5 Hosting Server Minecraft Terbaik di Indonesia 2020 (Peringkatnya!)

Avatar
Oleh        •   November 21, 2020      Rahasia Periklanan

 

Untuk game yang dicintai dan selincah Minecraft, tidak mengherankan jika banyak orang yang ingin membuat server Minecraft mereka sendiri.

 

Ada beberapa cara bermain Minecraft dengan teman, tetapi yang paling tahan sejauh ini adalah dengan server Minecraft yang dihosting secara online.

 

 

Catatan

Kami menggunakan kurs 1 USD untuk 14.500 IDR untuk semua harga yang tertera.

 

Apa itu Minecraft?

 

halaman utama minecraft

 

Minecraft adalah sebagai versi modern dari game klasik yang masih bergaya. Sebenarnya, saya pernah menyamakannya dengan Lego virtual. Ini mungkin tidak akurat karena Minecraft telah menjadi sangat populer bahkan ada tema Lego yang lengkap!

 

Grafiknya yang sederhana ditambah dengan gameplay dasar yang masih memungkinkan banyak inovasi membuat popularitas game ini meroket.

 

Berkat basis penggemarnya yang mendukung, Minecraft telah mampu memasukkan dirinya ke hampir semua platform digital, dari komputer desktop hingga perangkat seluler dan konsol. Saat ini, Minecraft tersedia dalam mode Vanilla (dasar) atau sebagai salah satu dari banyak custom build yang dibuat oleh penggemar dan pengembang.

 

Mode Multiplayer di Minecraft

 

Meskipun Minecraft dapat dimainkan sendiri, salah satu daya tarik utamanya adalah mode multiplayer yang memungkinkan pengguna untuk terlibat satu sama lain. Ini dapat menghasilkan banyak hal, tergantung pada lingkungannya.

 

Misalnya, pemain dapat memutuskan untuk berperang, menjalankan misi bersama, atau hidup berdampingan dengan damai di tanah virtual kecil mereka sendiri. Untuk mode multiplayer, ada empat opsi utama;

 

  • Main di Local Area Network (LAN)
    LAN menghubungkan sekelompok komputer dalam ruang yang lebih kecil (lebih terlokalisasi). Misalnya, menghubungkan beberapa komputer di sebuah ruangan dianggap LAN.
  • Minecraft Realms
    Konsep Realms dibuat oleh desainer Minecraft untuk memungkinkan pemain dengan cepat meng-host game Minecraft melalinya. Layanan Ini berdasarkan langganan, selain biaya utama Minecraft.
  • Berbagi Layar
    Ini hanya untuk konsol dan memungkinkan hingga empat pengguna bermain Minecraft bersama-sama secara berdampingan menggunakan satu layar yang sama.
  • Server Online
    Ini adalah yang paling menarik dari semuanya dan melibatkan pengguna yang benar-benar menyiapkan seluruh lingkungan online dari awal untuk menjadi tuan rumah game Minecraft. Biasanya tuan rumah akan menyewa ruang server dari perusahaan web hosting untuk tujuan ini.

 

 

Persyaratan minimum hosting server Minecraft

 

Seperti yang mungkin telah Anda ketahui, menghosting game seringkali sulit karena biasanya game tersebut lebih haus sumber daya daripada kebanyakan aplikasi web pada umumnya. Untungnya, Minecraft tidak memakan sumber daya yang terlalu besar, dan Anda dapat menghostingnya di server web dengan beberapa spesifikasi yang cukup mendasar.

 

Tetap saja, kita perlu memperhitungkan pengaturan dasar Minecraft – Vanilla murni sebagaimana mereka menyebutnya. Untuk instalasi ini dan rata-rata kelompok pemain 10 orang, Anda bisa bertahan seadanya dengan hosting VPS.

 

Mari kita lihat kemungkinan persyaratan untuk hosting Minecraft Vanilla biasa;

 

Persyaratan Minimum

  • 1GB RAM
  • 1 CPU Core

Persyaratan Rekomendasi

  • 2GB RAM
  • 2 CPU Core

 

Ruang penyimpanan tidak terlalu penting dalam konteks ini, jadi kami akan melewatkannya di sini, selama itu masih berbasis SSD.

 

Jika Anda ingin bergerak lebih jauh lagi dan menjadi lebih serius tentang hosting Minecraft, maka Anda akan memerlukan angka yang lebih tinggi untuk grup pemain yang terdiri dari 50 orang ke atas. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan kemungkinan lain seperti penggunaan mod, yang akan meningkatkan persyaratan lebih jauh.

 

Dalam kasus ini, saya akan merekomendasikan paket VPS seperti paket Minecraft Villager di Hostinger yang menawarkan RAM 3GB tetapi dengan harga Rp 189.159 /bln. Seperti yang Anda lihat, semakin banyak pemain yang ingin Anda host, semakin tinggi biaya yang perlu Anda keluarkan.

 

 

Keuntungan menghost server Minecraft Anda sendiri

 

Jadi, setelah mencapai poin ini dalam artikel, apakah Anda sudah mulai bertanya-tanya mengapa Anda harus pusing mencari server sendiri untuk menjalani Minecraft?

 

Meskipun saya tidak akan menyalahkan Anda jika Anda ragu-ragu sekarang, ada beberapa aspek yang sangat positif dari hosting Minecraft sendiri yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

 

  1. Kebebasan Memilih Modifikasi (Mod)
    Pasti Anda pernah memainkan game, dan versi yang Anda gunakan tidak mengaktifkan mod tertentu. Itu bisa membuat frustasi. Plugin ini bahkan mungkin sudah tersedia, tetapi mereka di luar jangkauan Anda. Dengan menghosting server Minecraft Anda sendiri, Anda mendapatkan pilihan gratis tentang apa yang ingin Anda instal.
  2. Membangun Komunitas
    Manusia adalah makhluk sosial dan meskipun akan sangat menyenangkan bisa berkumpul bersama teman, waktu tidak selalu memungkinkan. Untungnya dunia digital menghilangkan permasalahan jarak dan Minecraft bisa menjadi cara yang bagus bagi Anda untuk membangun komunitas kecil dengan teman-teman terdekat Anda. Duniamu sendiri di dalam dunia, boleh dikatakan begitu.
  3. Rumah Saya, Aturan Saya
    Dengan host yang mendukung komunitas besar, aturan sering dibuat untuk memberikan efek selimut yang besar untuk kepentingan mayoritas.Jika Anda menghosting server Minecraft Anda sendiri, Anda hanya perlu mempertimbangkan aturan yang akan memengaruhi grup kecil Anda. Bahkan lebih baik – itu akan menjadi kesenangan Anda dan tanpa memikirkan orang lain.
  4. Sebagai Alat untuk Mengajar
    Jika Anda seorang pendidik, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa Minecraft bisa menjadi aset pengajaran yang sangat baik. Pertimbangkan eksperimen sosial dan ajarkan generasi muda tentang pentingnya aspek perilaku dan pengambilan keputusan, semuanya dalam lingkungan yang menyenangkan yang mendorong mereka untuk membangun dan mengeksplorasi.
     
    Daftarnya terus bertambah. Jadi, berkreasilah dan hilangkan pikirkan bahwa hosting Minecraft adalah sebuah kerepotan untuk ‘berurusan dengan game’, dan sangat berpotensi jika digunakan secara kreatif.
  5. Monetisasi
    Menghosting Minecraft bisa menjadi sangat mahal dalam jangka panjang, terutama jika Anda menghosting banyak pemain. Biaya server hosting akan signifikan. Tetapi, karena Minecraft masih di bawah lisensi dari Microsoft – mereka memahami bahwa ada biaya yang perlu ditanggung.
     
    Karena itu, Microsoft telah membuat beberapa kelonggaran, memberikan Anda peluang untuk dapat mengimbangi biaya. Beberapa cara Anda dapat memonetisasi server Minecraft Anda adalah dengan iklan dalam game, mendirikan toko online, dan banyak lagi.

 

 

Apa yang harus ada di hosting server Minecraft?

 

server minecraft

 

Seperti banyak aplikasi lain, Minecraft menuntut perangkat keras dan infrastruktur. Untuk menikmati pengalaman bermain game yang lancar di lingkungan Minecraft yang dihosting sendiri, Anda perlu mengetahui beberapa detail keuangan dan teknis.

 

Meskipun sebagian besar detail ini berlaku secara luas untuk hampir semua opsi hosting web, beberapa host web telah melangkah lebih jauh untuk menawarkan paket hosting Minecraft khusus yang mungkin menyertakan fitur khusus Minecraft tambahan.

 

Menjalankan server Minecraft Anda sendiri secara online berarti Anda memerlukan perangkat keras dan bandwidth untuk mendukungnya. Kecuali Anda memiliki pusat data, itu berarti menyewa ruang di server yang dihosting oleh perusahaan hosting web seperti Hostinger.

 

Untuk memastikan bahwa hosting Minecraft Anda bisa berjalan dengan lancar, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih paket hosting Minecraft, seperti yang dibawah ini;

 

1. Prosesor

 

Hampir semua aplikasi web memerlukan waktu pemrosesan untuk bisa dijalankan. Tetapi ini terutama berlaku untuk lingkungan game. Dalam skenario penggunaan aktual, waktu pemrosesan dihitung dalam siklus jam (karenanya ditampilkan sebagai MHz atau GHz).

 

Di web hosting, server seringkali dilengkapi dengan banyak prosesor yang kuat. Berapa banyak waktu prosesor yang Anda dapatkan ditentukan oleh paket yang ditawarkan web host Anda. Waktu prosesor hosting bersama dibagi di antara akun, sementara VPS atau paket cloud hosting menawarkan penggunaan eksklusif sejumlah sumber daya kepada pengguna.

 

2. Memori

 

RAM adalah penyimpanan yang cepat dan mudah menguap yang digunakan untuk menjalankan proses. Ketika permintaan dibuat ke server Anda, itu memuat data ke dalam memori untuk pemrosesan yang lebih cepat. Jika Anda memiliki lebih sedikit memori dari yang dibutuhkan, maka server perlu lebih sering menukar data masuk dan keluar dari RAM, sehingga menghasilkan kinerja yang lebih rendah.

 

Sekali lagi, seperti halnya waktu prosesor, hosting bersama bekerja dari kumpulan memori besar yang dibagi di antara banyak akun. VPS atau paket cloud menawarkan penggunaan memori khusus mereka untuk digunakan. Berapa tepatnya akan tergantung pada host dan paket yang Anda pilih.

 

3. Jenis & Ruang Penyimpanan

 

Minecraft bukanlah game dengan penyimpanan yang sangat besar. Tetapi jika Anda menjalankan server Minecraft, memiliki SSD akan membantu mempercepat kinerja. Perlu Anda ketahui, bahwa ada perbedaan yang mungkin terjadi di bagian ini.

 

Beberapa host web akan menawarkan perangkat lunak server berbasis SSD (seperti sistem operasi dan perangkat lunak server web) sambil menyimpan data Anda pada penyimpanan biasa. Ini berbeda dengan menawarkan solusi SSD lengkap dimana semuanya disimpan di SSD.

 

4. Lokasi Server

 

Ini bisa menjadi salah satu hal terpenting untuk server hosting Minecraft Anda. Lokasi dimana server di-hosting sangat membuat perbedaan. Server yang jauh dari tempat pemain berada akan sering mengakibatkan latensi tinggi (lag).

 

Jika Anda menjadi host bagi pemain dari seluruh dunia, tidak banyak yang dapat Anda lakukan. Namun, jika Anda menghosting dalam konteks yang lebih lokal (mungkin untuk pemain di negara / wilayah tertentu), pilih web host dengan server di atau dekat area itu. Ini bisa sangat membantu untuk mengurangi game lag.

 

Catatan

Anda dapat menggunakan pemeriksa kecepatan server kami untuk memeriksa apakah server yang Anda gunakan cepat!

 

5. Dukungan Khusus Minecraft

 

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, beberapa web host menawarkan paket hosting khusus yang ditargetkan untuk menghosting Minecraft. Ini penting karena mereka yang memilikinya sering memberi dukungan tambahan untuk paket hosting Minecraft Anda yang mungkin tidak mudah ditemukan di tempat lain.

 

Contoh jenis dukungan ini sering kali berada di bagian bantuan dalam instalasi dan pengaturan. Untuk melihat apakah host yang Anda pertimbangkan akan membantu dalam hal ini, yang terbaik adalah mencoba dan menghubungi mereka sebelum memilih paket.

 

6. Hindari Paket Hosting Minecraft yang Terlalu Murah

 

Ada banyak perusahaan hosting di luar sana yang menawarkan tarif lebih rendah dari yang direkomendasikan di sini. Namun, saya menghimbau Anda untuk berhati-hati saat mempertimbangkan paket tersebut. Banyak dari paket ini sering menawarkan layanan di bawah standar dan mungkin mengambil jalan pintas di area yang pada akhirnya mempengaruhi pengalaman bermain game Anda.

 

 

5 Hosting Server Minecraft Terbaik di Indonesia 2020

 

RAM

2GB

Jumlah Pemain

70

Harga (IDR)

Rp 130.729/bln

Fitur Utama

  • Uptime 99.9%
  • Proteksi DDoS
  • Pengaturan Instan
  • Panel Multicraft
  • Dual CPU

"Hostinger telah berhasil memanfaatkan seluruh kekuatan server web untuk Minecraft"

 

Hostinger adalah pilihan utama kami sebagai penyedia hosting Minecraft karena beberapa alasan. Yang pertama dan terpenting adalah sangat jarang menemukan host yang menawarkan paket yang dibuat khusus untuk melayani hosting Minecraft.

 

Paket hosting Minecraft mereka dibangun di atas server VPS, artinya Anda akan mendapatkan sumber daya khusus yang diperlukan untuk menghosting Minecraft. Struktur paket mereka juga dibangun di sekitar konsep, menawarkan memori minimal 2GB, pengaturan server Minecraft langsung, dan dukungan teknis yang dapat membantu jika Anda bingung.

 

Menyiapkan Server Minecraft Anda dengan Hostinger

 

Lihat video di bawah ini dan simak bagaimana kami mengatur server.

 

 

Hostinger adalah #1 host terbaik kami!

Baca review Hostinger kami untuk tahu alasannya!

 

 

2. Shockbyte

https://shockbyte.com/
shockbyte

RAM

1GB

Jumlah Pemain

20

Harga (IDR)

Rp 36.250/bln

Fitur Utama

  • 100% Uptime
  • Proteksi DDoS
  • Pengaturan Instan
  • Panel Multicraft
  • SSD Tanpa Batas

"Shockbyte telah mengubah game menjadi bisnis besar, sambil memungkinkan adanya kekuatan & skalabilitas."

 

Shockbyte adalah perusahaan dari Australia yang berspesialisasi dalam menyewakan server game. Area fokus utama mereka adalah Minecraft, ARK: Survival Evolved, dan Rust – dengan rencana kedepan untuk mendukung lebih banyak game lagi.

 

Rencana mereka sangat terfokus dan Anda dapat memilih salah satu yang secara langsung sesuai dengan kebutuhan Anda. Pengalaman mereka dengan Minecraft memungkinkan mereka menawarkan beberapa saran bagus, dan ini adalah tempat yang baik untuk mencari hosting Minecraft khusus.

 

 

RAM

1GB

Jumlah Pemain

12

Harga (IDR)

Rp 43.355/bln

Fitur Utama

  • Backup Harian
  • Proteksi DDoS
  • Pengaturan Instan
  • Panel Multicraft
  • Server SSD

"Agar tetap sederhana, BisectHosting mendukung Minecraft Java dan Bedrock."

 

BisectHosting adalah nama populer lainnya di dunia hosting Minecraft, meskipun ia juga menawarkan hampir semua layanan terkait web lainnya. Karena cakupan paket hosting mereka, Bisect lebih efisien dalam hal Minecraft dengan mendukung versi Java atau Bedrock.

 

Fitur berbeda yang membuat mereka unggul adalah bahwa semua paket hosting Minecraft Bisect memiliki penyimpanan SSD tak terbatas, bahkan dengan paket termurah. Ini tentu saja tunduk pada kebijakan penggunaan wajar mereka, artinya Anda dapat menggunakannya, tetapi tidak menyalahgunakannya.

 

 

4. GGServers

https://ggservers.com/
GGservers

RAM

1GB

Jumlah Pemain

12

Harga (IDR)

Rp 43.355/bln

Fitur Utama

  • Pengaturan Instan
  • Proteksi DDoS
  • Panel Multicraft
  • Installer 1-Klik
  • SSD Tak Terukur

"Tingkatkan hosting Minecraft ke level berikutnya di GGServers dengan penginstalan modpack sekali klik."

 

GGServers adalah perusahaan dari Canada yang menawarkan hosting web, tetapi juga berspesialisasi dalam server game. Mereka memiliki server untuk berbagai permainan, termasuk Minecraft, dan telah berhasil menjual lebih dari setengah juta paket di antaranya, hingga saat ini.

 

Mereka menawarkan spesifikasi dengan kinerja tinggi di server game mereka dan memiliki penyebaran sembilan lokasi pusat data yang baik di seluruh dunia untuk dipilih. Paket bervariasi tergantung pada sumber daya yang disediakan, mulai dari RAM 1GB dasar yang mendukung 12 slot pemain.

 

 

RAM

1GB

Jumlah Pemain

12

Harga (IDR)

Rp 57.855/bln

Fitur Utama

  • Uptime 99.9%
  • Pengaturan Instan
  • Proteksi DDoS
  • Panel Multicraft
  • Installer 1-Klik

"Dapatkan tidak hanya perangkat keras untuk Minecraft tetapi juga dukungan yang Anda perlukan untuk menyiapkan server Anda."

 

Apex Hosting hanya berfokus pada Minecraft, dan mereka menawarkan 15 lokasi server di seluruh dunia dengan janji akan memperbanyak jumlah server lagi dalam waktu cepat. Paket mereka mulai dari yang kecil dengan RAM 1GB dasar, tetapi semua paket dilengkapi dengan subdomain khusus.

 

Keunggulan mereka terletak pada dukungan ekstensif untuk Minecraft, yang menampilkan panel kontrol yang mudah digunakan, tutorial video, dan kemampuan untuk mengaktifkan dan menjalankan server Minecraft hanya dalam lima menit. Bantuan juga tersedia melalui live chat dan sistem tiket.

 

 

Kesimpulan: Untuk penggemar berat Minecraft

 

RAM

JUMLAH
PEMAIN

HARGA
(IDR/BLN)

Hostinger

2GB

70

Rp 130.729

Shockbyte

1GB

20

Rp 36.250

BisectHosting

1GB

12

Rp 43.355

 

Seperti yang mungkin telah Anda ketahui, menghosting server Minecraft tidak harus terlalu rumit. Faktanya, keindahannya adalah karena Anda memegang kendali, Anda dapat memutuskan dengan tepat seberapa rumit dunia Minecraft yang Anda inginkan.

 

Apakah itu berarti server besar yang mendukung ribuan pemain, atau server dasar untuk berinteraksi bersama teman, keputusan akhir ada di tangan Anda. Biaya juga belum tentu menjadi faktor. Karena seperti yang Anda lihat, ada banyak cara yang berpotensi membantu Anda menutup biaya.

 

Pada akhirnya, meng-hosting server Minecraft Anda sendiri adalah hasil kerja cinta – dan bagi penggemar game yang fanatik, tentunya sesuatu yang perlu dipertimbangkan.

 

Jika Anda masih ragu dan memutuskan apakah ini tepat untuk Anda, bicarakan dengan orang-orang di Hostinger (yang menawarkan paket & dukungan hosting Minecraft nyata) untuk melihat apakah mereka dapat memberi saran kepada Anda.

 

 

Pertanyaan yang Sering Diajukan

 

1. Apakah Minecraft Gratis?

 

Tidak. Minecraft adalah game berlisensi yang sekarang menjadi milik Microsoft. Ada berbagai versi yang ditujukan untuk berbagai platform, tetapi biayanya bervariasi. Misalnya, Minecraft dasar untuk platform Windows berharga Rp 434.855, sedangkan versi PS4 berharga Rp 289.855.

 

2. Apakah hosting server Minecraft gratis?

 

Tidak, hosting memerlukan biaya karena melibatkan infrastruktur dan peralatan yang mahal. Jika Anda menghosting online dengan perusahaan hosting web, biaya ini dapat dibagikan dan Anda membayar biaya bulanan yang lebih masuk akal tergantung pada kebutuhan Anda.

 

3. Berapa banyak RAM yang saya perlukan untuk server Minecraft?

 

Selayaknya semua aplikasi yang ada, semakin tinggi jumlah pemain di server, semakin banyak RAM yang dibutuhkan untuk mendukungnya. Untuk penyiapan dasar hingga 10 pemain, disarankan minimal 1 GB di server web. RAM lebih tinggi kemungkinan akan memberi Anda pengalaman bermain game dengan jauh lebih lancar.

 

4. Siapa yang menyediakan layanan hosting server Minecraft terbaik?

 

Tidak perlu diragukan lagi, Hostinger saat ini memimpin daftar ini. Mereka menawarkan paket Minecraft yang dapat dikembangkan secara khusus, untuk mereka yang ingin menjadi host sendiri, dan memiliki staff pendukung yang diperlukan untuk memberitahu Anda tentang segala hal mulai dari pemilihan hingga pemasangan.

 

5. Siapa yang menyediakan hosting server Minecraft gratis terbaik?

 

Hosting gratis biasanya tidak disarankan dan kemungkinan besar bahkan kurang dapat digunakan untuk tugas yang lebih menuntut seperti hosting Minecraft. Idealnya, Anda akan mempertimbangkan paket hosting VPS untuk memanfaatkan sumber daya khusus yang tersedia pada paket tersebut.