5 VPN Murah Terbaik Indonesia di 2021 (Lebih murah dari rata-rata biaya pulsa loh)

Joe Gievano
Oleh          •   Juni 11, 2021      Rahasia Periklanan

 

vpn murah terbaik

VPN murah terbaik musti mempunyai layanan keamanan dan performa yang optimal untuk memastikan anda mendapatkan privasi digital dengan harga yang tidak menguras dompet.

 

Sejauh ini Surfshark adalah VPN murah terbaik. Dengan kecepatan tinggi, akses dunia, tidak ada limitasi perangkat dan dengan harga Rp 35.109!

 

Kami telah melakukan pengkajian dengan membeli beberapa VPN dan mencobanya secara detail. Mencoba performa kecepatan koneksi, tindakan keamanan dan jangkauan server dengan harga tertentu. Setelah melakukan tes secara ekstensif, kami memilih 5 VPN murah terbaik yang memenuhi kriteria kami.

 

VPN Murah Terbaik

 

  1. Surfshark – Harga mulai dari Rp 182.595 Rp 35.109 /bln
  2. NordVPN – Harga mulai dari Rp 49.209 /bln
  3. CyberGhost – Harga mulai dari Rp 38.775 /bln
  4. VyprVPN – Harga mulai dari Rp 23.406 /bln
  5. FastestVPN – Harga mulai dari Rp 15.650 /bln

 

Catatan

  • Harga berdasarkan nilai tukar uang 1 USD = 14.100 IDR
  • Harga yang ditampilkan didasarkan pada harga paket paling rendah yang tersedia dari masing-masing penyedia layanan VPN.

 

Untuk menguji tes kecepatan VPN, kita perlu melakukan baseline test atau tes dasar kecepatan tanpa menggunakan VPN untuk bisa dapat melakukan perbandingan sebelum dan sesudah pemakaian VPN.

 

Hasil tes berikut adalah tes dasar kecepatan saya tanpa menggunakan VPN:

 

Tes kecepatan tanpa koneksi VPN

Tes kecepatan tanpa koneksi VPN
(Lihat hasil selengkapnya)

 

Tes dasar menunjukan kecepatan dasar download berada di sekitar 10.64 Mbps dan Upload di sekitar 5.64 Mbps. Karena saya berada di Bali sepertinya koneksi kecepatan saya lebih turun dibanding ketika saya di Jakarta. Masuk akal karena server terdekat berada di Surabaya dan juga variasi kapan waktu tes dilakukan akan mempengaruhi kecepatan juga.

 

Tentunya lokasi server VPN akan mempunyai dampak besar untuk mempengaruhi kecepatan dan latensi. Secara aturan umum, semakin dekat lokasi server VPN dengan wilayah Asia Tenggara semakin tinggi kecepatan mereka.

 

1. Surfshark

https://surfshark.com/
surfshark

Kecepatan

Luar Biasa

Rating Keseluruhan

Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5

Harga (IDR)

Rp 35.109 /bln

Sorotan Fitur

  • 3.200+ server
  • Perangkat unlimited
  • Blokir iklan
  • Whitelister
  • Koneksi Multi-hop

“Surfshark menawarkan nilai terbesar dengan harga yang rendah dalam hal fitur dan performa – menjadikannya VPN murah terbaik!”

 

Patokan harga rendah Surfshark adalah Rp 35.109 dengan waktu subskripsi 24 bulan, mereka menawarkan fitur-fitur yang sangat menguntungkan dengan harga segitu!

 

Dengan berbasis di Kepulauan Virgin Inggris. Mereka mempunyai 3200+ server dan VPN mereka tidak mempunyai limitasi perangkat, sehingga anda bebas memakai beragam macam perangkat tanpa ada batas, dengan sekali subskripsi saja! Surfshark juga menyediakan fitur garansi uang anda kembali dalam waktu 30 hari.

 

Hasil tes kecepatan Surfshark saya:

 

tes kecepatan speedtest surfshark di indonesia

Tes kecepatan Surfshark dengan server Indonesia
(Lihat hasil selengkapnya)

 

Surfshark mempunyai server di Indonesia sehingga memastikan kecepatan koneksi agar cepat dan stabil. Dengan kecepatan download 8.52 Mbps, kecepatan koneksi ini hampir sama dengan tanpa menggunakan VPN. Artinya penurunan kecepatan tidak terlalu signifikan bagi saya.

 

Secara fitur unik, anda akan mendapatkan fitur CleanWeb untuk memblokir iklan (menghemat data mobile!) dan malware ketika anda online dan juga fitur Whitelister yang berguna untuk memilih app mana yang memakai VPN dan mana yang tidak perlu tanpa memutusan koneksi VPN.

 

Tapi…

 

Menurut saya, Fitur paling paten adalah sistem protokol baru bernama WireGuard protocol dimana proses enkripsi data menjadi lebih ringan dan cepat sehingga memperbaiki kecepatan dan performa keseluruhan sistem mereka.

 

Surfshark membuka blokir situs seperti: Netflix, Hulu, Amazon Prime, BBC iPlayer, Disney Plus, DAZN, HBO Now, Hotstar, Sky Go, YLE Areena, AbemaTV.

 

Kekurangan Surfshark

 

Walaupun Surfshark klaim mendukung download torrent di kebanyakan server mereka ternyata kecepatan torrent mereka cukup lambat jadi bagi anda yang tukang download dari torrent, hal ini musti dipertimbangkan.

 

Lihat lebih lanjut tentang Surfshark

 

 

 

Kecepatan

Luar Biasa

Rating Keseluruhan

Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5

Harga (IDR)

Rp 49.209 /bln

Sorotan Fitur

  • 5.500+ server
  • 6 perangkat
  • Tanpa log
  • VPN dobel
  • Split tunneling

“NordVPN menawarkan keamanan dan performa seimbang walaupun dengan titik harga yang lebih tinggi.”

 

Patokan harga terendah yang NordVPN sediakan: Rp 49.209 dengan waktu subskripsi 24 bulan. Walaupun NordVPN mempunyai harga yang paling mahal di list ini tetapi sepandan dengan kualitas pelayanan yang mereka berikan dari brand yang sudah mapan ini.

 

NordVPN berbasis di Panama. Mereka mempunyai 5500+ server dan VPN mereka mempunyai limitasi 6 perangkat. NordVPN menyediakan fitur garansi uang kembali dalam waktu 30 hari.

 

Hasil tes kecepatan NordVPN saya:

 

tes kecepatan speedtest nordvpn di indonesia

Tes kecepatan NordVPN dengan server Indonesia
(Lihat hasil selengkapnya)

 

NordVPN juga mempunyai server di Indonesia sehingga kecepatan cukup optimal dan tidak drop secara signifikan. Dengan hasil tes kecepatan download 7.82 Mbps, NordVPN mempunyai latensi terendah dari semua VPN di list ini. Pengalaman online saya tidak ada masalah dan masih seperti biasanya.

 

Salah satu faktor kekuatan utama NordVPN yang saya temukan adalah penggunaan Double VPN yang artinya mereka menggunakan sistem enkripsi data dua kali dengan menggunakan dua server VPN. Sistem ini membuat privasi digital anda menjadi sangat aman dan memberi perlindungan optimal buat data-data anda.

 

NordVPN membuka blokir situs seperti: Netflix, Hulu, Amazon Prime, BBC iPlayer, Disney Plus, DAZN.

 

Kekurangan NordVPN

 

NordVPN mempunyai kelemahan lama untuk berkoneksi, kadang bisa sampai 10 detik lebih untuk mendapatkan server. Ini bagi saya cukup menyebalkan karena NordVPN adalah brand besar dan mereka mempunyai dana untuk mengoptimalkan software mereka.

 

Lihat lebih lanjut tentang NordVPN

 

 

 

Kecepatan

Memuaskan

Rating Keseluruhan

Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5

Harga (IDR)

Rp 38.775 /bln

Sorotan Fitur

  • 6.800+ server
  • 7 perangkat
  • Tanpa log
  • Kompresi data
  • Blokir iklan

"CyberGhost berbasis di Rumania tetapi telah memperhatikan kebutuhan pengguna Indonesia dengan terus meningkatkan jumlah servernya di negara ini."

 

Patokan harga terendah yang CyberGhost sediakan: Rp 38.775 dengan waktu subskripsi 39 bulan. Dengan harga sangat terjangkau itu CyberGhost juga mempunyai layanan-layanan yang sangat solid!

 

CyberGhost berlokasi di Romania. Mereka mempunyai 6700+ server (server paling banyak di list ini) dan VPN mereka mempunyai limitasi 7 perangkat. CyberGhost menyediakan fitur garansi uang kembali dalam waktu 45 hari.

 

Hasil tes kecepatan CyberGhost saya:

 

tes kecepatan speedtest cyberghost di indonesia

Tes kecepatan CyberGhost dengan server Indonesia
(Lihat hasil selengkapnya)

 

CyberGhost mempunyai server di Indonesia. Dengan hasil tes kecepatan download 4.16 Mbps, CyberGhost mempunyai kecepatan terlambat di list ini dan efek ini terasa ketika saya online. Walaupun begitu, masih bisa dibilang ok untuk penggunaan.

 

Fitur terkuat yang saya temukan di CyberGhost adalah mereka punya server terbanyak di antara semua VPN di list ini. Pada dasarnya, semakin banyak server berarti anda mempunyai opsi lebih banyak untuk mendapatkan koneksi yang stabil dan anda tidak menghabiskan waktu banyak untuk menunggu VPN aktif.

 

CyberGhost membuka blokir situs seperti: Netflix, Hulu, Amazon Prime, BBC iPlayer, Disney Plus, Crunchyroll, HBO Now, Hotstar, Sky Go, YouTube Premium, YLE Areena, ESPN.

 

Kekurangan CyberGhost

 

Kecepatan CyberGhost tidak begitu bagus, saya kehilangan setengah kecepatan normal saya. Selain dari pemilihan protokol, anda kemungkinan bisa mendapatkan kecepatan lebih baik dengan berkoneksi ke server Indonesia atau server terdekat dengan infrastruktur lebih baik seperti Singapura.

 

Lihat lebih lanjut tentang CyberGhost

 

 

 

Kecepatan

Luar Biasa

Rating Keseluruhan

Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5

Harga (IDR)

Rp 23.406 /bln

Sorotan Fitur

  • 700+ server
  • 5 perangkat
  • Kill Switch
  • Tanpa log
  • VyprDNS

“VPN bebas repot dengan keamanan solid. Cocok bagi yang memprioritaskan privasi online.”

 

Patokan harga terendah VyprVPN yang tersedia: Rp 23.406 dengan waktu subskripsi 36 bulan. Walaupun harga mereka terbilang murah tapi layanan dan fitur mereka sangat memuaskan!

 

VyprVPN berbasis di Swis. Mereka mempunyai 700+ server dan VPN mereka mempunyai limitasi 5 perangkat. VyprVPN menyediakan fitur garansi uang kembali dalam waktu 30 hari.

 

Hasil tes kecepatan VyprVPN saya:

 

tes kecepatan speedtest vyprvpn di indonesia

Tes kecepatan VyprVPN dengan server Indonesia
(Lihat hasil selengkapnya)

 

VyprVPN mempunyai layanan server di Indonesia. Dengan hasil tes kecepatan download 9.20 Mbps, VyprVPN mempunyai kecepatan tercepat di list ini! Tentunya ini membuat pengalaman browsing saya sangat nyaman dan cepat.

 

Bagi saya, fitur unik VyprVPN adalah fokus mereka ke keamanan dan privasi tapi secara umum kecepatan mereka musti dikorbankan (coba anda koneksi ke server mereka di negara barat pasti kerasa sekali penurunan kecepatan).

 

Jadi walaupun layanan keamanan dan privasi mereka sangat bagus tapi kecepatan koneksi sepertinya dikorbankan.

 

VyprVPN membuka blokir situs seperti: Netflix, Hulu, Amazon Prime, BBC iPlayer, Disney Plus, Crunchyroll, DAZN, HBO Now, Sky Go, ESPN.

 

Kekurangan VyprVPN

 

Jangakauan server yang ok tapi hanya di lokasi terbatas membuat koneksi ke server menjadi ramai (jadinya lambat) dan mereka tidak punya alternatif lain.

 

Lihat lebih lanjut tentang VyprVPN

 

 

 

5. FastestVPN

https://fastestvpn.com/
fastestvpn

Kecepatan

Luar Biasa

Rating Keseluruhan

Rated 3 out of 5Rated 3 out of 5Rated 3 out of 5

Harga (IDR)

Rp 15.651 /bln

Sorotan Fitur

  • 30+ negeri
  • 10 perangkat
  • Blokir iklan
  • Optimasi P2P
  • Smart Tunneling

“VPN termurah dari semua dengan hanya fitur dasar. Bagus untuk yang cuma mencari VPN berfungsi.”

 

FastestVPN menyediakan harga terendah: Rp 15.651 dengan waktu subskripsi 36 bulan. Mereka mempunyai harga terendah di list ini tetapi layanan kualitas mereka tidak murahan justru sebaliknya.

 

FastestVPN berlokasi di Kepulauan Cayman. Mereka mempunyai server di 40+ negara dan VPN mereka mempunyai limitasi 10 perangkat. FastestVPN menyediakan fitur garansi uang kembali dalam waktu 15 hari.

 

Hasil tes kecepatan FastestVPN saya:

 

tes kecepatan speedtest vyprvpn di indonesia

Tes kecepatan VyprVPN dengan server Indonesia
(Lihat hasil selengkapnya)

 

FastestVPN mempunyai layanan server di Indonesia. Dengan hasil tes kecepatan download 7.81 Mbps, mereka mempunyai kecepatan yang bagus dan saya tidak mengalami penurunan drastis ketika pemakaian.

 

Terus terang, FastestVPN tidak mempunyai fitur unik seperti VPN lain di list ini. FastestVPN secara sederhana bekerja dengan simpel. Performa mereka tidak terlalu berkelebihan tapi berfungsi. Saya hanya rekomendasi ini jika anda mencari VPN dasar dengan biaya paling rendah.

 

FastestVPN membuka blokir situs seperti: Netflix, Amazon Prime, BBC iPlayer, Disney Plus, HBO Go, ESPN.

 

Kekurangan FastestVPN

 

Performa mereka cukup bagus di Indonesia (untungnya) tapi peforma kecepatan koneksi mereka di negara besar lain lebih rendah dibanding VPN lain, jadi anda musti ingat hal ini jika anda ingin berkoneksi ke luar negeri dengan menggunakan VPN.

 

Lihat lebih lanjut tentang FastestVPN

 

 

 

Apakah VPN murah aman?

 

Mungkin anda sering merasa pesimis ketika membaca sebutan ‘VPN murah’ karena akhirnya kita musti bayar juga toh? Walaupun memang murah tapi ngapain kita bayar padahal banyak VPN gratis yang tersedia? Saya juga dulu berpikir seperti itu, maunya cari jalan cepat dan gratisan.

 

Ternyata VPN murah mempunyai keunggulan jauh di atas VPN gratisan yaitu, sistem keamanan yang betul-betul menjaga privasi digital anda.

 

VPN yang betul bagus tidak akan mengorbankan keamanan untuk harga rendah. Ini adalah kriteria mutlak untuk menjadikan brand mereka lebih solid dan terpercaya. Semua VPN yang saya sebutkan di list ini mempunyai kriteria dasar yang sama: mereka mempunyai sistem keamanan yang solid dengan harga murah.

 

  1. Kebijakan ‘No Logging’
    Mereka mempunyai ‘no logging policies’ (tidak ada kebijakan logging) yang artinya VPN tidak akan mengoleksi data, informasi anda, ke situs mana anda pergi, apa yang anda dowload dan apa yang anda cari online. Intinya aktivitas online anda tidak diketahui oleh VPN.
  2. Kill Switch
    Mereka juga punya fitur ‘kill switch’ (tombol pemutus), dimana ketika anda sedang online dan koneksi anda terganggu atau terputus dari server VPN, kill switch akan memblokir semua koneksi dari luar dan membangun kembali koneksi dengan VPN yang sama. Artinya alamat IP anda masih aman dan tidak terekspos dengan koneksi luar.
  3. Dikecualikan dari Yurisdiksi 5, 9, dan 14 Eyes
    Yang lebih penting lagi semua VPN di list tadi berbasis di luar yurisdiksi negara-negara ‘5 eyes, 9 eyes dan 14 eyes’ (5 mata, 9 mata dan 14 mata), ini adalah sebutan untuk kelompok negara-negara yang saling bertukar informasi dengan mudah antara sesama (informasi warga negara) dan melakukan pengawasan masal di warga negara masing-masing.
     
    Dengan berbasis di luar negara ‘eyes’, perusahaan-perusahaan VPN itu dapat berfungsi secara optimal karena mereka tidak terjerat hukum untuk memberikan informasi/data penting pelanggannya ke pemerintah setempat.

 

Memang kedengarannya seperti film James Bond ya? Tapi ini adalah fakta kenyataan dan kita musti sadar dengan apa yang terjadi.

 

Konsep ini bisa saja sudah terjadi dengan kita, sebuah agen pemerintah bisa dengan leluasa mencegat dan mengoleksi komunikasi pribadi atau data pribadi kita yang penting. Setelah itu di share ke agensi, pemerintah lain atau pihak ketiga tanpa ijin atau sepengetahuan kita.

 

Jadi, walaupun VPN harganya murah tapi kalau mereka adalah brand yang bagus, mereka mempunyai kebijakan untuk tidak mengorbankan keamanan dan privasi digital anda demi sekedar keuntungan.

 

Apa yang membuat VPN murah bagus?

 

Walaupun harga akhirnya akan menjadi fokus utama, ada juga beberapa kriteria penting yang membuat VPN murah bagus.

 

1. Fitur

 

Di Indonesia kebanyakan fokus pemakaian VPN untuk aktivitas hiburan seperti menonton streaming. Fitur untuk bisa membuka blokir situs seperti Netflix, Disney Plus dan BBC iPlayer sangat penting dan diperlukan karena konsumer ingin menonton situs-situs tersebut tanpa kendala atau aturan birokrasi yang kompleks dan merugikan konsumen.

 

Torrent juga salah satu hiburan yang digemari. VPN murah bagus musti memperbolehkan konsumen untuk melakukan download torrent. Apapun pendapat pro atau kontra anda tentang torrent, realitanya adalah torrent sudah menjadi bagian permanen di internet.

 

Paling tidak jika anda ingin men-download torrent, privasi anda musti terlindungi supaya tidak bisa dilacak oleh pihak manapun.

 

2. Kecepatan Koneksi

 

Setelah saya mencoba berbagai macam VPN, kesimpulan saya adalah VPN murah bagus musti mempunyai patokan kecepatan tidak lebih dari 20% kecepatan menurun dibanding tes dasar kecepatan tanpa menggunakan VPN.

 

Misalnya jika tes dasar kecepatan server anda tanpa menggunakan VPN berada di sekitar 20Mbps, ketika anda menggunakan VPN seharusnya kecepatan cuman turun maksimal 20% berarti di sekitar 16Mbps.

 

Kecepatan koneksi internet adalah sangat penting untuk penggunaan online, jadi idealnya adalah kita mau mempunyai privasi digital yang aman dan pengalaman online nyaman yang tidak membikin kita frustasi sampai bikin rambut rontok!

 

3. Jangkauan Server

 

Idealnya VPN mempunyai lokasi jangkauan luas dan jumlah server yang banyak juga. Dengan begitu, performa kecepatan dan koneksi stabil dapat tercapai.

 

Ditambah lagi, ini akan memudahkan geolocation spoofing (spoofing geolokasi). Geolocation spoofing adalah cara untuk menyembunyikan lokasi alamat IP anda. Trik ini digunakan ketika anda ingin mengakses sebuah situs tetapi karena lokasi geografi yang berbeda, anda tidak bisa mengakses situs itu.

 

Misalnya anda ingin mengakses Netflix Amerika Serikat tetapi karena lokasi anda di Indonesia dan karena birokrasi undang-undang yang ruwet, anda tidak bisa mengakses Netflix Amerika Serikat. Dengan merubah alamat IP anda menjadi alamat di Amerika Serikat, anda akhirnya bisa mengakses Netflix Amerika Serikat.

 

4. Garansi Uang Kembali

 

Ujung-ujungnya harga lah yang akan menentukan apakah produk itu worth it atau tidak. Bagaimana cara membuat produk VPN murah terbaik?

 

Tentu dengan memberi harga yang kompetitif bagi konsumen VPN yang peka harga tapi ada juga satu cara yang cukup jitu untuk memberikan sebuah ‘dorongan’ tambahan agar konsumen membeli, yaitu dengan cara menawarkan fitur garansi uang kembali.

 

Dengan cara ini, konsumen merasa aman karena setidaknya uang mereka akan bisa kembali lagi jika mereka tidak puas dengan produk itu.

 

Secara psikologis ini juga membuat mereka lebih berani untuk membeli produk karena di benak mereka akan selalu ada jaring pengaman.

 

5. Keamanan, Privasi dan Anonimitas

 

Selain mempunyai kebijakan ‘no logging’, VPN semua itu telah lolos tes WebRTC dan DNS leak.

 

Simpelnya, menggunakan VPN yang mencegah WebRTC dan DNA leaks (kebocoran WebRTC dan DNA) artinya alamat IP anda tidak akan kelihatan. Tidak ada yang tahu situs mana yang telah anda kunjungi dengan perangkat apa – jadi menjaga privasi online anda secara utuh.

 

Semua VPN di list ini menggunakan sistem enkripsi yang tercanggih untuk saat ini yaitu sistem AES 256 encryption. Sistem ini sangat aman sampai agensi keamanan Amerika Serikat, NSA membuat rekomendasi untuk meng-upgrade semua sistem keamanan instansi pemerintahan dan militer Amerika Serikat untuk perlindungan data yang sangat penting.

 

Bayangkan saja sistem enkripsi kelas militer ini bisa anda dapatkan melalui list VPN murah terbaik ini! Walaupun murah tapi jangan dipandang sebelah mata keseriusan mereka untuk melindungi data-data anda.

 

VPN juga musti menyediakan server enhancement (peningkatan server) karena sistem server tradisi sangat mudah untuk di hack. Peningkatan server intinya peningkatan keamanan supaya informasi yang anda kirim atau terima tidak dapat di akses atau terlacak oleh pihak manapun.

 

Di situ peran protokol VPN juga musti diperbaharui, karena ketersediaan protokol bertanggung jawab atas keamanan transfer informasi dari poin A ke poin B. Di sistem protokol tradisi seperti tunneling protocol (protokol tunneling), alur informasi tidak aman maka VPN yang bagus musti memperbaharui sistem ketersediaan protokol mereka untuk melindungi data informasi anda.

 

Jangan menggunakan VPN gratis

 

Ketika anda memilih layanan VPN anda musti bisa melihat perbedaan antara “VPN berbayar dengan paket/uji coba gratis” dan “VPN gratis total”. Yang musti dihindari adalah “VPN gratis total” karena fitur VPN gratis total tidak sebagus fitur VPN berbayar karena data anda bisa di exploitasi.

 

Sementara “VPN berbayar dengan paket/uji coba gratis” lebih bisa diandalkan karena jatuhnya mereka ingin anda tertarik untuk membayar servis mereka dan biasanya mereka menyediakan servis VPN yang serius dan benar.

 

VPN gratis total akan menaruh limitasi koneksi kecepatan dan bandwidth untuk menghemat biaya mereka dan ini akan membuat pengalaman browsing, streaming, download/upload, video chat, dsb, menjadi lemot dan sengsara. Ingat cerita awal saya tadi sewaktu menggunakan VPN gratis asal-asalan? Sangking lemotnya, saya merasa seperti menggunakan internet di jaman dial-up!

 

Ironisnya lagi, VPN gratis tidak membuat data anda aman atau kegiatan online anda tersembunyi, justru kebalikannya. Malware telah di-install di VPN untuk ‘logging’ atau mengoleksi data anda dan akhirnya di jual untuk mendanai perusahaan mereka.

 

Masuk akal kenapa mereka bisa memberikan VPN gratis bukan? Karena ujung-ujungnya mereka menjual data anda dan bukan menjaga privasi digital anda. Belum lagi anda bisa diserang oleh spam/iklan-iklan atau tiba-tiba anda dibawa ke situs yang tidak pernah anda klik.

 

Intinya privasi digital dan data anda malah menjadi terbuka untuk di eksploitasi.

 

Apakah menggunakan VPN legal di Indonesia?

 

Secara garis besar, pemakaian VPN adalah legal di Indonesia.

 

Walapun begitu pemerintah masih memantau perkembangan VPN. Pemerintah juga menyadari pentingnya kegunaan VPN untuk menjaga data-data digital dan bahkan sudah ada pengajuan untuk anggaran VPN buat instansi pemerintah. Kebutuhan VPN yang luas bukan saja untuk kepentingan pribadi tapi juga untuk instansi pemerintah, perusahaan swasta, perbankan, dll, dimana VPN digunakan untuk menjaga data-data yang sensitif.

 

Pemerintah Indonesia juga sedang mengkaji regulasi di mana kominfo akan mengatur peredaran VPN di Indonesia. Intinya perusahaan VPN musti mempunyai izin untuk beroperasi di Indonesia kalau tidak akan di blokir, tetapi sampai sekarang regulasi ini masih dalam tahap peninjauan. Salah satu alasan utama pemerintah adalah mereka tidak ingin masyarakat menggunakan VPN yang tidak benar sehingga privasi digital masyarakat tidak terjamin.

 

Selama kita tidak melakukan tindakan ilegal ketika menggunakan VPN seharusnya tidak menjadi masalah. Aktivitas ilegal seperti menjual obat-obat terlarang atau narkoba, menyebar virus, pornografi dan lainnya tidak diperbolehkan ketika menggunakan VPN.

 

Pekanya pengguna internet di Indonesia tentang pentingnya VPN telah membuat sebuah rekor di akhir tahun 2019. Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan download VPN terbanyak (75,5 juta download!). Bahkan Mengalahkan Amerika Serikat di posisi kedua (74,6 juta download).

 

Keputusan: Siapa VPN murah terbaik?

 

Masih bingung menentukan mana VPN murah yang terbaik untuk Anda?

 

Kecepatan
Koneksi

Rating
Keseluruhan

Harga
(IDR/BLN)

surfshark

Luar Biasa

Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5

Rp 35.109

nordvpn

Luar Biasa

Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5

Rp 49.209

cyberghost

Memuaskan

Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5

Rp 38.775

 

Mudah-mudahan list VPN murah terbaik kami dapat memberikan informasi yang berguna bagi anda.

 

Peran VPN dalam menjaga privasi digital anda di era online yang semakin canggih dan semakin berperan besar di kehidupan kita adalah hal penting. VPN murah terbaik bukan saja mempunyai harga murah dan sangat terjangkau tetapi juga musti mempunyai sistem keamanan yang solid dan benar-benar melindungi data anda.

 

Kelima VPN di list kami adalah VPN murah terbaik di tahun 2021 dan memenuhi semua kriteria kami tetapi jika harus memilih juaranya secara keseluruhan, kami memilih Surfshark.

 

Karena:

 

  • Harga kompetitif.
  • Proteksi data optimal.
  • Mempunyai kecepatan kilat.
  • Tanpa limitasi jumlah perangkat/gadget.

 

Intinya kombinasi Kecepatan, harga dan kemanan yang imbang.

 

Jika anda mempunyai bujet lebih dan ingin lebih fokus untuk proteksi data anda, kami sarankan NordVPN. NordVPN mempunyai VPN dobel yang artinya proteksi enkripsi data anda menjadi lebih aman karena NordVPN menggunakan sistem enkripsi data dua kali dengan menggunakan dua server VPN. Proteksi canggih ini dipastikan akan menjaga data-data anda dengan lebih maksimal.

 

Pertanyaan-pertanyaan yang Sering Diajukan

 

1. Apakah VPN gratis aman?

 

VPN yang mengaku gratis total sebenarnya sangat tidak aman. Mereka tidak melindungi privasi digital anda, justru sebaliknya. Mereka meng-install malware di VPN mereka untuk memantau, mengoleksi data anda dan menjualnya ke perusahaan lain.

 

2. Bagaimana saya memilih VPN?

 

Pastikan apakah VPN itu menyediakan kebijakan ‘no logging’, yang artinya VPN tidak akan mematai/merekam aktivitas online dan data-data anda. Poin penting lain adalah anda bisa melakukan percobaan gratis untuk layanan VPN yang berbayar. ketika anda melakukan percobaan, periksa koneksi kecepatan dan fitur lainnya. Dua poin penting di atas juga sudah tersedia di pelayanan Surfshark dan NordVPN.

 

3. VPN mana yang termurah dan terbaik?

 

Singkatnya Surfshark adalah pilihan terbaik dengan bujet yang murah. Surfshark mempunyai kecepatan koneksi yang cepat, keamanan solid dan fitur yang bisa membuka blokir situs layanan streaming dengan hanya Rp 35.109 /bln.

 

4. Apakah VPN aman buat perbankan online?

 

Ya, menggunakan VPN sangat aman buat perbankan online dan bahkan sangat direkomendasikan. Tanpa VPN, para hacker bisa dengan lebih leluasa mendapatkan informasi perbankan anda. Mereka bisa mencegat transaksi dan mengeksploitasi sistem kelemahan online anda.

 

5. Apakah VPN memberikan data tak terbatas?

 

Tidak, biasanya anda mendapatkan batas data pemakaian yang ditetapkan oleh ISP anda. Di beberapa kasus, menggunakan VPN bahkan bisa lebih menghabiskan data anda.