SEO Shopify: 9 Cara Menaikkan Peringkat Google Untuk Toko Anda (Panduan Lengkap Shopify Bagian 3)

Avatar
Oleh        Oktober 17, 2020   Pengembangan Web    Rahasia Periklanan

Toko Shopify Anda sudah berdiri, tampak keren, dan pesanan pertama Anda akan segera datang. Siplah!

 

Langkah besar selanjutnya adalah menghasilkan sejumlah lalu lintas serius dari Google.

 

Bayangkan saja, jika toko online Anda berada di halaman pertama pencarian Google, Anda akan dapat menghasilkan penjualan tanpa harus menghabiskan banyak dolar untuk beriklan.

 

Shopify SEO - 9 Essentials To Boost Ranking

 

Tentu saja, menaikkan ranking Google tidaklah mudah. Namun bisa berhasil dengan ‘mesin pencarian optimasi’ pintar atau SEO.

 

 

Pada bagian 3 dari panduan Shopify kami, kita membahas tentang hal-hal esensial untuk SEO Shopify. Mari kita segera membahasnya.

 

1. Pilih Kata Kunci yang Tepat Agar Google Dapat Menemukan Anda

 

Kata kunci adalah jantung dari SEO. Kata kunci memberitahu Google secara detil siapa Anda dan apa yang Anda lakukan.

 

Untuk mendapat kata kunci yang terbaik, tempatkan diri Anda sebagai pelanggan. Apa yang akan Anda cari untuk menemukan produk Anda? Mungkin ‘t-shirt punk’ atau ‘gaun pesta’, atau ‘kamera outdoor’.

 

 

Ada trik terentu dalam memilih kata kunci. Sulit naik peringkat dengan kata kunci yang terlalu umum, seperti ‘sepatu’ karena para peritel mendominasi. Di sisi lain, frase kunci khusus seperti ‘sepatu punk velcro ungu’ tidak menarik pencarian yang cukup banyak. Coba sesuatu yang menengah, misalnya ‘sepatu punk’.

 

Dibutuhkan pengetahuan untuk memilih kata dan frase yang tepat. Kami baru saja menulis artikel tentang pemilihan kata kunci sebagai permulaan yang baik.

 

2. Pilih Kata Kunci atau Ungkapan yang Benar-benar Menarik

 

Berikut perbedaan terbesar antara SEO normal dan SEO untuk Shopify:

 

Anda menginginkan para pencari yang benar-benar akan membeli sesuatu.

 

Choose a keyword or phrase that actually sells

 

Misalkan Anda menjual perhiasan buatan tangan di Shopify. Masyarakat yang mencari ‘perhiasan buatan tangan’ mungkin mencari informasi tentang membuat perhiasan. Anda tidak tertarik pada mereka.

 

Anda menginginkan para pelanggan yang ingin membeli perhiasan buatan tangan. Coba ubah kata kunci dan frase Anda dengan memasukkan kata-kata aktif seperti ‘beli’, ‘terbaik’, ‘murah’.

 

Cari kata kunci atau ungkapan yang memancing keinginan untuk membeli. Pelajari tentang ini di panduan mencari kata kunci menguntungkan oleh Pardeep Goyal.

 

3. Letakkan Kata Kunci Ini di Tempat yang Tepat

 

Sudah dapat kata kunci yang tepat? Bagus. Sekarang letakkan kata kunci di mana Google akan menemukannya.

 

Shopify memiliki lima tempat krusial untuk meletakkan kata-kata kunci Anda:

 

1. Judul Halaman Anda

 

Ini adalah judul yang akan muncul di halaman hasil pencarian Google.

 

page-title-shopify-seo

 

Anda lihat bagaimana cara toko ini menempatkan frasa kunci ‘wood sunglasses’ sebelum nama toko? Ini karena lebih banyak orang mencari ‘wood sunglasses.’ Pertimbangkan untuk mendeskripsikan toko Anda pada judul.

 

shopify-page-title-seo

 

Lanjut ke Toko Online > Preferensi untuk memperbaiki toko Anda.

 

Tip pro: Coba buat judul Anda menjadi ajakan bertindak (call-to-action atau CTA). Bayangkan sebuah judul menarik yang membuat pengguna ingin klik. Lihat cara House of Fraser menggunakan CTA aktif: “buy your watch online” (beli jam tangan online).

 

SEO CTA

 

2. Deskripsi Meta

 

Deskripsi meta adalah bagian pendek dari susunan kata yang muncul di bawah judul. Tempatkan kata kunci Anda di sini, TETAPI, buatlah agar deskriptif dan menarik. Ini adalah kesempatan Anda untuk meyakinkan pelanggan supaya mengklik.

 

Pastikan tiap halaman juga memiliki deskripsi meta berbeda. Sekali lagi, buka Toko Online > Preferensi.

 

meta-description-seo-shopify

 

3. Deskripsi Gambar & Tag Alt

 

Google itu sangat pintar, tetapi ia masih tidak dapat melihat gambar, misalnya, kaos kaki merah. Anda harus memberitahu Google bahwa gambar itu adalah gambar kaos kaki merah. Untuk melakukannya, ubah nama file gambar menjadi ‘[nama toko] kaos kaki merah’ sebelum mengunggah.

 

Anda juga dapat menambahkan ‘teks-alt (alt-text)’, yaitu teks yang menunjukkan jika browser web tidak bisa memuat gambar. Pastikan teks deskriptif dan mengandung kata kunci Anda. Sekarang, Google dapat menemukannya, membacanya, dan menggolongkannya.

 

shopify-seo-alt-tag

 

Ingin tahu lebih banyak lagi? Baca Panduan Shopify untuk optimalkan gambar produk.

 

4. Header & Judul (tag h1)

 

Header Anda adalah salah satu tempat pertama di mana Google akan melihat apa isi website Anda. Pastikan semua halaman produk Anda memiliki header yang deskriptif dan jangan lupa masukkan kata kunci Anda.

 

5. Deskripsi Produk & Salinan

 

Selalu cantumkan kata kunci Anda dalam deskripsi produk untuk membantu Google menemukan halaman Anda. Anda juga sebaiknya menulis deskripsi produk yang unik dan menarik.

 

Jangan hanya menyalin deskripsi produk karena kemungkinan besar salinan itu tertempel di seluruh internet dan Google tidak suka salinan duplikat. Selain itu, deskripsi Anda adalah kesempatan besar untuk menampilkan pendapat Anda meyakinkan konsumen untuk melakukan pembelian.

 

 

4. Hubungkan Halaman Anda dan Isinya dengan Tautan Internal

 

Selain kata kunci, tautan adalah faktor pemeringkat yang penting untuk SEO. Mulailah dengan menggunakan tautan internal di seluruh website Anda. Hubungkan halaman produk Anda dari halaman awal. Atur tautan kategori dan hubungkan produk-produk blog Anda.

 

Jika website Anda terhubung dengan baik, Google semakin mengerti tentang toko dan produk Anda. Pikirkan hal ini seolah-olah sedang membangun pondasi atau tulang punggung website Anda.

 

5. Buat Backlink pada Toko Shopify Anda

 

Untuk menentukan peringkat toko Anda, Google mencari mana website lain yang ada hubungannya. Google menggunakan algoritma berdasarkan jumlah link dan otoritas website yang terhubung dengan Anda untuk menentukan peringkat.

 

Sebagai contoh, bila The Huffington Post dan The New York Times terhubung dengan produk Anda, Google tahu Anda memiliki sejumlah otoritas nyata, sehingga Anda akan berperingkat lebih tinggi.

 

Ada cara tak terhitung agar tautan mengarah kembali ke toko Shopify Anda. Mengirim siaran pers (press release) akan membantu memperoleh liputan pada blog, lengkap dengan tautan yang mengarah kembali ke website Anda. Menawarkan penulisan artikel tamu untuk blog sesuai tema Anda juga akan menghasilkan tautan. Anda juga dapat langsung menghubungi sejumlah website dan ajak mereka untuk meninjau atau membuat tautan ke produk Anda.

 

Tip pro: JANGAN PERNAH membeli tautan, menggunakan tautan sewaan atau tukar menukar tautan. Google memburu website yang menggunakan teknik-teknik ini. Anda harus mencari dan membuat tautan yang sudah umum dilakukan.

 

6. Tingkatkan Review Konsumen

 

Google menyukai konten unik, pembaruan teratur dan bukti adanya aktivitas dan kepuasan pengguna yang tinggi. Ulasan konsumen sesuai dengan hal ini dan membantu menghasilkan beberapa penjualan. Sama-sama menguntungkan.

 

Encourage customer reviews

 

7. Mengatur Arahan Ulang untuk Semua Halaman Produk Lama

 

Semua toko online pada akhirnya akan kehabisan stok atau menghentikan sebuah barang. Jika Anda menghapus barang itu, tautan ke produk itu nantinya akan mengarahkan para pelanggan ke halaman error. Google tidak suka halaman error dan ini akan menambah angka pantulan (bounce) Anda (faktor lain yang dicari Google).

 

Solusinya? Aturlah arahan ulang (redirect) dari halaman produk lama ke halaman baru. Gampang, bukan?

 

Berikut caranya.

 

8. Gunakan Fitur Blog!

 

Konten & blogging sangat berguna untuk SEO. Ini adalah kesempatan Anda untuk memasukkan lebih banyak kata kunci dan menghasilkan banyak backlink dan perdagangan pada toko Shopify Anda. Cara ini juga dapat menahan pengunjung lebih lama berada di website Anda (cocok untuk SEO) dan mengarahkan para pelanggan ke produk Anda.

 

 

Shopify memiliki fitur blog built-in, tetapi sangat kurang digunakan. Mulailah sebuah strategi konten dan cobalah menulis blog sekali seminggu. Tidak tahu harus menulis tentang apa? Cari inspirasi di sini!

 

9. Jangan Khawatir dengan Peta Website (Sitemap). Shopify akan Melakukannya Untuk Anda!

 

Salah satu rahasia yang terjaga dengan baik di Shopify adalah mereka menghasilkan file sitemap.xml secara otomatis. File ini mengindeks konten, produk, dan halaman Anda sehingga Google dapat dengan mudah menemukannya.

 

Mengaturnya memang terkadang membuat pusing. Tetapi Shopify akan melakukannya untuk Anda. Sekali Anda memiliki URL peta website, masukkan di Konsol Pencarian Google (Google Search Console) dan Anda akan memperoleh informasi yang sangat berguna tentang website Anda.

 

Jika Anda tidak mengerti di mana peta website berada, buka di: url-anda.com/petawebsite.xml. Atau, baca panduan peta website Shopify.

 

 

Shopify memiliki dasar SEO yang cukup kuat. Tetapi, dengan beberapa trik dan perbaikan, Anda bisa menaikkan peringkat Anda di Google.

 

Sudahkah Anda mencoba meningkatkan SEO untuk toko Shopify Anda? Bagikan kepada saya pada bagian komentar.

 

Terus ikuti untuk membaca bagian akhir dari rangkaian artikel Shopify ini, yang akan membahas tentang promosi dan pemasaran toko Shopify Anda untuk mendapatkan penjualan yang laris manis.

 

Avatar

About The Author

Ben adalah seorang copywriter & editor dari London. Karyanya diterbitkan secara berkala di The Huffington Post, dan dia telah mengerjakan beberapa kampanye copywriting yang sukses untuk Sony UK. Ayo untuk terhubung dengan Ben melalui Twitter.

Suka Artikel Yang Anda Baca?

Maka Anda akan menyukai buletin kami! Kami mengirimkan wawasan & kiat terbaik untuk membangun karier online yang lebih sukses.