Desain UX Bagian 1: Cara Merancang Proposisi Yang Bernilai & Meyakinkan Pengguna Untuk Bertindak

Avatar
Oleh          Maret 17, 2021   Produk & Pengalaman Pengguna    Rahasia Periklanan

Desain UX adalah segala sesuatu tentang pembuatan pengalaman yang menarik bagi pengguna Anda.

 

Tentang bagaimana mengetahui keinginan pengguna, dan memberikannya secara cepat & mudah. Desain UX yang terbaik membuat pengguna berpikir website tersebut dibuat khusus untuk mereka.

 

Bagian yang pertama dari rangkaian empat bagian ini berfokus pada Proposisi Nilai. Sebab langkah pertama adalah memberi tahu pengguna secara persis tentang layanan Anda, dan menjanjikan hasil yang bagus.

 

Craft Your Value Proposition & Convince Users

 

Ketika seseorang mengunjungi website, Anda punya waktu lima detik untuk menyakinkan mereka mengapa Anda layak mendapatkan waktu mereka. Pengguna baru selalu mencari jawaban cepat.

 

"Siapa Anda? Apa yang Anda tawarkan? Bagaimana ini akan bermanfaat bagi saya?"

 

Banyak sekali informasi yang harus disampaikan dalam waktu lima detik saja!

 

Triknya yaitu merancang ‘Proposisi Nilai’ yang sempurna: deskripsi singkat tetapi mengena tentang bisnis Anda dan mengapa itu bernilai. Inilah hal pertama yang harus dilihat pengguna saat mengunjungi website Anda.

 

Itulah landasan desain UX yang baik. Jika Anda membuatnya dengan tepat, Anda sudah membuat pengalaman pertama pengguna yang bagus. Mereka senang, tertarik, dan ingin mengetahui lebih banyak tentang Anda.

 

Jika Anda membuatnya secara keliru, mereka pasti akan sudah pergi.

 

Inilah alasan bahwa proposisi yang bernilai sangat penting. Hal tersebut membuka peluang.

 

Mari kita buat proposisi nilai Anda.

 

Langkah 1. Apa yang Anda tawarkan?

 

Proposisi bernilai dimulai dengan deskripsi tajam & jelas tentang layanan Anda.

 

Jika Anda belum mempersingkat proposisi bisnis menjadi satu kalimat, cobalah sekarang. Memang sulit, tetapi penting untuk membuatnya dengan tepat. Berikut beberapa contoh sempurna:

 

Facebook – “Facebook membantu Anda terhubung dan berbagi dengan orang-orang dalam hidup Anda.”

 

Netflix – “Saksikan acara-acara TV & film kapan saja, di mana saja.”

 

PayPal – “Cara pembayaran termudah & teraman.”

 

Reddit – “Halaman depan internet”

 

Produk & layanan terbaik dapat diringkas menjadi satu kalimat yang mudah dicerna. Apakah punya Anda juga bisa?

 

Langkah 2: Ditujukan bagi siapa?

 

Apakah layanan Anda dibuat untuk pengembang, desainer grafis, pecinta kucing? Katakan kepada mereka. Terhubunglah dengan mereka. Katakan, “layanan ini khusus untuk Anda!”

 

Photoshop sangat baik dalam hal ini: Aplikasi desain & gambar terbaik di dunia dengan alat baru untuk para desainer & fotografer.

 

Hal tersebut sederhana dan memberikan penjelasan yang jelas dan pasti tentang sasaran audiensnya. Untuk siapa produk Anda?

 

Langkah 3. Bagaimana produk Anda akan memperbaiki masalah mereka dan mengubah hidup mereka?

 

Tak cukup dengan memberi tahu pengguna siapa Anda dan apa layanan Anda. kedua hal itu tak akan cukup meyakinkan mereka untuk membeli produk Anda. Anda harus menunjukkan dunia yang lebih baik kepada mereka.

 

Katakan kepada mereka bagaimana Anda bisa menambahkan nilai dalam hidup mereka. Masalah apa yang bisa Anda perbaiki? Inilah janji Anda kepada pengguna, dan itulah bagian penting dari proposisi nilai Anda.

 

Apple paling mengusai bidang ini, seperti contohnya dalam hal iPad. Berikut salinan web Apple:

 

iPad's Web Copy

 

“iPad mengubah cara Anda mengerjakan sesuatu setiap hari. Ambil proyek baru, miliki keahlian baru, atau memulai hobi baru.”

 

Proposisi nilai mereka sama sekali tidak menggambarkan produk. Mereka tak memerlukannya. Mereka telah menjual gaya hidup kepada Anda! Coba lakukan hal yang serupa untuk produk atau layanan Anda. Jual impian.

 

Langkah 4. Penentu

 

Jika langkah 3 tentang menjual impian, langkah 4 meyakinkan bagian praktis dari otak Anda. Ini bagian tambahan penting yang meyakinkan mereka untuk terus lanjut. Berikan manfaat yang nyata & terukur yang akan mereka dapatkan dengan menggunakan layanan Anda.

 

Lihatlah uji coba bulanan gratis Netflix atau kalimat penentu Facebook: “Gratis, dan akan selamanya berlanjut!” Contoh lain juga bisa berupa diskon bagi pengguna baru atau garansi uang kembali.

 

Langkah 5. Apa yang membuat Anda unik?

 

Internet penuh dengan layanan, platform, dan produk baru. Katakan kepada pengguna bagaimana Anda berbeda. Mengapa mereka harus memercayai Anda ketimbang orang lain?

 

Apa yang membuat layanan Anda adalah layanan yang terbaik?

 

WordPress mengisi proposisi nilai mereka dengan penawaran unik: “Cara termudah untuk membuat website gratis,” “Kami menggerakkan 24% dari internet”.

 

Internet dipenuhi dengan pilihan layanan, platform, atau produk baru. Berikan alasan jelas bagi para pengguna untuk memercayai Anda di antara para pesaing. Apakah layanan Anda paling mudah, terbaik, termurah, terpopuler, paling ramah lingkungan?

 

Langkah 6. Citra

 

Memang klise, tetapi sebuah gambar benar-benar melukiskan ribuan kata. Pilih satu grafis atau foto untuk menyertainya. Gambar itu harus menunjukkan produk atau layanan Anda saat sedang beraksi. Buatlah gambar tersebut terlihat menarik & penting.

 

Lihat halaman beranda Instagram dan Anda akan disambut dengan foto indah Instagram yang sedang beraksi. Jangan hanya mengatakan tentang layanan Anda, tunjukkan kepada mereka.

 

Langkah 7. Tunjukkan ke mana selanjutnya

 

Jika Anda telah menguasai langkah-langkah sebelumnya, pekerjaan yang sulit sudah selesai dan Anda telah meyakinkan mereka. Selanjutnya, Anda perlu mengarahkan mereka ke jalan yang benar. Berikan tugas secara langsung: “Daftar sekarang” atau “klik untuk ihat selengkapnya”.

 

Mudah, bukan?

 

 

Proposisi Nilai adalah Inti dari Desain UX

 

Tanpanya, Anda tak bisa menentukan target pengunjung Anda. Anda tak bisa menjangkau orang yang tepat. Yang lebih penting lagi, Anda tak bisa menyediakan pengalaman pengguna yang sederhana. Anda akan membuat pengunjung bingung & kecewa.

 

Desain UX yang fantastis dimulai dengan memberitahukan apa yang Anda tawarkan, dan mengapa mereka membutuhkan layanan Anda.

 

Sekian.

 

Sekarang, lanjutkan membaca Bagian 2: Cara menentukan pengguna Anda, mencari & menyelesaikan permasalah mereka

 

 

Avatar

About The Author

Daren Low adalah pendiri Bitcatcha.com & co-developer dari Pemeriksa Kecepatan Server. yang gratis. Dengan 10 tahun pengalaman dalam pengembangan website dan pemasaran di Internet yang sangat dikuasai, Daren dianggap sebagai autoritas utama dalam semua hal yang berkaitan dengan membangun dan mengelola keberadaan online. Jangan ragu bertanya kepadanya dengan terhubung melalui Linkedin dan Twitter.

Suka Artikel Yang Anda Baca?

Maka Anda akan menyukai buletin kami! Kami mengirimkan wawasan & kiat terbaik untuk membangun karier online yang lebih sukses.