Upgrade Konten – Cara Tercepat untuk Mendapatkan Lebih Banyak Pelanggan (Panduan Definitif untuk Pemasaran Email Bagian 2)

Avatar
Oleh          Januari 25, 2021   Pemasaran    Rahasia Periklanan

Membangun milis (mailing list) merupakan salah satu hal yang paling penting untuk mengembangkan bisnis online Anda.

 

Milis adalah bentuk pemasaran online yang paling efektif dan menguntungkan. Tapi membuatnya tidak mudah.

 

Jika baru membuatnya untuk pertama kali, Anda akan tahu betapa rumit prosesnya!

 

Dalam bagian 1 dari seri 6 bagian, kita telah membahas 11 formulir pendaftaran dengan tingkat konversi tertinggi dan di mana kita harus meletakkannya. Tapi apa yang harus Anda gunakan untuk mendorong orang-orang agar mendaftar? eBbook gratis? Laporan? Webinar?

 

Pilihan-pilihan tersebut bagus. Tapi ada satu ‘lead magnet’ yang lebih ampuh dari semua itu:

 

‘Upgrade konten’.

 

Content Upgrades - The Fastest Way To More Subscribers

 

Saya menggunakannya di Bitcatcha dan trik ini menjadi magnet pengumpul email yang paling efektif di website. Dan ini bukan saya saja yang mengalaminya. Sebagian blogger malporkan kenaikan BESAR pada konversi pendafaran menggunakan metode upgrade konten.

 

Pertama-tama, kita bahas dasar-dasarnya dulu…

 

 

Apa itu Upgrade Konten?

 

Anda sudah melihat ‘lead magnet’ tradisional atau insentif untuk mendorong orang-orang agar berlangganan. Bentuknya biasanya berupa e-Book atau laporan terkait pemasaran digital. Dulu, keduanya cukup efektif.

 

Namun kini sumber informasi yang cukup besar ini kurang diminati. Ada yang bilang bahasannya terlalu umum. Terlalu luas. Terlalu besar. Selain itu, banyak e-Book yang menumpuk di kotak masuk, jadi kita malas untuk mengunduh yang lainnya!

 

4051

 

Beri penawaran lain yang menarik kepada pembaca Anda. Yang lebih relevan, spesifik, dan bisa diubah sesuai kebutuhan mereka. Sesuatu yang ingin mereka unduh.

 

Sekarang Anda membaca artikel tentang mengembangkan milis. Jadi saya tahu bahwa pemasaran email adalah fokus dan minat Anda. Mengapa saya harus memberikan e-Book yang membahas pemasaran media sosial? Atau SEO? Atau yang lainnya?

 

Saya tahu Anda tertarik dengan pemasaran email, jadi saya harus menawarkan sesuatu yang terkait dengan email.

 

Dari sinilah upgrade konten beraksi. Bonus ini merupakan lead magnet yang sangat relevan dengan apa yang dibaca pengunjung Anda, dan ia menawarkan nilai tambah pada postingan blog. Ia sudah disesuaikan dengan konten, jadi Anda pastinya sudah tertarik saat saya menawarkannya. Tampilan kurang lebih seperti ini.

 

content-upgrade-in-situ

 

Jadi ini triknya. Jangan tawarkan satu ‘lead magnet’ umum di website Anda. Lupakan e-Book, laporan resmi, dll. Buat insentif-insentif kecil yang disesuaikan dengan berbagai topik.

 

Tentu saja butuh waktu untuk membuat konten tambahan yang khusus, tapi Anda cukup buat yang kecil saja. Anda bisa buat daftar centang yang dapat dicetak, yang merangkum postingan, penjelasan video, atau studi kasus yang terperinci. Apa pun yang menambahkan nilai pada konten yang sudah ada.

 

Intinya: Jangan tawarkan barang umum yang mungkin pembaca inginkan. Tawarkan sesuatu yang bernilai dan relevan yang pasti diinginkan oleh pembaca.

 

Upgrade konten kurang lebih seperti ini. Anda ‘meng-upgrade’ konten demi mendapatkan email.

 

Upgrade Konten Super Efektif Milik Saya

 

Berikut adalah cara kerja upgrade konten di Bitcatcha.

 

Saya mulai dengan memilih blog dengan trafik yang tinggi: artikel ‘halaman landing’. Karena artikel tersebut sudah mendatangkan banyak pengunjung dan tingkat konversinya lumayan bagus, artikel ini jadi kandidat kuat untuk mengonversi lebih banyak pelanggan.

 

bitcatcha-article

 

Postingan itu sendiri cukup panjang (2.000-an kata), jadi saya putuskan ‘upgrade’-nya harus berupa daftar centang sederhana yang merangkum poin utama.

 

Saya ingin membuat tulisan yang dapat dicetak pembaca saya dan bisa dijadikan rujukan saat mereka membuat halaman landing mereka sendiri. Sesuatu yang menghadirkan nilai nyata dan bisa dikerjakan.

 

Saya letakkan tautan pendaftaran di bagian atas blog, jadi pembaca tidak akan melewatkannya.

 

Saya juga menyematkannya di bagian bawah halaman, jadi ada dua titik masuk yang jelas.

 

Anda akan melihat daftar centang ini dalam kotak dengan garis tepi kuning terang. Pastinya ia akan menarik perhatian. Pembaca merasa tertarik untuk mengekliknya.

 

content-upgrade-in-situ

 

Saya juga memastikan upgrade konten terlihat bagus. Beberapa poin di dokumen Word mungkin bukan imbalan yang setara untuk pembaca saya.

 

Jadi saya meminta desainer grafis saya dan mengolah poin-poin ini menjadi seperti ini:

 

content-upgrade-content

 

Infografik ini jauh lebih efektif. Informasi ini memastikan pelanggan saya merasa mendapatkan sesuatu yang bernilai. Mereka dapat mencetaknya dan menjadikannya rujukan, misalnya saat membuat halaman landing.

 

Upgrade Konten Alternatif

 

Sebelum saya menjelaskan proses langkah demi langkah untuk menyiapkannya, berikut beberapa upgrade konten alternatif yang dapat Anda buat sendiri dengan mudah.

 

1. Lembar contekan

 

Seperti daftar centang, lembar contekan ini efektif sekali untuk postingan blog yang panjang. Blog seperti ini – dengan jumlah kata hampir 2.500 – butuh waktu lama untuk mencernanya. Oleh karena itu Anda bisa mencatat semua poin penting, membuat rangkuman yang sempurna, dan biarkan pembaca Anda ‘mencontek’.

 

Brian Dean di Backlinko juga menggunakan teknik ini, mengubah artikelnya menjadi infografik pdf indah untuk pelanggannya:

 

A cheat sheet

 

2. Transkripsi

 

Bagus jika potongan konten Anda video atau konten. Pembaca dapat mengunduh transkripsi video dan menyimpannya untuk dibaca nanti.

 

3. Studi kasus

 

Blog biasanya merupakan pengenalan terhadap sebuah topik. Anda dapat menggunakan upgrade konten untuk menggali lebih dalam. Studi kasus menarik karena ia memungkinkan pembaca melihat penerapan sebuah teori.

 

4. File dan template mentah

 

Pembaca suka dengan trik-trik cepat, terutama jika terkait dengan apa yang mereka baca. Anda dapat memberikan template email gratis atau spreadsheet contoh untuk produktivitas. Desainer web dapat menawarkan file PSD mentah agar bisa diubah sesuka hat oleh pembaca.

 

Pemasar Digital dapat melakukan hal serupa dengan ‘file swipe’. Anda cukup menyalin lalu menempel headline media sosial yang sudah teruji.

 

Raw files and templates

 


 

Cara Menyiapkan Upgrade Konten

 

Jadi kita sudah tahu dasarnya (dan alasan mengapa Anda membutuhkannya), mari kita membahas lebih lanjut. Prosesnya terlihat seperti ini:

 

  1. Cari blog dengan trafik tertinggi.
  2. Buat upgrade konten untuk tiap blog demi memberi nilai tambah.
  3. Tambahkan ke website Anda.
  4. Ubah & optimalkan rasio konversi.
  5. Dorong trafik ke blog tersebut.
  6. Lihat angka pelanggan Anda melonjak naik.

 

Terdengar simpel, tapi ada beberapa hal rumit untuk dilakukan.

 

Mencari blog dengan trafik tertinggi itu mudah. Biasanya, artikel dengan trafik paling ramai akan menghasilkan paling banyak pelanggan. Buka akun Google Analytics Anda sekarang dan tulis 5 blog teratas dengan performa terbaik.

 

Lalu pilih insentif upgrade konten yang akan memberi nilai tambah.

 

Anda dapat memilih salah satu upgrade konten yang saya sarankan di atas, atau buat yang baru. Semakin kreatif dan unik, semakin bagus!

 

Menambahkan Upgrade Konten ke Website Anda

 

Ini bagian paling rumit. Tapi tenang, saya akan bimbing Anda selangkah demi selangkah.

 

Sebelum mulai, Anda butuh akun dengan LeadPages dan MailChimp. Ada dua alat yang kita gunakan untuk menyiapkan upgrade konten.

 

LeadPages adalah alat yang akan membantu Anda membuat ini:

 

Leadbox for content upgrade

 

… Kotak pop-up yang mengumpulkan alamat email (yang juga disebut ‘leadbox’).

 

Mengapa harus kotak pop-up LeadPages? Karena kotak ini mengonversi 30-40% lebih banyak ketimbang mengalihkan orang untuk membuka halaman landing. Bentuknya juga enak dipandang dan dinamis.

 

MailChimp merupakan perangkat lunak email yang mengumpulkan dan mengelola semua pelanggan. Layanan ini juga dapat mengirim newsletter dan email massal Anda.

 

Hubungkan LeadPages & MailChimp, Agar Keduanya Bisa Bersinergi

 

Misal ada satu pembaca bernama Ben sedang mengisi kotak pop-up LeadPages saya.

 

Saya ingin LeadPages berkata kepada MailChimp, “hai, MailChimp, aku mengirim upgrade konten kepada Ben, bisakah kau menyimpan alamat emailnya di daftar pelangganku?

 

Untuk melakukannya, kita harus menautkan kedua akun tersebut. LeadPages memiliki panduan untuk melakukannya, tapi untuk upgrade konten, ada langkah-langkah yang lebih detail.

 

Tapi ada masalah: ada pembaca yang mungkin mengunduh upgrade konten di email, dan ada yang ingin mengunduh dari media sosial. Tapi saya ingin mengelompokkan semua pelanggan di dalam milis yang sama. Dan ini yang sedikit ribet.

 

Mari mulai dengan MailChimp:

 

Penyiapan MailChimp

 

Ini yang harus kita capai:

 

  1. Membuat satu daftar sederhana yang mengumpulkan semua pelanggan Anda.
  2. Pastikan tiap pelanggan mendapatkan upgrade konten spesifik yang mereka klik.

 

Saya berbicara dengan banyak blogger yang menyiapkan berbagai daftar pelanggan untuk tiap upgrade konten. Ini terlalu merepotkan. Padahal kita cuma butuh satu saja.

 

Hindari pembuatan ‘subbagian’ di daftar pelanggan utama Anda. MailChimp menyebutnya dengan ‘list fields’ (daftar), dan kita membuatnya untuk tiap upgrade konten.

 

Dengan begitu, semuanya mendapatkan insentif yang diinginkan, dan kita bisa memberikannya lewati satu daftar pelanggan utama.

 

1. Login, lalu buka opsi ‘list‘…

 

mailchimp1

 

2. Pilih daftar yang ingin digunakan untuk mengumpulkan alamat email…

 

Choose the email list

 

3. Buka pengaturan. Lalu klik ‘list fields and merge tags

 

mailchimp-merge

 

4. Buat ‘list field’ untuk tiap upgrade konten

 

Ingat, ‘list field’ ini seperti subbagian dari daftar pelanggan Anda yang lebih besar. Beri nama sesuai dengan upgrade konten yang sedang Anda siapkan.

 

Untuk melakukannya, klik ‘add a field’…

 

add a field

 

Lalu ‘text’…

 

mailchimp-add-text-field

 

5. Beri nama daftar sesuai dengan blog atau upgrade konten yang akan Anda berikan

 

Dalam kasus saya, ini adalah upgrade konten untuk blog ‘halaman landing’.

 

Name the list-field

 

Anda juga dapat MENGHILANGKAN CENTANG bidang ‘visible’ (terlihat)

 

6. SELESAI

 

Penyiapan untuk MailChimp sudah selesai. Kini kita perlu memberikan semua informasi ini ke LeadPages.

 

Penyiapan LeadPages

 

Inilah yang akan kita capai dalam bagian ini:

 

Mengintegrasikan MailChimp dengan LeadPages sehingga semua alamat email terkumpul.

 

Pastikan LeadPages meminta MailChimp untuk mengategorikan pelanggan sesuai upgrade konten yang mereka terima.

 

1. Login, klik Leadboxes, lalu ‘create new leadbox

 

Creare new Leadbox

 

2. Klik ‘integration settings’ lalu pilih MailChimp

 

Choose MailChimp

 

3. Pilih daftar pelanggan yang ingin dihubungkan

 

Dalam kasus saya, saya akan memilih ‘Bitcatcha’.

 

Choose an email list

 

Kini alamat email yang dikumpulkan oleh kotak Leadpages akan otomatis disimpan di daftar pelanggan MailChimp saya. Tapi, bagaimana cara kita memastikan bahwa pelanggan mendapatkan upgrade konten yang tepat?

 

4. Klik ‘customize this form

 

Di sini kita mengisi ‘list field’ yang kita buat di MailChimp. Bidang ini mengaitkan upgrade konten yang tepat dengan kotak pop-up yang tepat.

 

Buka bagian ‘form fields’, cari ‘hidden form fields’ di bagian bawah. Inilah tempat kita menemukan bidang ‘Landing Pages Checklist’ yang saya buat di MailChimp.

 

Hidden Form Field

 

5. Ketik ‘yes’ di nilai default

 

Langkah terakhir ini krusial. Ini berarti ‘yes’ akan muncul di daftar pelanggan MailChimp Anda di sebelah siapa pun yang mengunduh upgrade konten.

 

Penting jika Anda ingin menghindari konten yang sama dua kali kepada pelanggan!

 

Default value

 

6. SELESAI!

 

Kini bagian serunya – mendesain kotak pop-up Anda.

 

Customizing your Leadbox

 

Customizing your Leadbox

 

Inilah titik di mana kita mulai mengoptimalkan rasio konversi Anda.

 

Semua tentang Leadbox harus dipertimbangkan baik-baik demi MENINGKATKAN TINGKAT KONVERSI. Pertimbangkan segalanya; tulisan, gambar, dan kalimat ajakan yang penting.

 

Kita butuh satu blog untuk membahasnya. Untungnya kita sudah menulisnya!

 

Baca ‘7 Langkah Membuat Kalimat Ajakan yang Menghipnotis, dan pastikan kotak pop-up Anda mendorong konversi sebanyak mungkin.

 

Menyematkan LeadBox di Website

 

Yang perlu Anda lakukan adalah meletakannya di website Anda.

 

Setelah menyunting LeadBox, tekan ‘publish’, lalu Anda akan melihat kode HTML yang panjang:

 

Embed the LeadBox on your website

 

Anda perlu menyalin dan menempelnya ke HTML postingan blog Anda.

 

Dalam kasus saya, saya membuka backend WordPress, mencari blog ‘halaman landing’ saya, lalu memuat HTML-nya.

 

Pada gambar di atas, apakah Anda melihat baris teks tersembunyi di HTML yang bertuliskan ‘Klik di sini untuk berlangganan ke milis saya’?

 

Anda ingin MENGGANTI teks tersebut dengan teks yang Anda inginkan. Dalam kasus saya, saya ganti ‘unduh daftar centang gratis’.

 

content-upgrade-in-situ

 

Jadi HTML akan membalut kata-kata yang Anda gunakan.

 

Kini saat seseorang mengeklik tautan tersebut, kotak pop-up akan muncul.

 

Sederhana!

 

Mengirimkan Upgrade Konten

 

Di titik ini, kita hampir selesai.

 

Tahap terakhirnya adalah mengirim upgrade konten kepada pelanggan. Ada cara termudah unuk melakukannya.

 

Sistem Lead Magnet

 

Dengan metode ini, saat pelanggan baru Anda menekan tombol ‘kirim’, LeadPages otomatis mengirim upgrade konten melalui email.

 

Di waktu yang bersamaan, ia menyimpan alamat email baru itu di MailChimp.

 

Berikut prosesnya:

 

1. Login ke LeadPages, klik settings > lead magnet delivery

 

lead-magnet-delivery

 

2. Unggah file upgrade konten

 

upload-lead-magnet

 

3. Masukkan baris subjek dan pesan

 

upload-lead-magnet-2

 

4. Kembali lagi di formulir LeadBox, AKTIFKAN tombol ini lalu pilih lead magnet yang Anda unggah sebelumnya

 

email-delivery-setup

 

5. SELESAI!

 

Saat pelanggan menekan tombol kirim, mereka akan ditambahkan ke daftar pelanggan MailChimp Anda, dan LeadPages akan otomatis mengirimkan mereka upgrade konten melalui email.

 

Ini opsi yang saya gunakan karena opsi ini memverifikasi alamat email pelanggan terlebih dahulu. Namun, ada satu opsi yang lebih cepat (mungkin Anda lebih suka yang ini):

 

Cara Alternatif Mengarahkan Mereka ke Tempat Produknya

 

Ketimbang Anda mengirimkan upgrade konten melalui email, Anda dapat mengarahkan mereka ke halaman landing tempat mereka dapat mengunduhnya.

 

Anda tidak perlu repot-repot, cukup buat halaman terima kasih.

 

1. Klik opsi halaman ‘thank you

 

thank-q-delivery

 

2. Buat halaman landing Anda

 

LeadPages berdedikasi untuk membuat halaman landing yang keren. Jelajahi seluruh sinya dan gunakan salah satu template-nya untuk membuat halaman yang Anda sukai.

 

Lalu Anda dapat menyertakan tautan untuk mengunduh upgrade konten. Atau jika bentuknya video atau webinar, Anda dapat menyematkannya di halaman landing.

 

3. Hapus centang opsi ‘use default landing page

 

Jika tidak melakukannya, LeadPages akan mengirimi pelanggan Anda halaman ‘terima kasih’ tanpa menyertakan upgrade konten yang ingin Anda berikan.

 

thank-q-delivery-2

 

4. SELESAI!

 

Nah, akhirnya selesai juga.

 

Upgrade konten sudah siap, kini kita punya saluran pelanggan dengan tingkat konversi tertinggi dan lead magnet yang bagus untuk pembaca.

 

Apa lagi yang harus dilakukan?

 

Mendorong trafik dalam jumlah tinggi! Setelah menguji upgrade konten dan mengubahnya agar mencapai rasio konversi yang solid, Anda dapat meningkatkannya.

 

Saya suka mendorong trafik ke postingan melalui iklan Facebook, biasanya menghabiskan $0.433 per kunjungan, lalu menggunakan ‘upgrade’ andalan yang mengubah pengunjung jadi pelanggan.

 

Apakah Anda menggunakan teknik upgrade konten juga? Saya ingin tahu bagaimana pengalaman Anda, dan apakah teknik tersebut efektif untuk situasi Anda.

 

Avatar

About The Author

Daren Low adalah pendiri Bitcatcha.com & co-developer dari Pemeriksa Kecepatan Server. yang gratis. Dengan 10 tahun pengalaman dalam pengembangan website dan pemasaran di Internet yang sangat dikuasai, Daren dianggap sebagai autoritas utama dalam semua hal yang berkaitan dengan membangun dan mengelola keberadaan online. Jangan ragu bertanya kepadanya dengan terhubung melalui Linkedin dan Twitter.

Suka Artikel Yang Anda Baca?

Maka Anda akan menyukai buletin kami! Kami mengirimkan wawasan & kiat terbaik untuk membangun karier online yang lebih sukses.