11 Formulir Pendaftaran dengan Tingkat Konversi Tertinggi (Panduan Definitif untuk Pemasaran Email Bagian 1)

Avatar
Oleh          Maret 17, 2021   Pemasaran    Rahasia Periklanan

Membangun milis (mailing list) merupakan salah satu hal yang paling penting untuk mengembangkan bisnis online Anda.

 

Tolong pertimbangkan anjuran saya ini. Saya tahu betul betapa pentingnya media sosial, SEO, dan trik pemasaran digital.

 

Tapi semuanya tidak bisa menyaingi keampuhan email.

 

The Highest Converting Sign-up Forms

 

Pemasaran email menghasilkan $38 untuk tiap $1 yang dikeluarkan. Ia mendorong konversi 174% lebih banyak ketimbang media sosial dan membuat pelanggan 40 kali lebih banyak ketimbang Facebook dan Twitter digabungkan.

 

Mengumpulkan alamat email dan mengonversi pelanggan harus jadi prioritas nomor satu Anda. Tapi ini tidak akan mudah.

 

Bagaimana cara Anda memulai? Bagaimana Anda meyakinkan orang-orang agar mereka memberikan alamat emailnya? Dan bagaimana Anda memanfaatkannya untuk menjual produk? Seri ini akan memandu Anda melalui serangkaian proses mulai dari mendapatkan email sebanyak mungkin sampai membuat baris subjek yang sempurna.

 

Sebelum memulai, ada dua sumber penting untuk mengetahui latar belakang:

 

Panduan MailChimp untuk Menguasai Segalanya – Artikel ini menjelaskan mekanisme menyiapkan email dan mengirim newsletter pertama Anda.

 

Cara Membuat Lead Magnet yang Menarik – ‘Lead Magnet‘ merupakan hadiah menggiurkan yang akan Anda tawarkan demi mendapatkan alamat email. Anda bisa memberikan e-Book, laporan, atau uji coba gratis. Anda butuh hadiah yang sangat menarik demi menggaet banyak pelanggan.

 

Oleh karena itu, kita mulai dengan langkah paling penting: membangun milis Anda. Dalam bagian 1, saya akan menunjukkan formulir pendaftaran paling efektif yang pernah Anda, dan di mana Anda harus meletakkannya di website agar rasio konversi Anda naik secara signifikan.

 

Mari bahas sekarang.

 

 

1. Pop-Up Lightbox

 

Saya mulai dengan opsi paling kontroversial: pop-up lightbox. Jika sering membaca blog pemasaran digital, Anda pasti pernah melihatnya.

 

The Lightbox Pop-up

 

Salah satu alasan calon pelanggan mendaftar yaitu karena mereka melihat pop-up ini. Saat seluruh layar menghitam, formulir pendaftaran akan memenuhi layar. Pengunjung Anda 100% akan melihatnya. Pop-up ini menghilangkan seluruh gangguan potensial sehingga pengunjung fokus pada satu hal: mendaftar.

 

Template Monster melaporkan adanya peningkatan pelanggan sebesar 600% saat menggunakan pop-up ini. Rasio konversi melonjak dari 0,4% hingga 2,4%!

 

Tip Pro: Pop-up lightbox tidak selalu efektif. Kotak lampu ini dapat mengganggu pengunjung baru yang belum pernah membaca konten Anda. Coba letakkan timer pada pop-up sehingga pengunjung punya waktu untuk membaca-baca isi website Anda.

 

Cara menginstalnya: OptinMonster adalah salah satu layanan pengambil email favorit saya; mereka membantu Anda mendesain & menginstal pop-up lightbox. MailChimp juga punya fitur yang serupa.

 

2. Halaman Splash, alias Kotak Fitur

 

Serupa dengan pop-up lightbox, ‘halaman splash’ atau ‘kotak fitur’ mendominasi seluruh layar, sehingga pengunjung fokus pada satu sasaran sederhana. Anda pasti juga sering melihatnya di blog pemasaran digital. Tampilannya seperti ini:

 

Backlinko Splash Page

 

Halaman memenuhi bagian atas layar, sehingga itulah pertama yang dilihat oleh pengunjung. Biasanya Anda bisa melihat konten saat menggulir ke bawah.

 

Satu website melaporkan peningkatan pelanggan sebesar 51,7% dalam semalam saat menggunakan trik ini. Jadi trik ini memang efektif. Pertanyaan besarnya adalah apakah ia akan mengorbankan pengalaman pengguna.

 

Sebagian pengunjung lebih suka menjelajahi website dan konten Anda sebelum mendaftarkan alamat email, jadi perhatikan baik-baik analitik Anda untuk melihat apakah kotak fitur ini memberikan dampak buruk.

 

Cara menginstalnya: PlugMatter membuat plugin sederhana yang tidak perlu koding untuk diimplementasikan. Mereka juga melaporkan peningkatan pelanggan sebesar 200%, meskipun saya pribadi belum mengujinya.

 

3. Kotak Pendaftaran di Sidebar

 

Sidebar merupakan rumah asli dari formulir pendaftaran. Website telah menggunakan kotak ini selama bertahun-tahun. Mengapa? Karena terbukti efektif.

 

sidebar sign-up box

 

Pengunjung sudah tahu kalau tempatnya di sana, jika ia ingin mendaftar, ke sanalah mereka akan menuju.

 

Neil Patel – salah satu pemasar digital yang paling sukses di dunia – menggunakan LIMA formulir pendafaran (atau tautan pendaftaran) di sidebar blognya.

 

Cara menginstalnya: Jika Anda menggunakan MailChimp, mereka akan membantu Anda untuk menjalani prosesnya, dan menunjukkan cara mengimplementasikan kode yang diperlukan.

 

4. Kotak Pendaftaran untuk Pengunjung yang Keluar

 

Kotak ini merupakan ide jenius yang menampilkan pop-up atau halaman spash sebelum pengunjung meninggalkan halaman Anda. Ia berperan sebagai pengingat terakhir untuk mendaftar sebelum mereka keluar.

 

exit intent offer

 

Kotak ini tidak mengganggu pengalaman pengguna, karena pengguna sudah berniat untuk keluar. Perangkat lunak dapat memantau pergerakan kursor, menampilkan pop-up atau halaman splash saat pengunjung akan menutup tab. Social Media Examiner menggunakan kotak ini untuk menambahkan 95.000 pelanggan ke dalam milis mereka.

 

Kotak ini sangat berguna untuk website e-Commerce. Misalnya pelanggan punya keranjang penuh dengan produk, tapi lupa untuk meneruskan transaksi lalu keluar dari website Anda. Satu pop-up sederhana dapat muncul untuk mengingatkan mereka, dan mendorong mereka untuk mendaftar.

 

exit intent form

 

Cara menginstalnya: Saya ingatkan lagi, OptinMonster memiliki layanan terbaik yang pernah ada. Kreasi mereka mudah disesuaikan dan sangat sederhana.

 

5. Kotak Gulir

 

Sejauh ini kita melihat model yang ‘mengganggu’. Pop-up dan halaman spash memang efektif, tapi berpeluang untuk menimbulkan dampak buruk pada pengalaman pengguna.

 

Jika mencari yang lebih halus, coba ‘kotak gulir’ atau ‘slide in’. Ini merupakan pop-up yang lebih kecil, yang muncul di tampilan (biasanya di bagian pojok kanan bawah layar). Kehadirannya tidak menutupi konten atau mengganggu pengalaman pembaca.

 

Scroll Box

 

Anda dapat menjadwalkan kotak untuk muncul setelah pengunjung menggulir dalam jarak tertentu pada halaman. Kotak akan menunggu sampai pengunjung menunjukkan minat pada website Anda, saat mereka sudah membaca setengah bagian blog atau konten. Di titik tersebut, pengunjung kemungkinan besar akan mau untuk mendaftar.

 

Cara menginstalnya: SumoMe app adalah plugin yang sederhana, bagus, dan cocok untuk ini.

 

6. Halaman Landing Khusus

 

Semua trik di atas memanfaatkan formulir pendaftaran yang muncul di website utama atau konten Anda. Tapi, bagaimana kalau Anda membuat halaman landing khusus untuk mendapatkan email?

 

Landing page

 

Saya suka menggunakan iklan Facebook untuk mendorong trafik yang tinggi ke satu halaman landing. Pada halaman tersebut, saya membuat konten menarik yang menginspirasi dan meyakinkan orang-orang untuk mengirimkan alamat email mereka.

 

Halaman landing merupakan ilmu tersendiri, coba baca panduan optimasi halaman landing tuntuk mempelajari cara mendorong konversi.

 

Cara menginstalnya: Leadpages adalah pembuat halaman landing terbaik, tapi Anda juga bisa menggunakan plugin halaman landing gratis di WordPress.

 

7. Setelah Postingan Blog

 

Anda mungkin ingat kalau saya baru-baru ini menulis artikel tentang bagaimana orang-orang sebenarnya tidak ada yang membaca saat browsing di Internet. Nyatanya kurang dari 20% orang membaca sampai bagian akhir postingan blog. Jadi, mengapa saya menyarakan formulir pendaftaran di sana?

 

Karena ada segelintir orang-orang yang membacanya sampai habis, dan itulah pengikut Anda. Mereka membaca tiap kata, sampai akhir. Merekalah orang-orang yang harus Anda masukkan ke milis Anda! Selain berpeluang besar untuk berlangganan – Anda tahu betul bahwa mereka menikmati konten Anda.

 

Seperti yang ditampilkan di grafik ini (sumber: Slate.com), sebagian keterlibatan yang terjadi di website Anda (yaitu waktu yang dihabiskan untuk membaca, klik, pendaftaran, dll) berada di bagian bawah. Mungkin tidak banyak pengunjung di area ini, tapi pengunjung yang sampai ke area tersebut adalah pengunjung yang lebih aktif, sehingga mereka kemungkinan besar akan berlangganan. Pastikan Anda memberi mereka kesempatan.

 

Engagement heat map

 

Cara menginstalnya: Formulir pendaftaran paling sederhana akan efektif di sini. MailChimp, Aweber, dan semua penyedia email unggulan akan memandu Anda untuk menjalani semua proses.

 

8. ‘Upgrade Konten’ Selama Postingan Blog

 

‘Upgrade konten’ mungkin bentuk pengambilan email terbaru yang ada di dunia blog pemasaran digital. Dan ini juga salah satu cara yang paling efektif.

 

Menurut Backlinko, rasio konversi mereka meningkat sebesar 785% dengan trik ini. Tapi bagimana cara kerjanya?

 

Anda cuma memberikan ‘upgrade’ yang disesuaikan untuk konten atau postingan blog tertentu. Tampilan kasarnya seperti ini:

 

content upgrade

 

Ini yang saat ini saya gunakan di Bitcatcha pada postingan blog tentang halaman landing. Perhatikan bagaimana ‘lead magnet’ yang saya tawarkan sangat spesifik untuk isi yang ada di postingan blog. Ia ‘meng-upgrade’ konten.

 

Upgrade lebih spesifik dari, misalnya, e-Book atau laporan, sehingga pengunjung kemungkinan besar akan mengunduh dan berlangganan. Anda dapat membuat lima atau enam ‘upgrade’ berskala lebih kecil dan letakkan di postingan blog Anda yang paling ramai.

 

Teknik ini tidak mengganggu, sangat relevan dengan apa yang Anda baca, dan memberikan nilai tambah.

 

Cara menginstalnya: Untuk membuatnya sedikit rumit, inilah mengapa ‘Bagian 2’ seri ini akan fokus pada penyiapan ‘upgrade konten’.

 

9. Bilah Sapaan (Hello Bar)

 

‘Bilah Sapaan’ merupakan desain kecil indah yang selalu muncul di bagian atas website Anda. Ia berperan sebagai pengingat untuk berlangganan di mana pun pengunjung website Anda berada.

 

hello bar

 

Derek Halpern di Social Triggers mendapatkan 1.000 email tambahan dalam 30 hari menggunakan plugin ini. Keunggulannya adalah bilah ini tidak mengganggu sama sekali. Ia hadir untuk pengunjung saat mereka siap berlangganan.

 

Tip pro: Rasio konversi Hello Bar sangat bergantung pada tulisan yang Anda gunakan. Ada ruang kecil yang bisa Anda manfaakan, jadi tulislah dengan cermat. Uji terus sampai Anda menemukan opsi dengan tingkat konversi tertinggi.

 

Cara menginstalnya: Mulai di Hellobar.com dan ikuti panduan menginstalnya.

 

10. Gerbang Konten (Content Gate)

 

Trik ini cukup berisiko, tapi layak Anda pertimbangkan. ‘Gerbang konten’ menyembunyikan blog atau video di balik formulir pendaftaran. Dengan kata lain, pengunjung tidak dapat mengakses sampai mereka memberikan alamat email mereka.

 

Content Gate in NYTimes

 

Trik ini digunakan oleh beberapa media besar seperti The New York Times dan Financial Times. Website ini biasanya mengizinkan Anda untuk membaca empat atau lima artikel sebelum menghentikan Anda. Setelah melarang Anda, website berharap Anda sudah cukup rela untuk memberikan alamat email Anda.

 

Meskipun efektif saat digunakan situs-situs besar, hati-hati saat Anda menggunakan trik ini untuk website Anda. Bisa-bisa Anda mendapatkan efek sebaliknya dan justru membuat pengunjung pergi.

 

Tip pro: Coba gunakan ‘gerbang konten’ untuk konten premium yang terbaik, seperti akses ke artikel, video, atau laporan yang panjang. Buat pengguna merasa mereka melihat sebuah hal baru di balik tirai.

 

Cara menginstalnya: Plugin bernama ‘Before and After’ memungkinkan Anda menyembunyikan konten di balik ‘gerbang’.

 

11. Tempat Lain untuk Pendaftaran Email

 

Halaman ‘Tentang Kami’ (About Us) mungkin adalah salah satu halaman yang paling populer. Lihat analitik Anda sendiri untuk membuktikannya. Ribuan pengunjung baru datang untuk mengenal Anda lebih jauh, jadi halaman tersebut cocok dijadikan tempat untuk panen email.

 

Dengan penulisan yang cerdas, gambar yang bagus, dan ‘lead magnet’ yang menarik, Anda akan menggaet pengunjung baru tiap kali mereka membuka halaman tersebut.

 

Tempat bagus yang lain adalah footer. Pengunjung yang paling aktif dan penasaran akan melihat footer Anda. Orang-orang akan menggulir ke sana untuk mencari informasi lebih lanjut. Inilah orang-orang yang ingin Anda dapatkan emailnya, jadi jangan sampai peluang ini terlewatkan!

 

Tempat-tempat tersebut bukanlah lokasi pendaftaran dengan tingkat konversi tertinggi, Anda akan mendapatkan beberapa orang-orang ‘tersesat’.

 

Tapi jangan hanya memikirkan website Anda saja. Anda juga bisa meletakkan formulir pendaftaran di tempat lain. Misalnya letakkan formulir atau tautan pendaftaran di platform media sosial dan tambahkan tanda tangan email Anda.

 

Facebook, Google+, Twitter, LinkedIn merupakan area dengan trafik tinggi yang berpotensi meningkatkan ratusan pelanggan ke dalam milis Anda. Bayangkan berapa banyak email yang Anda kirimkan dalam sehari dengan tanda tangan Anda. Jangan lewatkan kesempatan ini.

 

Cara menginstalnya: Tambahkan tautan sederhana di tanda tangan Anda dan bio media sosial Anda, lalu gunakan formulir MailChimp sederhana untuk footer dan halaman ‘tentang’.

 


 

Inilah akhir dari bagian 1. Kini Anda tahu betul formulir pendaftaran mana yang akan Anda gunakan di website, dan lokasi yang bagus untuk meletakkannya.

 

Coba berbagi opsi, dan temukan pilihan dengan tingkat konversi tertinggi.

 

Dalam bagian kedua, kita akan membahas lebih dalam salah satu teknik yang paling efektif – upgrade konten – cara tercepat untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

 

Avatar

About The Author

Daren Low adalah pendiri Bitcatcha.com & co-developer dari Pemeriksa Kecepatan Server. yang gratis. Dengan 10 tahun pengalaman dalam pengembangan website dan pemasaran di Internet yang sangat dikuasai, Daren dianggap sebagai autoritas utama dalam semua hal yang berkaitan dengan membangun dan mengelola keberadaan online. Jangan ragu bertanya kepadanya dengan terhubung melalui Linkedin dan Twitter.

Suka Artikel Yang Anda Baca?

Maka Anda akan menyukai buletin kami! Kami mengirimkan wawasan & kiat terbaik untuk membangun karier online yang lebih sukses.