11 Fitur Shopify yang Tidak Anda Ketahui (Tetapi Bisa Meningkatkan Penjualan Anda): Panduan Lengkap Shopify Bagian 2

Avatar
Oleh        Oktober 16, 2020   Pengembangan Web    Rahasia Periklanan

Punya toko Shopify? Siap membawanya ke tingkat selanjutnya? Siap menghasilkan lebih banyak penjualan dengan lebih sedikit usaha? Mari kita mulai.

 

Pada Panduan Lengkap Shopify Bagian 1, kita membahas tentang cara mudah mendirikan toko Shopify dari awal (dan bagaimana cara membuat toko online hanya dalam 19 menit).

 

Pada bagian ini, kita akan menyelam lebih dalam menuju kotak trik Shopify. Teknik lanjutan pada artikel ini akan membantu Anda mendongkrak penjualan, menarik lebih banyak pelanggan, dan meningkatkan efisiensi toko Anda.

 

 

shopify-comp

 

Catatan

Beberapa fitur dalam postingan ini dikemas dalam paket Shopify standar, tetapi ada beberapa yang akan memerlukan upgrade.

 

1. Pemulihan Troli yang Diabaikan

 

Nilai rata-rata troli online yang diabaikan adalah 68,81%. Dengan kata lain, 7 dari 10 pelanggan menambah produk ke keranjang mereka dan pergi tanpa membeli.

 

Ini dapat membuat sejumlah angka penjualan Anda yang hilang. Anda bisa melihatnya dengan menuju ke Perintah > Checkout yang Diabaikan pada dashboard Shopify.

 

Shopify Abandoned Cart Recovery

 

Di sini, Anda akan melihat daftar semua pelanggan yang meletakkan barang ke keranjang mereka, tetapi tidak membelinya. Bagaimana bila Anda dapat mengirimkan mereka email dan mengingatkan mereka?

 

Pada paket Shopify standar, satu-satunya pilihan Anda adalah mengirim email ke setiap pelanggan satu per satu secara manual untuk mengingatkan tentang keranjang mereka.

 

Abandoned Orders

 

Dengan beralih ke paket ‘advanced’ atau mengunduh aplikasi pengabaian troli, Anda dapat mengatur pengiriman email untuk mengingatkan tiap pelanggan yang meninggalkan troli yang diabaikan secara otomatis.

 

Gunakanlah fitur ini, dan Anda akan dapat membawa para pelanggan itu kembali untuk menyelesaikan checkout mereka.

 

2. Penghitungan Otomatis Ongkos Kirim

 

Salah satu dari aspek terumit dalam menjalankan sebuah toko online adalah menghitung ongkos kirim. Bila Anda meremehkan ini, Anda dapat kehilangan banyak uang. Bila terlalu berlebihan (dalam menghitungnya), Anda dapat menakuti para pelanggan dengan harga tinggi.

 

Untuk menghindarinya, gunakan ‘penghitung ongkos kirim waktu nyata’. Aplikasi ini menghitung harga persis kiriman untuk tiap pelanggan berdasarkan lokasi mereka dan ukuran/berat produknya.

 

Calculate shipping rate

 

Untuk melakukannya, Anda perlu mengaktifkan paket ‘Advanced Shopify’ pilih dan kurir (UPS, FedEx dll) untuk menghitung tarifnya.

 

3. Menerima Pembayaran Di manapun Dengan Shopify POS

 

Point of Sale (POS), atau ‘Titik Penjualan’ berguna jika Anda juga berencana menjual produk Anda di dunia nyata. Mungkin di toko pop-up, pasar, atau sebuah toko fisik.

 

Take payment with Shopify POS

 

POS Shopify adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menerima pembayaran di dunia nyata menggunakan sebuah pembaca kartu atau card reader (harganya 59 euro). Penjualan apa saja akan terhubung otomatis dengan akun Shopify online Anda, sehingga akun dan inventori Anda sesuai, tidak peduli di mana Anda menjual.

 

4. Buat Profil Pelanggan untuk Mengidentifikasi Pembeli Terbaik Anda

 

Dengan meminta pelanggan Anda untuk membuat akun sebelum membeli dari Anda, sangat mungkin untuk melacak dan memantau informasi dan riwayar pembelian mereka.

 

Mungkin terdengar aneh, tetapi hal ini akan sangat berguna. Dengan memiliki akun pelanggan, Anda dapat mengetahui secara pasti siapa membeli apa. Sekarang jadi mudah untuk mengidentifikasi pelanggan terbaik Anda.

 

customer accounts

 

Dengan informasi ini, Anda dapat mengirim email penjualan sesuai target. Katakanlah Anda memiliki toko buku dan Anda menjual 230 kopi sebuah novel populer. Beberapa bulan kemudian, Anda mulai menjual sekuelnya, dan Anda ingin mengirim email kepada semua orang yang membeli buku pertama untuk memberi tahu mereka.

 

Dengan menelusuri riwayat pembelian melalui akun pelanggan, Anda mengetahui dengan pasti siapa membeli buku pertama, sehingga Anda dapat langsung mengirim email kepada mereka. Untuk mengaktifkannya, masuk ke Pengaturan > Checkout. Kemudian atur bagian akun pelanggan ke ‘optional’ atau ‘required’. Pengaturan ini akan meminta pelanggan untuk mendaftar atau membuat akun saat membeli.

 

Shopify customer accounts

 

5. Gunakan Kode Diskon

 

Bukan rahasia lagi kalau diskon dan promo cuci gudang membantu mempercepat pendapatan. Tetapi, bagaimana cara Anda melakukannya di Shopify?

 

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan aplikasi Shopify seperti ‘Bulk Discounts‘ (Diskon Jumlah Besar). Dengan menggunakan ini, Anda dapat membuat kode diskon sejumlah nilai tertentu, persentase diskon, atau ongkos kirim gratis.

 

6. Jual Gift Card untuk Liburan

 

Kartu hadiah sangat populer di saat liburan, dan Shopify sudah menyediakan cara mudah untuk gift card.

 

Purchase gift card

 

Buka Produk > Gift cards. Di sini, Anda dapat membuat kartu hadiah, sama seperti pada saat Anda membuat produk lain.

 

Catatan

Anda harus beralih menggunakan paket ‘Shopify’ tingkat menengah untuk mengaktifkan kartu hadiah.

 

7. Mengintegrasikan Shopify Dengan Facebook

 

Jika Anda memiliki banyak pengikut di media sosial, Anda bisa membuat ulang toko secara keseluruhan di halaman Facebook Anda dengan tab ‘Toko’. Pelanggan dapat langsung membeli tanpa harus beralih menuju website Anda, sehingga memuluskan proses penjualan.

 

Facebook Shopify tab

 

Dengan memanfaatkan sebuah API, toko di Facebook secara otomatis menyinkronkan pembayaran dan inventaris dengan akun Shopify, sehingga Anda masih mengelola semuanya dari satu tempat.

 

Mulailah dengan masuk ke Pengaturan > Saluran Penjualan > Tambah Saluran Penjualan > Facebook. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menghubungkannya, dan dirangkum oleh Shopify di sini.

 

8. Manfaatkan Layanan Pemenuhan Shopify Untuk Pengiriman

 

Melakukan pengemasan dan pengiriman adalah aspek yang paling memakan waktu dalam menjalankan sebuah toko, terutama ketika pesanan besar mulai bergulir.

 

Anda bisa meminta Shopify untuk melakukan pengangkutan – dalam arti yang sesungguhnya!

 

Dengan bermitra bersama jasa pengiriman yang sudah ada, seperti Amazon atau Rakuten, mereka akan menangani penggudangan, penyiapan, dan pengiriman untuk Anda. Yang harus Anda lakukan adalah menyimpan inventaris di salah satu pusat pengiriman mereka.

 

Rakuten Super Logistics Shopify App

 

Untuk mulai mengaturnya, masuk ke Pengaturan > Pengiriman > Dropshipping & Pengiriman > Tambah Jasa Dropshipping dan pilih jasa pengiriman yang diinginkan.

 

9. Gantikan Seluruh Inventaris dengan Dropshipping Shopify

 

Dropshipping adalah sebuah cara baru untuk menjalankan toko online. Bagian terbaiknya? Anda tidak perlu membeli banyak inventaris untuk memulai.

 

Ketika para pelanggan membeli produk dari toko Anda, Anda melakukan pemesanan dengan pemasok pihak ketiga yang kemudian mengirim produk kepada pelanggan Anda.

 

Pelanggan akan mengira barang dikirim langsung oleh Anda. Artinya, Anda tidak perlu memiliki ruangan atau gudang yang penuh dengan barang-barang inventaris.

 

Untuk melakukan pengaturan ini di Shopify, coba gunakan salah satu aplikasi dropshipping, seperti Ordoro. Mereka akan membantu Anda menjalin kemitraan dengan pemasok dan mengelola semuanya dari satu tempat.

 

10. Manfaatkan ‘Pakar’ Shopify

 

Shopify mempromosikan sekelompok mitra pakar di bidang pemrograman, desain, pemasaran, dan fotografi untuk membantu memaksimalkan toko online Anda.

 

Shopify experts

 

Shopify mengkategorikan keahlian mereka sesuai harga, lokasi, dan spesialisasi, sehingga Anda dapat memilih ahli yang tepat untuk toko Anda.

 

Bila Anda tidak punya waktu atau keterampilan untuk menata toko Anda, ini adalah cara yang sangat berguna (tetapi mahal).

 

11. Telusuri Semua dengan Analitik dan Laporan Shopify

 

Analitik penting untuk melihat seberapa baiknya performa toko online Anda. Berapa banyak pengunjung yang datang ke toko Anda? Dari mana mereka berasal? Berapa lama mereka menjelajah toko? Dan website apa yang mengarahkan mereka?

 

Masuk ke ‘laporan’ untuk mengunduh grafik terperinci tentang penjualan, perdagangan, dan analitik troli Anda.

 

Saya juga menyarankan untuk mengintegrasikan Google Analytics dalam toko Shopify Anda. Untuk melakukannya, tempel kode Google Analytics Anda ke kolom yang tersedia pada dashboard Shopify Anda (ada di Toko Online > Preferensi > Google Analytics).

 

 

Dengan menggunakan semua fitur bawaan ini, Anda dapat memaksimalkan toko Shopify Anda agar menghasilkan lebih banyak penjualan dan pelanggan. Di saat yang sama, Anda dapat mengurangi permasalahan di balik layar.

 

Apakah Anda sudah pernah menggunakan semua fitur Shopify ini? Apakah ada pertanyaan tentang bagaimana cara kerjanya? Beritahu saya lewat komentar dan saya akan lakukan yang terbaik untuk menjawab pertanyaan Anda!

 

Pada bagian 3, pembahasannya adalah tentang mesin pencarian. Apa yang harus dilakukan agar toko Shopify Anda meraih peringkat tinggi dalam pencarian Google? Simak minggu depan hanya di blog Bitcatcha.

 

Avatar

About The Author

Ben adalah seorang copywriter & editor dari London. Karyanya diterbitkan secara berkala di The Huffington Post, dan dia telah mengerjakan beberapa kampanye copywriting yang sukses untuk Sony UK. Ayo untuk terhubung dengan Ben melalui Twitter.

Suka Artikel Yang Anda Baca?

Maka Anda akan menyukai buletin kami! Kami mengirimkan wawasan & kiat terbaik untuk membangun karier online yang lebih sukses.