Apakah Strategi Pemasaran via Email Anda Berhasil? 14 Metrik Penting untuk Diukur (Panduan Definitif untuk Pemasaran Email Bagian 6)

Avatar
Oleh          September 11, 2020   Pemasaran    Rahasia Periklanan

Saya maniak data, statistik, dan angka.

 

Saya suka membaca angka-angka di Google Analytics. Saya juga terobsesi mengukur kampanye pemasaran email saya. Grafik, tabel, dan angka-angka sangat menarik untuk saya.

 

Dengan metrik pemasaran email, saya dapat melihat langsung siapa yang membuka newsletter saya. Saya dapat melihat pelanggan terbaik saya, dan mencari tahu baris subjek mana yang paling efektif.

 

Email Marketing Metrics

 

 

Saya juga bisa melihat apa yang tidak berjalan dengan baik. Apa saja yang bisa saya perbaiki untuk ke depannya.

 

Inilah mengapa statistik dan data sangat penting. Tidak hanya menarik, tapi juga penting untuk mengembangkan bisnis Anda.

 

Ada satu alasan lain mengapa saya menghabiskan banyak waktu untuk melihat analitik email saya:

 

Orang-orang yang membuka email Anda merupakan pengikut yang penting dengan tingkat keterlibatan tertinggi. Mereka sangat suka dengan perusahaan Anda. Mereka berinteraksi dengan Anda.

 

Mengapa Anda tidak ingin kenal mereka lebih dekat?

 

email campaign data

 

Glosarium Singkat Berisi Istilah-Istilah Metrik Email

 

Pertama, pastikan kita satu pemikiran. Saya bicara tentang berbagai istilah pemasaran email dalam postingan ini, yang meliputi:
 

Rasio membuka – Persentase dari total pelanggan yang membuka email Anda.

 

Rasio klik – Persentase dari total pelanggan yang mengeklik tautan di email.

 

Membatalkan langganan – Berapa banyak orang yang membatalkan langganan Anda dari daftar setelah kampanye email.

 

Jika mengikuti seri pemasaran email kami, Anda pasti sudah baca cara mengatur formulir pendaftaran email di website Anda, membuat seri sambutan untuk email, dan membuat baris subjek yang bagus.

 

Tapi bagaimana cara kita mengetahui seberapa baik performa pemasaran email kita?

 

Jawabannya adalah analitik email. Bacalah data analitik Anda sesering mungkin!

 

Melalui seri email ini, kami menggunakan MailChimp sebagai contohnya. MailChimp menawarkan berbagai statistik dan angka untuk kampanye Anda.

 

Untuk mengakses data analitik Anda, login ke MailChimp dan buka ‘reports’.

 

mailchimp reports

 

Siap? Mari mempelajari lebih lanjut tentang metrik-metrik penting.

 

1. Kemajuan Terhadap Sasaran Bisnis Anda Secara Keseluruhan

 

Sebelum kita melihat raso membuka dan klik, ada baiknya kita melihat sasaran bisnis secara keseluruhan terlebih dahulu.

 

Statistik dan angka memang penting, tapi keduanya tidak dapat memandu Anda untuk meraih sasaran yang lebih besar, mereka tidak lebih dari ‘metrik hiasan’. Dengan kata lain, jika keduanya punya hasil yang bagus, apakah mereka akan membantu Anda menggapai sasaran Anda?

 

Pikirkan sasaran Anda, apakah ingin meningkatkan loyalitas, menghasilkan keuntungan lebih, atau mengembangkan bisnis Anda.

 

Ukuran kesukesan sejati untuk kampanye pemasaran email mana pun adalah apakah promosi ini dapat mengembangkan bisnis Anda.

 

2. Rasio Membuka

 

Rasio membuka rata-rata untuk perusahaan e-Commerce – 16,71%

 

Rasio membuka biasanya bisa jadi patokan pemasar untuk menetapkan fokus. Rasio ini mewakili berapa banyak orang yang membuka email Anda.

 

Di sini Anda pasti mencari potensi angka tertinggi. Semakin banyak orang yang membuka email Anda, semakin besar peluang untuk mengubah mereka jadi pelanggan atau mendorong mereka untuk membuka website Anda.

 

open rate

 

Rasio membuka yang tinggi menunjukkan tingkat loyalitas tertentu. Ini berarti pelanggan Anda antusias untuk membuka email Anda dan melihat isinya.

 

Rasio membuka rata-rata untuk perusahaan e-Commerce adalah 16,71%. Jika rasio Anda lebih tinggi, berarti usaha Anda berhasil!

 

TAPI Anda tidak boleh bergantung pada rasio membuka saja. Kita harus riset lebih jauh untuk mengetahui apakah pelanggan mengambil tindakan atau tidak.

 

Ingin tips untuk meningkatkan rasio membuka Anda? Baca Bagian 4 dari Panduan Pemasaran Email Definitif Kami.

 

3. Rasio Klik

 

Rasio klik rata-rata untuk perusahaan e-Commerce – 2,3%

 

Rasio klik biasanya jadi indikator yang lebih bagus untuk mengetahui kesuksesan kampanye Anda. Rasio klik yang tinggi berarti orang-orang tidak hanya membuka email Anda, tapi juga mengeklik tautan yang menuju website Anda.

 

click rate

 

Berarti mereka penasaran dan tertarik dengan isi email Anda. Ini juga berarti kalimat ajakan Anda berhasil dan Anda terhubung langsung dengan pengguna yang tepat.

 

Rasio klik rata-rata memang cukup rendah, jadi jangan berkecil hati. Tapi perhatikan orang-orang yang mengeklik tautan di email Anda. Mereka adalah pelanggan dengan tingkat keterlibatan yang tertinggi.

 

4. Rasio Konversi di Halaman Landing Anda

 

Banyak orang merasa bahwa dengan memiliki rasio klik yang bagus, tugas mereka sudah selesai. Padahal ujian sebenarnya bagi kampanye email yang bagus adalah apakah klik tersebut mendorong konversi atau penjualan.

 

Misalnya Anda menjalankan kursus pemasaran online. Anda mengirimkan email kepada pelanggan untuk mempromosikan kursus, lalu mengarahkan mereka ke halaman landing.

 

5% dari pelanggan Anda mengeklik halaman landing, tapi berapa banyak orang yang mendaftar ke kursus?

 

 

Itulah patokan nyata dari seberapa sukses kampanye Anda.

 

Anda dapat memantau konversi email dengan membuat URL pelacak dari Google Analytics dan meletakkan tautan tersebut di newsletter Anda.

 

5. Rasio Pantulan di Halaman Landing Anda

 

Saya ingin mengukur rasio pantulan dan rasio konversi Anda. Dengan kata lain, berapa banyak orang yang ‘mendarat’ di halaman ini dan menghilang tanpa melakukan apa pun?

 

Jika rasio pantulan tinggi, berarti saya bisa meyakinkan orang-orang untuk mengeklik halaman, namun belum bisa membuat mereka jadi pelanggan.

 

Semuanya tentang mencari celah kecil dalam perjalanan pengguna dan mencari tahu apa saja yang bisa Anda perbaiki. Bagi saya, rasio pantulan merupakan angka yang membuat saya harus meningkatkan segala sesuatunya.

 

6. Rasio Penjualan dan Pendapatan

 

Serupa dengan rasio konversi, tapi didesain khusus untuk pemesanan online dan pendapatan dari penjualan. MailChimp punya cara cerdas untuk menghitungnya. Layanan ini akan memberi tahu Anda berapa banyak pemesanan yang dihasilkan dari kampanye email.

 

Selain itu, MailChimp mengurainya menjadi pendapatan per pemesanan dan total pendapatan yang dihasilkan dari kampanye.

 

Untuk menetapkannya Anda harus menautkan website e-Commerce Anda ke MailChimp (perlu diketahui bahwa ini fitur berbayar). Setelah menghubungkan toko Anda ke MailChimp, hasilnya akan tampil seperti ini:

 

mailchimp email campaign

 

Ini ideal untuk website e commerce yang ingin melihat apakah kampanye email mereka berhasil meningkatkan penjualan.

 

7. Rasio Pembatalan Langganan

 

Rasio pembatalan langganan rata-rata untuk perusahaan e-Commerce – 0,23%

 

Tidak salah untuk memprediksi berapa orang yang akan membatalkan langganan dari newsletter atau pembaruan Anda. Pasti ada alasannya. Mungkin mereka lupa alasan mereka mendaftar, atau mungkin mereka telah mengatasi masalah mereka sendiri.

 

Tidak masalah.

 

TAPI, jika Anda menyadari bahwa rasio pembatalan langganan lebih tinggi dari biasanya, mungkin ada yang salah. Anda mungkin mengirim newsletter atau pembaruan terlalu sering. Konten Anda mungkin tidak relevan untuk pelanggan.

 

Jika rasio pembatalan langganan Anda meningkat, waktunya untuk mengevaluasi strategi Anda.

 

8. Pelanggan yang Tidak Berinteraksi

 

Pelanggan yang tidak berinteraksi sama pentingnya dengan orang yang membatalkan langganan. Mereka orang-orang yang ada di daftar Anda tapi tidak pernah membuka email atau berinteraksi dengan Anda.

 

Misalnya Anda punya 10.000 pelanggan, tapi 5.000 tidak pernah membuka email Anda. Inilah yang disebut pelanggan ‘yang tidak berinteraksi’. Anda mengeluarkan orang untuk mengirim email kepada orang yang tidak pernah membukanya.

 

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan di sini adalah menghapus mereka dari daftar. Pastinya sayang jika membuang separuh angka pelanggan Anda, tapi ini demi yang terbaik.

 

HubSpot baru-baru ini menghapus 250.000 pelanggan dari daftar mereka untuk alasan yang sama!

 

9. Rasio Pantulan

 

Pantulan ‘lemah’ rata-rata untuk perusahaan e-Commerce: 0,3%
Pantulan ‘keras’ rata-rata untuk perusahaan e-Commerce: 0,24%

 

‘Pantulan’ email adalah email yang tidak terkirim. Ada dua tipe pantulan: ‘pantulan keras’ dan ‘pantulan lemah’.

 

bounce rate

 

Pantulan lemah adalah email yang tidak dapat dikirim sementara. Mungkin pelanggan punya masalah server atau kotak masuk mereka penuh.

 

Pantulan keras biasanya berarti alamat email tidak ada. Entah palsu, salah tulis, atau sudah dihapus.

 

Email dengan pantulan lemah tidak perlu dihapus, tapi Anda harus menghapus alamat email pantulan keras. Mengapa? Karena mereka terlihat seperti tanda-tanda spam, dan ini mencerminkan betapa buruknya daftar email Anda. Daftar Anda bisa-bisa masuk daftar hitam.

 

Setelah tiap kampanye, hapus semua email dengan pantulan keras, terutama jika persentase Anda lebih tinggi dari rata-rata.

 

10. Performa 24 Jam

 

Performa 24 jam MailChimp termasuk seru dan bermanfaat. Seru karena Anda dapat melihat pelanggan membuka email dan berinteraksi dengannya dalam waktu nyata.

 

24 hour email performance

 

Sebagian besar pelanggan akan membuka email Anda dalam satu jam pertama, jadi respon awal tersebut bisa jadi indikasi bagus untuk kesehatan milis (mailing list) Anda.

 

Periode waktu setelahnya juga masih berguna. Periode tersebut menunjukkan puncak aktivitas di waktu tertentu pada suatu hari. Misalnya, periode mungkin menunjukkan pada Anda bahwa sebagian besar pelanggan membuka email pukul 22.00.

 

Jika itu merupakan pola umum untuk kampanye Anda, Anda tahu bahwa pelanggan Anda biasanya berinteraksi dengan email pada malam hari. Ini merupakan informasi bermanfaat yang Anda ketahui tentang pelanggan Anda.

 

11. Pelanggan dengan Tingkat Membuka Paling Tinggi

 

Tabel ini memberi tahu Anda berapa kali pelanggan Anda membuka email Anda, serta membuat peringkatnya. Seperti yang bisa Anda lihat di bawah, satu pelanggan membuka email saya 73 kali.

 

email opens

 

Ini memang tidak biasa, jadi saya tahu bahwa beliau adalah pelanggan utama saya. Mereka sangat tertarik dengan newsletter saya, sampai-sampai membukanya 73 kali! Orang ini adalah pengguna tingkat lanjut. Jika momennya tepat, saya akan mengirimkan email spesial berisi diskon atau penawaran kepada beliau.

 

Jadi penting untuk memantau pelanggan paling aktif yang memiliki tingkat keterlibatan tinggi.

 

12. Lokasi

 

Peta ini menunjukkan di mana orang-orang membuka email Anda. Mengetahui tempat tinggal pelanggan dengan tingkat keterlibatan yang tertinggi penting untuk berbagai alasan.

 

top locations by open

 

Pertama, informasi ini memberi Anda indikasi terkait waktu terbaik untuk mengirim newsletter email selanjutnya, berdasarkan zona waktu pelanggan Anda.

 

Tapi tujuannya lebih dari itu. Informasi ini memberi tahu tempat di mana bisnis dan produk Anda paling laku. Dengan begitu, Anda tahu demografi yang dapat Anda gunakan untuk promosi dan iklan selanjutnya, misalnya untuk beriklan di Facebook.

 

Selain itu, Anda jadi tahu apa saja yang harus disesuaikan, mulai dari strategi pemasaran sampai SEO lokal.

 

Peta analitik lainnya (seperti Facebook Insights atau Google Analytcs) juga sangat bermanfaat. Tapi peta email Anda lebih spesifik, karena di sanalah pengikut Anda yang paling aktif.

 

13. Penerusan (Forwarding)

 

Kita tidak sering mempertimbangkan betapa pentingnya ‘berbagi’ email, seperti postingan blog atau halaman web. Tapi cara ini bisa jadi sangat ampuh.

 

Misalnya, jika teman meneruskan email kepada Anda, Anda 100% akan membacanya, ‘kan? Karena email itu rekomendasi pribadi. Inilah mengapa saya juga memperhatikan rasio ‘penerusan’ saya.

 

Pertama, ini berarti konten saya menjangkau pembaca baru, yang bisa jadi pelanggan baru saya.

 

Kedua, ini berarti pelanggan saya menemukan hal yang sangat berguna di email. Mereka tergugah sehingga ingin mengajak orang lain agar membacanya. Ini berarti saya melakukan hal yang benar (semoga begitu).

 

Cobalah secara gamblang meminta pelanggan Anda unuk meneruskan email kepada teman lain kali Anda mengirim newsletter.

 

14. Laba atas Investasi

 

Seperti yang saya sebut di awal artikel ini, statistik tidak ada gunakan jika strategi email Anda tidak dapat mengembangkan bisnis Anda.

 

Return on investment

 

Salah satu cara yang jelas untuk mengukurnya adalah dengan menghitung ROI atau laba atas investasi. Inilah jumlah uang yang Anda hasilkan dibandingkan investasi yang Anda kerahkan.

 

Misalnya, Anda punya 5.000 pelanggan, jadi Anda keluar uang $50 per bulan untuk MailChimp. Anda juga menghabiskan $50 per bulan untuk menaruh iklan di Facebook agar orang-orang mendaftar ke milis Anda.

 

Total Anda menghabiskan $100 per bulan untuk pemasaran email. Anda harus menghasillkan $100 tiap bulan, langsung dari email untuk menutupi biayanya.

 

Jika menghasilkan $200 dari penjuaan melalui pemasaran email, Anda berarti menggandakan laba atas investasi. Jika menghasilkan $500, ROI Anda 5 kali lipat. Jika ingin tahu tentang ROI Anda sendiri, Anda dapat memanfaatkan kalkulator ROI milik Sleeknote.

 

Saat angkanya meningkat tajam, pemasaran email dapat menghasilkan laba atas investasi 4.300 kali lipat.

 

 

Data, angka, dan analitik memberi tahu Anda segala hal yang Anda butuhkan untuk kampanye email Anda. Apakah mereka berfungsi dengan baik? Siapa pelanggan terbaik Anda? Apa saja yang bisa ditingkatkan?

 

Saya tekankan lagi, jangan fokus pada metrik yang kurang berguna. Pastikan Anda menggali lebih dalam angka-angka yang penting.

 

Metrik apa saja yang menurut Anda penting dalam kampanye email Anda?

 

Postingan ini menjadi bagian akhir dari seri enam bagian pada pemasaran email. Semoga bermanfaat! Apa Anda ingin seri terperinci lainnya yang membahas aspek pemasaran atau pengembangan web? Tulis saja di kolom komentar.

 

Avatar

About The Author

Daren Low adalah pendiri Bitcatcha.com & co-developer dari Pemeriksa Kecepatan Server. yang gratis. Dengan 10 tahun pengalaman dalam pengembangan website dan pemasaran di Internet yang sangat dikuasai, Daren dianggap sebagai autoritas utama dalam semua hal yang berkaitan dengan membangun dan mengelola keberadaan online. Jangan ragu bertanya kepadanya dengan terhubung melalui Linkedin dan Twitter.

Suka Artikel Yang Anda Baca?

Bergabunglah bersama para subscriber kami untuk menerima kabar terbaru dari Bitcatcha. Kami mengirimkan berbagai tips dan trik eksklusif untuk bisnis online.