Mendorong Tingkat Keterlibatan & Pendapatan dengan Seri Email Sambutan (Panduan Definitif untuk Pemasaran Email Part 3)

Avatar
Oleh          Januari 25, 2021   Pemasaran    Rahasia Periklanan

Anda tidak akan meminta seseorang untuk menikahi Anda pada kencan pertama, ‘kan?

 

Dengan standar siapa pun, tindakan itu terlalu ekstrem!

 

Anda harus memberikan kesan pertama yang baik dan menjalin hubungan secara perlahan. Setelah itu, baru Anda dapat menanyakan pertanyaan besar.

 

Pemasaran internet kurang lebih seperti itu.

 

Anda tidak dapat memaksa seseorang untuk langsung membeli produk dari Anda. Dan jika Anda terlalu ngotot, bisa-bisa Anda diusir!

 

Untuk itulah ‘seri email sambutan’ (welcome email) ini ada.

 

Welcome Email

 

Seri ini adalah trik pemasaran email yang terbukti meningkatkan keterlibatan jangka panjang sebesar 33% dan menghasilkan pendapatan 3 kali lipat.

 

Dalam seri pemasaran email bagian satu dan bagian dua, saya menunjukkan cara mendorong angka pelanggan. Dalam bagian ini, saya menjelaskan cara mengoptimalkan pelanggan, mengembangkannya, dan mengubah mereka jadi pelanggan yang membeli produk/jasa Anda.

 

Pertama-tama, mari jawab pertanyaan yang terlihat jelas.

 

 

Apa itu Seri Email Sambutan?

 

Saat Anda berlangganan ke newsletter email sebuah website, Anda biasanya mendapatkan email konfirmasi. Beberapa website bahkan mengirim ‘email sambutan’. Anda mungkin mendapatkan e-Book gratis atau yang serupa.

 

virgin-america-welcome-email

 

Setelah itu apa? Cuma newsletter dan promosi yang polos dan membosankan.

 

Seri email sambutan biasanya terdiri dari lima sampai enam email, mungkin lebih. Dikirim secara berkala selama beberapa minggu, informasi yang ada seri email ini akan meresap pelan-pelan di benak pelanggan baru.

 

 

Cara ini memberi Anda waktu yang lebih lama untuk menjalin hubungan, dan menciptakan peluang lebih tinggi untuk mengubah mereka menjadi pelanggan yang menggunakan produk/jasa Anda.

 

Mengapa Cara ini Sangat Efektif?

 

Email sambutan pertama sangatlah kuat. Statistik menunjukkan bahwa email pertama Anda berpotensi menghasilkan pendapatan 320% lebih banyak daripada yang lain.

 

Mengapa tidak Anda perpanjang serinya?

 

Pelanggan terbaru Anda adalah pelanggan yang paling aktif, paling antusias, dan paling merasa tertarik dengan apa pun yang Anda berikan. Mereka cenderung membuka email Anda dan membeli produk Anda.

 

Tapi setelah email pertama itu, rasio membuka cenderung menurun. Pelanggan lupa dengan Anda, mereka beralih ke hal-hal lain. Sebaliknya, seri sambutan dapat mengembangkan prospek saat masih panas-panasnya.

 

‘Mengembangkan’ pelanggan dengan cara ini memberikan Anda tambahan pelanggan yang ‘siap membeli produk Anda’ sebanyak 50%. Pelanggan yang dikembangkan akan melakukan pembelian yang lebih besar juga.

 

Berikut adalah beberapa alasan lain mengapa seri email sambutan efektif:

 

  1. RepetisiAda teori pemasaran lama yang mengatakan bahwa pelanggan harus melihat branding dan pesan Anda tujuh kali sebelum mereka percaya atau membeli produk dari Anda. Seri sambutan menempelkan nama dan merek Anda berulang kali. Ini penting terutama jika Anda adalah bisnis yang masih baru.
  2. Pelunag untuk menceritakan kisah AndaAlasan utama pelanggan tertarik pada merek tertentu (dan akhirnya membelinya) itu karena mereka terhubung dengan cerita dan visi misi pemilik bisnis. Email sambutan memberi Anda kesempatan agar Anda dapat menceritakan kisah Anda.

     

    nastygalscase

     

  3. Membangun kepercayaanPelanggan biasanya tahu kalau ada website atau layanan baru. Seri email sambutan dapat membangun kepercayaan, jadi saat Anda menjual sesuatu, mereka kemungkinan besar akan mengekliknya.
  4. Peluang menjual lebih besarDengan satu email sambutan, tekanan penjual untuk menjual sesuatu dengan cepat pasti ada, dan ini dapat mengganggu sebagian pelanggan. Dengan enam atau tujuh email, Anda dapat memperkenalkan produk Anda pelan-pelan, mulai dari produk kecil berisiko rendah sampai produk-produk besar andalan Anda.
  5. Jangan membuat pelanggan baru terbebaniPemasar cenderung kapitalis; mencoba mendapatkan informasi sebanyak mungkin lewat satu email sambutan, dan cara ini tidak selalu efektif. Saat pelanggan dihadapkan dengan berbagai opsi atau kalimat ajakan, mereka akan merasa terbebani. Seri sambutan menghilangkan masalah ini, sehingga fokus Anda tidak terpecah. Dengan begini akan lebih efektif.
  6. Mengembangkan prospekSeri sambutan memberi Anda kesempatan untuk mengembangkan pelanggan baru secara perlahan. Ini adalah teknik pemasaran yang lebih kuat dan berlaku jangka panjang.
  7. Membuat kebiasaanSeperti contoh yang bisa Anda lihat di bawah, seri sambutan membuat pelanggan baru agar aktif untuk membaca email Anda. Ketimbang mengabaikan pembaruan Anda, pelanggan baru akan terbiasa untuk menanti email-email Anda. Inilah resep untuk mendapatkan rasio membuka yang tinggi di masa mendatang.

 

Cara Seri Email Sambutan Beraksi

 

Website pertama yang saya temukan menggunakan seri email sambutan adalah Pinterest (saya yakin ada yang melakukannya lebih dulu, tapi yang saya melihatnya pertama di Pinterest). Mari kita bahas dengan detail.

 

Pinterest menggunakan seri sambutan untuk memberi tips dan trik bermanfaat tentang platform mereka tanpa meminta hal berlebihan kepada pelanggan. Email pertama terlihat seperti ini:

 

Pinterest 1st Email

 

Anda akan melihat baris subjek yang bertuliskan ‘Panduan Memulai #1’. Dari judul itu Anda tahu kalau ini email sambutan.

 

Isinya cukup sederhana: “Apa itu pin?” Isinya memandu pengguna baru untuk mengetahui apa saja fitur yang ada di dalam, lalu diakhiri dengan kalimat ajakan yang tidak memaksa:

 

Untuk saat ini, coba login dan temukan konten yang cocok dengan diri Anda.

 

Tidak memaksa dan tidak membebani. Pelanggan baru juga akan menjadi tahu lebih banyak tentang layanan tersebut.

 

Yang terbaik adalah, mereka memberi tahu pelanggan apa informasi yang akan datang selanjutnya: “Selama lima hari ke depan, kami akan mengirimkan informasi selanjutnya…

 

Ini cara yang halus untuk memberi tahu pelanggan agar menanti email yang akan datang beberapa hari ke depan. Pelanggan akan aktif untuk menanti email selanjutnya. Jenius.

 

Email kedua terlihat seperti ini:

 

Pinterest 2nd Email

 

Kali ini Pinterest memperkenalkan detail lainnya dan mendorong Anda untuk melengkapi profil. Seperti email sebelumnya, ada bagian ‘what’s next’ yang mengingatkan pelanggan bahwa ada email lain yang akan dikirim besok.

 

Berikut adalah email ketiga:

 

Pinterest 3rd Email

 

Email ini berisi kalimat ajakan yang nuansanya lebih kuat. Sekarang Pinterest sudah membahas dasar-dasar dan pengguna sudah familiar dengan platform-nya.

 

Kini waktunya menuliskan kalimat ajakan yang penting: menambahkan tombol ‘pin it’ ke website pelanggan.

 

Dengan begini, Pinterest kembali ke titik ‘melamar pada kencan pertama’ yang dibahas di awal. Jika Pinterest meminta pelanggan untuk menambahkan tombol ‘pin it’ di email pertama, hal ini justru akan membuat pelanggan bingung dan tidak mau membuka email Anda.

 

Pinterest bukanlah satu-satunya yang menggunakan trik ini.

 

Asos juga membuat seri email sambutan yang lebih pendek, cuma tiga email. Tapi ia tidak memaksa untuk menawarkan penjualan berat sampai email ketiga.

 

asoscase

 

Email pertama memberi tahu Anda apa saja yang akan didapatkan pelanggan dari newsletter Asos dan mendorong pelanggan menjelajahi toko. Tidak ada paksaan.

 

Email kedua menunjukkan item khusus yang mungkin Anda suka berdasarkan jenis kelamin dan menyorot manfaat saat Anda membeli (gratis ongkir dan pengembalian gratis). Tapi Asos masih belum meminta pelanggan secara langsung untuk membeli.

 

Saat email ketiga dikirim, mereka meminta pelanggan membeli, menawarkan 10% diskon dan menulis kalimat ajakan yang lebih kuat – ‘belanja sekarang’.

 

Memang halus, tapi kuat. Merek semakin dikenal dan pelanggan jika didorong untuk melakukan pembelian.

 

Cara Membuat Seri Email Sambutan Anda Sendiri

 

Untuk membuat seri email sambutan, Anda butuh akun yang memiliki layanan pemasaran email. Dalam panduan ini, kita akan menggunakan MailChimp, tapi layanan email seperti Aweber, Constant Contact, atau Emma juga menawarkan opsi yang serupa.

 

Seri sambutan menggunakan ‘automation email’. ‘Automation‘ memungkinkan Anda mengirim email yang dipicu oleh peristiwa tertentu; seperti memicu seri sambutan saat seseorang mendaftar ke milis (mailing list) Anda (juga bermanfaat untuk trik super seperti mengingatkan pelanggan jika ada keranjang yang belum checkout, mengirim diskon saat mereka ulang tahun, atau menggunakan riwayat pembelian pelanggan untuk mempromosikan item serupa).

 

‘Automation’ adalah fitur berbayar di MailChimp. Jika Anda hanya menggunakan paket standar, waktunya upgrade. Jika Anda masih baru, baca tutorial MailChimp kami dahulu – Cara membuat milis dari nol & mengirim newsletter pertama Anda.

 

Ini cara kerjanya:

 

Langkah 1. Login ke MailChimp dan klik ‘Automation

 

mc-automation

 

MailChimp menyebut kampanye automation dengan ‘workflow’ (alur kerja), jadi kita membuat ‘automation workflow‘.

 

mc-automation-workflow

 

Langkah 2. Pilih daftar pelanggan yang ingin digunakan

 

Jika punya lebih dari satu daftar, pilih yang ingin digunakan!

 

Langkah 3. Pilih jenis workflow
 

welcome-series

 

Tekan opsi ‘welcome series’. Anda akan melihat banyak email lain yang dapat Anda kirim otomatis di sini. Anda nanti dapat kembali untuk mempelajarinya lebih lanjut.

 

Langkah 4. Beri nama workflow, lalu sisipkan nama & alamat email di seri sambutan

 

Tip Pro: Beberapa bloggers merasa hal ini akan meningkatkan rasio membuka jika kita menggunakan nama pengirim asli dan perusahaan secara bersamaan. Misalnya, ‘Daren dari Bitcatcha’, ketimbang hanya ‘Bitcatcha’.

 
Langkah 5. Tetapkan ‘pemicu’ (trigger)
 

Dalam kasus ini, kami menggunakan pemicu ‘saat pelanggan bergabung’. Itulah momen yang kami inginkan untuk mulai mengirim seri sambutan kepada pelanggan.

 

mc-trigger

 
Langkah 6. Tetapkan saat email dipicu
 

Untuk hasil yang maksimal, tetapkan pemicu pertama ke ‘immediately’ (segera). Dengan kata lain, pelanggan Anda langsung menerima bagian pertama dari seri email. Mereka kemungkinan besar akan membuka email jika emailnya langsung dikirim setelah mereka mendaftar – jangan sia-siakan kesempatan ini!

 

mc-workflow

 
Langkah 7. Rancang email sambutan pertama Anda
 

Sekarang kita bahas bagian serunya. Isi surat sambutan Anda dengan konten dan gunakan template MailChimp untuk menghiasnya. (Bingung ingin menaruh apa saja di seri sambutan email? Kami punya tips-tipsnya di bawah).

 
Langkah 8. Tetapkan jadwal
 

Seberapa cepat Anda ingin pelanggan menerima email kedua, ketiga, dan keempat? Pastinya masing-masing punya preferensi tersendiri. Dalam beberapa kasus, seperti Pinterest, satu email per hari sangatlah efektif.

 

Bagi yang lain – terutama peritel dan penjual online yang menjual perangkat lunak atau produk digital – Anda mungkin butuh jeda yang lebih lama untuk memberi pelanggan ruang guna membangun kepercayaan dengan bisnis Anda.

 

Agar tidak keliru, baca selengkapnya tentang ‘pemasaran berdasarkan gaya hidup pelanggan’. Ini penting karena kita harus memahami di siklus hidup pelanggan lebih berkemungkinan besar akan membeli dari Anda, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun kepercayaan.

 
Langkah 9. Uji, uji, dan uji!
 

Karena seri sambutan Anda sudah berjalan, perhatikan angka analitik. Lihat rasio membuka dan rasio klik. Dapatkah Anda meningkatkannya? Coba utak-atik baris subjek, konten, dan jadwal sampai Anda mendapatkan yang tepat.

 

Tip Bonus

 

Sebelum mengakhiri artikel ini, saya akan berikan tips bonus agar seri sambutan Anda optimal.

 

1. Apa sasaran Anda?

 

Sebelum membuatnya, apa tiga sasaran utama Anda? Inilah yang harus putuskan sebelum membuat seri email. Jika Anda punya toko online, berarti Anda butuh kesadaran, pengikut Instagram, dan penjualan.

 

Dalam kasus itu, email pertama Anda akan jadi cerita Anda, yang kedua sertakan dorongan untuk mengikuti Instagram Anda, dan ketiga coba dorong untuk membeli produk Anda.

 

2. Siapa Anda?

 

Pastikan email pertama Anda menegaskan siapa diri Anda.

 

hellofresh

 

 

3. Beri tahu keuntungan jika pelanggan mendaftar ke milis

 

Gunakan peluang ini untuk mengingatkan mereka alasan mereka mendaftar. Beri mereka alasan bagus agar selalu menanti email Anda. Apakah email yang datang akan berisi diskon atau informasi eksklusif?

 

4. Ceritakan kisah

 

Salah satu seri sambutan favorit saya panjangnya 20 email! Seri itu dari perusahaan finansial, dan mereka menggunakan seri sambutan tersebut untuk menceritakah kisah bagaimana mereka membantu salah satu klien mereka.

 

Dengan cerita yang menarik, mereka berhasil menceritakan siapa mereka, apa yang mereka lakukan, dan bagaimana kisah Anda memberi nilai tambah. Saat menceritakan segala hal, Anda dapat memperkenalkan beragam produk, mulai dari e-Book murah sampai layanan konsultasi khusus.

 

5. Dapatkan penjualan pertama yang cepat

 

Semakin cepat pelanggan membeli sesuatu (apa pun), semakin baik. Setelah membeli dari Anda, pasti ada hubungan. Mereka kemungkinan besar akan membuka email di masa depan dan membeli dari Anda lagi.

 

Gunakan seri sambutan untuk mengamankan penjualan kecil secepat mungkin.

 

6. Putuskan apa yang ingin Anda ucapkan dahulu

 

Jangan langsung putuskan seri lima email lalu mencari tahu cara mengisinya. Putuskan dulu apa yang ingin Anda sampaikan, lalu bagi ke dalam beberapa email.

 

7. Apa langkah selanjutnya?

 

Selalu gantung email Anda, dan beri tahu kapan email Anda akan datang. Pastikan mereka menantinya.

 

read-more

 

8. Buat email tetap konsisten

 

Usahakan desain dan tata letak konsisten di sepanjang seri. Buat baris subjek yang konsisten menggunakan sistem penomoran atau tema yang konstan. Ini trik kecil yang menguatkan citra merek Anda.

 

9. Minta lebih banyak data

 

Pada formulir pendaftaran awal, sebaiknya hindari terlalu banyak pertanyaan. Nama & alamat email sudah cukup jadi syarat agar pelanggan masuk ke milis Anda.

 

Namun, seri sambutan memberi Anda peluang untuk bertanya informasi yang lainnya. Anda bisa bertanya jenis kelamin, lokasi, dan preferensi lainnya di email ketiga atau keempat. Itu akan membantu Anda membuat segmen di daftar pelanggan lalu mengirim email yang lebih sesuai.

 

10. Tunggu sampai seri sambutan berakhir sebelum mengirim newsletter standar

 

Pastikan pelanggan baru Anda tidak mendapatkan newsletter standar atau email promosi sampai seri sambutan berakhir. Nanti mereka bingung.

 

Dalam bagian akhir seri email, beri tahu mereka bahwa seri tersebut berakhir dan lakukan peralihan yang alami ke newsletter reguler.

 

11. Jika pelanggan menggunakan kode promo, jangan kirim lagi!

 

Jika Anda menggunakan seri sambutan untuk mendorong kode promo lebih dari sekarang, pastikan Anda memantau penjualan. Anda tidak ingin mengirim kode promo yang sama kepada pelanggan jika mereka sudah menggunakannya.

 

 

Seri sambutan merupakan cara sempurna untuk membangun loyalitas merek dan menjalin hubungan yang erat dengan pelanggan demi masa depan. Pesan tersebut memberi Anda peluang lebih untuk berjualan selagi pelanggan sangat aktif dan gembira dengan produk Anda.

 

Apakah ada yang menggunakan seri sambutan atau bentuk automation email lainnya? Apa yang Anda rencanakan selanjutnya? Tulis rencana dan ide Anda di kolom komentar!

 

Avatar

About The Author

Daren Low adalah pendiri Bitcatcha.com & co-developer dari Pemeriksa Kecepatan Server. yang gratis. Dengan 10 tahun pengalaman dalam pengembangan website dan pemasaran di Internet yang sangat dikuasai, Daren dianggap sebagai autoritas utama dalam semua hal yang berkaitan dengan membangun dan mengelola keberadaan online. Jangan ragu bertanya kepadanya dengan terhubung melalui Linkedin dan Twitter.

Suka Artikel Yang Anda Baca?

Maka Anda akan menyukai buletin kami! Kami mengirimkan wawasan & kiat terbaik untuk membangun karier online yang lebih sukses.