Bagaimana Saya Rugi Akibat Ongkos Kirim Shopify (& Cara Mengatasinya!)

Avatar
Oleh        September 11, 2020   Pengembangan Web    Rahasia Periklanan

Ketika mendirikan toko Shopify pertama saya, saya rugi cukup banyak.

 

Awalnya, memang lancar (setidaknya menurut saya). Saya dengan mudah membuka toko di Shopify, mendapat banyak pesanan, dan puas dengan situasi yang berjalan.

 

Sampai ketika mengirim semua pesanan, saya baru menyadari kesalahan saya. Saya salah menghitung ongkos kirim.

 

 

Apa yang Salah?

 

Masalahnya adalah, saya membaca ribuan artikel tentang pengabaian troli, dan ini mengkhawatirkan saya. Contohnya 68% dari semua para pelanggan mengabaikan troli mereka, dan alasan terbesarnya adalah ongkos kirim tak terduga yang muncul pada detik terakhir.

 

Jadi, saya putuskan menawarkan pengiriman gratis untuk seluruh produk saya dan mengiklankannya secara gencar. Ini adalah cara terbaik untuk mengarahkan pembeli menuju checkout (dan ini berhasil – angka pengabaian website saya turun 40%).

 

Masalahnya, saya tidak dapat untung. Ketika membayar vendor saya untuk pengiriman, saya malahan sebenarnya merugi. Aduh!

 

Akhirnya, saya menemukan sebuah solusi. Saya menemukan ongkos kirim yang tidak menakutkan para pelanggan, tetapi menguntungkan bagi saya. Jadi, berikut pilihannya dan bagaimana cara melakukannya dengan benar.

 

Langkah 1: Timbang Produk Anda Dan Cari ongkos kirim Yang Akurat

 

Sebelum Anda mulai mengubah harga atau mereka-reka biaya di Shopify, sediakan timbangan dan timbang masing-masing produk. Catat serta masukkan berat dan dimensi produk ke sejumlah kurir lokal dan dapatkan ongkos rata-rata pengiriman.

 

 

Anda juga dapat melobi USPS, FedEx, dan operator lain untuk membuat kesepakatan atau potongan harga. Cara lainnya, pastikan Anda mengetahui berapa tepatnya ongkos kirim DAN berapa biaya pengemasan.

 

Sekarang Anda tahu berapa biaya untuk pengemasan dan pengiriman, Anda dapat memilih opsi pengiriman:

 

Menawarkan ongkos kirim Gratis

 

Walaupun saya merasakan pengalaman buruk, Anda bisa mendapat keuntungan dengan pengiriman gratis. Anda hanya harus teliti menghitung!

 

 

Opsi 1: Membayar sendiri ongkos kirim

 

Opsi pertama adalah membayar sendiri ongkos kirim, seperti yang sebelumnya saya lakukan. Anda menjual produk dengan harga biasa, dan membayar ongkos kirim dari keuntungan Anda.

 

  • Kelebihan: Pelanggan diuntungkan. Produk murah dan ongkos kirim gratis.
  • Kekurangan: Anda hanya mendapat margin keuntungan yang sangat kecil (atau tidak sama sekali, seperti saya!)

 

Cara ini akan berhasil bila produk Anda sangat mahal atau memiliki margin keuntungan besar. Barang mahal dan mewah sering berhasil laku dengan cara ini.

 

Opsi 2: Menaikkan harga produk

 

Opsi kedua adalah menaikkan harga produk Anda untuk menutup ongkos kirim. Alih-alih menjual T-shirt seharga $8 dan menarik ongkos kirim tambahan $2, Anda membebankan harga $19 untuk t-shirt dan menawarkan ongkos kirim gratis.

 

Offer free shipping by bumping up product price

 

Meskipun produknya jadi lebih mahal, rayuan ‘ongkos kirim gratis’ adalah insentif psikologis untuk membeli. Ini menghapus sedikit keraguan. Sisi buruknya? Tentunya, pelanggan akan menemukan produk sejenis yang lebih murah di manapun.

 

Opsi 3: Membagi porsi biaya

 

Membagi porsi biaya adalah cara terakhir. Mungkin Anda menjual t-shirt seharga $9 dan membayar ongkos $1. Ini adalah metode yang saya gunakan sekarang. Para pelanggan saya akan kesulitan menemukan produk yang sama murahnya di manapun dan pengiriman gratis membantu memuluskan transaksi.

 

Tentukan Ongkos Kirim Anda

 

Meskipun ’gratis ongkos kirim’ (free shipping) adalah cara bagus untuk memikat para pelanggan, menetapkan ongkos kirim adalah praktik standar online. Di Shopify, Anda tidak dapat menentukan ongkos kirim berbeda untuk masing-masing produk, sehingga Anda harus menggunakan salah satu dari tiga pilihan ini:

 

Ongkos kirim berdasarkan berat

 

Pada kasus ini, Anda akan membayar ongkos kirim menurut berat barang pesanan pelanggan. Jika berat troli total mereka antara 0 – 1kg, Anda membayar ongkos kirim $10. Jika antara 1 – 2kg, Anda membayar $20. Untuk menentukan ongkos kirim, Anda perlu mengetahui berat persis produk Anda.

 

Know the exact weight of your products

 

Ongkos kirim berdasarkan harga

 

Dengan opsi ini, Anda mengenakan ongkos kirim berdasarkan harga total troli. Jika pelanggan berbelanja $0 – $20, Anda membayar ongkos kirim $5. Bila mereka membayar $20 – $50, Anda membayar ongkos kirim $10.

 

Tip pro: Keuntungan Anda berkurang jika menggunakan cara ini apabila Anda memiliki banyak barang yang harganya rendah tetapi berat

 

Menawarkan harga tetap

 

Pilihan ketiga adalah menawarkan harga tetap sederhana untuk semua pesanan. Ini adalah pilihan tepat jika semua produk Anda berukuran dan berat sama. Contohnya, jika Anda menjual kacamata, Anda tidak perlu menimbang berat yang berbeda.

 

Catatan: Saya berbicara tentang pengiriman domestik pada semua contoh di atas. Jika Anda ingin mengirim secara internasional, Anda tentunya akan menarik ‘ongkos tambahan regional’ yang Anda dapat temukan di pengaturan harga Shopify Anda.

 

Menghitung Ongkos Kirim Yang Sebenarnya

 

Opsi ketiga adalah yang paling baru, tetapi mungkin yang paling akurat. Pengiriman waktu sebenarnya dengan menghitung ongkos kirim produk secara otomatis berdasarkan lokasi pelanggan dan preferensi pengiriman.

 

Lihat bagaimana toko ini menghitung ongkos kirim terperinci untuk tiap pelanggan:

 

 

Artinya, tiap pelanggan dikenakan ongkos kirim yang akurat, yang benar-benar disesuaikan untuk mereka. Shopify terhubung dengan harga FedEx atau USPS untuk menghitung ongkos kirim.

 

Opsi ini sangat bagus karena Anda jadi tidak akan pernah meremehkan ongkos kirim. Cara ini selalu tepat dan menguntungkan untuk pelanggan, karena mereka tahu bahwa mereka tidak dibebani ongkos kirim yang berlebihan.

 

Satu-satunya kekurangan opsi ini adalah Anda perlu Shopify versi ‘advanced‘, yang membutuhkan biaya tambahan.

 

Biarkan Orang Lain Yang Melakukan Pengiriman Untuk Anda

 

Tentu saja, pilihan terakhirnya adalah meminta bantuan perusahaan logistik profesional melakukan semua pekerjaan sulit ini untuk Anda.

 

 

Shopify telah bermitra dengan sejumlah layanan, termasuk Amazon untuk membantu Anda menanganinya. Dengan cara ini, Anda akan menyimpan barang-barang di salah satu gudang Amazon, dan mereka akan melakukan pengiriman barang untuk Anda. Cara ini membutuhkan biaya tambahan, tetapi mengurangi beban pekerjaan dan menghilangkan keraguan.

 

Jika memilih cara ini, Anda cukup menggunakan ongkos kirim Amazon di toko Shopify Anda.

 

Kesimpulan

 

Setelah mendapatkan pengalaman buruk, barulah saya sadar kalau ongkos kirim dapat membuat atau membuyarkan margin keuntungan! Itulah perbedaan antara toko yang sukses dan toko yang jatuh bangun.

 

Menurut saya, tabel ini (dibuat oleh Shopify) sangat berguna untuk menentukan harga produk Anda dan memastikan Anda selalu berada di sisi yang mendapat untung:

 

Calculate your product price

 

Semoga dengan semua informasi ini Anda tidak akan membuat kesalahan seperti yang saya lakukan, dan toko Shopify Anda akan lancar jaya!

 

Avatar

About The Author

Ben adalah seorang copywriter & editor dari London. Karyanya diterbitkan secara berkala di The Huffington Post, dan dia telah mengerjakan beberapa kampanye copywriting yang sukses untuk Sony UK. Ayo untuk terhubung dengan Ben melalui Twitter.

Suka Artikel Yang Anda Baca?

Bergabunglah bersama para subscriber kami untuk menerima kabar terbaru dari Bitcatcha. Kami mengirimkan berbagai tips dan trik eksklusif untuk bisnis online.