Review Cloud Storage

Cloud Storage Terbaik 2020

Jika Anda sedang mencari cloud storage dan tidak tahu harus mulai dari mana, kami telah melalukan pengujian pada beberapa perusahaan dan memilih 3 cloud storage terbaik yang ada di pasaran saat ini. Baca perbandingan & analisis terperincinya di bawah ini.

#1 pCloud
#2 Sync.com
#3 Backblaze

Didirikan Pada Tahun
2013
2011
2007

Kantor Pusat
Baar, Switzerland
Los Angeles, CA
Houston, TX

Nama Paket
Premium Plus
Personal Pro
Personal Backup

Harga
Rp 111.444*
Rp 111.584*
Rp 58.582*


Harga Berdasarkan
Jumlah Penyimpanan
Jumlah Penyimpanan
Per Komputer

Windows & Mac OS

Linux
Bawaan
via CloudBerry Lab

Terbaik Untuk
Serba Guna
Keamanan File
Backup Komputer



FITUR
FITUR
FITUR

Jumlah Penyimpanan
2TB
2TB
Tidak Terbatas

# Komputer Yang Didukung
5*
1
1

Paket Seumur Hidup

Menggunakan HDD Eksternal

Panduan Drive Lokal

Sinkronisasi Otomatis

Menyimpan Data Sensitif

Pengunggahan Jarak Jauh (Dari Aplikasi 3rd-Party)

Pemulihan Offline
HDD/ flash drive via FedEx

AKSES
AKSES
AKSES

Aplikasi untuk iOS & Android

Aplikasi Ramah Pengguna
10/10
5/10
7/10

Akses Data Offline

Akses Data
 
 
 

Portal Web

Aplikasi Seluler

KERJA SAMA
KERJA SAMA
KERJA SAMA

Aktivitas Tercatat Terperinci

Data & Folder Bersama
Ya, melalui Cloud Storage Backblaze B2

Pengelolaan Folder Bersama

Pengajuan Izin Folder

Tautan Unduhan (Tombol untuk mengunduh)

Tautan Unggahan (Tombol untuk mengunggah)

Folder Umum (penyimpananan HTML, portofolio)

KEAMANAN
KEAMANAN
KEAMANAN

Pengiriman Terenkripsi
SSL/TLS
SSL
SSL

Penyimpanan Terenkripsi
256-bit AES
256-bit AES
128-bit AES

Zero-Knowledge Privacy

Kontrol Versi
180 days
Indefinitely
30 days

Salinan Backup (Backup dari Backup)
3
1
1

Harga
Rp 111.444*
Rp 111.584*
Rp 58.582*



 

* Harga berlangganan 12 bulan.

Peringkat: 3 Cloud Storage Terbaik 2020 Sekarang (Berdasarkan Keramahan Pengguna, Fleksibilitas & Privasi)

 

cloud storage terbaik indonesia

 
 

Catatan

Kami menggunakan kurs 1 USD untuk 13.948 IDR untuk semua harga yang tertera.

 

Sekarang ini, Internet sudah memberikan Anda kesempatan untuk menyimpan informasi dalam bentuk apapun pada server online, bukan hanya di komputer Anda saja. Layanan ini lebih dikenal dengan sebutan cloud.

 

Layanan cloud storage memberikan akses yang fleksibel untuk data penting Anda – mulai dari dokumen Word, PDF, spreadsheet, file media. Dengan sinkronisasi cloud, Anda dapat mengambilnya tidak hanya dari komputer pribadi atau kantor, tetapi juga dari ponsel, tablet, atau bahkan laptop kapan saja dan di mana saja. Anda bahkan tidak perlu membawa pen drive atau hard drive kemana-mana.

 

Jika belum mempertimbangkan untuk menyimpan dan menyinkronkan data di internet melalui cloud storage, cobalah sekarang, dan Anda akan sadar bahwa ini sangat penting! Layanan yang mana yang Anda pilih tergantung dari Anda sendiri.

 
 

Apa Yang Dicari Dari Layanan Cloud Storage

 

Terdapat dua alasan utama mengapa cloud storage diperlukan.

 

  1. Alat Backup Pribadi Alasan pertama dan utama adalah untuk menyimpan sesuatu di Internet seperti gudang data. Anda memerlukan tempat yang aman untuk dapat menyimpan informasi penting yang mungkin perlu Anda akses setiap hari. Ini lebih untuk penggunaan individu.
  2. Berbagi File & Alat Produktivitas Fungsi kedua merupakan fungsi sosial dari cloud storage. Hal ini akan mempermudah akses file dari perangkat apa pun, atau mempemudah orang lain yang memerlukan akses ke data-data baik Anda untuk bersenang-senang ataupun menyinkronkan file. Ini sangat membantu.

 

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

 

  • Fungsi yang beraneka ragam Layanan cloud storage yang ideal memungkinkan untuk menyimpan file dengan aman sambil memberikan kebebasan membagikannya dengan siapa pun, baik untuk tujuan sederhana maupun bisnis.
  • Ramah pengguna dan platform yang mudah digunakan Baik pengguna serius ataupun mereka yang tidak paham teknologi, program harus intuitif dan mudah digunakan. Bagi pengguna yang cenderung menggunakan beberapa perangkat digital sekaligus pada berbagai platform, akan membantu jika dapat menggunakan file di berbagai perangkat.
  • Integritas dan keamanan data File dalam cloud storage disimpan di dalam server data. Pertanyaannya adalah tindakan keamanan apa yang perlu dilakukan untuk memastikan data aman dari akses atau penghapusan ilegal? Apakah ada layanan backup yang tersedia jika kehilangan informasi penting? Apakah mereka hanya terlindungi kata sandi, atau apakah mereka menyediakan layanan enkripsi sehingga file Anda dua kali lipat aman?
  • Harga Seperti biasa, setiap penyedia layanan premium akan membebankan biaya tertentu. Pada dasarnya, semuanya tergantung kebutuhan Anda. Yang perlu dipertimbangkan adalah apakah Anda mendapatkan manfaat yang dibutuhkan.
  • Layanan Pelanggan Ketika Anda membayar untuk berlangganan, adanya layanan untuk mengatasi masalah yang Anda alami juga penting.

 

Tanpa basa-basi lagi, inilah 3 layanan cloud storage terbaik:

 
 


Jumlah
Penyimpanan

2TB

Kemudahan
Pengoperasian

A+

Harga (IDR)

Rp 111.444 /bln

Fitur Utama

  • Drive lokal terintegrasi
  • Tautan unduhan & unggahan
  • Revisi file 180-hari
  • Tersedia paket seumur hidup
  • Backup jarak jauh (untuk backup WordPress)

"Layanan serba guna yang mencakup backup dan berbagi file dengan fitur antarmuka yang mudah digunakan."

 
 

pCloud adalah pilihan #1 kami karena mencakup setiap aspek penting yang dibutuhkan untuk layanan cloud storage yang baik.

 

  • Serba guna Menyediakan layanan backup cadangan yang berfokus pada sinkronisasi folder di komputer. Ini menghemat waktu mengunggah file untuk menyimpannya.
  • Ramah pengguna & mudah digunakan di semua platform Tidak hanya mudah, pCloud juga bisa dioperasikan di telelpon seluler, bahkan Linux juga, dapat digunakan di semua paltform digital. Anda juga akan mendapat kemampuan untuk mengakses dan memutar file offline (internet diperlukan untuk menyinkronkan) dengan plug-in bawaan. Selain itu, Anda juga akan memiliki fitur unggahan jarak jauh yang berguna untuk mengunggah dari website lain seperti Dropbox atau Google Drive.
  • Fitur berguna untuk berbagi file pCloud memiliki Folder Publik (Public Folder) yang menyediakan tautan untuk memudahkan akses ke pengguna lain melihat file dengan tetap menjaga keamanannya.

     

    Jika Anda familiar dengan HTML, Anda dapat membuat dan menyimpan halaman web statis atau menyematkan gambar/video atau file lain dan menggunakan akun cloud storage untuk hosting website. Ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menampilkan karya Anda di website sederhana tanpa harus memiliki akun hosting website terpisah. Semua bisa dilakukan dengan menggunakan Folder Publik. Anda juga dapat memberikan tautan unggahan untuk memberikan izin kepada orang lain untuk berbagi file dengan Anda.

  • Menyimpan file proses kerja lebih dari 180 hari Pernahkah Anda mengerjakan suatu file, menyimpannya dan menyadari bahwa telah melakukan kesalahan atau membutuhkan data dari versi file yang terdahulu? pCloud mampu mengakses versi file sebelumnya hingga 180 hari yang lalu jika Anda membutuhkannya.
  • Tidak ada batasan perangkat yang digunakan Anda dapat mengakses akun dari perangkat apa pun dan berapapun.
  • Perlindungan server membuat backup data berharga pCloud melakukan backup data online-nya setidaknya di 3 server yang berbeda untuk memastikan data dapat diambil dari 3 sumber berbeda jika salah satunya gagal.
  • Paket seumur hidup Pembayaran satu kali untuk berlangganan seumur hidup dan untuk setiap peningkatan adalah bagian dari layanan mereka sehingga Anda tidak perlu berlangganan lagi setiap kali paket yang lama habis. Dengan pCloud, Anda menyimpan dalam jangka panjang. Baca lebih lanjut tentang layanan seumur hidup.
  • Layanan pelanggan yang sangat baik Pelanggan dapat mengirim email atau menggunakan formulir kontak online di website untuk mendapatkan respons dalam waktu kurang dari setengah jam.

 

Adakah pCloud Memiliki Kelemahan?

 

Tidak ada kelemahan yang signifikan untuk layanan cloud storage ini. Satu-satunya masalah adalah pada bidang keamanan karena file dilindungi kata sandi. Jika ingin meningkatkan keamanan dengan enkripsi, Anda harus membayar ekstra.

 

 
 


Jumlah
Penyimpanan

2TB

Kemudahan
Pengoperasian

A

Harga (IDR)

Rp 111.584 /bln

Fitur Utama

  • Zero-knowledge encryption
  • 100% dari Kanada
  • Dukungan email prioritas
  • Pembersihan data dari jarak jauh
  • Cocok untuk HIPAA, PIPEDA, PIPA, FIPPA, ATIPPA

"Sync fokus pada produktivitas & keamanan terbaik untuk memastikan file Anda tetap aman."

 
 

Sync.com penyedia layanan yang hebat dan memiliki fungsi utama sebagai alat untuk meningkatkan produktivitas kerja. Fiturnya yang paling unggul adalah keamanannya.

 

  • Serba guna Seperti pCloud, Sync juga bisa memberikan layanan backup dan alat berbagi file.
  • Antarmuka yang ramah pengguna dan simpel Bisa dioperasikan di Windows, Mac, dan alat seluler, dengan antarmuka yang mudah dipahami dan mudah digunakan untuk mengatur file besar.
  • Fitur keamanan yang tangguh Kekuatan utama Sync adalah memberikan kendali penuh kepada Anda atas keamanan data Anda dengan cara-cara berikut:

     

    1. Dengan kantor pusat di Kanada, Sync memastikan bahwa semua data Anda mematuhi peraturan perundang-undangan privasi data federal dan provinsi, dan mengenkripsi semua informasi sehingga hanya Anda yang memiliki akses (kecuali jika Anda membagikannya).
    2.  

    3. Hal ini meliputi dan tidak terbatas pada HIPAA (US), PIPEDA (Canada), PHIPA (Ontario). Lihat lebih lanjut di Sync.com.
    4.  

    5. Anda juga dapat menambahkan kata sandi pada folder atau file apa pun yang ingin dibagikan dengan orang lain dan menyertakan opsi tanggal kedaluwarsa sebagai tindakan keamanan tambahan yang mengurangi risiko orang yang tidak diinginkan mendapatkan akses ke kekayaan intelektual dan informasi rahasia Anda.
    6.  

    7. Anda akan mendapat pilihan untuk mengirim kode keamanan tambahan saat ingin masuk dengan nama pengguna dan kata sandi untuk perlindungan ekstra. Ini akan dikirim melalui email atau dapat diatur dan menggunakan Google Authenticator di ponsel Anda.

 

Adakah Sync.com Memiliki Kelemahan?

 

Keamanan yang kuat sangat bagus untuk arsip rahasia, tetapi bisa membatasi pekerjaan Anda dengan orang lain karena dilengkapi dengan langkah-langkah keamanan tambahan.

 

Selain itu, harap diperhatikan bahwa walau Sync.com ramah pengguna, antarmukanya pada aplikasi seluler mungkin akan terlihat rumit untuk beberapa pengguna.

 

Terakhir, ini tidak dapat dioperasikan di Linux.

 

 
 


Jumlah
Penyimpanan

Tidak Terbatas

Kemudahan
Pengoperasian

A

Harga (IDR)

Rp 58.582 /bln

Fitur Utama

  • Backup file tidak terbatas
  • Kunci enkripsi pribadi
  • Opsi pemulihan offline
  • Mendukung HDD eksternal
  • Memulihkan file dari mana saja

"Pilihan terjangkau & ekonomis yang memudahkan Anda melakukan backup komputer Anda."

 
 

Backblaze cocok untuk Anda yang mencari cara murah & mudah untuk membuat backup komputer tanpa terlalu banyak langkah yang rumit.

 

  • Kapasitas penyimpanan tanpa batas dengan harga yang sangat kompetitif Dengan Rp 58.582 sebulan (dibayar setiap tahun), Anda akan mendapatkan ruang tanpa batas untuk semua file di komputer Anda.
  • Backup otomatis & mudah Setelah diinstal pada PC atau Mac, Backblaze secara otomatis melakukan backup semua file dan semua salinannya, kecuali file sistem & file sementara. Meskipun backup awal memakan waktu hingga beberapa minggu, ini menghemat waktu jangka panjang karena Anda tidak perlu memilih file atau folder secara individual untuk dilakukan backup. Setelah itu, Backblaze akan melacak perubahan pada file (di komputer Anda) dan hanya menyalin bagian tambahannya, bukan seluruh file lagi.
  • Antarmuka pengguna yang simpel Backblaze menyediakan antarmuka mudah yang dibutuhkan untuk melakukan komputer Anda.
  • Keamanan file yang bagus File yang diunggah ke server Backblaze dienkripsi dengan aman dengan kunci enkripsi yang disimpan oleh Backblaze sendiri. Anda memiliki pilihan enkripsi pribadi di mana Anda menjadi satu-satunya yang memiliki kunci dan dapat memasukkan pilihan kode keamanan tambahan.
  • Jaminan backup yang bagus Jika komputer Anda (HDD) macet, Anda dapat mengunduh data lagi dengan batasan tertentu. Anda dapat membuat 5 permintaan sekaligus untuk data sebesar 500GB yang akan diberikan dalam format file .zip.

     

    Mereka juga menyediakan fitur tambahan, di mana Backblaze akan mengirimkan pendrive eksternal atau hard drive Anda melalui FedEx agar data cepat dipulihkan. Anda harus membayar untuk layanan ini tetapi setelah dikirimkan kembali ke mereka, uang akan dikembalikan.

  • Layanan pelanggan online yang cepat Live chat tersedia setiap hari kerja dari jam 9 pagi – 5 sore waktu Pasifik AS. Mereka juga memiliki sistem tiket email yang efisien dan akan merespons tiket Anda dalam waktu beberapa jam.

 

Adakah Backblaze Memiliki Kelemahan?

 

Semua harga yang tertera di atas adalah biaya per komputer, jadi jika memakai beberapa komputer, biaya akan berlipat ganda.

 

Selain itu, aplikasi seluler dapat mengakses file cadangan dari jarak jauh tetapi tidak dapat digunakan untuk sinkronisasi..

 

Terakhir, data akan dihapus setelah 30 hari, lebih singkat dibandingkan dengan pCloud dan Sync.com.

 

 
 

Kesimpulan: Pilih Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

 

Pada akhirnya, jika Anda mencari solusi serba guna untuk semua platform dengan semua layanan backup, sinkronisasi, dan berbagi file dengan mudah, tidak ada yang lebih baik dari pCloud.

 

Namun, jika Anda tidak keberatan untuk mengabaikan beberapa manfaat untuk keamanan yang lebih tinggi, terutama jika berurusan dengan data yang sensitif atau rahasia, mungkin Anda membutuhkan Sync.com.

 

Untuk backup komputer yang sederhana tetapi masih kompetitif, yang paling cocok adalah Backblaze.

 

Jangan ragu untuk mengirimkan pesan kepada kami jika Anda memiliki pertanyaan tentang layanan cloud storage ini.