Bitcatcha didukung oleh pembaca. Saat Anda membeli melalui tautan di situs kami, kami dapat memperoleh komisi afiliasi. Lihat lebih lanjut

Cara Membuat Blog – 5 Langkah Mudah Untuk Memulai Blog di 2021

Avatar
WRITTEN BY
UPDATED
October 12, 2021

 

Semua anak keren yang Anda kenal membuat blog atau blogging, dan menghasilkan banyak uang dari itu. Mengapa Anda tidak ikut memulai & mendapat bayaran dari blog juga?

 

Masalahnya, jika Anda berada di halaman ini dan membaca bagian ini, Anda mungkin tidak tahu cara membuat blog.

 

Anda beruntung, Teman, karena kami bersedia meluangkan waktu dari jadwal yang padat untuk menulis panduan ini, agar Anda bisa mempunyai blog yang akan menjadi milik Anda dan menjalankannya sesegera mungkin!

 

Percaya atau tidak, membuat blog tidak sulit dan tidak memerlukan banyak pengetahuan teknis. Untuk bagian yang memerlukan cara teknis, kami akan membantu agar Anda dapat merasa lebih aman dan nyaman.

 

 

Apa itu blog?

 

Bagaimana kalau kita membahas tentang apa itu blog sebenarnya?

 

Blog adalah website yang berfokus pada konten tertulis, biasanya cara penulisan tidak terlalu formal.

 

Ketika blogging pertama kali terkenal, sebagian besar orang menggunakannya sebagai jurnal online, menulis pemikiran mereka agar dibaca dunia.

 

Belakangan ini dunia blog telah berkembang, memunculkan banyak subkategori seperti blogger fitness, blogger foto, blogger mumi… jika Anda bisa membayangkannya, sepertinya ada blogger untuk topik itu.

 

 

Mengapa orang memulai blog?

 

Kebanyakan orang memiliki banyak motivasi untuk memulai blog milik mereka.

 

Beberapa orang ingin mempraktekkan ketrampilan menulis mereka. Beberapa orang menemukannya sebagai katarsis ketika mereka mengekspresikan diri mereka sendiri secara online. Beberapa orang benar-benar bersemangat tentang topik pilihan mereka.

 

Saya tidak bisa berbicara tentang semuanya, tapi satu motivasi yang menarik sebagian besar orang ke dunia indah blogging adalah kemampuan menghasilkan uang dari blog mereka.

 

Mengingat para blogger menulis tentang pengalaman pribadi mereka, mereka mempunyai hubungan yang sangat pribadi dengan pembacanya, sebuah keterkaitan yang diminati merek dengan profil tinggi supaya blogger menyokong produk mereka (tentu saja bila blogger tersebut memiliki banyak pengikut).

 

Apapun motivasi yang Anda miliki untuk memulai blog, blogging adalah salah satu hobi yang luar biasa, dan jika dilakukan dengan tepat Anda dapat meraih penghidupan layak dari blogging.

 

Catatan

Tampaknya banyak orang memiliki salah paham bahwa Anda harus menjadi penulis yang baik untuk memulai blog. Walaupun memiliki ketrampilan menulis yang baik dapat membantu mempresentasikan blog Anda secara lebih profesional, sebenarnya konten blog Andalah yang menjual. Anda dapat selalu memperbaiki artikel blog Anda di lain waktu. Bila Anda ingin memperbaiki penulisan Anda bacalah panduan menulis konten.

 

 

Cara Membuat Blog – 5 Langkah Untuk Memulai Blog

 

Langkah 1: Tentukan Topik Spesifik

 

Langkah menarik pertama untuk memulai blog ini akan membentuk cara Anda melakukan blogging di sepanjang karir blogging Anda, ini langkah sederhana yang sangat penting: Anda harus menentukan topik spesifik Anda.

 

Apakah Anda ingin menjadi blogger foto? Apakah Anda ingin memblog tentang perjalanan Anda? Mungkin Anda lebih cenderung ke teknologi. Mungkin kuliner adalah favorit Anda.

 

Apapun kegemaran & minat Anda, Anda memilih topik spesifik yang akan membantu menempa jalan untuk topik blogging ke depannya. Ini bukan peraturan yang sulit dan cepat (beberapa blogger di luar sana membahas berbagai topik secara konsisten dan sukses besar) tetapi ini adalah panduan yang membantu menjaga blog Anda fokus dan relevan.

 

Jadi, pilihlah topik spesifik Anda. Pilih sebuah nama. Usahakan supaya sederhana dan singkat.

 

 

Langkah 2: Pilih Platform Blogging

 

Ada banyak platform blogging gratis untuk Anda. Beberapa diantaranya adalah seperti Wix, Blogger, Tumblr, dan WordPress.

 

Platform pilihan kami adalah WordPress, karena ini salah satu dari platform blogging yang sangat kuat, digunakan oleh 33.9% website di internet belakangan ini.

 

33.9% website uses WordPress

Sumber: w3techs.com

 

WordPress juga ramah SEO, sangat mudah digunakan dan memiliki banyak plugin, yang mempunyai fungsionalitas tambahan yang bisa digunakan tanpa pengetahuan teknis.

 

Anda juga bisa mendapatkan hosting web dan nama domain Anda langsung dari WordPress.com secara gratis, tetapi seperti yang nenek saya katakana, “semua yang bagus tidak murah, semua yang murah tidaklah bagus”.

 

 

Langkah 3: Mendapatkan Nama Domain dan Hosting Web

 

Untuk memperjelas apa yang saya katakan pada poin sebelumnya, WordPress.com memang fenomenal, tapi hosting web dan nama domain gratis mempunyai banyak batasan.

 

  1. Anda tidak memiliki “namaAnda.com”
    Walaupun ini nampaknya bukan masalah besar, tetapi inilah yang membedakan seorang amatir dari pro. Jika Anda serius tentang blog Anda dan ingin melihatnya tumbuh, Anda perlu mendapatkan nama domain sendiri.
  2. Keterbatasan hosting web
    WordPress.com gratis memiliki ruang hosting web sangat kecil (tak lebih dari 3GB). Begitu kapasitas ini habis, Anda harus membayar untuk menambah kapasitas untuk terus menggunakan blog Anda.
  3. Tidak ada plugin yang diizinkan
    Versi gratis tidak mengizinkan plugin, dan ini menyedihkan dan mematahkan hati kecil saya yang rapuh.
  4. Iklan di mana-mana
    Anda tidak bisa menghasilkan uang dari website wordpress.com gratis Anda saja sudah bukan berita gembira, tetapi mereka meletakkan iklan di mana-mana! Ingat, “semua yang bagus tidaklah murah, semua yang murah tidaklah bagus”. Penempatan iklan adalah cara WordPress menghasilkan pendapatan.
  5. Blog Anda bisa dihapus
    Seperti apa rasanya bila Anda sudah bekerja keras membuat blog dan mencari pengikut selama satu tahun, dan suatu hari Anda terkejut blog Anda telah dihapus karena Anda tidak sengaja melanggar salah satu dari syarat penggunaan WordPress? Ini pernah terjadi sebelumnya, dan ini akan terjadi lagi. Itulah risiko yang tidak akan saya ambil.

 

Ini hanyalah sejumlah kecil masalah yang muncul di pikiran kami. Anda dapat selalu membeli nama domain dan hosting web secara terpisah, sehingga Anda tidak mengalami masalah-masalah ini. Berikut panduan langkah demi langkah untuk melakukannya.

 

 

Nama domain

 

Ada banyak pendaftar domain di luar sana seperti GoDaddy dan Namecheap, tetapi kami suka Namecheap karena mereka sistem pendaftaran mereka sempurna dan mereka memberi layanan WhoisGuard gratis. Ini membantu menjaga rahasia identitas Anda, misalnya Anda ingin memblog secara anonim.

 

Proses ini sangat sederhana, masuklah ke sini, mendaftar, pilih nama domain Anda, dan selesai!

 

Ingat, sebaiknya gunakan nama domain yang simpel dan mudah diingat, tetapi menarik. Tidak perlu ekstensi unik seperti “.io” atau “.biz” juga. Setia dengan “.com” karena banyak orang terbiasa menggunakannya.

 

 

Hosting web

 

Anda mungkin menganggap hosting web hanyalah ruang untuk Anda untuk menyimpan file-file website dan hosting web acak akan baik-baik saja, tetapi jangan salah. Faktanya, jika Anda ingin blog Anda sukses, lebih baik Anda memastikan bahwa Anda mendapatkan layanan hosting web yang bisa diandalkan dan cepat.

 

Pernahkah Anda menemukan blog yang sangat lambat sehingga Anda menjadi malas menunggu konten muncul? Jika Anda menghitung waktu, Anda melihat bahwa 3 detik membuat orang merasa bahwa blog lamban, dan 5 detik adalah rata-rata waktu yang dibutuhkan orang untuk meninggalkan blog itu.

 

Hosting web Anda krusial untuk memastikan bahwa blog Anda berjalan cepat dan tajam, sehingga Anda tidak kehilangan pembaca karena waktu pemuatan lambat yang menyebalkan.

 

Memang ada banyak layanan hosting web yang tersedia (klik di sini untuk daftar host web kami). Kami menyarankan hosting web internasional yang bisa diandalkan, seperti Hostinger untuk menghost blog Anda.

 

Memang ada pilihan yang lebih murah yang tersedia tetapi uptime Hostinger, layanan pelanggan yang dapat diandalkan, sejumlah kelebihan dan waktu respon server yang sangat cepat, Hostinger benar-benar brilian.

 

Cara mendapatkan paket hosting dengan Hostinger

 

Membuat akun dan mengatur blog Anda dengan Hostinger sangat sederhana. Inilah yang perlu Anda lakukan:

 

  1. Buka Hostinger.co.id dan lihat paket hosting mereka.
  2.  

  3. Pilih paket. Kami merekomendasikan untuk memilih paket Shared Hosting Premium (Rp 24.900/bln) karena seimbang dari segi harga dan fitur yang ditawarkan. Anda tidak perlu terlalu banyak berdiam di sini – Anda dapat dengan mudah meningkatkan atau menurunkan versi paket Anda nanti jika perlu.
  4.  

    hostinger shared hosting pricing for indonesia

     

  5. Setelah Anda memilih paket, Anda harus menyelesaikan proses checkout > buat akun > isi informasi pembayaran Anda > tinjau pesanan Anda > lalu klik “Submit Secure Payment”. Anda kemudian akan menerima tanda terima dari Hostinger dengan semua detail untuk langganan hosting web Anda.
  6.  

  7. Anda akan secara otomatis dibawa ke halaman orientasi Hostinger. Untuk mulai menyiapkan situs web Anda – tekan “Start Now” dan ikuti langkahnya.
  8.  

    hostinger onboarding first step

     

  9. Anda akan diminta untuk “name your website” untuk memberi nama situs web Anda. Anda harus memilih 1 dari 2 opsi:
  10.  

    hostinger asks to buy or select a domain name for your website

     

    • Jika Anda sudah memiliki nama domain – Klik “Select” di bawah “Use an existing domain”. Nanti Anda harus mengarahkan domain Anda ke Hostinger – cukup ikuti petunjuk berikut di sini:
    •  

       

    • Jika Anda belum memiliki nama domain – Anda dapat melanjutkan dan membelinya melalui Hostinger dengan mengklik “Select” di bawah “Buy Domain”. Ketik nama blog Anda dan Hostinger akan membutuhkan waktu beberapa detik untuk memeriksa ketersediaannya. Jika tersedia, lanjutkan dengan mengklik “Continue”.

 

Voila! Anda sekarang sudah memiliki akun hosting web dan nama domain Anda sudah siap!

 

Sekarang saatnya untuk menghubungkannya ke WordPress. Di sinilah blog Anda akan mulai terlihat seperti blog.

 

 

Menginstal WordPress di Hostinger

 

Bagian ini merupakan kelanjutan dari bagian sebelumnya, tetapi kami memecahnya menjadi beberapa bagian agar mudah dimengerti.

 

Catatan

Jika Anda terjebak selama salah satu dari langkah-langkah ini, jangan ragu untuk menghubungi dukungan live chat Hostinger. Mereka sangat membantu dan akan memandu Anda melalui semua yang Anda butuhkan bantuan.

 

  1. Anda dapat memilih antara “build a new website” untuk membangun situs web baru, atau “migrate my website” untuk memigrasikan situs web Anda. Jika Anda sudah mengikuti panduan ini sejauh ini, seharusnya Anda memilih pilihan yang pertama.
  2.  

    hostinger asks if you want to build or migrate a website

     

  3. Anda akan ditanya apakah Anda ingin membangunnya dengan Zyro atau WordPress – jika Anda ingin jangka panjang, kami sarankan untuk membangun situs Anda dengan WordPress.
  4.  

    create a wordpress account and build a site with hostinger

     

  5. Buat akun WordPress Anda dengan alamat email dan kata sandi Anda. Anda akan menggunakan detail ini untuk masuk ke dashboard WordPress Anda nanti, jadi jangan sampai hilang!
  6.  

  7. Selanjutnya, Hostinger akan meminta Anda untuk memilih tema untuk situs WordPress Anda – Anda dapat melewati langkah ini untuk saat ini. Kami akan membicarakan ini secara lebih rinci nanti.
  8.  

    user can select wordpress theme from hostinger onboarding process

     

  9. Hampir selesai – Hostinger sekarang akan mengizinkan Anda meninjau informasi penyiapan situs web Anda. Periksa dengan cermat apakah nama domain & email admin situs web Anda sudah benar.
  10.  

    hostinger lets you review information before finish setup

     

  11. Perhatikan bagaimana Anda dapat mengedit “website location” Anda? Anda harus mengubah lokasi pusat data situs web Anda ke lokasi yang paling dekat dengan target audiens Anda. Ini akan memberikan pengalaman yang optimal bagi target audiens Anda ketika mereka mengunjungi situs web Anda.
  12.  

    hostinger lets you select data center on which your website is hosted on

     

  13. Setelah Anda selesai meninjau, tekan “Finish Setup”.

 

Sekarang blog WordPress Anda sudah dipublikasikan dan aktif, Anda harus bangga pada diri sendiri.

 

Bagus dan bersih. Luar biasa. Namun, juga sangat umum. Menurut teman-teman saya yang lebih muda, website Anda masih “Vanilla”, jadi mari kita memperbaikinya!

 

 

Langkah 4: Mendesain Blog Anda

 

Pada bagian ini, kita akan membahas yang harus dilakukan agar blog Anda terlihat lebih berkarakter.

 

Kita dapat merancang & menyesuaikan blog secara manual untuk menarik pembaca target Anda, tapi itu memakan banyak waktu dan, yang benar saja, hari gini siapa yang punya waktu…

 

ain't nobody got time for designing your blog

 

Untunglah, WordPress memiliki ribuan tema gratis yang disesuaikan secara utuh dan yang juga terlihat sangat profesional!

 

 

Berikut cara mengakses tema WordPress Anda

 

  1. Masuk ke akun WordPress Anda, yang kira-kira seperti ini “www.situsAnda.com/wp-admin”. Anda ingin mengganti “situsAnda” menjadi URL aktual blog Anda. Masukkan nama pengguna dan kata sandi WordPress Anda, kemudian masuk.
  2.  

    wordpress login

     

  3. Setelah masuk, Anda akan melihat dasbor WordPress Anda, seperti ini. Klik “change your theme completely” (ubah tema Anda sepenuhnya).
  4.  

    wordpress dashboard

     

  5. Selanjutnya, klik tema WordPress.org dan Anda akan menemukan ribuan tema yang bisa dipilih! Bila tema-tema ini tidak cukup bagus untuk Anda, masuk ke ElegantTheme untuk membeli beberapa tema yang terlihat bagus.
  6.  

    wordpress theme

 

Penting

Tema memang bagus, tetapi ada kekurangannya. Kecepatan pemuatan website sangat penting agar blog Anda mendapat peringkat baik di Google. Menggunakan tema yang tidak optimal atau tidak responsif akan berdampak pada kecepatan pemuatan. Pastikan memeriksa komentar apakah ada ulasan negatif dan coba keresponsifan tema di bagian pratinjau. Jika tema sudah tidak responsif dalam pratinjau, tema akan menjadi lamban pada blog Anda.

 

  1. Setelah Anda memilih tema, klik “Live Preview” (Pratinjau Langsung), lalu klik “Activate & Publish” (Aktifkan & Publikasikan) untuk menginstal tema Anda.
  2.  

    live preview theme

    (Pratinjau langsung tema Anda)

     

    active theme

    (Aktifkan & publikasikan tema)

 

Tema Anda sekarang terpasang, tetapi Anda masih perlu menyesuaikan dan menambahkan konten kecil. Kalau tidak blog baru Anda akan terlihat sedikit kosong.

 

 

Menambahkan halaman ke blog Anda

 

Blog kecil Anda akan kosong jika Anda tidak memasukkan setidaknya halaman “About Us’ (Tentang Kami) untuk menginformasikan pembaca tentang Anda.

 

  1. Di bawah dasbor WordPress Anda, masuk ke “Pages” (Halaman) dan klik “Add New” (Tambahkan Baru)
  2.  

    add wordpress page

     

  3. Anda akan diarahkan ke halaman di mana Anda dapat mengisi di Header dan Paragraf. Pergi dan tulis “About Us” di header. Lalu tulis sesuatu tentang blog Anda di “Paragraph”. Bila Anda selesai, klik “Publish” (Publikasikan).
  4.  

    add page title

 

 

Menghubungkan halaman Anda dengan menu

 

Halaman “About Us” tidak akan tampil kalau Anda tidak membuat link untuk itu pada menu.

 

Yang harus Anda perlu lakukan adalah menuju ke dasbor WordPress, di bawah appearance (Tampilan), klik “Menu”. Daftar halaman Anda secara otomatis ditambahkan ke struktur menu. Jika tidak, centang kotak di bawah “Add Menu Items” (Tambah Item Menu) dan klik “Add to Menu” (Tambahkan Ke Menu).

 

Setelah Anda selesai, klik “Create Menu” (Buat Menu) dan blog Anda akan diperbarui dengan halaman yang terhubung di menu.

 

link menu

 

 

Menambahkan artikel blog

 

Inilah alasan mengapa Anda berinvestasi di blog Anda. Artikel blog Anda akan membantu supaya Anda tetap relevan, menjaga peringkat website Anda di pencarian Google, dan untuk memposisikan diri Anda sendiri menjadi otoritas pada topik spesifik Anda. Jika Anda melakukannya dengan tepat, Anda bisa mendapat penghasilan layak!

 

Namun, sebelum Anda menambah artikel blog secara acak ke website Anda, mari mengaturnya agar memudahkan penyortiran di waktu mendatang.

 

  1. Pada dasbor WordPress Anda, klik “Posts” (Artikel) dan pilih “Categories” (Kategori). Lihat di bawah ini. Isi nama kategori Anda. Misalnya, Anda dapat menamainya “Blog”. Klik “Add New Category” (Tambah Kategori Baru) di bawah.
  2.  

    add categories

     

  3. Selanjutnya, di bawah “Posts” (artikel), klik “Add New” (Tambah Baru). Anda akan melihat halaman di mana Anda dapat mengisi di judul dan konten kiriman Anda. Lakukanlah jika Anda ingin melakukannya. Setelah Anda selesai, cari kotak “Categories” (Kategori) di sisi kanan layar dan beri centang pada kotak “Blog”.
  4.  

    add post

     

    Klik “Publish” (Publikasikan) dan artikel blog baru Anda sudah dipublikasikan! Yang Anda perlu lakukan sekarang adalah menambahkan kategori di menu Anda, dan selesai.

 

 

Membuat judul & tagline yang kustom

 

Jika Anda menginginkan masyarakat dapat menemukan blog dan membaca konten Anda, pasti Anda ingin lebih memperhatikan bagian ini.

 

Judul website Anda memberitahu masyarakat apa isi blog Anda, dan tagline Anda membantu menjelaskan apa yang dikatakan judul tersebut. Mereka juga membantu mesin pencarian menyusun dan mengirimkan blog Anda ke para pencari yang relevan.

 

Untuk menyesuaikan judul dan tagline Anda, lakukan di dasbor WordPress Anda, masuk ke “Settings” (Pengaturan), kemudian “General” (Umum).

 

wordpress setting

 

Di sini, Anda dapat mengubah judul dan tagline sesuai keinginan Anda. Lakukan, kemudian klik “Save Changes” (Simpan Perubahan).

 

 

Menonaktifkan komentar

 

Kadang-kadang, ketika Anda membagikan pemikiran pribadi ke blog Anda, Anda tidak ingin memiliki bagian komentar terbuka untuk serangan para orang menyebalkan yang meninggalkan komentar tidak menyenangkan.

 

Anda sebenarnya dapat menonaktifkan komentar sehingga Anda tidak memberi kesempatan orang-orang menyebalkan tersebut untuk menganggu Anda.

 

Pada dasbor WordPress, masuk ke bagian “Settings” (Pengaturan) dan “Discussions” (Diskusi). Di sini, hapus centang “Allow people to post comments on new articles” (Izinkan pengiriman komentar di artikel baru).

 

comment setting

 

 

Membuat beranda statis

 

Ya, Anda ingin menjalankan blog, tapi sebenarnya Anda tidak ingin beranda (Homepage) Anda terlihat seperti itu!

 

Yang Anda butuhkan adalah beranda statis, seperti halaman “home” untuk pengunjung yang masuk dan mengamati semua yang mereka lihat. Seperti banyak blog profesional, beranda statis tidak berubah dan memperlihatkan pada pembaca Anda hal yang sama setiap mereka mengunjungi website Anda, membuatnya terlihat menarik.

 

Bila ini tidak dilakukan, WordPress akan menggunakan artikel blog terkini sebagai homepage Anda, yang akan membuatnya terlihat amatiran.

 

Anda dapat membuat beranda Anda statis dengan cara:

 

  1. Masuk ke dasbor WordPress Anda, klik “Settings” (Pengaturan) dan “Reading” (Bacaan).
  2.  

  3. Klik “A Static Page” (Halaman Statis), lalu pilih halaman yang Anda inginkan sebagai homepage Anda, kemudian “Save Changes” (Simpan Perubahan).
  4.  

    homepage setting

 

 

Menambahkan atau menghapus konten di sidebar

 

Beberapa orang menginginkan konten di sidebar mereka. Beberapa orang memilih beralih ke penampakan yang lebih bersih. Semua terserah Anda.

 

Menambahkan atau menghapus konten dari sidebar cukup mudah.

 

  1. Masuk ke dasbor WordPress Anda, pilih “Appearances” (Tampilan) dan klik “Widget”.
  2.  

  3. Di sini Anda melihat daftar widget yang tersedia dan sisi samping Blog Anda. Yang Anda perlu lakukan adalah seret dan lepas widget yang Anda inginkan di sidebar, atau hapus widget yang tidak Anda inginkan.
  4.  

    sidebar setting

 

 

Langkah 5: Menggunakan Plugin

 

Dulu, pada saat kita ingin mengoptimalkan blog, menambahkan fitur atau buat fungsi baru, semua harus dilakukan secara manual (dan masing-masing memakan waktu dan melelahkan).

 

Sekarang, Anda dapat melakukan semua itu dan lainnya dengan hanya sedikit klik, dengan bantuan plugin!

 

Sebenarnya, Anda dapat menambahkan apapun yang Anda inginkan ke website Anda. Baik mengubahnya menjadi toko online atau portofolio galeri. Jika Anda bisa membayangkannya, mungkin ada plugin untuk itu!

 

Yang perlu Anda lakukan untuk menginstal plugin berada di bawah dasbor WordPress Anda, klik “Plugin” dan “Add New” (Tambah Baru). Dari sana, periksa tab populer atau saran untuk plugin yang sesuai kebutuhan Anda, dan Anda sudah selesai!

 

add plugin

 

Ada daftar panjang plugin yang dapat Anda pilih, tetapi ingat bahwa beberapa plugin dapat memperlambat blog Anda. Lakukan penelitian kecil tentang plugin dan blog Anda akan berjalan sangat lancar.

 

Berikut adalah beberapa plugin favorit kami:

 

 

 

Anda Adalah Seorang Blogger Sekarang!

 

Selamat, pendatang baru di dunia blog, Anda sudah berhasil membuat blog milik Anda! Kami memang membantu Anda, tapi Anda melakukan semua pekerjaan berat itu sendirian, sehingga Anda harus memberi tepuk tangan untuk diri Anda sendiri!

 

Sebelum Anda pergi, berikut ringkasan hal-hal yang Anda perlu lakukan untuk membuat blog Anda.

 

  1. Mendaftar sebuah domain dan memilih layanan hosting web
    • Menentukan perusahaan hosting web yang tepat
    • Memilih nama domain Anda
  2. Membuat blog Anda
    • Menginstal WordPress sebagai platform Anda
  3. Mendesain blog Anda
    • Memilih tema yang tepat
    • Menginstal tema Anda
  4. Menambahkan Konten
    • Menambahkan artikel, menu, dan mengedit halaman Anda
    • Penyesuaian dan pengaturan
    • Menginstal plugin

 

Teruslah lakukan penyesuaian!

 

Ingatlah selalu bahwa WordPress sangat mudah dilakukan penyesuaian (customizable). Anda dapat membuat jenis blog apapun yang Anda inginkan dengan WordPress. Tetaplah bereksperimen dan menyesuaikan sampai Anda puas 100% dengan apa yang Anda punya! Seperti biasa, kirim kami pesan bila ada pertanyaan.