Panduan VPN Untuk Pemula – Baca Ini Sebelum Menggunakan VPN

Avatar
Oleh        Juni 02, 2020   Pengembangan Web    Rahasia Periklanan

Selamat datang ke Panduan Jaringan Pribadi Virtual (Virtual Private Network atau VPN). Sebagai pengantar singkat, saya baru menggunakan VPN dalam waktu relatif singkat – kurang dari setahun. Namun, sebelum itu, saya sudah cukup banyak mengamatinya.

 

Sekitar lebih dari dua tahun terakhir, banyak pertanyaan muncul di benak saya, yang justru menimbulkan lebih lagi banyak pertanyaan. Hal pertama yang akan dibahas di awal adalah:

 

 

Catatan

Kami menggunakan kurs 1 USD untuk 13.948 IDR untuk semua harga yang tertera.

 

Apa itu VPN?

 

VPN menyambungkan komputer, Mac, Tablet, atau perangkat Anda lainnya ke Internet melalui komputer lain. Anda terhubung ke Internet melalui koneksi internet komputer lain, dan bukan langsung ke komputer Anda. Di samping itu, VPN juga mengenkripsi data yang Anda kirim, sehingga tetap aman.

 

 

Mengapa Saya Memerlukan VPN?

 

VPN menyembunyikan lokasi Anda

 

Dalam artian yang paling dasar, VPN menawarkan pengguna cara terhubung ke internet secara aman & rahasia. Dengan menyambungkan layanan VPN sebelum dialihkan ke alamat Internet yang Anda tuju, lokasi Anda diketahui hanya oleh penyedia VPN.

 

Mari kita lihat kegunaannya:

 

  1. Mengakses Konten
    Sebagian besar VPN memiliki beberapa lokasi yang dapat Anda pilih untuk menunjukkan lokasi asal Anda, sehingga membantu Anda mengelabui pelarangan geografis dalam beberapa kasus. Beberapa penyedia layanan di Internet membatasi akses dari lokasi tertentu. Contohnya Netflix, yang memiliki film berbeda untuk zona geografis berbeda.

     

    Tentunya, VPN juga membantu Anda mengelabui penyensoran konten di berbagai negara (yang daftarnya terus bertambah).

  2. Privasi
    Bila Anda curiga apakah pemerintah atau Penyedia Layanan Internet atau Internet Server Provider (ISP) mengintip sesuatu yang Anda lakukan di Internet, maka VPN cocok untuk Anda. Tahukah Anda bahwa di banyak negara, ISP dapat menjual riwayat browsing Anda ke kantor pemasaran dan periklanan? Bahwa jika diminta oleh sejumlah pemerintahan, mereka terikat oleh hukum untuk menyerahkan log aktivitas online Anda?

 

 

Bagaimana Cara Kerja VPN?

 

How does VPN work

*Ini adalah diagram dasar bagaimana aliran data berjalan jika Anda menggunakan VPN. Gambar ini diambil dari ExpressVPN, tetapi semua koneksi VPN pantulan tunggal bekerja dengan cara yang sama.

 

Dalam sebuah koneksi Internet normal, ketika Anda mencoba mengakses website ke internet, komputer Anda menjalankan permintaan melalui server ISP Anda, yang kemudian menyambungkan Anda ke website. Pada koneksi VPN, Anda langsung terhubung dengan server VPN dan melewati server ISP Anda.

 

Jika sebelumnya Anda pernah mendengar tentang firewall, VPN bertindak dengan cara yang sama, menjadi tameng dan melindungi koneksi Internet Anda dengan bantuan sejumlah server rahasia dan aliran data terenkripsi.

 

 

Apakah Dengan Menggunakan VPN Informasi Saya Akan Tetap Aman?

 

Salah satu elemen kunci VPN yang membuatnya sangat disukai adalah keamanan. Pada koneksi VPN, semua data yang Anda kirim dan terima akan dienkripsi. Dengan demikian, bila seseorang ingin mencoba menangkap data yang Anda kirim, enkripsi itu akan menjaga keamanan Anda (setidaknya lebih aman dibandingkan jika dikirim tanpa enkripsi).

 

Coba pertimbangkan beberapa skenario ini; Anda berbelanja online dan akan membeli sesuatu – informasi kartu kredit Anda disampaikan kepada pedagang. Anda berada di kafe dan mencoba mengakses akun email Anda – kata sandi Anda perlu dikirim ke server email Anda untuk verifikasi. Ini hanya dua kasus sederhana di mana VPN dapat menjaga Anda dan data Anda aman.

 

 

Apakah Saya Benar-benar Tidak Terlacak Dengan Menggunakan VPN?

 

Sebuah alamat IP VPN dan trafik terenkripsi saja tidak cukup agar Anda tidak terlacak. Memang, Anda akan semakin sulit untuk dilacak, tetapi bagi seseorang dengan keterampilan teknik yang tepat, selalu ada cara untuk melakukannya.

 

Alamat IP Anda bukan satu-satunya hal yang dapat mengidentifikasi Anda di Internet. Faktanya, ada juga kejadian di mana VPN telah digunakan untuk membocorkan alamat IP yang sebenarnya.

 

Metode lain untuk melacak Anda termasuk doxing, penggunaan malware, kecerobohan umum, dan banyak lagi.

 

Saya dapat mengatakan bahwa seberapa anonim dan tak terlacak Anda (atau karena Anda paranoid) dipengaruhi kombinasi layanan yang Anda gunakan secara bersamaan.

 

Misalnya, Anda dapat menggunakan VPN yang digabungkan dengan browser anonim seperti TOR, serta program Keamanan Internet yang memperhatikan apa Anda lakukan online, terutama dari segi pembagian informasi.

 

Jadi, jawaban singkatnya, tidak. Anda tidak benar-benar tidak terlacak sama sekali.

 

 

Bagaimana VPN Menjaga Info Anda

 

1. Enkripsi

 

Ketika Anda tersambung ke sebuah layanan VPN, semua trafik & komunikasi Internet Anda melewati sebuah saluran aman. Inilah yang menjaga agar informasi Anda rahasia dan aman.

 

Setiap VPN menggunakan berbagai protokol yang memiliki level keamanan berbeda. Berikut contohnya:

 

  • Internet Protocol Security (IPSec)
    IPSec mengautentikasi sesi Internet dan mengenkripsi data selama koneksi. IPSec memiliki dua mode, Transport dan Tunneling, sehingga data aman selama transfer antar jaringan berbeda. IPSec dapat digabungkan dengan protokol keamanan lain untuk membuat sesi tersebut lebih aman.
  • Layer 2 Tunneling Protocol (L2TP)
    L2TP adalah salah satu dari protokol lain yang dapat digunakan dengan IPSec. L2TP membuat saluran antara dua poin dimana IPSec akan menangani enkripsi data yang diantarkan di antara keduanya.
  • Point-to-Point Tunnelling Protocol (PPTP)
    PPTP adalah protokol lengkap yang bisa sekaligus membuat terowongan dan mengenkripsi data. PPTP sangat umum digunakan dan didukung pada sistem Mac dan Linux.

 

2. Tidak Ada Kebijakan Logging

 

Ini adalah sesuatu yang perlu dicatat, mengingat tidak semua VPN memiliki kebijakan tidak ada logging. Log adalah file riwayat yang merekam riwayat trafik Internet Anda. Jika log Anda tidak disimpan, penyedia layanan VPN tidak bisa menjualnya atau menanganinya kepada pemerintah atau aparat penegak hukum bukan?

 

Jika VPN mempunyai kebijakan tanpa logging, hal ini pasti akan dinyatakan jelas pada websitenya. Contohnya, PureVPN, yaitu salah satu VPN yang tidak menyimpan log.

 

vpn service without logging

 

 

Bagaimana Cara Menggunakan VPN?

 

Sebagian besar VPN memiliki proses sendiri, tetapi teori dasarnya adalah Anda menginstal software VPN pada perangkat (seperti router, PC, atau ponsel Anda). Konfigurasi bisa dilakukan dengan hanya memasukkan nama pengguna & kata sandi VPN ketika Anda meluncurkan software, tetapi ada beberapa VPN yang menawarkan lebih banyak pilihan.

 

Penawaran ini dapat berupa pemilihan protokol keamanan yang ingin Anda gunakan, atau memilih secara manual lokasi server yang ingin Anda gunakan.

 

 

Pada Perangkat Apa Saja VPN Dapat Digunakan?

 

Ada tiga kategori utama perangkat yang dapat menggunakan VPN (tergantung pada penyedia layanan): Desktop/Laptop, Smartphone/Tablet, dan router. Lebih spesifik lagi, VPN biasanya dapat digunakan di platform Windows, Mac OS, iOs, Android, dan Linux (Sebagian besar router berbasis Linux).

 

Ingatlah bahwa tidak semua router mendukung penggunaan VPN. Jika Anda menggunakan salah satu merek dan model terkenal yang lebih baik, kemungkinan besar Anda bisa menggunakan VPN. Namun, akan lebih baik lagi bila bertanya ke produsennya atau bergabung dengan sebuah forum dan bertanya. Saya menggunakan TP-Link Archer C7 yang mendukung penggunaan VPN.

 

expressvpn configuration page

* VPN biasanya memiliki panduan yang bisa dibaca untuk membantu Anda mengonfigurasi beberapa perangkat.

 

Saya tahu bahwa ada beberapa website yang mengatakan bahwa Anda memerlukan penyesuaian firmware seperti DD-WRT atau Tomato, tetapi itu tidak benar. Namun, jika router Anda TIDAK mendukung VPN, gunakanlah router lain yang mendukung VPN.

 

Selanjutnya ingatlah peringatan ini: Jika Anda menggunakan VPN pada telepon seluler Anda, ada banyak aplikasi seluler (yang mungkin telah Anda instal) yang memiliki lebih banyak informasi selain dari alamat IP Anda. Ingatkah permintaan mengakses yang harus Anda setujui pada saat menginstal aplikasi? Ini berarti walaupun menggunakan VPN, data Anda masih bisa dikirim ke pengembang aplikasi-aplikasi itu.

 

 

Seberapa Sulitkah Penggunaan VPN?

 

Jawabannya adalah, tidak terlalu sulit. Hampir semua penyedia VPN memiliki tutorial mendetail tentang pengaturan aplikasi pada sejumlah perangkat. Saya sudah membaca beberapa di antaranya dan bahkan ada juga yang dilengkapi video langkah demi langkah tentang cara pengaturan.

 

Lihat halaman Cara Pengaturan ExpressVPN sebagai contoh.

 

expressvpn vpn steup with instructions

 

Sebagian besar penyedia VPN mungkin mempunyai sesuatu seperti ini, dengan instruksi yang sangat terperinci. Beberapa VPN mudah diinstal, sehingga Anda yang perlu lakukan setelah menginstal aplikasi hanya memasukkan nama pengguna dan kata sandi Anda, kemudian pilih server dan jalankan.

 

 

Akankah VPN Memperlambat Koneksi Internet Saya?

 

Jawabannya, mungkin saja. Karena bawaan layanan ini, biasanya akan ada sedikit pelambatan. Akan tetapi, karena hampir semua layanan VPN bereputasi, pelambatan ini tidak perlu dipermasalahkan.

 

Namun, jika ISP Anda menghambat kecepatan Internet karena alasan tertentu, menggunakan VPN akan meningkatkan kecepatan Anda. Banyak penyedia VPN tingkat atas memiliki jaringan bagus yang memanfaatkan penyedia bandwidth tingkat atas.

 

Yang perlu diketahui adalah, penurunan kecepatan akan semakin jauh, semakin jauh server yang Anda pilih dari tempat Anda berada.

 

Catatan teknis terkait kecepatan

 

Perangkat keras Anda sangat vital dalam mempengaruhi kecepatan koneksi. Ketika VPN mengenkripsi data Anda, proses ini memerlukan banyak daya komputasi. Setiap perangkat memiliki mikroprosesor pada pusatnya yang memengaruhi kecepatan ketika perangkat melakukan hal tertentu. Kecepatan ini dihitung dalam satuan gigahertz (GHz).

 

Semakin tinggi GHz, semakin cepat enkripsi, sehingga kecepatan koneksi semakin tinggi.

 

Rata-rata kecepatan prosesor berkisar antara 800 MHz sampai 1.2GHz (meskipun ada tipe canggih yang berkecepatan 1.8 GHz atau lebih tinggi). Rata-rata laptop berkecepatan sekitar 1.6 GHz sampai 2.2 GHz, sedangkan rata-rata PC berkecepatan antara 2.6 sampai 3.4 GHz.

 

VPN connection speed

 

Ketika menjalankan layanan VPN pada router dengan prosesor berkecepatan 1 GHz, kecepatan VPN melambat secara signifikan. Menurut bantuan teknis TorGuard tempat saya berkonsultasi, kecepatan maksimum yang saya dapatkan melalui penyebaran router adalah sekitar 17 Mbps. Menjalankan VPN yang sama pada laptop dengan 1.8 GHz akan memberikan Anda kecepatan sekitar 150 Mbps.

 

Yang dimaksudkan di sini adalah, ada banyak bagian bergerak pada kinerja VPN, sehingga untuk menikmati manfaat maksimal sebuah koneksi VPN yang cepat, perlengkapan milik Anda juga harus utuh.

 

 

Bagaimana Cara Memilih Penyedia VPN yang Tepat?

 

vpn providers

 

Ada puluhan (ratusan jika Anda juga menghitung penyedia yang kurang terkenal) layanan VPN yang tersedia. Beberapa dari mereka adalah penyedia VPN mainstream yang menspesialisasikan diri di bidang ini. Namun, saat ini ada juga beberapa perusahaan keamanan Internet seperti F-Secure, Kaspersky, dan Avira yang berkecimpung di daerah VPN.

 

Jadi, dengan berbagai pilihan ini, bagaimana Anda ingin memilih yang tepat, mengingat Anda dibombardir setiap hari dengan ‘Promo VPN’ pada saat Anda mengetik kata pencarian dalam Google? Carilah VPN yang tepat untuk ANDA dengan menimbang beberapa unsur kunci berikut ini:

 

1. Biaya VS. Keamanan

 

Ada pepatah lama yang mengatakan ‘Anda tidak bisa memiliki segalanya’. Semakin banyak biaya yang dikeluarkan, biasanya semakin baik layanan yang didapat. Tidak SELALU, tetapi aturan praktisnya demikian. Banyak penyedia VPN yang membebankan biaya beberapa dolar per bulan. Tetapi jika Anda MERASA paranoid tentang privasi dan keamanan, apakah Anda mengorbankan ketenangan pikiran? Pilih harga yang sesuai dengan Anda, tegaskan dengan jelas apa tujuan Anda berlangganan sebuah layanan VPN.

 

2. Apakah VPN ini menyimpan log?

 

Ini sangat penting. Tidak ada hubungan dengan anggaran atau tujuan Anda, sebuah penyedia VPN yang menyimpan log untuk menjadi sekadar tabung cacing besar yang ditunggu untuk dibuka. Anda mengerti apa yang terjadi ketika tabung itu dibuka. Dengan memiliki log saja sudah menjadi masalah – karena para penyedia layanan sudah berkelit dari tekanan pemerintah berulang kali. Pilih penyedia yang sangat ketat tentang kebijakan tanpa log.

 

3. Jumlah & lokasi server

 

Ini lebih dapat diterapkan oleh mereka yang menggunakan VPN terbaik untuk mengelabui pelarangan geografis. Contohnya, jika Anda ingin mengakses konten Netflix dari wilayah AS, Anda akan memerlukan… server AS pada VPN Anda! Semakin banyak lokasi server yang dimiliki penyedia, semakin banyak pilihan yang Anda miliki. Semakin banyak jumlah server mereka, mungkin koneksi Anda akan semakin lancar dan cepat.

 

4. Berapa harga untuk berapa koneksi

 

Rata-rata rumah tangga sekarang memiliki banyak perangkat. Bayangkan saja, satu pasangan bisa memiliki dua laptop, dua tablet, dan dua smartphone – totalnya enam perangkat di bawah satu atap. Pastikan bahwa jumlah koneksi penyedia VPN yang Anda gunakan cocok untuk gaya hidup Anda.

 

5. Kebocoran IP

 

Ini adalah masalah yang terus bertambah rumit. Tampaknya, beberapa penyedia VPN memiliki sedikit masalah teknis, dan IP asli para pelanggan mereka bocor. Artinya, mereka membayar untuk sebuah layanan yang sia-sia. Pastikan Anda memeriksa koneksi Anda selama periode uji coba, dan jika IP Anda bocor, Anda tahu yang harus Anda lakukan – TINGGALKAN (VPN itu).

 

6. Antarmuka Pengguna

 

Saya ragu-ragu apakah sebaiknya memasukkan bagian ini atau tidak, tetapi pada akhirnya, OCS menjawab keraguan saya. Beberapa VPN memiliki antarmuka sial yang sangat SULIT digunakan. Perhatikan sebelum Anda memilih paket diskon tiga tahun itu.

 

 

Bagaimana Saya Tahu Kalau VPN Saya Bagus?

 

Layanan VPN pada dasarnya menjual privasi dan keamanan. JADI, bagaimana Anda tahu bila yang Anda pilih berperforma seperti yang seharusnya? APAKAH Anda tahu IP Anda tersimpan atau tidak? Bagaimana dengan semua kebocoran yang sering Anda dengar?

 

Semua masalah ini kadang-kadang diakibatkan oleh apa yang saya sebut ‘fitur rusak’ pada beberapa penyedia VPN. Artinya, VPN tidak bekerja seperti yang diiklankan, maka identitas Anda berada dalam risiko.

 

Berikut adalah beberapa tes sederhana yang dapat membantu Anda.

 

  • Kunjungi IPLeak dan baca informasi yang disajikan kepada Anda. Bila VPN Anda berperforma sebagaimana mestinya, Anda akan melihat Informasi Server VPN dan bukan info asli. DNSLeakTest juga dapat melakukannya jika Anda menginginkan sebuah alternatif.
  • Untuk menguji coba kecepatan VPN Anda, kunjungi SpeedTest atau TestmyNet dan lakukan tes di sana. Anda dapat menjalankannya sebelum dan sesudah tersambung ke server VPN untuk menguji coba perbedaan kecepatan dan latensi.

 

test vpn speed

* SpeedTest akan menunjukkan kecepatan mengunggah dan mengunduh Anda, juga latensi Anda ke server yang terdekat.

 

Tentunya, ada uji coba lebih mutakhir yang dapat Anda lakukan, tetapi ada hal-hal terperinci lain yang harus dimasukkan.

 

Walaupun Anda puas dengan layanan VPN yang Anda gunakan, menjalankan uji coba setiap saat adalah ide yang bagus untuk memastikan menenangkan hati Anda.

 

 

Apakah VPN Legal?

 

Ini mungkin pertanyaan aneh untuk beberapa orang mengingat banyaknya penyedia VPN saat ini. Namun, ingatlah bahwa tidak ada pemerintah mana pun yang mengontrol Internet. Namun, ANDA dibatasi oleh hukum negara tempat Anda tinggal, sehingga pastikan bahwa VPN legal di negara Anda sebelum berlangganan.

 

Sebelum Anda mencemooh, saya beri tahu Anda bahwa ada beberapa negara yang sangat ketat di luar sana. Contohnya, Uni Emirat Arab (UEA). Tepergok menggunakan layanan VPN di UAE dapat dikenakan denda antara 100 ribu sampai 500 ribu dolar AS.

 

Sudah dapat ditebak kalau Tiongkok baru-baru ini juga mengesahkan peraturan yang mengizinkan penggunaan layanan VPN yang disetujui pemerintah. Tampaknya, peraturan ini dibuat untuk “mengatur VPN yang melakukan kegiatan operasional lintas batas secara tidak sah”. Namun, yang kami ketahui, ini hanya perluasan lain dari Great Firewall of China.

 

Terakhir – jika Anda ingin menggunakan VPN untuk lolos dari sensor di tempat kerja atau sekolah– Anda dapat dipecat atau diusir (tergantung dari posisi Anda). Sudah paham?

 

 

Mengapa VPN Ilegal di Beberapa Daerah?

 

Alasannya berbeda-beda. Namun, biasanya negara yang melarang VPN cenderung memiliki kontrol yang lebih ketat terhadap kehidupan warga mereka. Dengan melarang VPN, mereka mudah memantau semua pergerakan yang dilakukan warga mereka di Internet.

 

Berikut sejumlah alasan utamanya;

 

  • Alasan Moral (misalnya Singapura)
  • Stabilitas Politik (misalnya Yordania, Libya)
  • Keamanan Nasional (misalnya India, Rusia)
  • Semua hal di atas (misalnya Korea Utara, Tiongkok)

 

 

Dapatkah Layanan VPN Saya Diblokir?

 

Sejumlah negara dengan peraturan ketat yang merisaukan tentang sensor Internet telah melakukan pemblokiran layanan VPN. Meski mereka tidak mengenkripsi data, pemblokiran VPN di negara-negara itu telah berhasil memblokir akses VPN dengan cara menghentikan akses ke port yang umumnya digunakan oleh protokol VPN umum.

 

Contohnya, Great Firewall of China, yang merupakan sebagian kecil dari upaya memelihara keamanan publik dengan pemantauan sistem informasi secara ketat.

 

 

Bisakah Saya Menggunakan Torrent Dengan VPN?

 

Pembagian atau Torrenting file Peer-to-Peer tidak ilegal tetapi patut diwaspadai, karena status file yang dibagikan tidak selalu diketahui. Contohnya, membagikan file video tertentu dinilai melanggar Tindakan Hak Cipta Milenium Digital. Beberapa hak cipta perangkat lunak juga telah dibajak lewat Torrent.

 

Selain itu, torrenting mengonsumsi bandwidth tinggi, sehingga ada beberapa penyedia VPN yang tidak mengizinkan torrenting pada layanan mereka, atau akan menerapkan pembatasan bandwidth untuk aktivitas itu.

 

Jika Anda mencari layanan VPN yang ramah torrent, pastikan hal itu juga dinyatakan jelas pada websitenya.

 

Berikut adalah beberapa VPN yang ramah torrent:

 

 

 

Apa Itu ‘Kill Switch’?

 

Sebagian besar orang menggunakan VPN untuk menjaga privasi mereka, dan ini sangat penting bagi mereka. Itulah alasan banyak layanan VPN memperkenalkan konsep ‘kill switch’. Konsep ini dimaksudkan untuk langsung membantu memotong koneksi jika layanan Anda pada server VPN terganggu karena alasan tertentu.

 

Ini membantu mencegah IP Anda yang sebenarnya terekspos ketika layanan VPN tidak tersedia.

 

Tentu saja, jika Anda ingin koneksi tetap menyala, Anda dapat menonaktifkan kill switch.

 

 

Akankah Penggunaan VPN Memengaruhi Gaming Online Saya?

 

Para gamer seringkali sangat berhati-hati ketika memasukkan elemen-elemen baru dalam jaringan mereka, karena mereka selalu khawatir bila penambahan bisa menyebabkan latensi tambahan. Latensi adalah pembunuh game-game online, dan saya secara pribadi seringkali elihat para gamer berteriak di monitor ketika menghadapi waktu ping yang tidak sangat lambat.

 

Beberapa orang memandang VPN secara hati-hati, karena mereka ingin tahu apabila menambahkan layer tambahan antara mereka dan server game bisa lebih menurunkan latensi mereka. Ingat, Anda dapat memilih ingin tersambung dengan server mana pada VPN Anda.

 

Dengan menyambungkan lokasi server terdekat ke server gaming Anda, ada kemungkinan Anda mendapatkan waktu ping yang lebih baik.

 

Di samping itu, banyak lokasi server juga berarti bahwa Anda akan dapat melakukan server game dari negara/wilayah yang biasanya tidak dapat Anda jangkau.

 

 

Bisakah Saya Menggunakan VPN Gratis?

 

Ada sejumlah layanan VPN gratis di luar sana. Faktanya, beberapa di antaranya dijalankan oleh perusahaan keamanan Internet bonafide seperti Kaspersky. Namun, sering ada sedikit masalah teknis yang perlu dipertimbangkan.

 

  1. Banyak VPN gratis menawarkan bandwidth terbatas.
  2. Biasanya lokasi dan/atau server yang tersedia sangat terbatas.
  3. Keamanan data Anda mungkin kurang terjamin.
  4. Kualitas layanan mungkin dipertanyakan.
  5. Biasanya terdapat sejumlah batasan.

 

Pertimbangkan Ini:

Penyedia layanan gratis harus memperoleh pendapatan dari SUATU TEMPAT, dan perusahaan-perusahaan ini menangani data Anda.

 

 

Berapa Harga Layanan VPN?

 

Dengan mengesampingkan penyedia layanan VPN gratis, Anda mungkin harus membayar antara 2-10 dolar per bulan, tergantung pada berbagai faktor. Fitur dan masa pembayaran paket sering berperan sebagai penentu harga. Semakin lama periode yang Anda pilih untuk membayar di muka, biasanya akan semakin rendah harganya.

 

Misalnya NordVPN, yang harganya berdasarkan rentang waktu yang Anda pilih. Dengan membayar bulanan, harganya Rp 166.679. Namun, jika Anda membayar tahunan, harganya turun menjadi Rp 80.061 per bulan. Memilih paket tiga tahun akan menurunkan harga menjadi Rp 38.357 per bulan, dan harga ini lumayan bagus.

 

nordvpn price

 

Pertimbangkan manfaat yang terikat dengan layanan selama dua atau tiga tahun dibandingkan membayar bulanan. Mana yang dipilih akan tergantung pada preferensi individu masing-masing.

 

 

Bisakah Saya Membayar Tanpa Kartu Kredit?

 

Kartu kredit memudahkan kehidupan digital, karena ini adalah sarana yang pasti untuk membayar penyedia layanan. Namun, ketika menyangkut layanan VPN, tampaknya sedikit aneh membayar anonimitas dengan menggunakan metode yang jelas mengidentifikasi diri sendiri.

 

Untungnya, pada beberapa penyedia layanan terbaru telah mulai menerima Bitcoin atau mata uang kripto (cryptocurrency) lainnya sebagai pembayaran. Untuk mengetahui apakah penyedia layanan yang Anda pilih menerima Bitcoin, carilah tanda Bitcoin pada halaman metode pembayaran yang diterima di website VPN.

 

multiple payment options

 

Tentunya, jika Anda memilih metode pembayaran Bitcoin, tidak ada pembaruan otomatis dan Anda harus melalui proses pembayaran setiap kali ketika Anda memperbarui layanan Anda.

 

 

Penutup: Perlukah Saya Menggunakan VPN?

 

Dunia digital saat ini penuh dengan bahaya, dari pemerintah yang ingin tahu sampai peretas dan penipu. Menjaga aktivitas digital Anda tetap tersembunyi sebaiknya adalah sebuah keharusan dan bukan pertimbangan. Ini terutama penting untuk jaringan publik – seperti GSM atau LTE penyedia layanan seluler Anda – jadilah cerdas dan gunakan VPN.

 

Saya akan membagikan skenario yang sangat sederhana dengan Anda, tentang pengalaman pribadi yang saya miliki sebelum tertarik menggunakan VPN. Saya duduk di kafe dengan seorang wanita muda setelah sebuah acara dan kami berbicara tentang keamanan online. Dia mengejutkan saya ketika mengatakan bahwa dia menggunakan VPN pada ponselnya, sehingga saya bertanya apakah keamanannya sedang sangat terancam.

 

Dia menunjukkan pada saya aplikasi di ponselnya yang menampilkan rekaman lebih dari 30 upaya penyadapan pada hari itu, dan menjelaskan bahwa jumlahnya naik atau turun tergantung pada lokasinya. Nah, ini benar-benar mengkhawatirkan.

 

Jika Anda sedang mempertimbangkan menggunakan VPN sebagai sarana keamanan Anda, lakukanlah. Jika TIDAK, saya tetap menyarankannya kepada Anda. Sebagaimana yang ditunjukkan Krack attack pada kita, layanan VPN adalah kebutuhan masa kini. Tetaplah aman dan jangan ada penyesalan.

 

 

Avatar

About The Author

Timothy Shim adalah seorang mantan jurnalis teknologi yang telah memanfaatkan pengalamannya menjadi seorang penulis, editor, dan perencana konten. Saat ini, ia membantu sejumlah perusahaan untuk menyusun pesan-pesan dan saran-saran terkait SEO, pemasaran konten, dan strategi media sosial.

Suka Artikel Yang Anda Baca?

Bergabunglah bersama para subscriber kami untuk menerima kabar terbaru dari Bitcatcha. Kami mengirimkan berbagai tips dan trik eksklusif untuk bisnis online.

Situs ini menggunakan cookie untuk analitik, pemasaran, dan peningkatan situs. Pengungkapan FTC: Kami berpartisipasi dalam program afiliasi, dan kami mendapatkan komisi atas pembelian yang dilakukan melalaui tautan kami. Dengan menutup kotak pesan ini atau melanjutkan akses ke situs kami, Anda setuju untuk menggunakan cookie kami. Silakan meninjau Kebijakan Privasi dan Pengungkapan FTC kami untuk informasi lebih lanjut.