Cara Membuat Lead Magnet yang Sulit Dilewatkan & Mendorong Pengunjung Mendaftarkan Email

Avatar
Oleh          September 11, 2020   Produk & Pengalaman Pengguna    Rahasia Periklanan

Tahukah Anda bahwa 96% orang yang mengunjungi website Anda belum siap untuk langsung membeli produk Anda?

 

Masih ada jalan panjang dari tibanya pengunjung di website sampai mereka membeli produk Anda. Tapi jangan khawatir, peluang 96% itu tidak akan hilang begitu saja! Anda hanya perlu bekerja sedikit lebih keras untuk meyakinkan mereka.

 

Dorong mereka dan bangun kepercayaan hingga mereka siap membeli produk dari Anda.

 

Di sinilah peran lead magnet Anda.

 

Bonus

Cari 9 ide lead magnet sederhana yang dapat Anda curi!

 

Apa Itu Lead Magnet?

 

Lead magnet merupakan sebuah konten atau layanan gratis yang Anda berikan kepada pengunjung demi mendapatkan alamat email mereka.

 

Lead Magnet

 

Magnet ini adalah penyambung antara penarikan perhatian pengunjung dan melakukan penjualan. Banyak orang belum siap untuk langsung membeli produk Anda. Anda harus membangun kepercayaan dan membuktikannya. Letakkan lead magnet Anda di bagian tengah sales funnel, seperti ini:

 

  1. Tarik perhatian pengunjung
  2. *Lead Magnet*
  3. Jual!

 

Karena Anda tidak mungkin akan bisa langsung berhasil menjual, lebih baik dapatkan dulu alamat email mereka supaya Anda bisa menjual sesuatu kepada mereka lain kali!

 

Lead magnet yang paling umum adalah e-Book atau laporan yang dapat diunduh. Anda juga dapat menawarkan uji coba gratis atau kursus pelatihan. Tetapi di postingan ini, saya akan menunjukkan kepada Anda cara membuat lead magnet yang sedikit lebih unik dan ampuh.

 

1. Mulai dengan membuat konten yang tidak dapat dilewatkan, yang membuat mereka makin penasaran

 

Anda tidak mungkin membuat lead magnet tanpa membuat konten yang menginspirasi, berbasis data, memiliki headline keren, serta menggiurkan.

 

Mengapa tidak?

 

Karena Anda harus membuktikannya. Takkan ada yang mengunduh e-Book Anda atau memberikan alamat email sampai Anda menunjukkan apa yang dapat Anda berikan.

 

Beri mereka inspirasi. Hibur mereka. Beri mereka informasi.

 

Buat mereka makin penasaran! Lalu, gunakan lead magnet untuk memberi mereka konten tambahan (tentunya demi mendapatkan alamat email mereka).

 

2. Buat magnet yang sangat relevan

 

Triknya adalah memberi sesuatu yang memiliki nilai tambah pada konten yang dibaca pengunjung. Ini berarti membuat lead magnet yang sangat relevan.

 

Misalnya Anda adalah travel blogger. Anda menulis artikel keren tentang perjalanan terbaru ke Paris, dan postingan tersebut jadi viral. Hebat! Waktunya mengumpulkan email baru.

 

Insting pertama Anda adalah menawarkan e-Book. Buku dengan judul seperti “Panduan Lengkap Jalan-Jalan ke Kota-Kota di Eropa” pasti jadi buku yang bakal laku di pasaran.

 

Sayangnya, menurut kami tidak.

 

Memang relevan, tetapi tidak cukup relevan untuk mendorong pengunjung dalam jumlah yang banyak agar mendaftarkan email mereka ke blog Anda. Orang yang membaca artikel ini tertarik dan terinspirasi dengan Paris. Jadi, kami tahu lead magnet yang lebih baik:

 

“Unduh itinerary dua hari saya yang sempurna selama di Paris”

 

Ide ini lebih spesifik dan relevan dengan minat pembaca Anda. Selain itu, mudah ditindaklanjuti. Magnet ini memberikan nilai tambah.

 

Marketer digital terbesar menyebutnya hal ini dengan ‘upgrade konten’, dan beberapa orang telah merasakan peningkatan konversi sebesar 785% ketimbang menggunakan lead magnet tradisional berskala ‘besar’ seperti e-Book.

 

Berikut adalah contoh visual bagaimana Backlinko menggunakan ‘upgrade konten’ ini:

 

Backlinko Content Upgrade

 

Pelajari selengkapnya: Upgrade Konten – Cara Tercepat untuk Menambah Pelanggan

 

3. Buat sependek dan sesimpel mungkin

 

Hal bagus tentang contoh di atas adalah bentuknya lebih kecil dan lebih mudah dibuat. Mengapa harus menulis e-Book kalau Anda bisa membuat daftar centang atau rencana perjalanan dalam satu halaman saja?

 

Proses pembuatan lebih mudah, dan pembaca juga lebih suka konten yang singkat. Sebagian besar orang tidak punya banyak waktu untuk menamatkan satu e-Book. Berikan sesuatu yang sederhana saja. Sebagai pembaca, kita suka mencetak segalanya, menempelnya di meja, serta menjaga informasi penting agar selalu terlihat dan tertata rapi.

 

Dengan melakukan hal ini, Anda memberikan nilai nyata ke dalam kehidupan mereka dalam lima menit setelah mereka mendaftar.

 

Ingat, Anda masih meyakinkan pelanggan potensial ini. Anda masih mencoba memikat mereka sebelum membuatnya melakukan pembelian besar. Proses ini jangan sampai berlarut-larut. Berikan sesuatu yang bernilai dengan cepat.

 

4. Pecahkan masalah mereka

 

Lead magnet terbaik adalah yang dapat memecahkan masalah. Sesimpel itu.

 

Orang mengunjungi website Anda karena mereka mencari sesuatu. Apa yang mereka cari?

 

Sekarang, coba berikan solusi itu secara gratis.

 

Itulah lead magnet Anda.

 

Di bawah adalah lead magnet AppSumo. Perusahaan ini dibuat untuk mencari aplikasi, gadget, dan produk yang paling keren dan geeky, yang membantu meningkatkan produktivitas kerja Anda.

 

Jadi, AppSumo secara langsung memecahkan masalah pembaca dengan menawarkan 15 alat penting untuk meningkatkan produktivitas.

 

Appsumo

 

5. Buat lebih dari satu lead magnet

 

Membuat lead magnet yang sangat relevan adalah solusi yang jitu. Tentunya, ini juga berarti kita harus membuat lebih dari satu (Untungnya, kami kini juga tahu bahwa lead magnet yang pendek adalah magnet yang lebih baik, jadi pembuatannya tidak butuh banyak waktu!)

 

Ketimbang menulis e-Book, mari buat konten-konten tambahan berskala kecil yang sangat relevan.

 

Waktu dan usaha yang dikerahkan untuk membuatnya tidak ada bedanya. Tetapi, cara ini lebih ampuh untuk mendapatkan lebih banyak alamat email pengunjung.

 

Orang-orang di Digital Marketer sangat ahli dalam hal ini. Mereka dapat membuat satu laporan resmi yang menjelaskan segala hal yang perlu diketahui tentang pemasaran digital.

 

Namun mereka tidak melakukan hal tersebut.

 

Mereka membuat lead magnet yang lebih kecil dalam jumlah banyak, lalu menyesuaikannya dengan masalah-masalah tertentu. Mereka memberikan PDF berisi ide blog keren yang dapat diunduh. Mereka juga menawarkan rangkaian template headline untuk media sosial yang dapat diunduh, yang isinya dapat Anda salin dan tempel dengan mudah. Bahkan dalam suatu kampanye, mereka mengirim serbet yang berisi coretan diagram alir diatasnya.

 

Smaller Lead Magnet

 

Jangan menggunakan satu lead magnet yang ambigu. Gunakan beberapa magnet yang sangat unik dan relevan.

 

6. Perkenalkan pelanggan kepada produk premium Anda

 

Ingat, lead magnet termasuk bagian tengah dari sales funnel Anda.

 

Mendapatkan alamat email mereka merupakan setengah proses dari perjalanan Anda!

 

Setelah mereka dapat mengakses lead magnet Anda, waktunya memperkenalkan mereka ke produk premium Anda. Pandu mereka ke bagian bawah corong penjualan dan dorong mereka untuk membeli produk Anda.

 

Jangan malu, Anda sudah membangun kepercayaan dan telah membuktikannya. Sekarang minta pelanggan membelinya.

 

BONUS! 9 Ide Lead Magnet yang Dapat Anda Curi!

 

  1. Laporan dataOrang-orang suka dengan statistik. Kita selalu senang dengan konten berbasis data. Ini menunjukkan kepada pelanggan potensial bahwa Anda merupakan seorang yang ahli di bidang ini, sehingga mereka memiliki informasi yang dapat ditindaklanjuti.
  2. ChecklistChecklist sangat mudah dibuat, dan menambah banyak nilai tambah ke konten Anda. Pembaca dapat mencetaknya dan meletakkannya di meja mereka.
  3. Swipe filesSwipe file adalah template sederhana yang dapat digunakan secara praktis oleh pengguna.
  4. TutorialKonten ini bagus bagi konsultan yang menjual produk pembelajaran. Jika Anda memberikan tutorial gratis, pengunjung dapat mengetahui gaya mengajar Anda dan mulai mempelajari sesuatu.
  5. Uji coba gratisBanyak perusahaan perangkat lunak yang menggunakan uji coba gratis untuk menarik pengguna. Uji coba dapat berakhir selama satu bulan, atau Anda dapat memberikan versi gratis aplikasi namun menyembunyikan fitur-fitur tertentu.
  6. Kode promoSangat cocok untuk toko online. Berikan kode promo kepada pelanggan demi mendapatkan alamat email.
  7. Katalog & brosurToko fashion selalu menggunakan lead magnet ini. Pengunjung membuka email ini untuk melihat lookbook tahun ini atau brosur musim baru.
  8. KalendarTawarkan kalender yang lengkap dengan penjadwalan konten atau pengingat kepada pembaca. Bagus untuk dicetak dan ditempelkan di papan.
  9. Gunakan imaginasi AndaDi sini tidak ada peraturan! Anda bisa ciptakan sesuatu yang unik bagi Anda dan website Anda. Berkreasilah sesuka hati!

 

Sekarang, lanjutkan membaca 7 langkah untuk membuat tombol kalimat ajakan yang menarik (beserta contoh nyata).

 

Avatar

About The Author

Daren Low adalah pendiri Bitcatcha.com & co-developer dari Pemeriksa Kecepatan Server. yang gratis. Dengan 10 tahun pengalaman dalam pengembangan website dan pemasaran di Internet yang sangat dikuasai, Daren dianggap sebagai autoritas utama dalam semua hal yang berkaitan dengan membangun dan mengelola keberadaan online. Jangan ragu bertanya kepadanya dengan terhubung melalui Linkedin dan Twitter.

Suka Artikel Yang Anda Baca?

Bergabunglah bersama para subscriber kami untuk menerima kabar terbaru dari Bitcatcha. Kami mengirimkan berbagai tips dan trik eksklusif untuk bisnis online.