tl;dr

Patriot Software adalah sistem payroll yang fantastis dengan sedikit kelemahan. Bila Anda bisa menerimanya, Anda akan menyukainya! Pelajari lebih lanjut.

 

Review Patriot Software – 9 Kelebihan & 4 Kelemahan Patriot Software Payroll

 

Pada saat saya melakukan riset untuk seri review payroll online kami, saya berkonsultasi dengan beberapa teman, keluarga, dan tentunya forum-forum internet tentang mana merek-merek payroll yang harus saya ulas.

 

Seperti yang telah diperkirakan, banyak nama muncul tetapi hanya sedikit yang menyebut Patriot Software. Jadi dengan informasi ini, kami menyingsingkan lengan baju dan mulai bekerja, melakukan riset atas sistem payroll yang bertumpuk.

 

Ternyata, kisah Patriot cukup menginspirasi!

 

 

Catatan

Kami menggunakan kurs 1 USD untuk 13.948 IDR untuk semua harga yang tertera.

 

Patriot Software – Dibangun Dari Bawah

 

Patriot Software tidak dimulai sebagai Patriot Software sama sekali.

 

Bahkan CEO Mike Kappel, pendiri dan pencetus visi perusahaan ini memulai dengan membuat software kustom bersama rekannya.

 

Uang yang mereka hasilkan tidak sebanding dengan waktu yang mereka habiskan untuk membuat perangkat lunak itu, sehingga Mike mulai melirik ide-ide bisnis lain. Inilah saat di mana ia mempunyai ide, bahwa pasar membutuhkan sebuah jaringan perekrutan digital online.

 

Mereka menamakan perusahaan tersebut Top Echelon. Dengan sedikit kegigihan dan keberuntungan, mereka mengembangkan merek itu menjadi jaringan yang paling andal untuk para perekrut di negaranya.

 

Namun, Keppel kurang puas dengan kesuksesannya di Top Echelon dan mulai mencari ide-ide baru. Ia ingin membantu pengusaha-pengusaha kecil memastikan bahwa perusahaan kecil mereka mempunyai sarana yang tepat untuk menjadi sukses.

 

Berangkat dari pengalamannya saat mendirikan Top Echelon, Mike mulai mengerjakan sebuah sistem payroll online di ruang bawah tanah pabriknya pada tahun 2002 yang akhirnya menjadi Patriot Software yang lambat.

 

Yang jelas, karena kelambatannya, software itu tidak diterima dengan baik di pasar. Tetapi seperti semua pebisnis yang handal, Mike tidak menyerah dengan adanya sandungan kecil.

 

Ia kembali ke papan gambar dan menghasilkan sebuah program akunting DAN payroll, yang kita kenal sekarang dengan Patriot Software. Software ini mencapai sukses, dan perusahaan itu bernilai sekitar 128 juta dolar di tahun 2017.

 

Dewasa ini, Patriot Software melayani 21.500 bisnis skala kecil di 50 negara bagian AS dan bernilai 205,4 juta dolar di tahun 2018.

 

(Kembali Ke Atas)

 

Apakah Patriot Software Payroll yang Tepat Untuk Anda?

 

Dengan melihat data, mudah untuk membayangkan bahwa Patriot Software adalah sistem payroll yang terbaik dengan harga yang mengagumkan dan jumlah klien yang mereka miliki.

 

patriot software payroll punya rekomendasi Capterra

(Sumber: Capterra)

 

patriot software payroll punya rekomendasi software advice

(Sumber: Software Advice)

 

Bila orang-orang mempercayai mereka sebesar itu, seharusnya mereka memang terpercaya, bukan?

 

Yah, sulit untuk dijelaskan. Kadang-kadang sebuah perangkat lunak itu sukses dan populer karena marketing di belakangnya, bukan karena fungsi dan performa aktual programnya.

 

Ada kalanya, sebuah perangkat lunak bisa mengecewakan dan masih tetap populer hanya karena orang-orang tidak tahu ada yang lebih baik.

 

Jadi, bagaimana Anda tahu kalau sistem payroll Patriot Software baik untuk bisnis kecil Anda?

 

Ya, untuk itulah kami ada di sini. Kami akan mencoba software mereka dan memberi Anda tinjauan mendalam tentang seperti apa menggunakan sistem mereka. Kami akan berbagi semuanya dengan Anda, sisi baik, buruk, dan paling buruk.

 

Singkatnya, kami akan mengambil semua risiko dan membuat semua kesalahan sehingga Anda bisa belajar dari kami dan menghindari masalah seperti yang kami alami.

 

Jadi tanpa bertele-tele, mari simak tinjauannya.

 

(Kembali Ke Atas)

 

9 Hal yang Kami Sukai dari Patriot Software

 

1. Sistem Payroll Tanpa Ribet!

 

Melakukan payroll dengan Patriot Software sangat mudah. Sebenarnya, semua yang dimiliki Patriot Software tampaknya dirancang sesederhana dan sejelas mungkin.

 

Saya sebenarnya heran mengapa perusahaan-perusahaan lain tidak melakukan pendekatan ini, karena software ini menyelesaikan semuanya tanpa perlu ada latihan yang menurut saya ini bisa menghemat waktu.

 

Anda melakukan payroll dengan 3 langkah mudah:

 

  1. Masukkan payroll
  2. Setujui payroll
  3. Cetak payroll

 

Langkah 1 – Masukkan Payroll

 

patriot software masukkan payroll

 

Selama rincian data staf Anda diatur dengan tepat, semua akan terlihat seperti ini di layar masuk payroll. Yang perlu Anda lakukan adalah cukup memasukkan jumlah yang sesuai, atau mengoreksi bila diperlukan.

 

Bila Anda tidak perlu mengoreksi apapun, Anda bisa terus dan klik next.

 

Langkah 2 – Setujui Payroll

 

patriot software setujui payroll

Langkah ini pada dasarnya dibuat untuk memastikan tidak ada kekeliruan pada saat melakukan payroll. Anda tidak perlu melakukan apapun, cukup menelusuri angka-angka dan memastikan semuanya benar sebelum memberikan persetujuan.

 

Langkah 3 – Cetak Payroll

 

patriot software cetak payroll

 

Pada saat Langkah 2 selesai, Patriot Software akan secara otomatis memasukkan deposit ke rekening para staf Anda dan menghindarkan Anda dari melakukannya sendiri (hanya tersedia untuk paket Full Service).

 

Anda selesai melakukan payroll!

 

MEMUDAHKAN PAYROLL @ PATRIOT (HANYA Rp 474.232)

* Pengaturan gratis untuk riwayat staf dan payroll!
** Tidak mengikat, batalkan kapan saja!

 

(Kembali Ke Atas)

 

2. Mencetak Slip Gaji Dengan Mudah!

 

Setelah payroll selesai, Anda bisa dengan mudah mencetak slip gaji untuk para staf Anda.

 

patriot software cetak slip gaji

 

Anda perlu mengklik “Print Payrolls” pada kotak di sebelah kiri, lalu klik “Print” pada payroll yang Anda inginkan. Anda akan diarahkan ke layar “Print Employee Payroll”, di mana Anda akan melihat tombol “Download Paystubs Now”.

 

patriot software unduh gaji slip

 

Tekan tombol ini dan Anda akan mendapatkan dokumen PDF semua slip gaji untuk para staf secara rapi terpisah menjadi beberapa halaman, sehingga Anda cukup menekan tombol cetak tanpa harus menggunting kertas-kertas.

 

patriot software gaji slip pdf format

 

Atau, Anda juga bisa memasukkan log para staf Anda ke Employee Portal, sehingga mereka bisa menyimpan salinan digital slip gaji mereka (mengapa harus mencetak di kertas kalau bisa menyimpan salinan digital, ya nggak sih?) atau mencetaknya sendiri.

 

(Kembali Ke Atas)

 

3. Mudah Menambah Staf Baru Dalam Sistem!

 

Pasti tidak menyenangkan kalau Anda harus menjalani proses rumit dengan perangkat lunak untuk menyelesaikan sesuatu. Beberapa program payroll yang kami coba mengharuskan kami melalui beberapa langkah sebelum bisa berhasil melakukan sesuatu yang sederhana seperti menambah staf ke dalam sistem. Menurut kami itu sangat tidak menyenangkan dan merepotkan.

 

Dengan Patriot Software, hal ini sama sekali bukan masalah.

 

Yang perlu Anda lakukan adalah menuju ke dashboard dan tekan “Add Employee”

 

patriot software mudah untuk menambah karyawan

 

Kemudian Anda akan diarahkan ke sebuah halaman di mana Anda perlu mengisi data staf Anda. Anda ingat kan dengan yang saya katakan, kalau Patriot Software sangat mudah digunakan?

 

Itu juga berlaku di sini!

 

Yang perlu Anda lakukan adalah mengisi kolom-kolom. Tidak perlu seorang ahli komputer untuk melakukannya!

 

patriot software mengisi info karyawan

 

Pada saat Anda mengisi semua perincian, pastikan Anda melakukan satu langkah tambahan penting ini. Centang tombol untuk mengirim Email Employee Portal Registration ke staf baru Anda. Hal ini akan lebih memudahkan Anda ke depannya, dan akan kami bahas di poin #4.

 

patriot software menghantar email pendaftaran

 

Begitu Anda selesai mengisi semuanya, tekan tombol oranye “Add Employee” di bawah dan Anda selesai!

 

Mengapa ya semua di dalam hidup tidak bisa semudah ini?

 

(Kembali Ke Atas)

 

4. Patriot Software Punya Portal Staf (Employee Portal)!

 

Bila Anda mengikuti instruksi kami di poin #3, Anda seharusnya sudah mengirim email ke staf Anda untuk mendaftar di Employee Portal Patriot.

 

Melakukan ini bisa menjadi salah satu hal terbaik yang pernah terjadi dalam hidup Anda.

 

Pada saat Anda mengundang mereka untuk mendaftar di portal, mereka akan mendapat email singkat dari Patriot Software untuk mendaftar. Jangan khawatir, semua terlihat tidak menekan dan aman sehingga para staf Anda tidak akan ketakutan.

 

patriot software punya portal staf

 

Setelah mereka mendaftar, para staf Anda akan dapat mengustomisasi nama dan kata sandi mereka. Mereka juga akan dapat memberitahu sistem untuk menggunakan alamat email yang mereka inginkan demi kenyamanan.

 

Employee Portal pada dasarnya memberikan pengguna akses ke seluruh data mereka. Mereka bisa memeriksa informasi gaji mereka, data pemotongan pajak, dan bahkan kartu absensi mereka.

 

Mereka juga akan dapat mencetak slip gaji mereka atau menyimpannya secara digital, yang mana hal ini akan menghindarkan Anda dari mencetak slip gaji seluruhnya. Jujur saja, saya lebih suka staf saya menyimpan slip gaji mereka secara digital. Mengapa harus mengorbankan pepohonan untuk kertas ketika Anda bisa mengakses slip gaji Anda kapan pun secara online?

 

Intinya, Employee Portal akan memudahkan baik hidup Anda dan staf Anda dengan menghemat data dan membuat data dapat dengan mudah diakses kembali oleh kedua pihak. Staf dapat mengakses data mereka sendiri tanpa harus mengganggu waktu pemilik bisnis.

 

(Kembali Ke Atas)

 

5. Ada yang salah? Hapus saja!

 

Kita semua adalah manusia, dan manusia mungkin melakukan kesalahan.

 

Ketika berbicara mengenai sistem payroll, kekeliruan kadang-kadang bisa sulit diperbaiki. Beberapa program bahkan tidak membiarkan Anda untuk memperbaiki kekeliruan tersebut. Anda harus menghubungi bantuan untuk bertanya apakah itu bisa dilakukan.

 

Untungnya, kami lihat tidak sulit untuk memperbaiki kekeliruan dengan Patriot Software.

 

Yang perlu Anda lakukan adalah menuju ke “Void Checks” di bawah tab “Payroll”. Di sana, Anda akan melihat daftar cek yang bisa dihapus.

 

patriot software boleh hapus payroll salah

 

Anda hanya perlu memilih cek yang salah, lalu tekan tombol orange besar “Void Selected Checks” (salut untuk tim UI, membuat tombol penting dengan warna oranye supaya kontras dengan tombol regular berwarna biru adalah langkah jenius).

 

Hanya saja, jangan lupa jalankan payroll lagi untuk payroll yang sudah dihapus, atau staf Anda yang malang tidak akan dibayar!

 

Catatan

Bila gaji sudah ditransfer ke akun staf, Anda tidak bisa menghapusnya lagi!

 

(Kembali Ke Atas)

 

6. Atur Waktu Cuti!

 

Para staf Anda berhak untuk sejumlah waktu cuti yang digaji dalam setahun (jumlah hari cuti yang mereka dapat berbeda menurut situasi), tetapi bila mereka perlu mengambil cuti setelah menggunakan semua waktu cuti digaji, sistem payroll Anda perlu mengetahuinya sehingga penyesuaian dapat diterapkan dalam payroll mereka.

 

Beberapa sistem payroll yang ada tidak mempertimbangkan hal ini, sehingga dapat menyebabkan gangguan pada pelaksanaan payroll.

 

Masuk ke tab “Payroll”, klik “Manage Time Off”, dan Anda akan diarahkan ke halaman di mana Anda bisa melihat semua jam cuti yang tersedia untuk staf Anda.

 

patriot software boleh atur waktu cuti

 

Yang perlu Anda lakukan adalah centang kotak di dekat nama staf, dan tekan “Edit Vacation Hours for selected Employees”.

 

Hanya cukup mengisi kolom-kolom. Tidak ada yang lebih mudah dibandingkan ini.

 

patriot software boleh atur waktu liburan

 

Setelah Anda selesai, tekan “Save” (sekali lagi, tombol-tombol penting diberi tanda dengan warna oranye terang), dan Patriot Software akan melakukan semua kalkulasi penting untuk Anda pada saat melakukan payroll.

 

Sederhana, cepat, dan mudah!

 

(Kembali Ke Atas)

 

7. Manajemen Kehadiran yang Bagus Sekali!

 

Manajemen kehadiran biasanya urusan HR, tetapi kami senang karena Patriot Software memasukkan fitur ini ke dalam sistem mereka sebagai layanan tambahan.

 

Ini bagus sekali karena kami bisa mendapatkan semua yang kami butuhkan dalam satu aplikasi tanpa harus beralih menggunakan software manajemen waktu lainnya, yang tidak terlalu membutuhkan banyak kerja tetapi bisa jadi menyebalkan.

 

Masuk ke tab “Payroll” seperti biasanya, lalu klik “Manage Time Cards”.

 

patriot software punya manajement kehadiran yang baik

 

Seperti semua yang Anda lakukan di Patriot Software, Anda akan dapat melihat waktu semua orang dalam satu layar. Alokasikan jam untuk para staf sesuai keinginan Anda, lalu tekan “Save Time Card”.

 

Anda bahkan tidak perlu menginformasikannya ke para staf sendiri, karena program akan secara otomatis memperbarui semua staf Anda, dan mereka akan dapat memeriksa waktu mereka sendiri melalui Employee Portal.

 

LIHAT FITUR LENGKAP @ PATRIOT SOFTWARE SEKARANG!

* Harga mulai dari Rp 474.232 /bulan!

 

(Kembali Ke Atas)

 

8. Fitur Akuntansi Komprehensif!

 

Ada banyak penyedia software payroll di luar sana, tetapi Patriot Software tampaknya menemukan cara untuk tampil beda dengan kapabilitas akuntansi mereka.

 

Dari semua penyedia payroll yang kami coba, mereka adalah satu-satunya yang menyediakan layanan akuntansi, dan layanan itu sangat bagus.

 

Pada saat Anda masuk ke akunting, pertama-tama Anda perlu memasukkan semua data perusahaan Anda, konsumen, vendor, produk, layanan, dll. Semua ini akan mengatakan pada program apa jenis bisnis yang Anda lakukan, sehingga mereka dapat memunculkan secara otomatis kolom-kolom yang perlu Anda isi. Semuanya sangat jelas. Ikuti petunjuk di layar, dan Anda tidak mungkin keliru.

 

Setelah Anda memasukkan semuanya, hidup menjadi benar-benar mudah.

 

Anda bisa membuat kuotasi, memperkirakan dan membuat penagihan untuk para konsumen dengan template yang sudah dibuat sebelumnya dengan semua data Anda. Produk atau layanan Anda sudah ada di menu drop down, dan ketika Anda memilih sebuah barang, harga akan otomatis ditambahkan ke kuotasi atau tagihan.

 

Anda bahkan mempunyai opsi untuk membuat potongan harga!

 

patriot software boleh buat potongan harga di invois

 

Sekarang pada saat Anda menelusuri bagian vendor, Anda akan melihat bahwa Anda bisa melakukan pembayaran untuk vendor Anda dengan mudah, melakukan pembayaran tagihan, dan mencetak cek. Anda juga akan dapat memasukkan penarikan dana dan deposit dari dan ke rekening, benar-benar tidak perlu mengandalkan program pihak ketiga untuk urusan pembukuan.

 

patriot software punya urusan pembukuan

 

Dalam hal ini, Patriot Software benar-benar yang terbaik.

 

Catatan

Fitur akuntansi Patriot Software adalah layanan berbayar yang terpisah dari sistem payrollnya.

 

(Kembali Ke Atas)

 

9. Patriot Software Punya Banyak Jenis Laporan!

 

Bila Anda salah satu jenis orang yang menyukai laporan, Anda akan senang karena mengetahui Patriot Software dapat menghasilkan semua jenis laporan untuk Anda teliti!

 

They’ve got one of the longest list of report options I’ve seen in a payroll software provider. Just head on over to the dashboard, hit on reports and BAM!

 

patriot software punya banyak jenis laporan

 

Anda akan dapat mengunduh sebanyak mungkin laporan sesuai keinginan!

 

COBA GRATIS 30 HARI @ PATRIOT SOFTWARE SEKARANG!

* Tidak ada keharusan, batalkan kapan saja!
** Juga tersedia panduan demo!

 

(Kembali Ke Atas)

 

4 Hal yang Tidak Kami Sukai Dari Patriot Software

 

Patriot Software mempunyai banyak kelebihan, tetapi ini bukan berarti mereka tidak mempunyai kekurangan. Berikut adalah beberapa hal yang menurut kami bisa mereka lakukan dengan lebih baik.

 

1. Tidak Dapat Menambahkan Staf Secara Sekaligus

 

Untuk bisnis kecil dengan staf di bawah 10 orang, hal ini sama sekali tidak menjadi masalah. Tetapi bagaimana bila bisnis kecil Anda mempunyai 20, 30 staf? Menambahkan staf satu per satu bisa memakan banyak waktu, dan bisa sangat membosankan juga.

 

Mungkin ada cara untuk melakukannya secara sekaligus, tetapi saya tidak dapat menemukannya.

 

Saya bisa bertanya ke bantuan tentang ini… tetapi kami akan membahasnya di poin berikut.

 

(Kembali Ke Atas)

 

2. Tim Bantuan yang Lambat

 

Anda bisa menghubungi tim bantuan Patriot Software lewat live chat, telepon, atau email. Tetapi, pada saat saya mencoba menghubungi di luar jam kerja (bantuan langsung hanya buka dari 8-9 pagi, Senin-Jumat, Waktu Amerika Timur) saya tidak ada pilihan lain kecuali menghubungi mereka lewat email yang sebenarnya bukan masalah sama sekali.

 

patriot software tim dukungan

 

Masalahnya, mereka baru membalas 4 hari kemudian. Mereka memang sangat membantu, tetapi saya terlalu lama menunggu.

 

(Kembali Ke Atas)

 

3. Sedikit Membosankan

 

Sekarang saya jadi banyak menuntut.

 

Patriot Software memang bisa digunakan, dan cara kerjanya bagus sekali. Hanya saja tampilannya membosankan, seolah-olah seperti diciptakan oleh seorang desainer dengan gagasan generasi boomer.

 

Semuanya terasa tenang, aman, dan biru… seperti bank dari era 90-an.

 

Saya yakin beberapa orang cocok dengan ini. Tetapi menurut saya mereka sebenarnya bisa sedikit berani dalam hal desain.

 

(Kembali Ke Atas)

 

4. Patriot Software Terasa Lambat

 

Hal ini tidak diragukan lagi adalah masalah terbesar saya dengan Patriot Software.

 

Bila menyangkut layanan software online, Anda HARUS cepat.

 

Anda sebaiknya cepat kalau tidak konsumen akan merasa seolah-olah mereka menggunakan layanan offline. Bila mereka MENGETAHUI kecepatannya, artinya Anda terlalu lambat untuk kecepatan yang normal.

 

Dengan Patriot Software saya merasakan kecepatannya. Bahkan, saya merasakannya beberapa kali. Meskipun demikian, menurut saya lebih adil bila saya mengatakan kelambatan bisa jadi karena koneksi internet saya, sehingga hasilnya bisa bervariasi.
 

(Kembali Ke Atas)

 

Paket & Harga Patriot Software: Ringkasan

 

Patriot Software memisahkan harga layanan mereka menjadi dua jenis, yaitu Basic Payroll dan Full Service Payroll.

 

Basic
Full Service

Harga /bln*
Rp 139.480
Rp 418.440

Direct Deposit
Ya
Ya

Employee Portal
Ya
Ya

Tax Filing
Manual
Otomatis


* Tambahan Rp 55.792 per bulan per staf.

 

Selain itu, Anda perlu membayar biaya tambahan untuk layanan tambahan mereka:

 

Waktu & Kehadiran

  • Akses Mudah & Aman
  • Fitur Time Card
  • Laporan Akurat
  • Tracking Waktu Cuti
  • Harga – dari Rp 69.740 /bln
  • Selengkapnya

Software SDM

  • Tracking Informasi Karyawan
  • Laporan & Manajemen SDM
  • Harga – dari Rp 55.792 /bln
  • Selengkapnya


 

(Kembali Ke Atas)

 

Kesimpulan: Haruskah Anda Menggunakan Patriot Software?

 

Tidak diragukan lagi Patriot Software salah satu penyedia layanan payroll terbaik di luar sana. Software ini melakukan apa yang sudah dijanjikan dan dilakukan dengan baik.

 

Hanya saja, menurut saya pribadi ada beberapa hal yang seharusnya bisa mereka perbaiki lagi.

 

Ambil contoh, ketidakmampuan mereka untuk menambah karyawan secara massal. Ini adalah sesuatu yang sangat mendasar yang harus mudah dilakukan untuk kewarasan pemilik bisnis. Mungkin itu bisa dilakukan, tetapi saya tidak bisa mengetahuinya dan saya tidak bisa repot-repot untuk memeriksa dengan dukungan karena live chat sedang offline, dan dukungan email terlalu lama dibalas.

 

Patriot Software terkadang terasa tidak responsif, tetapi itu mungkin karena koneksi saya. Itu juga terlihat sedikit membosankan dan hambar – tetapi ia melakukan apa yang seharusnya dilakukan dengan sangat baik.

 

Harga bisa agak mahal. Basic Payroll dasar terjangkau, tetapi tidak sebanding. Program ini tidak terasa sepadan jika Anda harus menyetor sendiri dan mengajukan pajak sendiri, jadi Full Service adalah solusinya, dengan biaya setidaknya Rp 418.440 sebulan.

 

Jika ditambah dengan add-on software Waktu & Kehadiran dan SDM biaya tiba-tiba meningkat menjadi Rp 543.972 per bulan, bahkan belum termasuk harga per staf!

 

Meskipun demikian, Patriot Software benar-benar salah satu penyedia perangkat lunak payroll online yang paling dapat diandalkan yang tersedia.

 

Mereka punya video onboarding yang benar-benar membantu Anda. Jika Anda buntu, ada tombol bantuan di setiap langkah. Anda tidak perlu menjadi ilmuwan roket untuk menggunakan ini, Anda hanya perlu tahu cara mengikuti instruksi di layar.

 

Sebenarnya, menurut kami Patriot Software sangat mudah digunakan karena yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti petunjuk di layar. Tidak ada yang lebih sederhana dari itu. Sangat mudah, saya yakin nenek saya bisa belajar bagaimana menggunakannya…

 

Patriot Software adalah salah satu SaaS payroll online terbaik yang tersedia, tetapi mereka punya kekurangan. Jika kekurangan dan harga mereka tidak mengganggu Anda, maka Anda akan lebih dari senang dengan sistem payroll mereka yang fantastis.

 

RAIH FULL PAYROLL @ PATRIOT (DARI Rp 474.232/BLN)

* Dengan pengisian pajak & deposit otomatis!
** Tanpa kontrak jangka panjang, biaya tersembunyi, atau biaya akhir tahun.

 

(Kembali Ke Atas)

OnPay

Fitur

Kemudahan Penggunaan

Mulai dari

Rp 195.272

bulanan

KUNJUNGI PATRIOT

  • • Mudah & boleh diandalkan!
  • • Cocok untuk bisnis kecil!

Rahasia Periklanan

Situs ini menggunakan cookie untuk analitik, pemasaran, dan peningkatan situs. Pengungkapan FTC: Kami berpartisipasi dalam program afiliasi, dan kami mendapatkan komisi atas pembelian yang dilakukan melalaui tautan kami. Dengan menutup kotak pesan ini atau melanjutkan akses ke situs kami, Anda setuju untuk menggunakan cookie kami. Silakan meninjau Kebijakan Privasi dan Pengungkapan FTC kami untuk informasi lebih lanjut.