Membuat Toko Online Dalam 19 Menit: Bagaimana Cara Membuat Shopify (Panduan Lengkap Shopify Bagian 1)

Avatar
Oleh        September 11, 2020   Pengembangan Web    Rahasia Periklanan

Shopify adalah cara termudah membuat toko online.

 

Apakah Anda ingin menghasilkan uang tambahan atau memulai pekerjaan utama? Shopify adalah cara tercepat untuk memulai toko online.

 

Bahkan, saya menghitung waktu dari awal hingga selesai, dan hanya butuh 19 menit untuk membuat toko, menambahkan produk, dan menekan tombol ‘go live’.

 

Memang, toko 19 menit saya belum sempurna, dan akan menghabiskan waktu lebih lama untuk menyempurnakannya. Namun, ini menunjukkan betapa mudah prosesnya.

 

 

Artikel ini adalah bagian pertama dari seri artikel Shopify yang terdiri dari empat bagian, yang akan membawa Anda dari pemula menjadi ahli Shopify! Saat ini, kita akan memulai dengan pengaturan dasar sebelum menuju proses pengaturan 20 menit.

 

Namun, sebelumnya…

 

Mengapa Shopify?

 

shopify-review

Sebagian besar pemilik toko tidak ingin repot membuat website dari awal dan melakukan pemeliharaan mekanis yang rumit. Mereka hanya ingin menjual! Untuk itulah Shopify hadir:

 

Kelebihan Shopify

 

  1. Anda tidak perlu mengetahui baris kode web apa pun – Shopify akan memandu seluruh proses.
  2. Shopify memungkinkan Anda menggunakan nama domain sendiri (mis. www.store-saya.com), juga membuat hosting toko Anda dan mengelola ‘backend‘ yang rumit.
  3. Mendesain toko itu mudah, pilihlah 100 tema yang tersedia dan sesuaikan dengan keinginan Anda.
  4. Shopify memproses, mengelola, dan melacak semua pesanan serta pembayaran, membuat Anda lebih fokus pada bisnis.

 

Terdengar Menarik! Apa Yang Saya Perlukan Untuk Memulai?

 

Yang Anda butuhkan hanya meluangkan waktu 20 menit, produk untuk dijual, dan Rp 404.492 per bulan. NAMUN, ada uji coba gratis selama 14 hari, dan tidak perlu memasukkan detail kartu apa pun hingga toko Anda berhasil ditampilkan. Anda bebas bermain-main hingga saat itu.

 

Shopify Store

 

Adakah Kekurangan Di Shopify?

 

Jika Anda mencari kendali penuh pada backend website Anda (hosting web, kinerja, pengkodean, dll.), Shopify mungkin terasa terlalu membatasi Anda. Shopify juga sedikit lebih mahal dari pilihan yang lain. Tetapi, dengan harga yang ditawarkan Anda mendapatkan keuntungan yang tak tertandingi.

 

Apakah ada alternatif lain? Gunakan WordPress dengan plugin atau yang disebut WooCommerce. Namun, jika mencari pilihan yang sederhana, mudah, dan tidak repot, pilihlah Shopify.

 

Ayo Kita Mulai!

 

Dalam tutorial singkat ini, kita akan melalui beberapa tahapan dasar menyiapkan toko Shopify. Kita akan melakukan pendaftaran, desain, menambahkan produk, menambahkan nama domain, dan menyiapkan mekanisme pembayaran.

 

Langkah 1: Pendaftaran

 

Langkah pertama sangat mudah, buka Shopify.com dan masukkan alamat email Anda.

 

Start Shopify Trial

 

Langkah 2: Beri Nama Toko Anda

 

Semoga, Anda sudah punya ide nama untuk toko Anda. Untuk toko demo, saya menggunakan ‘Awesome Snowboards’.

 

Awesome Snowboards

 

Langkah 3: Tambahkan Alamat, Agar Shopify Dapat Menghitung Pajak Penjualan Dan Pembayaran

 

Payment Address

 

Langkah 4: Mulailah Menyesuaikan Desain Anda!

 

Setelah mendaftar, Anda akan disambut oleh dashboard sederhana. Mari kita mulai dengan hal yang menyenangkan: mendesain toko Anda.

 

selectatheme

 

Langkah 5: Memilih Tema Yang Cocok Untuk Toko Anda

 

Shopify memiliki lebih dari 100 desain, atau ‘tema’ (theme) untuk menyesuaikan toko online Anda. Anggap saja sebagai titik awal, Anda dapat mengubah atau mengganti tata letak, warna, dan gambar.

 

Untuk toko ‘Awesome Snowboards’, saya memilih tema ‘Boundless’. Rapi, sederhana, dan memiliki banyak ruang untuk gambar besar.

 

Shopify Theme - Boundless

 

Langkah 6: Ubah Tema Sesuai Selera Anda

 

Shopify memberikan banyak kendali atas tampilan & nuansa di website Anda. Di sini, saya telah mengunggah ‘hero image‘ baru dan menulis logo sederhana di atasnya.

 

Overlay Background Image

 

Sampai di sini, Anda boleh menghabiskan waktu berjam-jam mengubah tata letak dan desain, tetapi Anda bisa kembali lagi ke menu ini kapan saja. Untuk saat ini, mari kita tambahkan beberapa produk.

 

Langkah 7: Menambahkan Produk Pertama Anda

 

Arahkan kembali ke dashboard dan klik ‘tambahkan produk’.

 

Add your first product

 

Langkah 8: Masukkan Nama Dan Deskripsi Dari Produk Pertama Anda

 

Tips: Jangan melewati deskripsi produk. Deskripsi yang baik sangat penting jika Anda ingin meyakinkan pelanggan untuk membeli barang-barang Anda. Pilihlah kalimat dengan hati-hati dan buat produknya menonjol!

 

Deskripsi produk yang unik penting untuk meningkatkan peringkat di mesin pencarian. Saya akan menjelaskan lebih lanjut tentang pengoptimalan mesin pencarian pada Shopify di bagian ketiga dari seri artikel ini.

 

A unique product description

 

Langkah 9: Unggah Gambar Produk Yang Memesona

 

Gambar dapat meningkatkan atau menurunkan tingkat penjualan Anda. Foto yang bagus adalah kunci untuk meyakinkan pelanggan membeli dari Anda. Jadi, pilihlah dengan cermat. Lihatlah panduan tentang bagaimana gambar dapat mendorong tingkat konversi, kemudian unggah gambar terbaik Anda.

 

Use stunning images of your product

 

Langkah 10: Tetapkan Harga dan Inventaris

 

Masukkan harga produk dan pastikan untuk mencentang kotak ‘bebankan pajak’. Shopify akan secara otomatis menambahkan pajak penjualan yang benar berdasarkan lokasi Anda.

 

Masukkan ‘SKU’ (stock-keeping unit) yang merupakan nomor untuk mengidentifikasi setiap produk. INGAT, ubah ‘kebijakan inventaris’ menjadi ‘Shopify melacak ketersediaan produk ini’ dan masukkan jumlah produk yang tersedia.

 

Dengan cara ini, Shopify melacak jumlah produk yang telah terjual, dan jumlah yang tersisa.

 

Inventory and Pricing

 

Langkah 11. Masukkan Bobot Produk Untuk Pengiriman

 

Shopify akan berupaya menghitung harga perkiraan pengiriman berdasarkan lokasi pelanggan dan berat produk. Kecuali jika Anda memiliki tim logistik dan penyelesaian yang mengantarkan produk, pilih ‘manual’.

 

Product details

 

Langkah 12: Tambahkan Varian Untuk Ukuran, Warna, dsb.

 

Jika produk Anda memiliki pilihan yang bervariasi, seperti kaus dalam berbagai ukuran, Shopify akan mengurusnya untuk Anda. Tuliskan saja ukuran, warna, atau kain apa yang tersedia untuk setiap produk.

 

Product Variance

 

Tekan ‘publish’ dan produk akan secara otomatis ditambahkan ke bagian depan toko Anda. Ulangi proses itu untuk setiap produk.

 

Langkah 13: Buat Nama Domain Khusus – Toko-Saya.Com!

 

Nama domain khusus membuat toko online Anda terlihat hebat dan profesional. Shopify membuatnya mudah. Jadi, mari kita klik ‘tentukan domain khusus’.

 

Create a custom domain

 

Langkah 14: Belilah Domain Pilihan Anda Melalui Shopify

 

Jika Anda belum memiliki nama domain, Shopify akan menunjukkan nama yang tersedia dan bisa dibeli. Jika sudah memiliki nama domain yang Anda beli dari penjual lain (seperti GoDaddy), Anda bisa dengan mudah menambahkannya.

 

15-shop

 

Langkah 15: Tambahkan Cara Pembayaran, Agar Anda Bisa Menghasilkan Uang!

 

Dahulu, salah satu hal tersulit dari memiliki toko online adalah cara menerima pembayaran. Untungnya, Shopify juga memudahkannya. Arahkan ke Pengaturan > Pembayaran dan pilih metode yang Anda pilih.

 

Bagi banyak orang, pembayaran yang paling sederhana adalah Paypal, tetapi Anda juga dapat memilih ‘Pembayaran Shopify’ yang memungkinkan Anda menerima kartu kredit secara langsung (tanpa menggunakan PayPal sebagai perantara). Anda hanya perlu menghubungkan rekening bank dengan Shopify. Jika Anda ingin mempertimbangkan metode pembayaran lain, ada selusin atau lebih ‘pembayaran alternatif’ termasuk Amazon, BitPay, dan CoinBase.

 

Add a payment gateway into your store

 

Selesai!

 

Tekan tombol ‘publish’ dan toko online Anda siap ditunjukkan kepada dunia.

 

Tentunya, ini adalah pengantar sederhana dan dasar untuk Shopify. Membuat toko online hanyalah awal. Sekarang, kita menuju bagian yang sulit: membuat pelanggan melewati pintu (virtual) dan mengubahnya menjadi bisnis terpadu.

 

Setelah membaca seri Shopify ini, kita akan menuju ke langkah selanjutnya dan menjadikan awal yang sederhana ini menjadi kesuksesan yang luar biasa!

 

Silakan bagikan pengalaman Anda melalui komentar di bawah. Jika sudah membuat toko Shopify, ceritakan pengalaman Anda kepada saya.

 

Avatar

About The Author

Ben adalah seorang copywriter & editor dari London. Karyanya diterbitkan secara berkala di The Huffington Post, dan dia telah mengerjakan beberapa kampanye copywriting yang sukses untuk Sony UK. Ayo untuk terhubung dengan Ben melalui Twitter.

Suka Artikel Yang Anda Baca?

Bergabunglah bersama para subscriber kami untuk menerima kabar terbaru dari Bitcatcha. Kami mengirimkan berbagai tips dan trik eksklusif untuk bisnis online.