Bayar Sikit Dapat Banyak – Cara Menemukan Web Hosting Murah & Baik!

Avatar
Oleh          •   November 21, 2020      Rahasia Periklanan

 

Kami warga Malaysia memiliki reputasi sebagai kalangan yang pelit, dan hal itu adalah benar. Susah untuk menjadi boros, apalagi dengan menurunnya nilai mata uang MYR dalam satu dekade ini!

 

Banyak orang berpikir harus menghabiskan banyak uang untuk web host mereka. Mereka berpikir bahwa yang murah pasti jelek, dan barang yang bagus pasti tidak murah. Benar kan?

 

Akan tetapi, ini kenyataannya. Ada banyak web host besar yang harganya kurang dari Rp 69.740. Host murah tidak selalu jelek!

 

Faktanya, beberapa host terbaik memiliki harga perkenalan sebesar Rp 27.896, dan Anda masih akan mendapatkan semua fitur utama mereka. Mereka bersedia menurunkan harga untuk menarik pelanggan, dan Anda bisa memanfaatkannya.

 

 

Catatan

Kami menggunakan kurs 1 USD untuk 13.948 IDR untuk semua harga yang tertera.

 

Tentunya, juga ada beberapa perusahaan penyedia layanan hosting buruk bersembunyi dengan kisaran harga yang mirip. Bagian yang sulit adalah memisahkan yang baik dari yang buruk.

 

Saya akan memberikan 6 kriteria mudah untuk membantu Anda mengidentifikasi host terbaik dengan harga murah, sehingga Anda akan mendapatkan versi terbaik dari keduanya.

 

Namun, jika sedang terburu-buru, berikut adalah 3 web host murah terbaik yang saya rekomendasikan (& harga pembaharuannya).

 

Berburu Host Yang Murah

 

1. Periksa Fiturnya

 

Web host yang baik akan mengemas semua fitur unggulan mereka sebagai bagian dari paket. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah

 

  • Kapasitas penyimpanan & bandwidth
    Sebagian besar host berkualitas kini menyediakan penyimpanan tidak terbatas, tetapi beberapa masih memiliki batas 5GB atau kurang.
  • Berapa jumlah domain tambahan?
    Sebagian besar web host harus memberi Anda ruang hingga 25 domain tambahan, tetapi kami pernah melihat beberapa opsi buruk yang hanya memberi satu, atau bahkan tidak sama sekali.
  • Berapa jumlah alamat email yang dapat Anda buat?
    Beberapa host tidak memasukkan alamat email dalam paket mereka.
  • Panel kontrol apa yang mereka gunakan?
    Berdasarkan pengalaman dari pengguna panel kontrol dapat membantu atau menghancurkan web host. Periksa apakah mereka menggunakan cPanel, Vdeck atau alternatif yang telah dtisesuaikan. Pilih yang membuat Anda paling nyaman (Saran pro: jika Anda tidak terbiasa dengan panel control mereka, mintalah demo).
  • Apakah mereka mendukung pra-instal script website?
    Periksa apakah mereka bisa mengoperasikan WordPress, Drupal, Joomla. Jika Anda memerlukan fitur khusus seperti PHP atau integrasi e-Commerce, pastikan mereka juga mendukungnya.

 

 

2. Seberapa Cepat Server Mereka?

 

Kecepatan server adalah seberapa cepat (atau lambat) server web merespon permintaan.

 

Dengan kata lain, ketika seseorang mengklik website, sudah saatnya server Anda bangun dan mulai mengirim file. Google menyarankan kecepatan server 200 md atau kurang.

 

Hal ini penting karena setiap permintaan harus dijawab dengan cepat, terutama jika Anda seorang penjual e-Commerce dan mengharapkan pesanan diproses dengan cepat. Respons server yang cepat sangat penting untuk pengalaman pengguna yang baik.

 

Sayangnya, banyak web host buruk yang servernya terlalu penuh, yang berarti website Anda bersaing dengan yang lain untuk mendapatkan kecepatan. Ada pula yang tidak menggunakan perangkat keras yang efisien, sehingga responsnya lambat

 

Di sisi lain, web host terbaik akan memastikan Anda mendapatkan waktu respons yang cepat, bahkan di server bersama.

 

Anda dapat menguji kecepatan server menggunakan pemeriksa kecepatan server kami. Cukup masukkan URL website, dan Anda akan melihat seberapa cepat server merespons di seluruh dunia.

 

 

3. Berapa Uptime Mereka?

 

Tidak ada yang lebih membuat frustrasi dibanding website yang down. Jadi, angka uptime web host sangat penting. Semakin baik uptime sebuah host, maka host tersebut akan semakin dapat diandalkan.

 

Sederhananya, uptime yang kurang dari 99% harus dihindari, dan yang 99,9% harus menjadi target Anda.

 

Anda mungkin berpikir 98% terdengar cukup bagus, tetapi pikirkan seperti ini: 98% uptime berarti website bisa turun selama 3-7 hari dalam setahun!

 

Anda dapat melacak uptime sebuah web host dengan alat gratis seperti uptimerobot.com. Uptime robot memeriksa website setiap lima menit untuk melihat tanda-tanda kehidupan, dan memperingatkan Anda jika ada sesuatu yang salah. Kami menggunakan Uptime Robot untuk memantau website kami, dan meningkatkan angka uptime kami.

 

 

4. Bicaralah Dengan Teknisi Mereka Sebelum Anda Membeli

 

Dukungan teknis adalah salah satu hal utama yang memisahkan web host yang baik dari web host yang jelek. Perusahaan yang baik akan memiliki tim ahli yang menjawab pertanyaan dengan cepat dan efektif. Perusahaan host yang jelek sering mengabaikan layanan pelanggan mereka.

 

Jika ada yang salah di website Anda, pastinya Anda ingin ada suara ramah di ujung telepon yang dapat memperbaikinya. Jika Anda lebih suka obrolan online atau email, cari web host host yang menyediakan jenis layanan tersebut.

 

Ada beberapa cara untuk menguji dukungan teknis web host tanpa membelinya. Coba kirimkan tiket dengan alasan berikut:

 

  • Minta demo panel kontrol.
  • Tanyakan tentang kebijakan pengembalian uang dan harga pembaharuan (akan dibahas lebih lanjut kemudian).
  • Tanyakan tentang limit penyimpanan.
  • Tanyakan tentang ketersediaan script website.

 

Web host yang baik harus membalas dengan cepat dan efisien terhadap semua pertanyaan tersebut.

 

 

5. Apakah Ada yang Disembunyikan dalam Ketentuan Layanan Mereka?

 

Sebagian besar web host menggunakan bahasa pemasaran yang kuat, seperti ‘penyimpanan dan bandwidth tidak terbatas’ atau ‘CPU tidak terbatas’. Sayangnya, ‘tidak terbatas’ ternyata tetap ada batasnya! Dan Anda akan menemukannya dalam ketentuan layanan web host.

 

Dalam beberapa kasus, web host berhak untuk menangguhkan atau bahkan memutus sambungan website yang melebihi batas ini.

 

Berikut adalah beberapa contoh nyata dari web host terkemuka yang menunjukkan batasan ini:

 

CPU Terbatas:

 

Inmotion Hosting CPU Policy

(Kebijakan CPU Inmotion Hosting)

 

Alasan tambahan untuk pemutusan kontrak:

 

iPage SPAM Policy

(Kebijakan SPAM iPage)

 

Khususnya, cari batasan sebagai berikut:

 

  • Berapa jumlah file (berapa pun ukurannya) yang bisa saya host? (inode)
  • Berapa batasan dari penyimpanan dan bandwidth?
  • Berapa jumlah sumber daya CPU yang dapat saya gunakan?

 

Sebaiknya, periksa juga persyaratan layanan untuk kebijakan pengembalian dana mereka. Terkadang, pada saat mencoba web host, barulah Anda menyadari bahwa itu tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Web host yang baik memahami hal ini, dan mereka akan menawarkan kebijakan pengembalian dana yang adil.

 

HostMetro Money Back Policy

(Kebijakan Pengembalian Uang HostMetro)

 

Sayangnya, host yang jelek seringkali tidak memiliki kebijakan pengembalian uang sama sekali, dan mereka bahkan akan memberikan tambahan biaya pembatalan.

 

Jika Anda tidak dapat menemukan semua hal ini dalam persyaratan layanan, tanyakan tim pendukung mereka

 

 

6. Apakah ada Harga Pembaharuan & Adakah Biaya Yang Tersembunyi?

 

Web host seharga Rp 69.740 biasanya merupakan pengantar, dan harga pembaharuannya akan lebih sedikit. Periksalah untuk memastikan bahwa angkanya tidak berubah menjadi terlalu tinggi!

 

Anda juga akan melihat bahwa sebagian besar web host menawarkan diskon jika mendaftar untuk periode yang lebih lama. Akan tetapi, jika memungkinkan, sebaiknya jangan mengunci diri dalam kontrak jangka panjang. Anda mungkin ingin memperluas atau mengubah sesuatu dalam dua tahun.

 

Terakhir, beberapa host mencoba menjual produk tambahan tertentu seperti backup harian atau pemindaian keamanan server. Jika Anda tidak menginginkan tambahan ini, pastikan untuk tidak mencentang kotak apa pun sebelum membeli.

 

Bluehost Extra Features

(Fitur Tambahan Bluehost)

 

 

Apa Bantuan yang Anda Dapatkan Dari Bitcatcha?

 

Bitcatcha Helps with Cheap Web Hosting

 

Website kami ada untuk membantu Anda menemukan web host terbaik, dan memungkinkan Anda membuat keputusan yang tepat. Berikut adalah beberapa alat kami yang dapat membantu Anda membuat keputusan:

 

  • Pemeriksa kecepatan server
    Jalankan tes kecepatan pada beberapa web host berbeda untuk melihat mana yang memberikan waktu respons tercepat (Saran pro: kami menguji kecepatan server dari 8 titik berbeda di dunia, jadi cari server yang akan memberikan kecepatan tinggi ke target pengguna Anda).

     

    Saran lain: Jangan menguji website host. Temukan website yang menggunakan layanan host itu, dan uji mereka. (Web host sendiri mungkin menggunakan server pribadi yang jauh lebih mahal untuk website mereka). Misalnya, jika Anda ingin menguji kecepatan server Hostinger, kami memiliki website 3x pengujian yang di-hosting di pusat data yang berbeda.

  • Catatan uptime
    Untuk menghemat waktu pelacakan uptime Anda sendiri, kami telah melacak dan merekam uptime dari berbagai web host selama berbulan-bulan, dan menyajikannya kepada Anda. Buka review kami, dan lihatlah persentase waktu kerja keseluruhan dari setiap host, dan sudah berapa hari sejak periode down terakhir.
  • Host terbaik
    WKami telah mengategorikan setiap host berdasarkan spesialisasi mereka. Temukan host terbaik untuk blog, e-Commerce, situs portofolio atau forum.

 

Web Hosting Yang Murah

 

Catatan

  1. Semua harga yang tercantum adalah harga kontrak 12 bulan.

 

Dengan mempertimbangkan semua faktor (kecepatan server, waktu kerja, dukungan teknis, kemudahan penggunaan, dan harga), berikut ini ada enam pilihan terbaik untuk dicoba.

 

Paket

Single

Tarif Kontrak Awal

Rp 21.305 /bln

Tarif Pembaharuan

Rp 19.900 /bln

Fitur Utama

  • SSD Tak Terbatas
  • 1 Domain Gratis
  • hPanel
  • Dukungan Luar Biasa
  • Harga Perkenalan Rendah

“Layanan premium dengan harga super murah, apa lagi yang Anda minta?”

 

Hostinger adalah pilihan utama untuk hosting web yang murah, karena menawarkan layanan premium dengan harga pendaftaran yang sangat murah. Untuk daftar ini, kami memberikan harga paket merek termurahnya dengan harga 12 bulan yaitu Rp 32.638 per bulan, tetapi jika Anda memilih 48 bulan, Anda hanya akan dikenai Rp 13.948 per bulan!

 

Server mereka sangat cepat secara global karena memiliki pusat data di seluruh dunia, mengejutkan karena Anda tidak mengharapkannya dengan harga semurah itu.

 

Mereka juga mempunyai berbagai fitur tak terbatas yang mengesankan:

 

  • Penyimpanan SSD
  • Akun email
  • Website
  • Bandwidth
  • Cronjobs

 

Selain kecepatan dan fitur, Hostinger memiliki tim pendukung sangat baik, yang melayani lebih dari 20 negara dalam bahasa asli mereka! Hostinger benar-benar melakukan gebrakan penuh dengan paket terjangkau mereka, terutama bagi mereka yang baru memulai.

 

 

Paket

MegaMax Plan

Tarif Kontrak Awal

Rp 41.147 /bln

Tarif Pembaharuan

Rp 41.147 /bln

Fitur Utama

  • Penyimpanan Maks.
  • Bandwidth Maks.
  • 1 Nama Domain Gratis
  • Harga Tetap
  • Domain Hosting Tak Terbatas

“Anda tidak perlu khawatir tentang biaya perpanjangan karena harganya tetapnya.”

 

HostMetro menawarkan 1 nama domain gratis untuk paket MegaMax, dengan penyimpanan dan bandwidth maksimum (perhatikan penggunaan srategi kata “maksimum” dan bukan “tidak terbatas”).

 

Pada dasarnya, ini berarti ada batas penyimpanan dan bandwidth untuk setiap akun, tetapi mereka akan meningkatkan jumlah penyimpanan secara gratis selama Anda tetap dalam ketentuan penggunaannya, yaitu tidak menggunakan kapasitas yang dialokasikan untuk menyimpan media.

 

Kedengarannya cukup masuk akal buat saya.

 

Dengan HostMetro, Anda akan dapat meng-host website sebanyak yang Anda inginkan dengan hosting domain tak terbatas, tetapi hal terbaik dari merek ini (setidaknya bagi saya) adalah kenyataan bahwa harga mereka selamanya tidak akan berubah. Jika Anda membayar Rp 41.147, Anda akan membayar Rp 41.147 selama Anda tetap menggunakan layanan mereka.

 

Hore! Tidak perlu khawatir tentang biaya perpanjangan!

 

 

Paket

Standard Web Hosting

Tarif Kontrak Awal

Rp 69.740 /bln

Tarif Pembaharuan

Rp 69.740 /bln

Fitur Utama

  • Penyimpanan ULTRA SSD Tak Terbatas
  • SitePad Gratis
  • Akun Email Tak Terbatas
  • Migrasi Website Gratis
  • Harga Tetap

“SSD Dengan Harga Tetap, walau harganya sedikit lebih tinggi dibanding pesaingnya.”

 

InterServer hadir dengan penyimpanan tidak terbatas pada server Ultra SSD mereka, sehingga website akan dimuat dengan cepat dengan platform mereka.

 

Anda juga akan menikmati website builder gratis, akun email tidak terbatas dan migrasi website gratis, tetapi seperti HostMetro, fitur utama mereka di sini adalah harganya.

 

Paket Web Hosting “Standard” dengan biaya hanya Rp 69.740 sebulan, dan harganya tetap sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang pembaharuan. Pada titik ini, kami tidak tahu apakah pembaharuan mereka tetap untuk selamanya atau tidak, tetapi tidak ada salahnya menganggap mereka tetap, jika tidak, mereka akan kehilangan sebagian besar bisnis mereka ke HostMetro.

 

 

Paket

Lite

Tarif Kontrak Awal

Rp 46.307 /bln

Tarif Pembaharuan

Rp 125.532 /bln

Fitur Utama

  • 1 Website
  • Penyimpanan Tak Terbatas
  • Transfer Tak Terbatas
  • Migrasi Website Gratis & Mudah
  • SSL & SSD Gratis

“Web host yang lengkap, cocok untuk semua jenis website.”

 

Yang kami sukai tentang A2 Hosting adalah rencana Turbo mereka dengan server yang sangat cepat, dengan teknologi yang memungkinkan website yang di-host dengan memuat hingga 20x lebih cepat dari server biasa!

 

Meskipun paket lite tidak disertai server Turbo, server reguler mereka masih sangat cepat, dengan rata-rata 150 md di seluruh dunia!

 

Pengguna juga akan mendapatkan fitur tanpa batas, seperti penyimpanan SSD, bandwidth, dan transfer. Mereka juga akan menikmati 25 akun email gratis, keamanan SSL gratis, website builder mudah dengan ribuan tema, pengaturan WordPress 1-klik yang telah dioptimasi dan yang terbaik dari semuanya, mereka memilih pusat data mereka yang tersebar di 3 benua untuk memaksimalkan kecepatan pemuatan website untuk pelanggan mereka!

 

 

Paket

Launch

Tarif Kontrak Awal

Rp 69.740 /bln

Tarif Pembaharuan

Rp 125.532 /bln

Fitur Utama

  • Nama Domain Gratis
  • Max Speed Zones™
  • Transfer Tak Terbatas
  • Akses SSH
  • Dukungan AS 24/7

“Layanan premium yang cocok untuk pemilik usaha kecil.”

 

Inmotion Hosting adalah hosting yang sangat baik. Ini sebenarnya adalah layanan hosting web pilihan kami sebelum akhirnya beralih ke SiteGround, dan kami masih sering memuji mereka.

 

Inmotion memberi para pengguna paket ‘launch’ mereka nama domain gratis, transfer tak terbatas, SSL gratis, backup otomatis, dan perlindungan dari hack, dengan email tak terbatas, bandwidth, dan ruang disk.

 

Yang terbaik adalah, mereka sangat cepat, berkat fitur Max Speed Zones, yang merupakan pusat data terbaik, yang berlokasi di AS. Meskipun mereka tidak memiliki pusat data di Asia, Inmotion masih sangat cepat secara global.

 

Omong-omong, kami telah mencapai kesepakatan dengan Inmotion Hosting, dan pembaca kami akan mendapatkan potongan harga 50%, ayo beli sekarang!

 

 

Paket

Basic

Tarif Kontrak Awal

Rp 82.990 /bln

Tarif Pembaharuan

Rp 111.584 /bln

Fitur Utama

  • 1 Website
  • 50GB SSD
  • Bandwidth Tak Terukur
  • Sertifikat SSL Gratis
  • Performa Standar

“Harga murah dengan fitur standar, cocok untuk blogger.”

 

Bluehost adalah salah satu penyedia layanan hosting web services yang direkomendasikan, dan harga mereka cukup rendah untuk bisa termasuk pada daftar ini.

 

Dengan paket “Basic”, Anda akan mendapatkan – 1 domain gratis, penyimpanan SSD 50GB (yang berarti mereka peduli tentang kecepatan dan efisiensi) dan bandwidth yang tidak terukur (tidak ditentukan berapa banyak yang dialokasikan per akun, tetapi selama hal itu “normal”, seharusnya tidak masalah).

 

Jika ingin akun email gratis, maka Bluehost tidak cocok untuk Anda, karena email adalah layanan tambahan berbayar dengan mereka.

 

Akan tetapi, Bluehost menyediakan fitur SSL gratis sehingga jika Anda menjalankan bisnis dengan website , akan berguna. Selain itu, mereka juga cukup stabil. Jika fitur-fitur ini digabungkan, Bluehost terbukti memang pesaing yang layak untuk daftar ini.

 

 

Kesimpulan: Web host Mana Yang Harus Dipilih?

 

TARIF AWAL
(IDR)

PEMBARUAN
(IDR)

SELISIH
(IDR)

Hostinger

32,638

45,331

+12,693

HostMetro

41,147

41,147

0

InterServer

69,740

69,740

0

 

Jangan lupa: Sesuaikan Web host Anda dengan kebutuhan website Anda!

 

Sayangnya, tidak ada web host terbaik. Yang ada hanyalah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Setiap web Host memiliki prioritas yang berbeda.

 

Website portofolio yang sederhana, misalnya, hanya membutuhkan web host kecil yang dipakai bersama. Tetapi, jika Anda menjalankan blog atau website yang memiliki lebih dari 30.000 – 40.000 pengunjung sebulan, Anda akan membutuhkan penyimpanan tambahan, dan kemampuan untuk meningkatkan ke VPS saat waktunya tepat.

 

Jika ingin memulai website e-Commerce, Anda memerlukan web host yang memungkinkan integrasi pembayaran dan langkah-langkah keamanan tambahan. (Pastikan untuk memeriksa hosting yang direkomendasikan untuk e-Commerce).

 

Seperti yang Anda lihat,web host yang murah tidak selalu jelek! Tetapi, pastikan untuk periksa fitur dan kinerjanya sebelum membeli. Semoga berhasil! Dan jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan menghubungi saya, dan saya akan dengan senang hati menjawab pertanyaan Anda.

 

Sekarang, jika Anda memiliki anggaran besar dan sedang mencari beberapa produk premium, ayo lihat Platform Managed WordPress Hosting ini.