13 Tujuan Website untuk Direncanakan (& Diwujudkan)

Avatar
Oleh          Oktober 16, 2020   Pengembangan Web    Rahasia Periklanan

Saya terobsesi untuk menetapkan tujuan website. Tujuan ini membuat saya tetap fokus, dan membantu saya dalam mengembangkan bisnis dengan baik dan konsisten.

 

Sayangnya, kesuksesan tidak bisa tercipta hanya semalam. Terkadang sepertinya website atau bisnis baru yang sukses tiba-tiba muncul begitu saja, padahal nyatanya tidak demikian.

 

Di balik layar, mereka berusaha keras selama berbulan-bulan (atau bahkan bertahun-tahun). Mereka menetapkan sasaran langkah demi langkah yang jelas untuk website demi memastikan bahwa mereka bisa mencapai tahap selanjutnya.

 

Hari ini saya punya 13 target yang sudah diuji coba, dan bisa Anda coba tetapkan untuk diri Anda sendiri.

 

Sebelum membahas tujuan-tujuan tersebut secara spesifik, mari kita bahas cara membentuknya.

 

Buat Tujuan Website yang S.M.A.R.T.

 

SMART-Goals-Featured-Image

(sumber gambar)

 

Tujuan hanya akan terwujud apabila dibuat berdasarkan aturan yang S.M.A.R.T.:

 

Specific (spesifik) – Lihat dua contoh tujuan ini: Saya mau pendapatan dari website meningkat” ATAU “Saya mau pendapatan meningkat 20% pada Januari 2021”. Yang mana yang menurut Anda lebih baik?

 

Measurable (terukur) – Anda memerlukan tujuan yang bisa diuji, didefinisikan, dan diukur. Jumlah pengunjung website dan pengikut media sosial adalah contoh hal yang bisa terukur. Lain kata untuk tujuan seperi ‘Meningkatkan kewaspadaan’ yang akan sulit diukur.

 

Actionable (bisa dilaksanakan) – Apa yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan tujuan Anda?

 

Realistic (realistis) – ‘Kalahkan Amazon sebagai retailer terkenal’ itu sama realistisnya seperti ‘saya berhasil mendarat di bulan!’ (selamat berjuang!). Tapi, jangan buat tujuan yang terlalu mudah pula. Dorong diri Anda sendiri. Cari titik temu antara realistis dan ambisius.

 

Timely (ada tenggat waktu) – Harus ada batas waktu akhirnya. Misalnya, sekarang, kami memutuskan semuanya harus selesai pada tanggal 1 Januari 2021.

 

Itulah dasar-dasar menetapkan tujuan. Namun masih ada lagi.

 

Membaginya Menjadi Beberapa Bagian Kecil

 

Anda harus membagi tujuan hingga menjadi bagian-bagian kecil. Tujuan website dalam artikel ini (ada dibawah, saya janji) sifatnya tujuan jangka tengah. Misalnya kami mencoba mencapainya dalam kurun waktu 6-7 bulan.

 

Memang masih banyak waktu, dan pastinya kita akan mudah terdistraksi oleh banyak hal atau lupa sampai mana progresnya.

 

Yang perlu Anda lakukan adalah membaginya seperti ini:

 

Triangle-Goal

(sumber gambar)

 

1. Tujuan tahunan – Contohnya, mendapatkan 10.000 pengguna unik baru per bulan.

 

2. Persempit ke tujuan bulanan – Targetkan untuk 2.000 di Juni, 3.000 di Juli, 4.000 di Agustus, dll. Menambah 1.000 pengguna per bulan tidak terlihat semustahil mendapatkan 10.000 dalam kurun waktu 1 malam kan?

 

3. Target mingguan – Apa yang perlu Anda lakukan per bulan untuk bisa memenuhi target per bulan Anda? Apakah mempublikasikan lebih banyak konten? Apakah Anda perlu menjalankan iklan Facebook atau mengirim newsletter lebih sering?

 

4. Target harian – Apa yang dapat Anda lakukan setiap hari untuk dapat meraih target mingguan tersebut? Mulai menulis artikel blog? Mengoptimalkan iklan? Utak-atik newsletter Anda untuk mendapatkan rasio peningkatan pengunjung yang lebih tinggi?

 

Apakah Anda bisa melihat bahwa langkah-langkah kecil ini akan membantu Anda meraih sasaran yang BESAR? Kini, seperti yang kami janjikan sebelumnya, waktunya membahas tujuan website yang nyata!

 

13 Tujuan Website

 

Mari kita bahas. Tujuan ini semuanya bersifat spesifik, terukur, dapat dilakukan, dan tepat waktu (diselesaikan sebelum akhir tahun!)

 

Apakah ini ‘realistis’? Itu semua terserah Anda. Anda harus menentukan target angka yang masuk akal untuk website Anda. Pilih angka yang dapat dicapai, tapi tetap yang ambisius!

 

1. Pengunjung Website yang Unik

 

Increase-Returning-Traffic-Gym-Website

(sumber gambar)

 

Ini semua tentang trafik website. Simpelnya, semakin tinggi trafik Anda berarti penjualan makin tinggi, pelanggan makin banyak, dan peluang makin berlimpah.

 

Misalnya Anda saat ini punya 2.000 pengunjung unik, dan pendapatan dari pengunjung tersebut senilai $500. Jika meningkatkan pengunjung ke 10.000, penghasilan Anda pasti naik kira-kira $2.500 (memang tidak tepat, tapi Anda pasti tahu maksud saya!)

 

Cara Mencapainya: Membuat konten adalah solusi terbaik untuk mencapainya. Habiskan waktu Anda untuk membuat konten yang luar biasa, optimalkan untuk mesin pencarian (nanti akan dibahas), dan usahakan yang terbaik saat mempromosikannya. Anda juga bisa ambil jalan pintas dengan mendorong trafik melalui iklan.

 

Cara Mengukurnya: Jika belum, siapkan akun Google Analytics. Tetapkan rentang tanggal ke ‘last month’ (bulan lalu), dan cari angka ‘users’ (pengguna).

 

unique visitors

 

2. Kunjungan Halaman (Page View)

 

Sebagian besar marketer akan memberi tahu Anda bahwa pengunjung merupakan metrik yang lebih penting dari kunjungan halaman. Dan bisa jadi itu benar. Tapi, saya juga ingin menetapkan tujuan untuk kunjungan halaman. Mengapa? Karena kunjungan halaman merupakan indikasi bagus untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat keterlibatan di website Anda.

 

Angka yang kecil memang tidak bagus, kecuali pengunjung mendapatkan sesuatu dari website. Kunjungan halaman yang tinggi menunjukkan bahwa orang-orang mengeklik lebih dari satu halaman. Mereka membaca banyak konten dan senang dengan websitenya.

 

Cara Mencapainya: Cari cara agar orang-orang menjelajahi seluruh isi website Anda dan membuat mereka senang saat melakukannya. Menambahkan ‘Artikel serupa’ di bagian bawah postingan blog memudahkan pengguna untuk membaca konten-konten di website. Selain itu, buat tautan panel samping yang menarik. Dan yang tak kalah penting, buat navigasi makin intuitif.

 

Cara Mengukurnya: Google Analytics lagi, tepat di samping pengunjung unik Anda.

 

pageviews

 

3. Kurangi Rasio Pantulan (Bounce Rate)

 

Rasio Pantulan adalah persentase pengguna yang ‘memantul’ keluar dari website Anda sebelum mereka mengeklik tautan lainnya. Mereka melihat satu halaman, lalu menghilang begitu saja. Ingat, kita ingin pengguna tetap berada di website dan menjelajahi seluruh konten kita. Karena pengunjung dengan tingkat keterlibatan yang tinggi kemungkinan besar akan membeli produk Anda.

 

Cara Mencapainya: Saran saya adalah memeriksa kecepatan server website Anda. Kemungkinan pengunjung akan ‘memantul’ keluar website akan mengecil jika muat website Anda cepat. Yang kedua itu tentang konten dan keterlibatan. Pertahankan pengguna di website dengan memberikan konten yang terperinci dan menarik. Gunakan teknik ‘artikel terkait’ untuk memastikan bahwa orang-orang akan mengeklik lebih dari satu halaman.

 

Cara Mengukurnya: Google Analytics (lagi). (Contoh di bawah adalah rasio pantulan yang jelek – coba targetkan 50% lalu usahakan untuk menurunkannya secara perlahan)

 

bounce rate

 

4. Kirim Email ke Pelanggan

 

Semua nama-nama besar di industri pemasaran pasti setuju pada satu hal: langganan email adalah aspek yang paling menguntungkan untuk bisnis Anda. Lihat Appsumo yang memanfaatkan milis ini: “AppSumo.com adalah bisnis bernilai 7 digit dan penghasilannya 90%+ berasal dari email”.

 

Langganan di milis Anda adalah prospek yang paling ‘cerah’. Mereka tertarik dengan apa yang Anda tawarkan dan kemungkinan besar akan melakukan konversi. Selain itu, Anda bisa berkomunikasi langsung dengan mereka – melalui kotak masuk email mereka. Meningkatkan jumlah pelanggan merupakan tujuan yang penting.

 

Cara Mencapainya: Tingkatkan jumlah kotak pendaftaran di website Anda. Gunakan kotak panel samping, bilah sapaan, dan pop-up (jika ada tempat yang sesuai). Tawarkan insentif seperti kelas gratis, e-Book, atau yang lebih menggiurkan seperti ‘upgrade konten’.

 

Cara Mengukurnya: Jika belum punya, siapkan akun MailChimp, Aweber, atau Campaign Monitor. Alat-alat tersebut memantau pelanggan dan memantau perkembangan daftar Anda. Berikut panduan membuat milis & mengirim nawala pertama (MailChimp ditampilkan di bawah).

 

subscribers

 

5. Rasio Buka Email dan Rasio Klik-Tayang

 

Saat rasio pelanggan naik, kirimkan email kepada mereka! Sama seperti sebelumnya, kita perlu menetapkan tujuan juga di sini. Berapa rasio Anda saat ini? Dan berapa persen orang yang akan membuka, lalu mengeklik website Anda?

 

Ayo gandakan angka tersebut. Neil Patel menemukan bahwa “dari seluruh saluran pemasaran yang diuji, mengirim email secara terus-menerus adalah cara yang paling ampuh dibandingkan dengan cara yang lain”. Meningkatkan rasio membuka dan rasio klik akan menghasilkan nilai lebih dari daftar pelanggan Anda.

 

Cara Mencapainya: Ada banyak cara yang bisa dijalani. Mulai dengan subjek yang menarik untuk meningkatkan rasio membuka. Menyapa dengan nama depan pelanggan biasanya meningkatkan rasio membuka. Untuk memancing kllik, buat headline dan gambar yang menarik, atau tawarkan diskon yang mengarah kembali ke website Anda.

 

Cara Mengukurnya: Buka kembali pengelola email Anda (dalam kasus ini, MailChimp). Klik laporan, pantau perkembangan pada rasio membuka dan klik-tayang.

 

open rate

 

6. Pengikut di Media Sosial

 

Anda pasti sudah tahu betapa berpengaruhnya media sosial terhadap perkembangan bisnis Anda. Semakin banyak penggemar dari Facebook, berarti konten Anda akan dilihat oleh lebih banyak orang. Itu berarti trafik di website Anda semakin ramai. Semakin banyak pengikut Twitter dan Instagram, berarti jangkauan merek Anda makin luas.

 

Ini juga tentang persepsi. Angka pengikut yang tinggi membuat website terlihat semakin resmi. Pelanggan memercayai merek dengan angka pengikut yang tinggi. Ini bukti sosial.

 

Cara Mencapainya: Sekali lagi, mulai dengan membuat konten yang bagus Buat konten yang ingin dibagikan oleh orang-orang. Ambil pendekatan dari hari ke hari untuk meningkatkan angka media sosial dengan postingan rutin. Dorong pengikut secara proaktif untuk berbagi, serta tambahkan kotak ‘suka’ dan ‘ikuti’ di website Anda. Baca postingan terkini kami terkait mengembangkan pengikut Twitter untuk mencari tahu lebih lanjut.

 

Cara Mengukurnya: Facebook punya fitur ‘insight’ (data) yang sangat modern untuk memantau perkembangan pengikut di halaman Anda dalam hitungan bulan. Twitter juga punya bagian ‘Analitik’ dengan perhitungan pengikut dari bulan ke bulan. Untuk platform lainnya, Anda harus memantaunya secara manual.

 

Facebook followers

 

7. Keterlibatan di Media Sosial & Angka Klik-Tayang

 

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, angka ini tidak berarti jika pengunjungtidak melakukan apapun. Pengikut Anda mungkin sudah banyak, tapi angka keterlibatan seperti suka, berbagi, dan interaksi kurang, berarti jumlah pengikut itu jadinya sia-sia. Apakah mereka mengeklik ke website Anda? Keterlibatan menunjukkan seberapa bernilai pengikut Anda. Apakah mereka terlibat secara aktif?

 

Cara Mencapainya: Proaktif, mulai dari diri Anda sendiri. Lempar pertanyaan. Pancing perdebatan. Buka pembicaraan. Balas tweet dan pertanyaan. Hidupkan sosial media Anda ketimbang hanya menjadikannya sebagai tempat melampirkan tautan.

 

Cara Mengukurnya: Sekali lagi, buka insight Facebook atau Twitter Anda. Lihat berapa banyak orang yang mengeklik atau melakukan interaksi dengan postingan terbaru Anda. Anda dapat mengukurnya sebagai persentase total pengikut. Anda juga dapat menggunakan Google Analytics untuk melihat seberapa banyak pengunjung yang membuka website melalui media sosial.

 

FB engagement

 

8. Peringkat Penelusuran

 

Google memegang kunci untuk trafik Anda yang tinggi. Tetapi, tidak mudah untuk membuat halaman agar bisa berada di halaman pertama dari hasil pencarian, inilah mengapa kita butuh rencana jangka panjang. Tetapkan tujuan agar website bisa mencapai halaman pertama di Google setidaknya untuk satu kata kunci Anda.

 

search keyword ranking

(sumber gambar)

 

Cara Mencapainya: Mulai dengan memilih kata kunci yang paling ditargetkan untuk website Anda, dan gunakan kata kunci tersebut untuk mengoptimalkan SEO di website Anda. Pertimbangkan konten yang optimal dan struktur website. Anda juga harus membuat strategi backlink, menggunakan postingan tamu, dan berbagai metode lainnya untuk membuat tautan internal kembali ke website Anda. Menurut saya, Backlinko adalah sumber daya terbaik untuk SEO, jadi ikuti panduan-panduan dari mereka.

 

Cara Mengukurnya: Kita harus melakukan pencarian secara manual. Cari kata kunci Anda di Google, baik itu ‘headphone premium’, ‘gaun vintage’, atau ‘pemasaran Facebook’, lalu gulir hasil sampai menemukan halaman Anda. Jika belum mempertimbangkan SEO, bisa-bisa kata kunci Anda terjatuh di jurang hasil pencarian Google yang paling dalam, saking umumnya kata yang Anda gunakan. Sepanjang tahun, periksa apakah website Anda naik di halaman pencarian.

 

9. Tingkatkan Kualitas Konten Anda

 

Meningkatkan kualitas konten dapat membantu bisnis Anda secara keseluruhan. Bisnis terlihat semakin profesional. trafik website bisa makin ramai dan menjangkau pelanggan baru. Kontennya sendiri akan menghasilkan prospek dan konversi. Ini juga bisa jadi solusi untuk meningkatkan peringkat pencarian Anda.

 

content_strategy

(sumber gambar)

 

Tapi Anda akan menyadari bagaimana hal ini jadi satu-satunya tujuan yang tidak memiliki target angka. Dan ini bukan tanpa alasan. Kuantitas konten tidaklah penting. Menghasilkan 1.000 postingan blog sebelum akhir tahun tidak akan membantu Anda. Yang akan membantu adalah konten yang unik, terperinci, dan berkualitas. Tujuan Anda bukanlah menghasilkan konten sebanyak mungkin. Namun menghasilkan konten yang lebih baik dan bermanfaat.

 

Cara Mengukurnya: Sayangnya kita tidak bisa mengukurnya. Kemajuan yang bisa diukur hanyalah jumlah berbagi, pembaca, dan waktu yang dihabiskan pengunjung di website. Anda juga dapat membandingkannya dengan konten lama. Apakah konten sudah terperinci (setidaknya 1.000 kata)? Apakah konten berisi dengan berbagai media seperti gambar, video, dan infografik? Apakah konten berdasarkan data atau studi kasus? Apakah konten memiliki sudut pandang yang unik?

 

Cara Mencapainya: Pertama-tama, ikuti saran di atas. Buat lebih panjang, lebih detail, riset lebih mendalam, dan manfaatkan berbagai media. Lihat apa yang sudah ada di luar sana dalam niche Anda. Mulai tingkatkan yang ada dan beri nilai tambah. Tetapkan jadwal editorial yang realistis dan posting dengan konsisten.

 

10. Penjualan & Unduhan

 

Sudah jelas, tujuan akhirnya adalah mendorong penjualan dan/atau unduhan Anda. Meskipun itu jadi hal yang paling penting, ada alasan tertentu mengapa saya menaruh tujuan ini di bagian akhir. Jika Anda fokus pada semua tujuan di atas, penjualan dan unduhan Anda secara langsung akan meningkat tanpa Anda sadari.

 

Meskipun begitu, Anda juga bisa melakukan beberapa trik tambahan ini:

 

Cara Mencapainya: Pertimbangkan jangkauan produk, pastikan Anda punya produk dengan harga terjangkau untuk menarik perhatian pelanggan baru. Coba-coba dengan gambar, tulisan, dan penempatan tombol ‘beli’ yang baru. Tawarkan promo dan diskon, jual kembali ke pelanggan Anda.

 

Cara Mengukurnya: Layanan apa pun yang menghosting toko online atau pusat unduhan Anda seharusnya bisa menghasilkan angka yang bisa Anda lihat. Shopify (seperti yang ditampilkan di bawah) menguraikan penjualan seperti ini:

 

order performance

(sumber gambar)

 

11. Konversi

 

Penjualan kotor atau unduhan merupakan indikasi bagus mengenai seberapa bagus performa bisnis Anda. Tapi jangan lupa untuk memperhatikan rasio konversi juga. Ini persentase pengunjung website yang membeli atau mengunduh.

 

Dengan meningkatkan konversi ini, Anda akan mendapatkan nilai lebih banyak dari setiap pengunjung. Anda tidak perlu menjangkau orang lain lagi, Anda cuma perlu meyakinkan orang yang sudah jadi langganan di website Anda, karena ini lebih mudah dilakukan.

 

Customer-IO-Free-To-Converted-Rate

(sumber gambar)

 

Cara Mencapainya: Ubah tulisan, tampilan, dan penempatan kalimat ajakan sampai semuanya bisa jadi magnet penarik perhatian pelanggan. Tambahkan bukti sosial atau testimoni untuk menghilangkan keraguan pengunjung. Buat proses checkout/unduh/berlangganan jadi lancar dan mudah.

 

Cara Mengukurnya: Gunakan Google Analytics untuk menetapkan ‘tujuan’. Ini akan memantau rasio konversi, dan memungkinkan Anda menyimpan catatan performanya.

 

12. Keuntungan Dari Investasi Iklan

 

“Anda harus keluar uang untuk menghasilkan uang!” Perkataan ini sering kali benar. Tapi yang lebih penting adalah bagaimana cara menghabiskan uang dengan efektif. Mudah untuk menghambur-hamburkan uang saat menggunakan iklan Facebook atau Google. Buat tujuan agar bisa menghasilkan keuntungan lebih banyak dari tiap uang yang Anda habiskan untuk beriklan.

 

facebook-advertising

(sumber gambar)

 

Cara Mencapainyat: Lakukan pengujian A/B pada tiap kampanye iklan sebelum merilisnya. Pertimbangkan tulisan dan gambar mana yang menurut Anda paling baik. Pastikan halaman landing tempat Anda membuat pengunjung melakukan konversi, dan sesuaikan hingga benar-benar menghasilkan. Dengan melakukan ini, Anda akan mendapatkan nilai lebih dari uang iklan Anda.

 

Cara Mengukurnya: Gunakan persentase sederhana. Berapa pendapatan yang Anda peroleh dari satu iklan Facebook? Saat melakukan penyempurnaan dan perubahan, lihat peningkatan persentase tersebut.

 

Pelajari selengkapnya: Cara Membuat Halaman Landing Pertama Anda (+ 14 Tips Mengoptimalkan untuk Konversi!)

 

13. Hitung Nilai Dolar untuk Tiap Pelanggan

 

Contoh: Anda bulan lalu dapat 100 pelanggan. Total uang yang mereka habiskan senilai $1.000. Berarti tiap pelanggan menghabiskan rata-rata $10. Inilah ‘nilai dolar’ dari masing-masing pelanggan. Pasang target untuk meningkatkan angka ini sehingga tiap pelanggan menghabiskan uang lebih banyak.

 

Cara Mencapainya: Gunakan teknik ‘upselling’ untuk mendorong pembelian impulsif saat checkout. Tawarkan upgrade, dan paketkan item yang berkaitan jadi satu untuk memancing pelanggan agar mengeluarkan uang lebih.

 

Cara Mengukurnya: Gunakan mekanisme toko Anda untuk memantau pendapatan bulanan. Bagi dengan angka pelanggan bulanan, dan voila, Anda akan menemukan nilai dolarnya. Lakukan perhitungan ini sekali dalam sebulan, dan catatan pertumbuhannya.

 

 

Dengan menetapkan tujuan yang besar dan ambisius ini, Anda akan dapat meningkatkan trafik website, memperluas jangkauan, dan mendorong penjualan dengan langkah yang besar.

 

Ingat, tetapkan angka yang realistis namun masih tetap ambisius di awal. Lalu uraikan menjadi target bulanan yang lebih kecil.

 

Setelah itu, tulis objektif mingguan dan harian agar tujuan Anda tercapai. Semoga beruntung, dan ceritakan kepada kami bagaimana hasilnya!

 

Avatar

About The Author

Daren Low adalah pendiri Bitcatcha.com & co-developer dari Pemeriksa Kecepatan Server. yang gratis. Dengan 10 tahun pengalaman dalam pengembangan website dan pemasaran di Internet yang sangat dikuasai, Daren dianggap sebagai autoritas utama dalam semua hal yang berkaitan dengan membangun dan mengelola keberadaan online. Jangan ragu bertanya kepadanya dengan terhubung melalui Linkedin dan Twitter.

Suka Artikel Yang Anda Baca?

Maka Anda akan menyukai buletin kami! Kami mengirimkan wawasan & kiat terbaik untuk membangun karier online yang lebih sukses.