereka menemukan sesuatu yang bermanfaat. Seperti yang Anda lihat di bawah, orang-orang di SaaS mendorong Anda untuk membagikan e-book setelah Anda mengunduhnya. Dengan begini, kunjungan ke landing page bertambah banyak.

 

Share button on your landing page

 

13. Kecepatan

 

Kami di Bitcatcha selalu berbicara tentang kecepatan. Karena pemeriksa kecepatan server kami adalah alat andalan kami! Kecepatan pun jadi elemen penting untuk landing page Anda. Pelanggan akan tahu bahwa website yang lemot dapat memengaruhi rasio konversi Anda.

 

Nyatanya, apa pun yang lebih lambat dari tiga detik dapat memotong setengah dari konversi Anda. Tidak ada perusahaan yang ingin kehilangan setengah dari potensi penjualan mereka, terutama jika masalah dapat diatasi dengan meningkatkan kecepatan.

 

Jika Anda mengikuti saran kami, buat landing page yang polos dan sederhana. Dengan begini, semua akan terlihat bagus dan dapat diakses dengan cepat. Jika pemuatan halaman masih lambat, mungkin masalah utamanya di server atau web host Anda.

 

14. Uji, uji, dan uji!

 

Karena prioritas nomor satu Anda adalah konversi, berarti sekarang waktunya untuk menguji seberapa baik performa landing page Anda. Anda akan segera menyadari bahwa tidak akan ada akhirnya untuk menyempurnakan landing page ini! Selalu ada tata letak baru, kalimat ajakan, frasa atau copy, dan gambar berbeda yang dapat dicoba.

 

Perubahan kecil apa pun dapat menimbulkan efek besar pada konversi Anda. Jadi, jika tidak yakin tata letak atau gambar apa yang paling efektif, coba ubah dan uji responnya.

 

AB-Testing

 

Dengan menggunakan fungsi ‘goals’ (tujuan) di Google Analytics, Anda dapat memantau seberapa banyak konversi yang Anda dapatkan di halaman yang ditentukan. Tiap kali Anda membuat perubahan, pantau apakah rasio konversi naik atau turun.

 

Jika Anda menggunakan salah satu pembuat landing page berbayar yang telah disebutkan sebelumnya, alat tersebut memungkinkan pengujian A/B berbagai opsi sebelum Anda memutuskan desain akhir. Jika ingin konversi dalam jumlah yang banyak, inilah pengujian yang harus Anda lakukan!

 

Landing page adalah salah satu solusi terbaik untuk mendorong konversi dan meningkatkan penjualan serta pendaftaran secara signifikan.

 

Sayangnya, jika tidak dioptimalkan dengan benar, Anda bisa rugi banyak.

 

Apakah landing page Anda sudah membuahkan hasil yang diharapkan? Jangan ragu-ragu untuk berbagi rahasia dan tips Anda di kolom komentar.

 

Avatar

About The Author

Daren Low adalah pendiri Bitcatcha.com & co-developer dari Pemeriksa Kecepatan Server. yang gratis. Dengan 10 tahun pengalaman dalam pengembangan website dan pemasaran di Internet yang sangat dikuasai, Daren dianggap sebagai autoritas utama dalam semua hal yang berkaitan dengan membangun dan mengelola keberadaan online. Jangan ragu bertanya kepadanya dengan terhubung melalui Linkedin dan Twitter.

Suka Artikel Yang Anda Baca?

Bergabunglah bersama para subscriber kami untuk menerima kabar terbaru dari Bitcatcha. Kami mengirimkan berbagai tips dan trik eksklusif untuk bisnis online.