Membangun Online Presence Mulai Dari Nol: Panduan Sederhana Tanpa Basa-Basi

Avatar
Oleh          •   November 24, 2020      Rahasia Periklanan

 

Sekarang, Anda mungkin tahu bahwa Anda memerlukan online presence di internet.

 

Anda memerlukan ruang online untuk membantu membangun bisnis, menjual produk, atau membesarkan nama Anda.

 

Bagian yang tersulit adalah mencari tahu cara melakukannya dan menghitung biayanya.

 

Masalah terbesarnya adalah jika Anda memulai dari arah yang salah. Memilih platform yang salah pada awalnya akan menyebabkan Anda kehilangan waktu berharga, dan dapat memakan waktu berbulan-bulan untuk memulainya kembali (belum lagi biaya keuangan untuk menyiapkannya).

 

Catatan

Dalam panduan berdurasi sepuluh menit ini, saya akan menjelaskan empat metode berbeda dalam menyiapkan online presence di internet. Untuk setiap metodenya, saya akan merinci biaya investasinya, menjelaskan siapa yang harus menggunakannya, dan keuntungan dan kerugian yang ada di dalamya.

 

 

Catatan

Kami menggunakan kurs 1 USD untuk 13.948 IDR untuk semua harga yang tertera.

 

Ini adalah kesalahan saya sendiri. Saya telah membuat website pada beberapa platform yang berbeda sebelum menyadari saya bisa menghemat uang dan mengurangi permasalahan jika saya melakukan penelitian dan memilih rute yang tepat di awal.

 

Tentunya saya tidak sendirian. Saat bertanya kepada 27 pakar tentang kesalahan blogging terbesar mereka, dan banyak orang mengatakan mereka menyesal memilih platform yang salah dan gagal memetakan rencana yang tepat sejak hari pertama.

 

Artikel ini adalah bentuk panduan yang saya harap bisa saya dapatkan saat baru mulai membuat online presence. Tutorial tanpa basa-basi yang membantu Anda mengetahui platform mana yang cocok untuk Anda.

 

Itulah poin utamanya. Tidak ada cara sempurna untuk membuat sebuah online presence Anda, hanya cara yang tepat untuk meraih tujuan & ambisi Anda.

 

How to create a website

 

Sekilas, berikut empat platform yang kami lihat:

 

  1. Platform media sosialKarena tidak semua orang membutuhkan website.
  2. WordPress.orgPlatform pembuatan website tingkat menengah-lanjut dan memberi kontrol penuh untuk pembuatnya.
  3. WixPembuat website pemula dan sederhana untuk portofolio & blog.
  4. ShopifyPembuat website sederhana khusus untuk toko online.

 

Kedua, kami akan mencari tahu cara mengembangkan online presence Anda di internet. Sayangnya, website atau halaman media sosial sendiri tidak akan menarik minat pengunjung secara ajaib. Kami akan memberi tahu Anda beberapa cara untuk secara aktif mengarahkan pengguna ke platform tersebut dan mengembangkan online presence Anda di internet.

 

 

Platform Tepat Untuk Meningkatkan Online Presence Anda

 

1. Halaman Media Sosial

 

Kelebihan – Gratis, praktis, dan pemeliharaan yang mudah.
Kekurangan – Lebih sedikit kontrol atas perubahan desain dan algoritme.
Biaya penyiapan – Gratis.
Lihat lebih lanjut – Facebook / Instagram

 

Instagram

 

Beberapa bisnis dan individu tidak memerlukan website, karena hal tersebut dianggap merepotkan dan memerlukan biaya, sehingga dianggap menjadi produktif.

 

Terkadang, halaman Facebook atau akun Instagram adalah cara terbaik untuk membangun pengikut Anda. Berinteraksilah dengan pengguna, dan terus memberikan info terbaru. Pelanggan Anda sudah terbiasa dengan platform ini dan ada 1.6 miliar pengguna aktif menunggu Anda!

 

Misalnya, kafe atau restoran dapat beroperasi hanya dengan profil Facebook atau Instagram. Mereka dapat mengupload gambar baru, terus memperbarui menunya, berkomunikasi dengan pelanggan, mempromosikan acara, dan menyoroti penawaran khusus, semua dari satu tempat.

 

Sola Cafe Facebook Page

Halaman FB restoran: Sola Cafe

 

Mereka bahkan bisa menggunakan plugin Facebook untuk melakukan reservasi. Dalam hal ini, website mungkin hanya mempersulit dan memecah pengguna Anda. Sebagai gantinya, berfokuslah untuk membangun satu saluran yang kuat.

 

Adapun konten video dan blogging, dan Facebook juga menyediakan fitur ini. Video di Facebook kini dapat mencapai 8 miliar penayangan setiap hari, dan Instant Articles memungkinkan Anda memublikasikan blog tanpa website.

 

Selain itu, Facebook memiliki platform iklan yang sangat baik, sehingga Anda dapat menargetkan para pengguna dan mengarahkan mereka langsung ke halaman Anda (selengkapnya tentang iklan Facebook dijelaskan nanti).

 

Kelemahan dari hanya memiliki halaman media sosial adalah Anda bergantung pada keputusan mereka. Jika Facebook mengubah algoritme untuk membatasi jangkauan Anda (yang mereka lakukan secara teratur), Anda mungkin harus membayar untuk berinteraksi dengan pengikut Anda.

 

Anda juga dibatasi dalam hal desain. Anda dapat mengupload gambar dan header, tetapi batas tata letak Facebook atau Instagram mungkin membuat sebagian pengguna merasa kesal.

 

Yang terpenting, jika Anda ingin menjual sesuatu, Facebook bukanlah platform yang cocok. Meskipun plugin tersedia, Facebook kerap kali mengubah daftar plugin yang diizinkan. Toko Anda dapat dihapus tanpa adanya pemberitahuan.

 

 

2. Website WordPress

 

Kelebihan – Kontrol penuh dan potensi tanpa batas.
Kekurangan – Biaya pemeliharaan dan keterampilan teknis diperlukan.
Biaya penyiapan – Mulai dari Rp 69.740 – Rp 278.960 per bulan untuk hosting dan domain.
Lihat lebih lanjut – Hosting WordPress

 

Elegant Themes - WP Premium Themes

Tema WordPress premium: Elegant Themes

 

WordPress adalah pilihan terbaik jika Anda ingin website Anda sendiri dengan kontrol dan fleksibilitas penuh. WordPress mendukung 25% dari semua website, jadi ini adalah platform tepercaya dan disegani.

 

Anda dapat melakukan aktivitas apa saja dengan WordPress. Membangun toko online, membuat website portofolio, memposting blog dan konten, serta membuat situs afiliasi. Anda dapat meng-hosting iklan, mengumpulkan alamat email, menghasilkan uang, dan menjalankan bisnis online dari satu tempat.

 

Layanan ini juga dapat diskalakan. Layanan ini mendukung beberapa website terbesar di internet, termasuk The New Yorker, Techcrunch, Variety, Mashable and Time Inc, tetapi juga berfungsi baik untuk blog pribadi.

 

WordPress Dashboard

 

Website WordPress dapat disesuaikan, sehingga Anda dapat mempersonalisasi online presence Anda di internet dengan desain atau gaya apa pun yang Anda sukai. WordPress dilengkapi dengan host yang berisi template gratis (atau ‘tema’). Masing-masing dapat disesuaikan dengan preferensi Anda, atau desainer web profesional dapat menjadikan berbagai hal benar-benar unik dari nol untuk Anda. (Atau jika mau, langganan berbayar akan memberi Anda akses ke tema premium yang keren.)

 

Namun, semua kontrol dan fleksibilitas ini tidak gratis. Meskipun layanan WordPress itu sendiri gratis, namun arsitekturnya tidak. Anda perlu host web (pada dasarnya adalah bagian dari properti internet yang digunakan oleh website Anda) dan nama domain, www.my-website.com.

 

Memilih host web yang baik sama pentingnya dengan website itu sendiri. Hal ini berdampak pada kecepatan, keamanan, dan performa. Tabel perbandingan host kami di sini adalah tempat yang baik bagi Anda untuk memulai – Hosting web yang baik (& harganya terjangkau).

 

Membuat dan memelihara website WordPress juga memerlukan elemen keterampilan teknis. WordPress mengklaim Anda dapat menyiapkan dan menginstal dalam waktu 5 menit, tetapi menyiapkan dan menjalankan website Anda memerlukan waktu lebih lama.

 

Ada kurva belajar yang akan menghabiskan banyak waktu Anda, terutama jika Anda ingin menyesuaikan desain, memperbaruinya secara teratur, dan meningkatkan performanya.

 

Jika menyukai nuansa website Anda sendiri, tetapi tidak ingin terlalu merepotkan, ada opsi lain, yaitu Wix.

 

 

3. Wix

 

Kelebihan – Simpel, fitur drag & drop, penyiapan yang mudah.
Kekurangan – Terbatas jika dibandingkan dengan WordPress.
Biaya penyiapan – Gratis, tetapi perlu diupgrade ke paket premium untuk domain pribadi (mulai dari Rp 62.766).
Lihat lebih lanjut – Baca review Wix

 

Create beautiful site with Wix

 

Wix mirip dengan WordPress tetapi lebih mudah digunakan. Memang lebih terbatas, tetapi tidak semua orang membutuhkan daftar fitur yang rumit.

 

Keunggulan dari Wix adalah keringkasannya. Wix menangani hosting, penyimpanan, performa, dan semua hal teknis di belakang layar. Anda hanya perlu login untuk menambahkan konten.

 

Semua template dapat digunakan dengan fitur drag & drop, sehingga Anda dapat menata letak website tanpa coding apa pun. Template gratis umumnya lebih keren daripada WordPress, yang akan menarik bagi freelancer dan profesional kreatif.

 

Soup-studios.com

Website Wix: Soup-studios.com

 

Template Wix cocok untuk blog dan situs portofolio sederhana, dan di sanalah layanan ini terus berkembang. Wix menawarkan mekanisme untuk membuat toko online, tetapi WordPress atau Shopify (berikutnya) menawarkan platform yang lebih baik untuk e-Commerce.

 

Secara keseluruhan, Wix adalah opsi yang baik untuk portofolio sederhana dan website yang dijalankan oleh pengguna yang tidak ingin terlalu repot.

 

Kelemahannya adalah Anda akan memiliki sedikit kontrol atas backend website Anda dan performa keseluruhan. Anda juga mungkin merasa lebih sulit untuk mengintegrasikan fitur canggih seperti keranjang belanja dan formulir pendaftaran email.

 

 

4. Shopify

 

Kelebihan – Penyiapan toko online yang praktis dan cepat.
Kekurangan – Fitur profesionalnya mahal.
Cost of set up – Paket ‘Basic’ dimulai seharga Rp 404.492 per bulan.
Lihat lebih lanjut – Baca review Shopify

 

Create an online store with Shopify

Shopify, seperti namanya, dibuat khusus untuk toko online.

 

Desain dan tata letaknya sederhana dan jelas. Sekali lagi, Shopify tidak memerlukan coding sehingga Anda bisa menyiapkan dan menjalankannya dalam waktu singkat. Faktanya, salah satu anggota tim kami, Ben, telah menghitung waktu penyiapannya dari awal hingga selesai dan hanya memerlukan waktu 19 menit untuk membuat toko Shopify.

 

Keunggulan Shopify terletak pada fitur e-Commerce terintegrasinya. Fitur ini otomatis menangani pembayaran, tarif pengiriman, pajak, dan pelacakan pesanan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan layanan pemasaran internal dan mengintegrasikan software dengan toko dunia nyata untuk menyederhanakan akun Anda.

 

Shopify Store - Sarah Abraham

Toko Shopify: Sarahandabraham.com

 

Alternatif dari Shopify adalah WordPress dengan plugin yang disebut WooCommerce. Umumnya, WordPress & WooCommerce lebih murah dalam hal transaksi dan biaya tetap. Namun, Anda perlu membayar untuk mendapatkan keringkasan dan kemudahan penggunaan.

 

Kelemahan Shopify adalah Anda akan memiliki sedikit kontrol atas arsitektur yang mendasari website Anda. Di area ini, WordPress dan Woocommerce lebih fleksibel, tetapi hal ini menghadirkan pekerjaan dan pemeliharaan tambahan.

 

 

BONUS: 7 Cara Untuk Terlihat Di Internet

 

Memilih platform yang tepat dan menyiapkannya hanyalah langkah pertama. Tahap selanjutnya adalah mulai terlihat di internet. Sayangnya, tidak ada jalan pintas, dan trafik website tidak akan datang secara otomatis. Berikut adalah 7 trik yang dapat Anda gunakan untuk mulai mengarahkan pengguna ke website atau akun sosial Anda:

 

1. Iklan Facebook

 

Biaya – Saya menghabiskan sekitar Rp 1.394.800 per minggu untuk iklan Facebook, tetapi Anda tentu saja bisa memulainya dengan lebih murah. Platform lain akan menghabiskan ribuan setelah dapat menjamin pengembalian investasi.

 

Iklan Facebook adalah salah satu cara terbaik untuk menjangkau pengguna yang sangat ditargetkan. Anda memiliki kontrol penuh atas demografi, lokasi, dan minat pengguna sehingga Anda hanya mempromosikan kepada pengguna yang tertarik.

 

Gunakan iklan untuk memberi tahu pengguna terkait website Anda dan cara Anda akan menyelesaikan masalahnya. Iklan Facebook juga terjangkau. Sebaiknya uji dalam skala kecil terlebih dahulu, kemudian tingkatkan pengeluaran secara bertahap.

 

Untuk informasi selengkapnya, lihat panduan saya untuk meningkatkan rasio klik-tayang pada iklan Facebook.

 

 

2. Optimasi mesin pencari (SEO)

 

Biaya – Anda tidak perlu mengeluarkan biaya di sini (kecuali Anda menyewa pakar), hanya waktu yang diperlukan untuk meneliti dan menerapkan teknik tersebut.

 

SEO adalah cara agar website Anda memiliki peringkat dalam penelusuran Google. Ini adalah topik SANGAT BANYAK dan Anda perlu membaca buku banyak supaya dapat memahaminya dengan jelas (meski demikian, sumber dari orang-orang di Moz yang menjadi tempat yang bagus untuk memulai).

 

Langkah pertama Anda di sini adalah menentukan ‘kata kunci’ apa yang ingin Anda beri peringkat. Dengan kata lain, apa yang harus diketik pengguna ke Google untuk menemukan Anda?

 

Selanjutnya, lakukan beberapa pengoptimalan ‘di halaman’ yang sederhana. Tempatkan kata kunci tersebut ‘pada halaman’ dalam tag judul, header, deskripsi gambar, dan tag, dll. Ini hanyalah langkah dasar dan pembuatan fondasi yang sederhana untuk masa mendatang.

 

Bisnis ‘dunia nyata’ seperti kafe atau restoran juga ingin mengklaim lokasi peta mereka di Google dan mencantumkan diri sendiri di direktori online. Cari tahu selengkapnya tentang ‘SEO lokal’ di sini.

 

 

3. Mulai membuat konten

 

Biaya – Menulis blog tidak dipungut biaya. Namun, jika Anda lebih suka mempekerjakan freelancer, biayanya sekitar Rp 1.395 – Rp 2.790 per kata di website seperti Problogger dan UpWork.

 

Blog, video, dan gambar adalah cara terbaik untuk mulai berkomunikasi dengan audiens Anda dan menghasilkan interaksi. Konten yang bermiti membantu Anda menjangkau potensi pelanggan dan membangun merek Anda.

 

Start Blogging

 

Pikirkan tentang feed berita media sosial Anda saat ini. Feed tersebut penuh dengan konten yang dimaksudkan untuk berinteraksi dengan Anda dan membangun pengikut. Perlu waktu untuk menulis blog atau membuat video, tetapi semuanya perlu upaya yang sepadan.

 

Apa pun industrinya, konten yang baik membantu menambah nilai bagi pengunjung Anda. Nilai ini menunjukkan keahlian Anda, yang akan membantu membangun identitas, dan menarik lebih banyak trafik. Coba baca panduan kami terkait cara untuk membuat strategi konten yang akan mendongkrak trafik yang tinggi.

 

 

4. Mulai menulis & mempublikasikan artikel

 

Biaya – Sekali lagi, semuanya gratis kecuali jika Anda ingin menyewa seorang penulis profesional.

 

Menghasilkan konten adalah awal yang baik, tetapi bagaimana cara Anda menarik perhatian pengguna agar melihatnya? Salah satu caranya adalah menghasilkan konten untuk blog dan website yang sudah ada. Ini adalah peluang untuk menjadikan nama Anda dikenal di depan calon pengguna baru dan terhubung dengan para pengguna yang sudah ada di industri.

 

Coba tulis artikel dan publikasikan ke blog lain di pasaran Anda. Jika diterima, Anda akan mendapatkan link untuk kembali ke website Anda dan konten Anda diharapkan akan menginspirasi pengguna baru untuk mengikuti Anda (link untuk kembali ke website Anda juga penting demi pengoptimalan mesin telusur).

 

 

5. Pemasaran influencer

 

Biaya – Biayanya bisa gratis jika Anda mendekati orang yang tepat dan menawarkan promosi timbal balik. Namun, mendekati influencer yang paling populer dapat memakan biaya mulai dari Rp 697.400 hingga lebih dari Rp 209.220.000 untuk mempromosikan produk Anda.

 

Influencer adalah mereka yang memiliki pengikut dan kredibilitas besar di industri. Pemasaran influencer menjadi semakin kuat secara online, dengan beberapa akun media sosial yang memiliki jutaan pengikut. Dengan memanfaatkan pengikut yang sudah ada, Anda dapat menarik perhatian untuk Anda dan bisnis Anda.

 

asfasf

 

Tentu saja hal ini tidak mudah dilakukan, dan dalam beberapa kasus dikenakan biaya jika Anda mempromosikan produk Anda melalui influencer. Namun, jika Anda memilih blog atau individu yang tepat, Anda bisa menghasilkan banyak trafik yang ditargetkan kepada Anda.

 

Mulailah dengan mengidentifikasi influencer utama dalam industri Anda. Mulailah percakapan dengan para pengguna melalui Twitter atau kirimkan email yang sopan kepada mereka. Cobalah untuk menjalin hubungan timbal balik sebelum Anda meminta sesuatu.

 

 

6. Mengirim press release (siaran pres)

 

Biaya – Distribusi siaran pres dimulai berkisar Rp 1.394.800.

 

Siaran pers adalah dokumen yang memberi tahu dunia tentang Anda. Anda dapat melibatkan agensi untuk menyusun dan mendistribusikan siaran pers yang bagus untuk perusahaan Anda dan biayanya tidak banyak. Berikut adalah siaran pers yang kami lakukan ketika mengupgrade pemeriksa kecepatan server kami dan kami beruntung berita tersebut diminati oleh Yahoo.

 

Bitcatcha Press Release

 

Tip Pro:

Mulailah dengan menyoroti sesuatu yang patut diperhatikan terkait bisnis Anda. Cobalah berpikir seperti jurnalis atau blogger dan pahami apa yang membuat mereka ingin menulis tentang Anda.
 
• Apakah ada sesuatu yang unik terkait produk atau model bisnis Anda?
• Apakah Anda meluncurkan produk yang inovatif atau inovatif?
 
Sertakan beberapa latar belakang tentang diri Anda dan beri ‘artikel’ kepada blogger untuk dikembangkan. Kemudian cari agen untuk mendistribusikannya.

 

 

7. Jangan lupa pemasaran di dunia nyata!

 

Biaya – Rekomendasi dari mulut ke mulut tidak dipungut biaya. Tetapi jika Anda memproduksi materi promosi, biayanya akan bervariasi tergantung pada berapa banyak yang Anda hasilkan.

 

Di dunia online, mudah untuk melupakan betapa kuatnya pemasaran tradisional. Pastikan untuk menyertakan tautan ke online presence Anda di internet pada kartu bisnis dan materi promosi Anda. Bahkan, iklan di majalah perdagangan dan sarana publikasi pantas dikejar untuk menyebarkan berita.

 

 

Kesimpulan

 

Tidak ada solusi praktis terkait online presence di internet.

 

Website yang kompleks belum tentu merupakan jawaban terbaik untuk Anda, terutama jika Anda baru saja memulai. Ada jalan pintas dan opsi yang lebih mudah seperti akun media sosial sederhana atau halaman portofolio langsung.

 

Jangan berinvestasi di website yang rumit jika Anda menghargai kesederhanaan. Namun, jangan batasi diri Anda jika membangun bisnis digital.

 

Pertama, tentukan apa yang Anda inginkan dari online presence Anda di internet. Kedua, sesuaikan platform dengan kebutuhan Anda. Ketiga, gunakan promosi aktif untuk membangun online presence di internet. Sebagai kesimpulan, berikut daftar berbagai hal yang perlu diingat untuk keempat platform yang telah kita bahas.

 

 

Sudahkah Anda mencoba berbagai hal untuk membangun online presence Anda di internet dengan benar? Apakah Anda menyiapkan website sebelum memahami sepenuhnya apa yang Anda butuhkan?

 

Beri tahu kami tentang ide, komentar, dan pendapat Anda!