Bitcatcha didukung oleh pembaca. Saat Anda membeli melalui tautan di situs kami, kami dapat memperoleh komisi afiliasi. Lihat lebih lanjut

 

tl;dr

Grammarly Premium adalah proposisi yang sama sekali berbeda dari versi gratis mereka. Tidak masalah apakah Anda seorang penulis atau bukan; alat yang bagus ini dapat dengan jujur membuat perbedaan. Kunci untuk menggunakannya dengan sukses adalah mengingat bahwa alat hanya akan berguna jika digunakan dengan baik dan benar. Lihat lebih lanjut.

 

Review Grammarly – 9 Pro & 4 Kontra Menggunakan Grammarly Premium

 

Grammarly bukanlah merek yang asing bagi saya. Saya mendapat tugas mengulasnya beberapa waktu lalu – dan hasilnya tidak sepenuhnya menguntungkan. Tetapi sebelum Anda menutup halaman ini dengan perasaan kecewa, ada alasan bagus untuk itu.

 

Pendapat saya telah berubah drastis, dan ulasan Grammarly ini akan memberitahu Anda semua keuntungan dan kerugian dari grammar checker ini.

 

 

9 Hal Hebat Tentang Grammarly Premium

 

Sebelum kita melihat lebih dalam lagi ke Grammarly, mari kita pertimbangkan beberapa latar belakang mereka. Grammarly Premium adalah versi berbayar dari asisten berbasis AI yang membantu memperbaiki teks Anda agar lebih baik. Mereka memberitahu Anda apa yang menurutnya salah dengan tulisan Anda dan menawarkan saran untuk memperbaikinya.

 

Grammarly didirikan oleh trio Max Lytvyn, Alex Shevchenko, dan Dmytro Lider. Mereka ingin membantu orang berkomunikasi lebih efektif – ide bagus karena tanda kutip yang hilang dalam konteks yang salah dapat menyebabkan begitu banyak potensi masalah.

 

Karena layanan ini bertujuan untuk mendukung sesuatu yang sangat umum dan digunakan secara luas, Grammarly secara realistis dapat digunakan dalam berbagai konteks. Misalnya, menyusun kata-kata dalam dokumen bisnis formal, email sederhana, atau bahkan untuk sesuatu yang sesingkat pemberitahuan.

 

1. Grammarly sangat mudah diakses dimanapun

 

Tidak perlu khawatir jika menurut Anda Grammarly Premium tidak tersedia untuk kebutuhan spesifik Anda. Anda dapat menggunakannya hampir di mana saja, dan ini sangat nyaman. Selain layanan berbasis web mereka, Grammarly Premium terintegrasi dengan;

 

  • Microsoft Office
    Meskipun tidak bekerja dengan seluruh suite, Grammarly Premium mencakup Word dan Outlook, kedua tempat yang paling umum digunakan. Untuk pengguna Mac, mereka hanya berfungsi di Word saja.
  • Windows & MacOS
    Grammarly hadir sebagai aplikasi asli pada sistem Windows dan Mac. Anda tidak perlu menjalankan browser web – cukup perlakukan itu seperti prossesor yang berdiri sendiri.
  • Android, iOS, and iPadOS
    Perlu mengedit seiring Anda melakukan hal lain di HP? Itu bukan masalah karena Grammarly juga tersedia di platform Apple dan Android.
  • Ekstensi di Browser
    Jika Anda membutuhkan Grammarly untuk semua aktivitas berbasis web Anda, Anda dapat menggunakan ekstensi browser mereka. Ada yang terpisah untuk Chrome, Safari, Firefox, dan bahkan Microsoft Edge.

 

Saya merasa bahwa menggunakannya sebagai ekstensi browser adalah yang paling berguna karena membuat pengalaman menjadi jauh lebih lancar. Mereka menyatu dengan baik bagi saya karena saya terutama bekerja dengan Google Documents. Namun, seperti yang Anda lihat, jika alur kerja Anda tidak sama, kemungkinan tidak akan ada masalah.

 

(Kembali Ke Atas)

 

2. Grammarly Premium lebih berguna dibandingkan versi gratisnya

 

Sejauh ini, saya telah membahas beberapa keunggulan Grammarly secara umum, tetapi saya yakin banyak dari Anda akan bertanya apakah Grammarly Premium sepadan dengan harganya. Bagi saya, jawabannya pasti YA. Meskipun saya seorang penulis dan editor, saya juga manusia.

 

Grammarly membantu saya lebih mudah menangkap kesalahan yang mungkin terkadang lolos saat pemeriksaan ulang. Kuncinya adalah saya menggunakan Grammarly Business. Versi ini mirip dengan Grammarly Premium dalam banyak hal.

 

grammarly premium offering suggestions to rephrase a sentence

Grammarly Premium bahkan akan menawarkan alternatif untuk meningkatkan kualitas teks Anda.

 

Versi gratis Grammarly akan memeriksa banyak hal, tetapi selain memberikan beberapa saran/ide, mereka terutama berfungsi sebagai pemeriksa ejaan yang sangat baik. Grammarly Premium, di sisi lain, lebih komprehensif.

 

Grammarly Premium menawarkan saran, bukan hanya menggaris bawahi bagian teks dan memberi Anda petunjuk menggunakan kode warna. Bagi kita yang bukan penulis, ini bisa sangat membantu. Mengapa menghabiskan waktu bertanya-tanya apa yang salah ketika Anda bisa memperbaikinya dalam satu klik?

 

2.1 Anda Dapat Mencoba Grammarly Secara Gratis

 

Sebelum kita menjurus lebih dalam lagi ke dalam ulasan ini, saya ingin Anda tahu bahwa Anda tidak perlu percaya semua perkataan saya. Grammarly hadir dalam beberapa varian, salah satunya sepenuhnya gratis. Betul sekali; itu gratis seumur hidup.

 

Perbedaannya adalah ia hadir dengan lebih banyak kekurangan daripada versi Premium atau Bisnis. Misalnya, meskipun mungkin memberikan petunjuk tentang apa yang salah, Grammarly tidak akan selalu memberitahu Anda cara memperbaiki masalah tersebut.

 

Beberapa artikel di sekitar akan mencoba dan meyakinkan Anda bahwa Anda bisa mendapatkan uji coba gratis Grammarly Premium. Skema ini seharusnya bekerja dengan mendaftar untuk sebuah paket dan kemudian meminta pengembalian dana dalam waktu 30 hari. Namun, sejauh yang saya tahu, Grammarly tidak menawarkan pengembalian uang.

 

Namun, versi gratis Grammarly menawarkan gambaran bagus tentang pengalaman penggunaanya. Pengalaman pengguna itu adalah bagian penting – gunakan dan lihat bagaimana alur kerjanya terasa bagi Anda.

 

UJI COBA GRATIS @ SITUS RESMI GRAMMARLY

* Dengan saran penulisan dasar dari segi ejaan, grammar, dan tanda baca.

 

(Kembali Ke Atas)

 

3. Biarkan Grammarly bantu memperbaiki intonasi penulisan Anda

 

Dalam penggunaan umum, kebanyakan dari kita menulis dengan banyak tujuan. Kita mungkin perlu menggunakan bahasa lebih formal saat menulis kepada klien bisnis, mencoba untuk memberikan kepercayaan, atau bahkan ingin menambahkan sentuhan humor. Dengan setiap penulisan baru, Anda dapat membuat Grammarly mengatur intonasi dan memandu Anda.

 

grammarly premium lets you set goal audience tone for optimal writing

 

Keindahan bahasa Inggris adalah karena bahasa ini adalah salah satu bahasa yang paling serbaguna. Penggunaan kata-kata yang sama dalam berbagai konteks dapat ditafsirkan dalam berbagai cara. Selama Anda tahu apa yang ingin Anda sampaikan, Grammarly dapat mendorong Anda dengan lembut ke jalan yang benar.

 

Berkat pengaturan variabel intonasi, Grammarly cocok untuk banyak skenario penulisan. Sebagai contoh:

 

  • Percakapan santai
  • Proposal bisnis
  • Disertasi akademik

 

Dan masih banyak lagi.

 

Untuk memberi Anda gambaran yang lebih baik tentang cara kerja intonasi bantuan mereka, saya mengumpulkan konten email singkat yang seharusnya dimaksudkan sebagai pemberitahuan pengunduran diri. Dengan memilih intonasi formal dan penyampaian yang netral, Grammarly berhasil menunjukkan kepada saya apa yang bisa diperbaiki.

 

grammarly adjusting tone of writing based on setting and requirement

 

Pada gambar di atas, kita dapat melihat bahwa salah satu rekomendasi utama adalah penghapusan kontraksi, seperti mengubah “I’m” menjadi “I am”.

 

(Kembali Ke Atas)

 

4. Grammarly lebih dari sekadar pemeriksa ejaan

 

Banyak browser web saat ini dilengkapi dengan pemeriksa ejaan bawaan, begitu juga untuk pengolah kata seperti Microsoft Word. Beberapa memiliki fitur yang lebih canggih juga, tetapi tidak satupun dari mereka yang saya lihat sejauh ini mendekati Grammarly.

 

Untuk menempatkan hal-hal ke dalam perspektif, Grammarly lebih berfokus untuk membantu Anda meningkatkan apa yang Anda tulis. Sebelumnya saya berbicara tentang cara kerjanya untuk memandu intonasi penulisan Anda, tetapi kuncinya ada dalam detailnya. Mereka melakukannya dengan membagi koreksi menjadi empat zona berbeda – Correctness (kebenaran penulisan), Clarity (kejelasan), Engagement (apakah menarik), dan Delivery (penyajian).

 

Grammarly color coding and zoning corrections for better manageability

Koreksi dari Grammarly diberi kode warna dan dibagi menjadi beberapa zona untuk pengelolaan yang lebih baik.

 

Zona ini tidak hanya dikoreksi untuk Anda, tetapi penjelasan mengapa mereka perlu diubah juga disertakan. Tentu saja, saran ini diberikan berdasarkan parameter yang Anda pilih di awal – bagaimana Anda ingin artikel Anda terdengar seperti atau terasa.

 

Bersama-sama, segmen ini membantu meningkatkan kualitas keseluruhan produk akhir – artikel akhir Anda.

 

(Kembali Ke Atas)

 

5. Termasuk dengan pemeriksa plagiarisme

 

Meskipun pemeriksa plagiarisme tidak selalu diperlukan, mereka bisa sangat berguna bagi sebagian orang. Misalnya – jika Anda menjalankan biro iklan, bekerja dengan sekelompok penulis, atau bahkan di bagian public relations.

 

Meskipun banyak yang mungkin tidak berpikir banyak tentang hanya memotong dan menempelkan teks, hal ini dapat berdampak pada bisnis Anda. Skenario ini terutama lebih terasa saat Anda memproduksi konten untuk web. Mesin pencari cenderung tidak menyukai duplikasi konten, dan tanpa sadar menggunakan teks yang disalin dapat mempengaruhi peringkat pencarian Anda.

 

Dalam konteks bisnis, menggunakan teks yang dijiplak juga dapat membuka Anda terhadap potential litigation. Mengapa harus melalui semua kerumitan itu jika Anda dapat memiliki Grammarly untuk mengawasinya saat Anda bekerja?

 

5.1 Cara Kerja Pemeriksa Plagiarisme Grammarly

 

Perlu diperhatikan bahwa pemeriksa plagiarisme adalah alat yang aktif. Ini berarti tidak memeriksa saat Anda seiring Anda menulis, tetapi perlu diaktifkan saat Anda ingin Grammarly memindai dokumen Anda. Setelah Anda menekan tombol ‘Plagiarisme’, ia memindai seluruh teks Anda terhadap halaman web online lain untuk melihat apakah ada teks yang cocok.

 

Saat pemindaian selesai, Grammarly akan menampilkan segmen teks yang cocok dan tautan ke tempat konten yang ada ditemukan. Dengan menggunakan ini, Anda dapat menulis ulang konten Anda atau mencatatnya dengan kutipan.

 

(Kembali Ke Atas)

 

6. Secara otomatis menyimpan pekerjaan Anda

 

Fitur penyimpanan otomatis mungkin terdengar seperti sesuatu yang dapat diabaikan, tetapi sebenarnya tidak. Jika Anda telah menghabiskan berjam-jam mengerjakan sebuah artikel dan listrik tiba-tiba terputus, air mata tidak akan bisa mengembalikan pekerjaan Anda. Tetapi penyimpanan otomatis Grammarly akan membantu Anda.

 

Selain itu, jika Anda menggunakan Grammarly versi berbasis web, ia juga dilengkapi dengan fitur pemulihan. Anda tidak perlu menyimpan semua dokumen Anda, dan repositori Grammarly berfungsi selayaknya
penyimpanan cloud.

 

Setelah Anda menghapus file, file itu akan disimpan di tempat sampah. Jika Anda menyesal menghapusnya, cukup gali di tempat sampah dan Anda bisa mendapatkannya kembali. Bahkan jika Anda tidak dapat menemukannya lagi, segera hubungi Grammarly dan terkadang dapat dibantu dalam pemulihan file.

 

(Kembali Ke Atas)

 

7. Grammarly bekerja dalam banyak versi bahasa Inggris

 

Meskipun mungkin terdengar aneh, faktanya bahasa Inggris memang sedikit berbeda berdasarkan daerah di mana bahasa itu digunakan. Contoh paling mencolok dari hal ini adalah bahasa Inggris British dan Amerika, yang memiliki gaya dan ejaan yang berbeda. Salah satu contohnya adalah “Color” (AS) versus “Colour” (Inggris).

 

Meskipun Grammarly hanya dapat bekerja dengan bahasa Inggris, mereka mendukung variasi – Bahasa Inggris Amerika, Bahasa Inggris British, Bahasa Inggris Kanada, dan bahkan Bahasa Inggris Australia. Saya akan jujur ​​di sini – saya agak akrab dengan dua yang pertama tetapi tidak tahu apa yang dimaksud dengan bahasa Inggris Kanada dan Australia.

 

Namun fakta bahwa Grammarly dapat membedakan keduanya sangat mengesankan.

 

(Kembali Ke Atas)

 

8. Layanan ini hadir dengan banyak dukungan

 

Karena Anda pada dasarnya membayar biaya lebih untuk Grammarly Premium, mereka hadir dengan dukungan khusus. Ada bagian FAQ yang sangat komprehensif, bersama dengan saluran kontak, termasuk email dan telepon.

 

grammarly website has extensive knowledgebase

Bagian FAQ Grammarly yang komprehensif lebih merupakan pusat terpadu untuk masalah yang mungkin Anda temui.

 

Bagaimanapun, bagian dukungan situs mereka memiliki panduan terperinci yang mengesankan tentang cara menggunakan berbagai produk mereka. Satu hal tambahan yang datang ke sini adalah sedikit informasi bahwa Grammarly juga menyediakan layanan penulisan profesional yang bisa Anda sewa.

 

Mengingat sifat layanannya, saya merasa itu agak aneh. Saya kira itu dimaksudkan sebagai alternatif bagi mereka yang menyerah menulis sendiri.

 

(Kembali Ke Atas)

 

9. Grammarly terus meningkat seiring waktu

 

Bagi mereka yang telah membaca artikel ini sampai titik ini, hal ini adalah masalah besar. Sebelumnya saya menyebutkan bahwa Grammarly adalah sistem berbasis AI, tetapi mereka juga belajar dengan seiring berinteraksi dengan pengguna secara langsung.

 

Dari waktu ke waktu, saat bekerja dengan Grammarly aktif dan berinteraksi dengan koreksi di dasbor mereka, Anda mungkin ditanya mengapa Anda menolak saran tertentu. Perilaku adaptif ini menarik karena itu berarti umpan balik tambahan kemungkinan besar ditujukan kepada pengembang.

 

Ketika Anda mempertimbangkan bahwa Grammarly secara keseluruhan terus meningkat dari segi fitur, Anda dapat yakin bahwa mesin bahasa ini sedang belajar dan juga disempurnakan. Ini bukan kesepakatan yang berhenti di titik ini, seperti layaknya banyak layanan lain di pasaran.

 

LIHAT FITUR LENGKAP @ GRAMMARLY PREMIUM

* Tingkatkan hasil penulisan Anda dengan umpan balik real-time yang komprehensif!
** Harga mulai dari Rp 164.406 /bln.

 

(Kembali Ke Atas)

 

4 Kekurangan Grammarly Premium

 

1. Lambat saat mengedit potongan teks yang lebih besar

 

Ketika saya mulai merasa Grammarly lagging, saya bertanya kepada beberapa teman apakah mereka juga mengalaminya. Sebagian besar dari mereka mengatakan tidak, jadi saya menganggapnya sebagai kesalahan. Namun, setelah beberapa waktu, saya perhatikan bahwa kelambatan itu terjadi terus-menerus – dan itu ternyata terkait dengan cara saya menggunakan Grammarly.

 

Jika Anda menghasilkan banyak teks dan mengabaikan saran Grammarly, kelambatan akan lebih parah seiring waktu. Pada saat Anda mencapai sekitar 1.000 kata, kelambatan akan sangat terlihat sehingga Anda akan merasa kesusahan.

 

Pada satu titik, hal ini akhirnya menyebabkan browser saya macet dengan kesalahan “kehabisan sumber daya” – dan saya memiliki memori sistem 32GB.

 

Jika Anda berencana untuk menulis dokumen dari awal dan mengikuti koreksi Grammarly saat Anda mengerjakannya, semuanya baik-baik saja dan lancar. Jika Anda meninggalkan koreksi sampai di titik terakhir, Anda mungkin akan menderita dengan menggunakan Grammarly.

 

Pikirkan skenario ini – Anda menempelkan banyak konten penelitian ke dokumen untuk dikerjakan nanti. Segera setelah Anda membuang teks itu, editor Anda akan mulai sangat lambat sehingga hampir tidak dapat digunakan.

 

Meskipun solusinya semudah melakukan koreksi selagi Anda sedang mengerjakan, itu tidak selalu praktis. Selain itu, mengoreksi sambil berjalan dapat secara signifikan memperlambat momentum penulis – tidak terlalu ideal.

 

Bagian terburuknya adalah bahkan jika Anda mengoreksi sambil berjalan, lag akan sering kembali ketika Anda mencapai ambang batas tertentu.

 

(Kembali Ke Atas)

 

2. Aklimatisasi bisa memakan waktu

 

Memperbaiki bahasa Anda memang membantu. Namun, untuk menempatkan Anda di perangkat Anda 24/7 dapat dengan cepat menjadi sangat mengganggu. Itulah pendapat saya saat pertama kali menguji Grammarly.

 

Saat saya mulai terbiasa dengan alirannya, saya merasa lebih alami. Moral dari cerita di sini adalah perlu waktu untuk membiasakan diri – dan bekerja dengannya. Itu bukan sesuatu yang ingin diperjuangkan oleh semua orang yang perlu merogoh kantong.

 

Kecuali Anda menjalin hubungan dengan Grammarly dengan niat penuh (dan mengharapkan) untuk memperbaiki tulisan Anda, itu akan menjadi sangat cepat melelahkan.

 

(Kembali Ke Atas)

 

3. Tidak selalu bekerja dengan sempurna

 

Salah satu keluhan terbesar yang saya miliki dengan Grammarly adalah bahwa beberapa saran yang dibuatnya benar-benar salah. Meskipun melakukan pekerjaan yang mengagumkan dalam mendeteksi sebagian besar kesalahan dan membuat saran yang sesuai, terkadang mereka gagal dari segi konteks penulisan.

 

Situasi ini terutama benar jika Anda menggunakan terminologi yang benar dalam arti topik tertentu. Untuk penulis berpengalaman, itu tidak terlalu menjadi masalah. Namun, jika Anda adalah bagian dari pasar massal dan mengandalkannya untuk selalu tepat, Anda mungkin akan terkejut.

 

Hal yang menyedihkan tentang ini adalah bahwa penggantian kata yang disarankan terkadang tidak diperlukan. Ya, Anda harus menghindari penggunaan kata-kata umum yang berlebihan, tetapi tidak sejauh alternatif yang dipilih secara acak malah membuat penulisan keluar dari konteks yang dimaksud.

 

(Kembali Ke Atas)

 

4. Grammarly hanya berfungsi dalam bahasa Inggris

 

Dalam membuat daftar kelebihan #7 untuk Grammarly yang bekerja dengan banyak variasi bahasa Inggris, kelemahannya adalah hanya berfungsi untuk bahasa Inggris secara umum. Sejujurnya, agak tidak masuk akal untuk mengharapkan ketersediaan dalam semua bahasa, tetapi upaya kecil untuk memperluas ke arah itu akan menarik.

 

Meskipun saya tidak bermaksud mengatakan bahwa implementasi bahasa asing adalah suatu keharusan, lebih banyak upaya untuk membantu penutur bahasa Inggris non-pribumi akan membuat Grammarly menjadi proposisi yang lebih baik.

 

(Kembali Ke Atas)

 

Paket & Harga Grammarly: Tinjauan Luas

 

Grammarly secara keseluruhan hadir dalam tiga tingkatan harga – Gratis, Premium, dan Business. Dua harga terakhir bervariasi tergantung pada skenario pendaftaran.

 

Versi gratis bisa didapat langsung tanpa biaya, tetapi tidak menawarkan saran koreksi lanjutan. Meskipun memberikan petunjuk, Anda mungkin akan menghabiskan banyak waktu untuk mencoba memperbaiki masalah yang ditemukannya.

 

Grammarly Premium menawarkan saran yang jauh lebih komprehensif. Dalam banyak kasus, bisa sampai menjelaskan mengapa koreksi tersebut diperlukan.

 

Gratis
Premium
Business

Jumlah Pengguna
1
1
3+

Cek Grammar
Iya
Iya
Iya

Cek Ejaan
Iya
Iya
Iya

Deteksi Intonasi
Terbatas
Semua
Semua

Penulisan ulang kalimat
Tidak
Iya
Iya

Panduan gaya penulisan
Tidak
Tidak
Iya

Dukungan prioritas
Tidak
Tidak
Iya

Harga /bln
Gratis
Rp 164.406*
Rp 176.250


* Pilih periode berlangganan yang lebih lama untuk penghematan yang lebih besar pada Grammarly Premium.

 

Grammarly Premium

 

Grammarly Premium berharga Rp 422.295 /bln, tetapi harga itu turun jika Anda mendaftar untuk jangka waktu yang lebih lama. Ditagih setiap tiga bulan, Anda hanya perlu membayar Rp 281.718 /bln sementara langganan tahunan bisa turun menjadi Rp 164.406 /bln.

 

Grammarly Business

 

Harga Grammarly Business akan bergantung pada jumlah pengguna yang mendaftar dengan paket tersebut. Mulai dari Rp 176.250 /bln per pengguna dengan pendaftaran minimal 3 orang. Saat Anda meningkatkan jumlah pengguna, harga turun dalam struktur bertahap.

 

RAIH GRAMMARLY @ DISKON 61% (Rp 164.406/BLN)

* Dengan umpan balik lanjutan tentang gaya, intonasi, dan kejelasan Anda dalam menulis!
** Harga yang ditampilkan didasarkan pada tarif berlangganan 12 bulan.

 

(Kembali Ke Atas)

 

Bagaimana Grammarly Dibandingkan dengan Para Kompetitornya?

 

Grammarly VS ProWritingAid

 

prowritingaid website homepage

 

  • Nilai Beli
    Kuncinya terletak di penggunaan. Tetapi perlu dicatat bahwa Grammarly memiliki paket gratis, lebih baik daripada ProWritingAid. Namun, dalam hal langganan tahunan, harga ProWritingAid jauh lebih rendah dibandingkan dengan Grammarly Premium.
  • Kemudahan Penggunaan
    Baik Grammarly dan ProWritingAid sangat berguna. Antarmuka Grammarly di semua aplikasi tampil jauh lebih ramping dan profesional jika dibandingkan dengan seksama. Desain ProWritingAid jauh lebih kuno dan mirip dengan versi Word yang lama.
  • Fitur
    Dalam hal dukungan penulisan, Grammarly dan ProWritingAid sama-sama seimbang. Dengan penggunaan yang dapat mencakup begitu banyak area, aksesibilitas yang ditawarkan oleh ProWritingAid sedikit terbatas. Misalnya, belum merilis aplikasi seluler tersendiri.
  • Target Audiens
    Grammarly lebih baik untuk penggunaan skala luas dengan paket gratis dan kegunaan yang jauh lebih baik. ProWritingAid hanya menawarkan sedikit utilitas gratis, tetapi itu rumit dan memiliki estetika yang buruk. Untuk masyarakat umum, Grammarly jauh lebih unggul.

 

(Kembali Ke Atas)

 

Grammarly VS Ginger

 

ginger software website homepage

 

  • Nilai Beli
    Ginger sangat kompetitif dengan Grammarly dalam hal nilai beli. Mereka cukup mirip dalam hal ini, namun mereka memiliki kartu truf – harga yang jauh lebih rendah. Namun, karena keduanya menawarkan versi gratis dan berbayar, ada kedua merek ini hampir sama.
  • Kemudahan Penggunaan
    Sekali lagi kami harus merekomendasikan Grammarly dalam hal kegunaan semata. Mereka memberikan nuansa yang sangat modern dan ramah pengguna. Tidak berarti Ginger buruk dalam segi ini, tetapi Grammarly terasa lebih dibangun dengan teliti untuk setiap penggunaan segmen audiens.
  • Fitur
    Selain fitur tata bahasa dan penulisan umum, Grammarly memiliki keuntungan tambahan berupa pendeteksi plagiarisme bawaan. Fitur ini saja memberikan keunggulan yang lebih kompetitif dalam konteks bisnis.
  • Target Audiens
    Baik Grammarly dan Ginger sangat cocok untuk digunakan masyarakat umum. Ginger dapat menjadi pesaing sejati Grammarly di banyak segmen, dan saat ini, keduanya dapat memenuhi berbagai skenario penggunaan.

 

(Kembali Ke Atas)

 

Kesimpulan: Apakah Grammarly Premium Layak Dibeli?

 

Jika dilihat dari sisi lain, Grammarly Premium seharga biaya Anda bayarkan untuk beberapa cangkir kopi Starbucks setiap bulan. Mengingat hal itu, mereka bisa menyelamatkan Anda dari membuat beberapa kesalahan serius saat membuat banyak jenis konten.

 

Mereka juga tidak terbatas pada jenis pengguna tertentu, karena kita semua memang perlu berkomunikasi. Misalnya, jika Anda seorang pemilik bisnis, pikirkan manfaat tidak terlihat, seperti contohnya kesan yang akan Anda buat pada calon pelanggan Anda.

 

Sebagai pelajar, Anda mungkin ingin Grammarly membantu Anda mengerjakan tugas untuk kejelasan penulisan atau hal-hal terkait lainnya. Elemen terpenting di sini adalah dapat berfungsi sebagai alat bantu belajar, dan juga membuka jalan untuk menulis CV yang sempurna saat Anda lulus.

 

Setelah menggunakan versi gratis dan Grammarly Premium, saya harus mengatakan bahwa potensinya cukup terbatas kecuali Anda menggunakan yang Premium. Saat keadaan darurat, tidak ada yang bisa membantu selayaknya Grammarly Premium.

 

Fitur Utama

  • ✓ Detektor Plagiarisme
  • ✓ Penyesuaian Intonasi
  • ✓ Penulisan Ulang Kalimat
  • ✓ Integrasi Aplikasi Luas
  • ✓ Ramah Seluler

Disarankan Untuk

  • • Blogging profesional
  • • Komunikasi bisnis
  • • Penulisan akademik
  • • Pembelajaran pribadi


 

RAIH GRAMMARLY @ DISKON 61% (Rp 164.406/BLN)

* Dengan umpan balik lanjutan tentang gaya, intonasi, dan kejelasan Anda dalam menulis!
** Harga yang ditampilkan didasarkan pada tarif berlangganan 12 bulan.

 

(Kembali Ke Atas)

 

Pertanyaan yang Sering Diajukan

 

1. Dapatkan Grammarly meningkatkan tulisan saya?

 

Ya, bisa. Saya menemukan bahwa Grammarly sangat bagus dalam membimbing. Meskipun mungkin Anda akan melihat banyak kesalahan penulisan terutama dalam versi Premium, jika Anda mengingat komentar dari mereka tentang tulisan Anda setelah Anda selesai, Anda mungkin akan melihat peningkatan.

 

2. Apakah Grammarly cocok digunakan oleh mahasiswa?

 

Ya, sangat cocok. Grammarly adalah salah satu grammar checker terbaik di pasaran dan terbukti sangat berharga bagi pelajar yang ingin meningkatkan tulisan dan kosa kata mereka dalam bahasa Inggris. Pemeriksa plagiarisme juga dapat membantu menghindari dampak buruk dari penulisan yang hanya diambil dari sumber lain.

 

3. Apakah Grammarly aman dan sah?

 

Perusahaan penyedia Grammarly sudah terpadu dan berhasil membantu meningkatkan ekosistemnya dunia penulisan sejak 2009. Penulisan Anda juga dicadangkan di server mereka dan akun Anda diamankan di berbagai tahapan. Keamanan ini mencakup 2FA, ditambah sertifikasi dalam PCI DSS, CSA, SOC2, dan banyak lagi.

 

4. Berapa biaya Grammarly?

 

Layanan dasar Grammarly bersifat gratis. Paket Premium mulai dari Rp 164.406/bln, dan ada juga paket Bisnis, yang dimulai dari Rp 176.250/bln. Harga dapat bervariasi tergantung pada model langganan Anda.

 

5. Apakah Grammarly memberi refund?

 

Grammarly memiliki kebijakan no-refund yang dijabarkan dengan jelas dalam Ketentuan Penggunaan mereka. Namun, jika Anda membeli dan tidak puas, Anda dapat menghubungi tim dukungan mereka untuk membahas masalah tersebut. Anda bisa selalu mencoba paket gratis terlebih dahulu.

 

6. Apakah menggunakan Grammarly bisa dianggap curang?

 

Belum tentu. Penggunaan bantuan eksternal kembali lagi pada kebijakan yang diberlakukan oleh lembaga pendidikan Anda. Lihatlah Grammarly sebagai alat pembelajaran, bukan sebagai sarana untuk menyelesaikan tugas.

 

(Kembali Ke Atas)

Grammarly

Kemudahan Penggunaan

Luar Biasa

Rating Keseluruhan

rated 5 out of 5rated 5 out of 5rated 5 out of 5rated 5 out of 5rated 5 out of 5

Sorotan Fitur

Detektor
Plagiarisme
Penyesuaian
Intonasi
Ramah
Seluler

Lihat Fitur Lengkap

Mulai dari

Rp 164.406*

bulanan

KUNJUNGI GRAMMARLY

  • * Harga berdasarkan paket 12 bln
  • • Cocok untuk blogging & penggunaan bisnis

Rahasia Periklanan