Bitcatcha didukung oleh pembaca. Saat Anda membeli melalui tautan di situs kami, kami dapat memperoleh komisi afiliasi. Lihat lebih lanjut

5 Platform Blog Terbaik di Indonesia Tahun 2021 (Teruji dari Segi Kegunaan, Fitur & Kecepatan Server)

Avatar
Oleh        •   Agustus 29, 2021      Rahasia Periklanan

 

platform blog terbaik

Platform blog terbaik yang tersedia saat ini harus cepat, mudah digunakan, fleksibel, dan memiliki potensi terbesar untuk para blogger untuk menghasilkan keuntungan! Dengan harga yang pas, Anda akan lebih dari puas dengan potensi pertumbuhannya.

 

Platform blog #1 diberikan kepada Hostinger, berkat fitur-fiturnya yang tangguh, fleksibilitas tinggi, kecepatan cepat – semuanya dengan harga murah!

 

Kami membeli layanan hosting web dan website builder, membuat lebih dari 80 situs uji, dan dengan susah payah menguji setiap kinerja, fitur, dan kemudahan penggunaannya, hanya untuk melihat mana yang akan menjadi platform blogging terbaik. Baca terus untuk mengetahui apa yang kami temukan!

 

5 Platform Blog Terbaik

 

  1. Hostinger – Platform blog serbaguna terbaik
  2. Zyro – Platform blog terbaik untuk pemula
  3. Wix – Platform blog drag & drop terbaik
  4. Medium – Platform terbaik untuk niche blogging
  5. LinkedIn – Platform blog B2B terbaik

 

platform blog terbaik

 

Catatan

  • Semua harga yang tercantum didasarkan pada tarif berlangganan 12 bulan.
  • Kami menggunakan kurs 1 USD untuk 14.100 IDR untuk semua harga yang tertera.
  • Anda dapat menikmati harga yang lebih rendah dengan memilih periode berlangganan yang lebih lama.

 

Kepemilikan Blog

Ya

Rating Keseluruhan

Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5

Harga (IDR)

Rp 19.900 /bln

Fitur Utama

  • SSD 100GB
  • Bandwidth unlimited
  • Domain & SSL gratis
  • Uptime 99.9%
  • Dukungan 24/7

“Kaya fitur dengan potensi keuntungan BESAR, Hostinger dengan mudah menjadi pilihan utama kami untuk blogging. Sangat cocok untuk blogger profesional!”

 

Kami merasa bahwa kami harus mengklarifikasi apa sebenarnya Hostinger itu untuk kepentingan mereka yang belum tahu. Perusahaan ini menyediakan hosting web, dan untuk tujuan blogging, kami akan merekomendasikan Anda untuk meng-hosting WordPress Anda bersama mereka.

 

Ketika kami pertama kali bertemu Hostinger, kami memiliki keraguan tentang perusahaan tersebut. Lagi pula, layanan macam apa yang bisa mereka berikan dengan harga serendah itu?

 

Ternyata, mereka adalah monster yang sanggup membunuh para kompetisi mereka. Kami tidak pernah begitu senang terbukti salah sebelumnya!

 

AS (B) AS (T) London Singapura São Paulo
75 md 21 md 92 md 244 md 136 md
Bangalore Sydney Jepang Kanada Jerman
211 md 265 md 172 md 37 md 107 md
Kecepatan Rata-rata Pusat Data AS: 136 md – Lihat hasil lengkap

 

Hasil tes kecepatan server Hostinger mengungkapkan bahwa pusat data AS mereka sangat cepat dengan nilai AS (T), Kanada, AS (B) dan London masing-masing 21 md, 37 md, 75 md, dan 92 md. Mereka tidak terlalu buruk di Jerman, São Paulo dan Jepang dengan skor antara 100 md – 200 md, sementara mereka melewati titik 200 md di Bangalore, Singapura, dan Sydney.

 

Dengan itu, mereka mendapatkan rata-rata global 136 md, jauh lebih cepat daripada host web rata-rata lainnya dan memberi mereka gelar penyedia peringkat A+!

 

Namun, kecepatan bukanlah satu-satunya hal yang menjadikan penyedia platform yang baik untuk blogging. Seseorang juga perlu melihat ke dalam fleksibilitas, fasilitas, dan nilai juga. Tidak mengherankan, Hostinger unggul dalam ketiga aspek tersebut!

 

Keuntungan blogging dengan Hostinger (untuk WordPress)

 

Langsung saja, Hostinger memastikan blog WordPress Anda selalu bekerja pada kinerja maksimal melalui teknologi seperti LiteSpeed ​​WebServer dan LS Cache Plugin.

 

Jika Anda ingin pertumbuhan besar, blog cepat saja tidak cukup. Anda juga ingin dapat menangkap dan mengonversi lalu lintas besar. Dan untuk itu, Anda memerlukan skalabilitas – dengan bantuan plugin dan template.

 

Di sinilah WordPress benar-benar bersinar. Mereka memungkinkan Anda menambahkan plugin dengan mudah jika Anda perlu lebih banyak fitur web.

 

Beberapa plugin yang sangat berguna, terutama untuk blogging:

 

 

… dan masih banyak lagi. Kemungkinan dengan plugin benar-benar tidak terbatas!

 

WordPress juga menawarkan banyak tema responsif yang bisa dipilih, yang sangat kami hargai karena kami sangat pilih-pilih untuk mendapatkan tema yang tepat. Faktanya, ini sangat dapat disesuaikan sehingga Anda bahkan dapat membuat tema sendiri yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!

 

Yang paling menarik adalah bahwa semua plugin dan tema ini akan memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan kapasitas menghasilkan uang melalui blog Anda! Lagi pula, tidak ada yang bisa bertahan hidup hanya dengan berbicara dan menghirup udara segar, bukan?

 

Jika Anda paham dengan pemasaran afiliasi, Anda dapat memonetisasi blog Anda dengan membumbui tautan afiliasi di sana-sini. Google Adsense juga merupakan salah satu penghasil uang terbesar bagi blogger profesional, dan Anda dapat memasang iklan sebanyak mungkin di blog Anda sesuai dengan hati nurani Anda.

 

Secara keseluruhan, Hostinger menawarkan potensi keuntungan terbesar dari semua platform blogging di daftar ini, dan sebagai blogger profesional, kami tidak dapat menyangkal bahwa pendapatan tambahan pasti membuat kami tersenyum.

 

Pengalaman blogging premium pada titik harga yang bahkan dapat disetujui oleh orang paling pintar sekalipun (mulai dari hanya Rp 12.900 per bulan dengan kontrak 48 bulan), Hostinger adalah pilihan untuk blogger, terutama jika Anda serius menjalankan blog Anda sebagai bisnis.

 

Apa yang tidak kami sukai dari Hostinger

 

Meskipun tidak terlalu sulit untuk menyiapkan dan mempelajari cara menggunakan WordPress, ada sedikit kurva pembelajaran yang harus dilalui untuk sepenuhnya memahami segala sesuatu tentang platform tersebut.

 

Namun, Hostinger memiliki basis pengetahuan yang kaya dengan semua hal tentang WordPress, dan mereka memiliki tim dukungan yang sangat baik yang bersedia membantu Anda.

 

Pelajari lebih lanjut tentang Hostinger

 

 

 

Kepemilikan Blog

Ya

Rating Keseluruhan

Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5

Harga (IDR)

Rp 35.800 /bln

Fitur Utama

  • Alat terintegrasi AI
  • Domain & SSL gratis
  • Template desainer
  • Pembuat logo
  • Sumber daya unlimited

“Mudah digunakan dengan fasilitas unik yang tidak akan Anda temukan di tempat lain, Zyro membuat platform blog yang fantastis untuk pemula!”

 

Pilihan berikutnya adalah Zyro, sebuah cabang dari Hostinger yang berfungsi sebagai platform blog yang luar biasa. Masalahnya, mengapa Hostinger membuat produk yang akhirnya menjadi pesaing produk utama mereka?

 

Nah, Zyro menawarkan kepada pelanggan serangkaian manfaat berbeda yang mungkin menarik bagi pasar yang belum cukup nyaman membangun situs web sendiri dari awal, pasar yang sedikit lebih bersedia membayar sedikit lebih banyak untuk kenyamanan besar.

 

AS (B) AS (T) London Singapura São Paulo
147 md 85 md 90 md 168 md 201 md
Bangalore Sydney Jepang Kanada Jerman
117 md 213 md 174 md 95 md 108 md
Kecepatan Rata-rata Pusat Data AS: 139.8 md – Lihat hasil lengkap

 

Zyro membuktikan bahwa pusat data mereka sangat cepat di AS (T), London, dan Kanada masing-masing pada 85 md, 90 md, dan 95 md.

 

Mereka lebih dari mampu menangani pengguna dari Jerman (108 md), Bangalore (117 md), AS (B) 147 md, Singapura (168 md), dan Jepang (174 md), dengan perlambatan hanya di São Paulo dan Sydney.

 

Mereka mendapatkan peringkat A+ dengan rata-rata global 139,8 md!

 

Keuntungan blogging dengan Zyro

 

Selain kecepatan, Zyro memanjakan pelanggan mereka dengan pengalaman membangun situs yang kami anggap sebagai salah satu yang terbaik. Semuanya dipikirkan dengan cermat, dirancang sedemikian sederhana dan lugas sehingga hewan peliharaan saya dapat dengan mudah mempelajari cara menggunakannya.

 

zyro has simple elements for customizing a blog

 

Mereka juga menyertakan fasilitas seperti pembuat logo dan pembuat slogan yang akan sangat bermanfaat bagi blogger pemula. Anda tidak perlu lagi pusing mencari orang untuk membuat logo dan menulis slogan!

 

Ada juga penulis AI, yang bekerja sangat baik untuk menghasilkan konten jika Anda tidak punya waktu untuk duduk dan benar-benar menulis. Fitur ini memang tidak sempurna, tetapi beberapa penyesuaian di sana-sini untuk konten yang dihasilkan AI dan Anda mendapatkan pekerjaan yang sebenarnya dan solid.

 

Layanan mereka juga tidak terlalu mahal, yang tentunya menambah daya tarik mereka.

 

Kecepatan cepat, antarmuka yang mudah digunakan, fasilitas ramah pemula, dan harga terjangkau menjadikan Zyro pilihan utama kami sebagai platform blog terbaik untuk pemula!

 

Apa yang tidak kami sukai dari Zyro

 

Pengguna tingkat lanjut mungkin merasa antarmuka mereka terbatas, yang dapat dimengerti karena untuk membuat UI mereka sesederhana mungkin, Zyro harus mengorbankan fleksibilitas desain.

 

Fungsionalitas web juga terbatas – dengan sebagian besar plugin dikorbankan kecuali untuk beberapa alat setelan yang dikembangkan oleh Zyro.

 

Pelajari lebih lanjut tentang Zyro

 

 

 

Kepemilikan Blog

Mungkin

Rating Keseluruhan

Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5

Harga (IDR)

Rp 176.250 /bln

Fitur Utama

  • Penyimpanan 10GB
  • Bandwidth unlimited
  • Editor drag & drop
  • Dioptimalkan seluler
  • Dukungan 24/7

“Wix adalah salah satu platform blog drag & drop terbaik yang ada saat ini. Pengalaman membangun situs dan manfaat blogging mereka dapat diringkas dalam satu kata: mengesankan!”

 

Jika Anda telah melakukan riset tentang platform blogging, Anda mungkin belum pernah mendengar tentang Wix, menemukan iklan mereka, atau meminta seseorang merekomendasikannya kepada Anda. Untuk alasan yang cukup baik juga.

 

Wix menawarkan beberapa fitur dan pengalaman blogging terbaik yang dapat diharapkan dari sebuah website builder, dan mereka sangat fleksibel dalam hal desain dan penyesuaian!

 

AS (B) AS (T) London Singapura São Paulo
41 md 30 md 96 md 189 md 141 md
Bangalore Sydney Jepang Kanada Jerman
237 md 173 md 124 md 30 md 108 md
Kecepatan Rata-rata Pusat Data AS: 116.9 md – Lihat hasil lengkap

 

Dalam hal kecepatan, Wix tidak main-main. 4 negara dengan skor di bawah 100 md, 5 antara 101 – 200 md dengan hanya 1 penurunan di bawah 200 md, Wix mencetak rata-rata global secepat kilat 116,9 md, menjadikannya yang tercepat dalam daftar ini dan memberi mereka Peringkat A+!

 

Kecepatan bukan satu-satunya hal yang akan membuat Anda terpesona jika Anda memutuskan untuk menggunakan Wix – Wix dilengkapi dengan gudang fitur dan fasilitas yang akan membantu Anda membuat blog unik milik Anda.

 

Keuntungan blogging dengan Wix

 

Mereka menawarkan lebih dari 500 pilihan template yang menakjubkan untuk dipilih, semuanya dipoles dengan indah agar Anda dapat membuat blog yang mengesankan. Bahkan jika Anda pemilih, Anda pasti akan menemukan sesuatu yang sesuai dengan gaya Anda.

 

Editor drag & drop mereka… cukup revolusioner. Antarmuka dibuat dengan sangat baik, dirancang untuk kemudahan penggunaan sambil tetap bertindak sebagai pembangkit tenaga listrik yang memungkinkan Anda melakukan apa pun yang Anda inginkan dengan situs web Anda.

 

wix drag and drop interface is intuitive

 

Jika fasilitas itu tidak cukup untuk membuat Anda terkejut, kami yakin ini akan – Wix memiliki pasar aplikasi dengan lebih dari 250 aplikasi, dengan opsi gratis dan berbayar. Semua yang Anda butuhkan untuk membuat blog Anda kuat dapat ditemukan di sini!

 

Dengan semua fitur ini dan banyak lagi, Wix dengan mudah menjadi salah satu platform blog paling serbaguna yang pernah kami gunakan.

 

Apa yang tidak kami sukai dari Wix

 

Hal pertama dan terpenting, kerusakan ke dompet Anda.

 

Wix menawarkan berbagai macam fasilitas, tetapi pelacakan kinerja dan analisis web sayangnya bukan bagian dari rencana. Jika Anda menginginkannya, bersiaplah untuk membayar lebih banyak.

 

Selain itu, setelah Anda menggunakan Wix, Anda tidak akan dapat beralih – secara harfiah. Situs buatan Wix tidak dapat dipindahtangankan, jadi jika Anda memutuskan untuk memilih layanan hosting web baru, Anda tidak akan dapat memigrasikan situs Anda.

 

Yang menimbulkan pertanyaan: jika Anda tidak dapat memindahkannya, apakah Anda benar-benar memiliki blog itu?

 

Pelajari lebih lanjut tentang Wix

 

 

 

Kepemilikan Blog

Tidak

Rating Keseluruhan

Rated 3 out of 5Rated 3 out of 5Rated 3 out of 5

Harga (IDR)

Gratis

Fitur Utama

  • Gratis digunakan
  • Analytic bawaan
  • Partner Program
  • Editor intuitif
  • Kolaborasi penulis

“Jika Anda tidak keberatan untuk tidak memiliki domain atau situs Anda sendiri, Medium adalah situs fantastis untuk blogging, terutama jika topik Anda unik untuk niche tertentu!”

 

Anda tidak selalu harus membayar yang untuk memulai blogging secara profesional. Ada banyak platform di luar sana yang memungkinkan Anda untuk mengekspresikan kreativitas Anda melalui kekuatan kata-kata tertulis. Salah satu platform tersebut adalah Medium yang sangat mapan.

 

Blogging di Medium memungkinkan Anda menjangkau audiens dengan sangat cepat. Lagi pula, mereka memiliki hampir 100 juta pengguna aktif yang mengunjungi platform mereka setiap bulan, semuanya haus akan konten baru.

 

Membuat blog Anda ke mata yang tepat seharusnya relatif mudah, karena yang harus Anda lakukan hanyalah mengandalkan Medium untuk mendorong karya Anda ke orang yang tepat.

 

Keuntungan blogging dengan Medium

 

Jika Anda baru mengenal blogging, Medium menawarkan cara yang sangat mudah dan bebas intimidasi untuk memulai. Proses orientasi sangat mudah – yang harus Anda lakukan hanyalah menyiapkan akun Anda dan Anda dapat mulai membuat blog secara gratis.

 

Sementara Medium menawarkan cara mudah untuk langsung masuk dan memulai blogging, mereka juga menawarkan cara bebas repot bagi Anda untuk memonetisasi artikel Anda dengan Partner Program mereka, tanpa harus membuang waktu untuk menyiapkan apa pun.

 

medium partner program lets writer to monetize their articles

 

Yang harus Anda lakukan adalah menuliskan pemikiran Anda di atas kertas (dalam hal ini, itu akan menjadi editor), memolesnya sehingga sempurna, pilih “Meter My Story” dan publikasikan! Dengan itu, pekerjaan Anda akan menghasilkan uang setiap kali seseorang membacanya.

 

Benar-benar tidak ada yang lebih mudah dari ini.

 

Untuk menyimpulkannya, Medium adalah alat yang fantastis untuk para pemula yang mencari blog untuk audiens khusus!

 

Apa yang tidak kami sukai dari Medium

 

Hal yang disayangkan dari blogging di platform seperti ini adalah potensi keuntungannya cukup kecil. Medium memang memungkinkan Anda memonetisasi blog Anda, tetapi mereka akan memotong keuntungan Anda, yang sejujurnya cukup menyakitkan.

 

Mereka juga berhak mengeluarkan Anda dari Program Mitra mereka tanpa pemberitahuan sebelumnya, jadi agak berbahaya jika Anda bergantung pada mereka untuk mendapatkan penghasilan.

 

Selain itu, Anda tidak diperbolehkan untuk menjual produk, memasang iklan, atau menyisipkan tautan afiliasi di artikel Anda, jadi satu-satunya sumber penghasilan Anda adalah dari Medium itu sendiri.

 

Sebagai platform yang dibuat hanya untuk blogging, Anda tidak akan memiliki kemampuan untuk menyesuaikan blog Anda. Anda diberi tampilan yang telah ditetapkan dan yang dapat Anda lakukan hanyalah menulis, yang menyebalkan tetapi adil, mengingat Medium harus tetap berpegang pada pedoman merek mereka.

 

Omong-omong, Anda tidak akan benar-benar memiliki blog Anda. Anda akan memiliki akun dan halaman Anda sendiri dengan mereka. Tetapi jangan salah – platformnya adalah milik Medium sendiri.

 

Pelajari lebih lanjut tentang Medium

 

 

 

Kepemilikan Blog

Tidak

Rating Keseluruhan

Rated 3 out of 5Rated 3 out of 5Rated 3 out of 5

Harga (IDR)

Gratis

Fitur Utama

  • Gratis digunakan
  • Lead gen B2B
  • Pemformatan layak
  • Analytic terperinci
  • Basis pengguna mapan

“LinkedIn bisa menjadi situs blogging yang bagus untuk bisnis agar bisa terhubung dengan bisnis lain!”

 

Jika Anda pernah memiliki karier, kemungkinan besar Anda akan menemukan iklan LinkedIn dan undangan dari teman dan keluarga untuk bergabung dengan platform media sosial berbasis bisnis.

 

Apa yang mungkin tidak Anda ketahui adalah bahwa LinkedIn menawarkan cara yang nyaman bagi seseorang untuk membuat blog secara gratis, dan untuk memperkuat diri sebagai ahli dalam industri pilihan mereka.

 

Keuntungan blogging dengan LinkedIn

 

Sebagai platform jaringan profesional yang mapan, LinkedIn memiliki lalu lintas yang sangat besar dengan lebih dari 740 juta anggota di seluruh dunia yang menelusurinya setiap hari, berharap dapat membaca wawasan dari para pemimpin industri.

 

Karena Anda tahu apa yang dicari audiens di LinkedIn, platform ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin membangun:

 

  • Kepemimpinan pikiran
  • Nilai merek
  • Komunitas merek

 

Pengguna juga akan menemukan bahwa editor mereka sangat menyenangkan untuk digunakan, dengan banyak opsi pemformatan dan kemampuan untuk membuat judul, poin-poin, dan teks hyperlink. Menambahkan gambar, video, atau slide ke karya Anda juga sangat mudah, dapat diterapkan hanya dengan satu klik tombol.

 

linkedin blog editor interface

 

Kesederhanaan editor mereka adalah salah satu alasan utama mengapa LinkedIn masuk ke daftar ini. Jika Anda hanya ingin masuk, Anda hanya perlu klik tombol dan mulai blogging tanpa kerumitan atau sakit kepala, inilah kunci dari kesederhanaan mereka.

 

Tidak ada platform lain yang membuat koneksi ke bisnis lain lebih mudah, dan jika itu tujuan Anda, maka LinkedIn adalah pilihan yang tepat!

 

Apa yang tidak kami sukai dari LinkedIn

 

LinkedIn beroperasi pada rangkaian algoritmanya sendiri, dan visibilitas konten Anda akan tunduk pada kebijakannya.

 

Namun, saya tidak akan terlalu mengkhawatirkannya. Jika Anda telah membuat profil yang mapan, yang harus Anda lakukan hanyalah menulis konten berkualitas, dan kemungkinan besar LinkedIn akan mendorong karya Anda ke mata yang tepat.

 

Anda harus ingat bahwa hampir tidak ada keuntungan dari blogging dengan platform ini. Iklan tidak diizinkan, dan juga tautan afiliasi. Bijaksanalah dalam hal ini dan tulislah untuk meningkatkan potensi keuntungan Anda dari sumber lain.

 

Selain itu, blogging di LinkedIn berarti Anda tidak memiliki platform tersebut. Tidak ada situs, tidak ada domain, tidak ada apapun. Meskipun ini tidak akan merugikan merek Anda, dan juga tidak akan meningkatkan ekuitasnya.

 

Pelajari lebih lanjut tentang LinkedIn

 

 

 

Cara Memilih Platform Blogging Terbaik

 

Platform untuk blogging harus mudah digunakan, dengan editor yang akan membuat Anda sanggup mengetik berjam-jam, dan menyenangkan untuk digunakan. Namun, ini saja tidak cukup untuk freelancer yang ingin menghasilkan banyak uang dari blog mereka.

 

Berikut adalah daftar hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih platform blogging Anda.

 

1. Kecepatan server tinggi

 

Blog yang lambat sama saja ibaratnya dengan tidak memiliki blog. Orang-orang di internet memiliki toleransi yang rendah terhadap kelambatan, jadi jika server Anda tidak cukup cepat untuk menangani lalu lintas Anda, Anda dapat yakin bahwa pembaca Anda akan mengklik untuk membuat kecanduan konten mereka terpenuhi di tempat lain.

 

Pastikan untuk mempertimbangkan ini saat berbelanja untuk platform blog.

 

1.1 Kecepatan

 

Jika blog Anda lambat merespons, Anda bisa kehilangan ribuan, mungkin jutaan, kehilangan potensi keuntungan. Anda akan menginginkan web host cepat atau platform yang cepat yang setidaknya dapat memenuhi persyaratan dari Core Web Vitals!

 

core web vital

 

Core Web Vitals diukur menggunakan 3 metrik: Cumulative Layout Shift (CLS), Largest Contentful Paint (LCP), dan First Input Delay (FID). Dari 3 metrik ini, dua metrik terakhir sangat bergantung pada kecepatan pemuatan!

 

1.2 Kecepatan di mana audiens Anda berada

 

Server blog Anda perlu menanggapi permintaan dari pembaca Anda dengan CEPAT, jadi pastikan untuk memilih platform dengan waktu respons yang baik di wilayah audiens Anda.

 

Menurut Think with Google, blog Anda harus dimuat penuh dalam waktu kurang dari satu detik, jika tidak, rasio pentalan untuk situs Anda naik sebesar 32%!

 

32% of users will bounce if page load time takes up to 3 seconds

 

Inilah sebabnya mengapa pemeriksa kecepatan situs Bitcatcha menunjukkan kepada Anda waktu respons yang diambil dari 10 negara di seluruh dunia.

 

Dengan memanfaatkan kecepatan server blog yang cepat untuk memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna di situs Anda, Anda akan dapat memaksimalkan kekuatan peringkat, yang berpotensi meningkatkan keuntungan!

 

2. Fleksibilitas & skalabilitas

 

Anda mungkin blogger paling menarik di dunia, tetapi jika blog Anda hanya terdiri dari dinding teks, Anda tidak akan mempertahankan pembaca apa pun. Lihatlah ini saat berbelanja untuk platform blogging.

 

  • Tema atau Template
    Anda ingin blog Anda mencerminkan kepribadian atau merek Anda, dan Anda tidak dapat melakukannya tanpa tema. Periksa untuk melihat berapa banyak tema yang disediakan platform dengan akun mereka.
  • Plugin atau integrasi app
    Anda mungkin ingin menjual sesuatu di blog Anda, dimana Anda tidak akan dapat melakukannya tanpa plugin / aplikasi yang menyediakan keranjang belanja.

 

3. Kegunaan

 

Platform blog harus mudah digunakan, atau Anda akan kesulitan untuk melanjutkan blogging.

 

  • Kemudahan onboarding
    Anda perlu melihat betapa mudahnya untuk benar-benar mendaftar dengan platform tersebut. Apakah harganya murah? Apakah Anda perlu melewati rintangan untuk membuat akun? Apakah membuat blog itu rumit? Pertimbangkan ini.
  • Kemudahan penggunaan
    Lihat betapa mudahnya membuat konten dengan layanan ini. Itu perlu terasa mudah dan lancar, atau Anda akhirnya akan kehilangan motivasi untuk membuat blog sepenuhnya.
  • Proses pembuatan konten
    Beberapa orang lebih suka editor teks, ada juga yang lebih suka antarmuka drag & drop. Perhatikan apakah calon penyedia Anda untuk melihat apa yang mereka berikan, dan pastikan itu sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Migrasi blog
    Jika saat ini Anda memiliki blog lain, Anda pasti ingin memigrasikannya. Jika Anda membeli layanan yang sulit dilakukan, Anda akan terjebak dengan tak berguna.

 

4. Monetisasi

 

Beberapa dari kita membuat blog untuk keuntungan. Beberapa untuk kesenangan murni mengungkapkan pikiran mereka. Tetapi jika seseorang dapat mengubah blog mereka menjadi usaha sampingan yang menguntungkan, tidak mungkin ada orang yang akan mengatakan tidak.

 

  • Keanggotaan berbayar atau paywall
    Jika Anda telah mendapatkan pengikut atau jika Anda memiliki pengetahuan yang sangat dibutuhkan, Anda dapat mengatur keanggotaan berbayar atau paywall agar orang-orang dapat mengakses konten Anda, terutama melalui penggunaan plugin atau aplikasi pihak ketiga.
  • Penempatan iklan
    Salah satu cara termudah untuk menghasilkan uang dari blog Anda adalah melalui Google Adsense. Namun, beberapa layanan tidak mengizinkan praktik seperti itu. Cari tahu panduan calon penyedia Anda tentang penempatan iklan.
  • Fungsi E-Commerce
    Menjual produk adalah cara lain untuk mencari nafkah dari blog Anda! Poin ekstra ke penyedia jika mereka memiliki fitur pemrosesan kartu kredit atau toko online untuk penggunanya.

 

5. Manajemen blog

 

Mengelola blog Anda mungkin terbukti cukup membosankan, terutama ketika blog Anda mulai berkembang. Perhatikan fitur-fitur seperti ini untuk mempermudah Anda sendiri.

 

Ingatlah bahwa fitur-fitur ini mungkin tidak tersedia sebagai bagian dari layanan penyedia, tetapi dapat ditemukan melalui plugin atau aplikasi pihak ketiga.

 

  • SEO atau analisis blog
    Fitur seperti ini akan memungkinkan Anda untuk memantau kinerja blog Anda dan mengukur seberapa baik kinerjanya dalam industri.
  • Pemasaran atau Buletin
    Pemasaran email tetap ada sampai sekarang, dan tetap menjadi salah satu cara terbaik bagi Anda untuk menjangkau audiens Anda. Lihat apakah platform memberi Anda milis, dan memiliki fitur untuk menjadwalkan posting sebelumnya.
  • Fitur kolaborasi
    Kolaborasi dengan orang lain menghilangkan beban Anda dan membiarkan orang lain menanggung beban ini sesekali. Anda ingin platform Anda memberi Anda izin pengguna / peran dan kemampuan untuk menyertakan penulis lain di blog Anda.

 

Jenis Platform Blog Apa yang Terbaik?

 

1. Hosting dengan WordPress

 

Ini adalah pilihan yang bagus jika Anda ingin kontrol total atas blog Anda dan ingin memaksimalkan keuntungan. Layanan hosting WordPress yang baik akan dapat memberi Anda semua layanan yang dibutuhkan dengan harga yang sangat ramah dompet, seperti Hostinger!

 

2. Website builder

 

Jika tujuan Anda adalah membuat situs yang tampak cantik dengan mudah dan tanpa kerumitan, Anda akan ingin menggunakan website builder. Penyedia seperti Zyro atau Wix adalah contoh platform yang memungkinkan Anda melakukan apa yang Anda inginkan!

 

3. Situs blogging

 

Bagi mereka yang tidak ingin melakukan apa-apa selain menulis, situs blog saja sudah cukup. Jika Anda menulis untuk audiens khusus, Anda pasti ingin memilih layanan seperti Medium. Blogging untuk meningkatkan jaringan profesional Anda? Maka LinkedIn adalah platform yang tepat untuk Anda.

 

Kesimpulan: Manakah Platform Terbaik Untuk Blogging?

 

Bagi saya, sebenarnya tidak ada platform blogging “terbaik” di luar sana, melainkan platform yang melakukan apa yang Anda butuhkan, yang terbaik.

 

5 platform blog yang tercantum dalam artikel ini hari ini semuanya adalah juara dalam kategori mereka sendiri, semuanya sangat baik dalam apa yang mereka lakukan.

 

Bagaimanapun juga, inilah rekap dari 3 platform blog teratas kami bagi mereka yang ingin membuat bisnis serius dari blog mereka:

 

Kepemilikan
Blog

Rating
Keseluruhan

Harga
(IDR/BLN)

hostinger

Ya

Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5

Rp 19.900

zyro

Ya

Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5

Rp 35.800

wix

Mungkin

Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5

Rp 176.250

 

Pastikan Anda memilih yang tepat untuk kebutuhan Anda!

 

Menurut pendapat kami yang sederhana, Anda tidak bisa salah dengan Hostinger. Mereka mendapatkan semua yang Anda butuhkan untuk membuat blog secara profesional:

 

  • Server sangat cepat.
  • Layanan dan waktu aktif sangat andal.
  • Sumber daya yang bagus untuk memulai dan menjalankan blog.
  • Skalabilitas & fleksibilitas luar biasa untuk mengembangkan blog Anda.

 

… semua hanya seharga sandwich ayam yang enak.

 

Pertanyaan yang Sering Diajukan

 

1. Bagaimana cara memulai blog untuk pemula?

 

Anda ingin memulai blog dengan memilih niche. Kemudian, pilih platform blog yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin memulai dengan cepat dan kotor, kami sarankan Zyro. Jika Anda serius ingin membuat blog yang menguntungkan untuk bisnis yang serius, pilih Hostinger.

 

2. Platform blog mana yang terbaik?

 

Kami merasa bahwa tidak ada platform blog terbaik, hanya yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Tetapi Hostinger dengan WordPress memiliki skalabilitas terbaik (oleh karena itu potensi keuntungan yang besar) dan memungkinkan kontrol penuh atas blog Anda, yang menjadikannya platform terbaik menurut kami.

 

3. Apa platform blog terbaik untuk pemula?

 

Untuk pemula, Zyro akan menjadi platform yang direkomendasikan. Mereka sangat ramah pemula, harganya sangat masuk akal dan mereka menawarkan cara yang disederhanakan untuk blog.

 

4. Berapa biaya menjalankan blog?

 

Itu tergantung pada apa yang Anda gunakan untuk blog. Blog kasual atau pribadi dapat dijalankan secara gratis atau dengan biaya minimal, tetapi blog profesional dapat menelan biaya lebih dari Rp 11 juta untuk memulai, dengan biaya pemeliharaan sekitar Rp 282.000 per bulan.

 

5. Bagaimana cara blogger dibayar?

 

Blogger dibayar melalui dua metode utama – dengan menempatkan iklan di blog Anda, atau melalui pemasaran afiliasi. Menempatkan iklan membutuhkan perawatan yang sangat rendah, yang harus Anda lakukan adalah benar-benar menempatkan dan Anda bisa melupakannya, meskipun pendapatan yang dihasilkan biasanya tidak banyak. Pemasaran afiliasi membutuhkan lebih banyak upaya untuk mempertahankannya, tetapi potensi keuntungannya sangat tinggi. Anda dapat menggunakan kedua opsi jika blog Anda di hosting di layanan hosting web seperti Hostinger.

 

6. Bagaimana cara mendapatkan lalu lintas ke blog saya?

 

Cara terbaik dan bisa dibilang faktor terpenting untuk mendapatkan lalu lintas blog adalah dengan menulis konten yang berkualitas. Dengan menulis konten yang berguna dan relevan untuk audiens target Anda, blog Anda dapat berperingkat baik di pencarian Google, memasarkannya ke lebih banyak lalu lintas dan para pengguna.