Cara Membuat Milis dari Nol & Mengirim Newsletter Pertama Anda: Sebuah Tutorial Menggunakan MailChimp Dan Menguasai Segalanya

Avatar
Oleh          September 11, 2020   Pemasaran    Rahasia Periklanan

Apa Anda tahu bahwa pemasaran via email mendongkrak trafik dan penjualan lebih baik dari:

 

Facebook, Twitter, Instagram, iklan online, surat, dan yang paling mengejutkan adalah…

 

dari APA pun!

 

Milis (mailing list) adalah cara terbaik untuk terhubung dengan pelanggan. Metode ini bagus untuk mendorong penjualan.

 

Catatan

Artikel ini adalah mengenai panduan membuat milis Anda dalam 10 menit, mengirimkan newsletter pertama Anda, dan membuat lead magnet yang akan membuat Anda mendapatkan banyak pengikut baru.

 

Daftar Isi

 

 

Bagian 1: Cara mendapatkan pelanggan pertama

  1. Daftar ke MailChimp, GRATIS!
  2. Buat daftar baru
  3. Buat formulir pendaftaran
  4. Sematkan ke website Anda

 

Bagian 2: Mengirim newsletter pertama Anda

  1. Mulai kampanye baru
  2. Buat desain
  3. Buat newsletter email sendiri
  4. Kirim email percobaan
  5. Kirim!
  6. Lihat statistiknya!

 

Bonus: Cara mendapatkan pelanggan email yang lebih banyak

  1. Menyiapkan lead magnet di website Anda

 

Ada alasan mengapa orang-orang termuka di industri pemasaran sangat bergantung pada milis. Coba simak apa yang mereka ucapkan tentang kekuatan email:

 

Noah Kagan

Appsumo merupakan bisnis tujuh digit. 90%+ penghasilan kami berasal dari email.” – Noah Kagan, Appsumo

 

Derek Halpern

Kalau saja saya membuat milis, saat perusahaan ingin membeli blog saya, saya bisa minta yang 7 sampai 10 kali lipat lebih banyak dari yang mereka tawarkan.” – Derek-Halpern, Social Triggers

 

Neil Patel

Dari semua saluran yang saya uji sebagai pemasar, performa email hampir mengalahkan semua saluran yang ada.” – Neil Patel, KissMetrics, Crazy Egg, QuickSprout

 

Jawaban yang bijak!

 

Jadi, mengapa pemasaran via email sangat efektif?

 

  1. Karena sifatnya personal
    Anda bisa langsung menghubungi pelanggan dengan mengirim email ke kotak masuk pribadi mereka, lalu terhubung dengan mereka. Anda langsung masuk ke dunia mereka.
  2. Anda sudah punya izin
    Dengan email, pelanggan telah mempersilahkan Anda untuk masuk ke kehidupan mereka. Milis membangun kepercayaan. Kiriman Anda disambut dengan baik di kotak masuk mereka.
  3. Mereka sudah tertarik
    Pelanggan telah menunjukkan minat pada perusahaan atau produk Anda. Mereka sudah setengah jalan!

 

Pemasaran via email mendorong trafik website yang tinggi, membangun loyalitas, dan menjual produk.

 

Jadi, bagaimana cara kita memulai?

 

Mari Berkenalan dengan MailChimp

 

MailChimp

 

… Sobat baru Anda.

 

MailChimp adalah platform yang akan membantu Anda mengirim ribuan email sekaligus. Anda akan mengumpulkan alamat email, menyimpannya, lalu menganalisis hasilnya.

 

Dan yang terbaik adalah, platform ini merombak hal yang sebelumnya cukup rumit dan kuno menjadi bagus dan mudah dicerna.

 

Mari kita langsung membahas prosesnya.

 

Yang akan kita pelajari hari ini:

 

  1. Cara meletakkan kotak pendaftaran email di website dan mulai mengumpulkan alamat email.
  2. Cara mendesain dan mengirim newsletter email pertama.
  3. BONUS: Cara meningkatkan pelanggan dengan membuat ‘lead magnet‘.

 

 

BAGIAN 1: Cara Mendapatkan Pelanggan Pertama

 

Langkah 1. Daftar ke MailChimp, GRATIS!

 

Sign Up MailChimp for Free

 

MailChimp gratis sampai Anda mencapai 2.000 pelanggan. Cara memulai yang baik tanpa harus khawatir untuk membayar apa pun.

 

 

Langkah 2. Buat daftar baru

 

Sekarang kita sudah membuka MailChimp. Di sini Anda punya beberapa pilihan. Kami berasumsi bahwa Anda mulai dari nol, jadi pilih opsi ketiga: Mulai bangun pengikut Anda.

 

Start building your audience

 

Selanjutnya, ia akan meminta Anda untuk ‘Membuat Daftar’. Ini adalah tempat Anda menyimpan semua alamat email yang Anda kumpulkan.

 

Create a list

 

Di bawah, Anda akan melihat bagaimana penampakan salah satu daftar saya.

 

Ini penting, karena daftar menyusun peringkat untuk pelanggan terbaik saya. Daftar menunjukkan siapa yang selalu membuka email saya. Menunjukkan siapa yang paling sering mengeklik ke website saya. Daftar ini memberi tahu pelanggan mana yang paling berarti bagi saya!

 

Subscribers Activities

 

 

Langkah 3. Buat formulir pendaftaran

 

Ini bagian yang penting. Formulir pendaftaran adalah bagian yang berada di website Anda dan tugasnya meminta informasi orang-orang. Ini penampakan dari formulir pendaftaran Bitcatcha saya.

 

Bitcatcha Sign Up Form

 

Anda dapat meletakkan kotak kecil ini di seluruh website Anda agar banyak orang yang mendaftar. Ingin tahu di mana lokasi dengan tingkat konversi tertinggi?

 

  • Bagian atas bilah samping Anda
  • Pop-up/kotak fitur
  • Bilah header di bagian atas situs
  • Setelah konten blog Anda
  • Di footer

 

Kita secara singkat akan membuat kotak formulir pendaftaran untuk website Anda. MailChimp membuatnya dengan mudah, dan memberi Anda tiga pilihan berbeda.

 

MailChimp Embedded Form

 

Kita akan memilih formulir ‘tersemat’ (embed) untuk jadi kotak pendaftaran Anda. Ini berarti Anda dapat meletakkannya di website Anda seperti yang saya tunjukkan sebelumnya.

 

MailChimp membantu Anda menyunting formulir atau kotak pendaftaran, lalu memberi Anda potongan kode yang kecil. Simpan kode baik-baik, karena kita akan meletakkannya di website Anda.

 

 

Langkah 4. Sematkan (Embed) ke website Anda

 

Jika membuat website di WordPress, cara termudah adalah mengunduh plugin MailChimp. WordPress memberi Anda banyak pilihan mudah untuk menyematkan kotak pendaftaran di websiteAnda.

 

MailChimp Plugin

 

Jika membuat website sendiri, cukup tempel kode ke file HTML di tempat yang Anda inginkan.

 

Semudah itu!

 

Tiap kali seseorang mendaftar, email mereka akan langsung masuk ke daftar MailChimp Anda. Email-email itu tinggal menunggu untuk mendapatkan newsletter pertama Anda yang menggiurkan.

 

 

BAGIAN 2. Mengirim Newsletter Pertama

 

Membuat daftar pelanggan sudah selesai, sekarang ayo mengirim newsletter pertama Anda!

 

Langkah 1. Mulai kampanye baru

 

MailChimp menawarkan empat macam kampanye. Kita akan memilih kampanye yang reguler. Ini yang akan biasa Anda gunakan nanti.

 

Create an Email Campaign

 

 

Langkah 2. Buat desain

 

Ini bagian serunya, mendesain!

 

Jangan khawatir, ini langkah yang sangat mudah. Anda bisa memilih dari berbagai tema dan layout yang ditetapkan sebelumnya. Atau jika tidak suka, Anda bisa menyewa jasa coder untuk menulis kode dari nol.

 

Create A Design

 

Mari pilih tema Boutique; cocok untuk pemilik toko fashion online.

 

 

Langkah 3. Buat newsletter email sendiri

 

MailChimp adalah platform terbaik yang paling mudah untuk menyesuaikan newsletter email Anda. Anda cukup seret dan lepaskan (drag & drop) apa pun yang Anda inginkan.

 

Lihat bagaimana saya menyeret dan melepaskan kotak gambar baru ke email.

 

Make It Your Own

 

Mudah, kan?

 

Lalu cukup unggah gambar yang Anda inginkan. Anda bisa melakukan hal yang sama dengan kotak teks, tombol media sosial, dan video.

 

 

Langkah 4. Kirim email percobaan (pastikan Anda melakukannya!)

 

Send a Test Email

 

Sebelum menekan tombol kirim, pastikan Anda mengirim email percobaan. Kirim ke semua alamat email yang berbeda. Coba hotmail, AOL, yahoo, gmail, dan alamat pribadi.

 

Lihat kondisinya di setiap browser dan (yang tak kalah penting) periksa di perangkat mana pun yang bisa Anda periksa (smartphone, laptop, atau tablet).

 

MailChimp cukup fantastis, dan saya jarang mengalami masalah dengan layanan ini. Tapi kita takkan pernah tahu.

 

Penting

Minta tolong seseorang untuk mem-proofread konten Anda. Pasti ada saja yang salah. PASTI!

 

 

Langkah 5. Kirim!

 

Ini bagian yang agak mengerikan. Mengirim email ke ribuan orang selalu jadi momen yang mengerikan.

 

Send!

 

Jangan khawatir, menekan tombol pratinjau lebih dari enam kali merupakan hal biasa. Dan coba kirim tiga email percobaan ke email Anda sendiri.

 

Untuk memastikan semua dalam keadaan sempurna.

 

 

Langkah 6. Cobalah untuk bernapas lega. Lalu periksa statistiknya!

 

Hal terkeren tentang MailChimp adalah Anda memperoleh statistik instan dalam waktu nyata. Setelah email Anda dikirim, Anda langsung mendapatkan umpan balik.

 

Sebagian besar penerima akan membukanya dalam beberapa jam pertama.

 

Check the stats!

 

More Email Stats

 

Selamat! Anda baru saja mengirim newsletter pertama.

 

 

BONUS: Cara Mendapatkan Pelanggan Email yang Lebih Banyak

 

Karena Anda sudah percaya diri mengirim email, waktunya meningkatkan jumlah pelanggan Anda.

 

Kunci mendapatkan ribuan alamat email adalah ‘lead magnet’. Ini adalah persembahan kecil dari Anda untuk mendapatkan alamat email mereka. Anda bisa membuat eBook atau tutorial video. Semuanya demi meyakinkan orang-orang untuk memberikan alamat emailnya.

 

Anda mungkin pernah melihat ‘lead magnet‘ seperti ini di Internet. Bahkan Anda mungkin mendaftarkan email Anda karena melihatnya!

 

Create A Lead Magnet

 

Anda akan mendapatkan jumlah pendaftaran dua, bahkan tiga kali lipat dengan menggunakan salah satu lead magnet ini. Trik ini disertai dengan konten bonus yang sangat bermanfaat bagi audiens Anda. Jadi, berikan secara gratis!

 

 

 

Langkah 7. Menyiapkan lead magnet di website Anda

 

Anda dapat membuatnya dengan cepat. Yang Anda butuhkan hanyalah menyiapkan email otomatis yang mengirimkan tautan berisi barang gratis kepada pelanggan.

 

Mari kembali ke MailChimp dan membuka halaman ‘buat formulir pendaftaran’. Kali ini, pilih ‘formulir umum’.

 

General Form

 

Kita akan membuat email otomatis yang akan diterima pelanggan setelah mereka memasukkan alamat email. MailChimp menyebutnya dengan halaman ‘Terima Kasih’.

 

Thank You Page

 

Pada halaman ‘terima kasih’, cukup sertakan tautan ke konten rahasia yang menggiurkan! Baik itu e-book PDF yang bisa diunduh, atau video tutorial YouTube yang sifatnya pribadi, itu semua terserah Anda.

 

MailChimp akan mengurus sisanya, lalu kirim email terima kasih ini kepada tiap pelanggan baru, dan jangan lupa sertakan konten gratisnya. Mudah, kan!

 

Simpel, efektif, dan membuat pelanggan bahagia. Dengan lead magnet yang bagus, Anda bisa memulai mengumpulkan banyak alamat email.

 

 

Mengirim newsletter akan mengubah seluruh tampilan bisnis Anda.

 

Anda akan mulai mengembangkan ikatan loyalitas yang kuat dengan pelanggan. Mereka akan kenal Anda dan percaya dengan Anda. Mereka menanti kabar apa pun dari Anda!

 

Semoga Anda sudah mendapatkan ribuan alamat email. Jika sudah, berarti Anda bisa mengirimkan mereka semua dengan penawaran terbaru, diskon eksklusif, atau berita dan konten umum.

 

Email meningkatkan trafik ke website Anda. Selain membuat pelanggan percaya, ia bisa menjual produk.

 

Mudah, kan!

 

Avatar

About The Author

Daren Low adalah pendiri Bitcatcha.com & co-developer dari Pemeriksa Kecepatan Server. yang gratis. Dengan 10 tahun pengalaman dalam pengembangan website dan pemasaran di Internet yang sangat dikuasai, Daren dianggap sebagai autoritas utama dalam semua hal yang berkaitan dengan membangun dan mengelola keberadaan online. Jangan ragu bertanya kepadanya dengan terhubung melalui Linkedin dan Twitter.

Suka Artikel Yang Anda Baca?

Bergabunglah bersama para subscriber kami untuk menerima kabar terbaru dari Bitcatcha. Kami mengirimkan berbagai tips dan trik eksklusif untuk bisnis online.