Bitcatcha didukung oleh pembaca. Saat Anda membeli melalui tautan di situs kami, kami dapat memperoleh komisi afiliasi. Lihat lebih lanjut

5 Penyedia Hosting VPS Terbaik di Indonesia 2021 (Uptime & Kecepatan Server Terungkap!)

Avatar
WRITTEN BY
UPDATED
October 12, 2021

 

hosting vps terbaik

Hosting VPS terbaik menawarkan uptime yang dapat diandalkan, kecepatan cepat, dan sumber daya yang cukup banyak dengan harga yang wajar. Mereka cocok digunakan untuk situs web yang menangani lalu lintas tinggi atau untuk lebih banyak fleksibilitas.

 

Penyedia hosting VPS #1 pilihan kami adalah Hostinger – dengan hingga 8 inti CPU, RAM 8GB, SSD 160GB, dan bandwidth 8TB!

 

Setelah memilah-milah lebih dari 40 host web, kami mempersembahkan kepada Anda 5 penyedia VPS favorit teratas kami. Kami memeriksa uptime, kecepatan server, dan fitur untuk setiap host VPS, dan mendokumentasikan semuanya dalam ulasan khusus mereka masing-masing (tautan di bawah).

 

Hosting VPS Terbaik

 

  1. Hostinger – Hosting VPS terbaik secara keseluruhan
  2. SiteGround – Hosting VPS premium terbaik
  3. ScalaHosting – Hosting VPS dengan SPanel
  4. A2 Hosting – Hosting VPS terbaik untuk para developer
  5. InMotion Hosting – Hosting VPS paling kaya fitur

 

best vps bitcatcha

 

Catatan

  1. Kami menggunakan kurs 1 USD untuk 13.948 IDR untuk semua harga yang tertera.
  2. Semua harga yang ditampilkan didasarkan pada tarif perkenalan paket 12 bulan.

 

Uptime Keseluruhan

100%

Kecepatan Server

A+

Harga (IDR)

Rp 57.900 /bln

Fitur Utama

  • SSD 20GB
  • Bandwith 1TB
  • 1GB RAM & 2GB Burst RAM
  • Jaringan 100 MB/S
  • Dukungan IPv6

“30x lebih cepat dari rata-rata layanan shared hosting yang ada di pasaran dengan harga perkenalan yang sangat rendah!”

 

Hostinger menyediakan paket berjenjang untuk layanan hosting VPS mereka, yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan website Anda. Paket VPS 1 mereka menawarkan spesifikasi dasar dengan bandwidth 1000 GB (1TB), ruang disk 20GB, dan RAM sekitar 1GB. Jika Anda ingin lebih banyak, Anda dapat memilih Paket VPS 6 yang memberi Anda RAM besar 8GB, ruang disk 160GB, dan bandwidth 6000GB.

 

Kekuatan utama hosting VPS Hostinger adalah mereka 30x lebih cepat dari rata-rata layanan shared hosting lainnya. Ini menjadikannya salah satu penyedia hosting VPS tercepat di pasar, sehingga jika kecepatan penting pada Anda, Hostinger adalah pilihan yang sangat tepat.

 

Selain itu, harga mereka juga sangat rendah untuk VPS selevel ini. Bila ingin berhemat, Anda tidak salah jika memilih Hostinger.

 

 

Uptime Keseluruhan

100%

Kecepatan Server

A+

Harga (IDR)

Rp 1.115.840 /bln

Fitur Utama

  • SSD 40GB
  • Transfer data 5TB
  • 3 Core & 6GB RAM
  • Apache/Nginx & CentOS
  • Teringrasi GIT

“SiteGround menawarkan kinerja server yang solid dengan dukungan live chat berkualitas.”

 

Perusahaan hosting hebat yang menawarkan kinerja server solid dengan dukungan live chat yang berkualitas, SiteGround cocok untuk pengguna baru dan berpengalaman yang ingin beralih ke VPS untuk website mereka.

 

Paket cloud SiteGround berada di golongan yang sama dengan VPS. Paket ini dikelola secara penuh dengan sumber terdedikasi untuk membuat dan mengelola cPanel yang terpisah.

 

Paket cloud ini juga menawarkan sejumlah fitur kunci yang penting untuk layanan VPS, seperti CDN gratis dengan kecepatan yang sudah ditingkatkan, kemampuan memilih lokasi server, dan dukungan pelanggan VIP 24/7.

 

Selalu dapat diandalkan dan terkenal kecepatannya, SiteGround adalah salah satu rekomendasi utama kami jika Anda menginginkan kecepatan pemuatan situs, stabilitas, dan penjualan yang lebih tinggi.

 

Baca review mendalam SiteGround kami untuk mendapat informasi lebih lanjut!

 

 

Uptime Keseluruhan

100%

Kecepatan Server

A+

Harga (IDR)

Rp 138.783 /bln

Fitur Utama

  • 1 Core & RAM 2GB
  • SSD 20GB
  • SPanel WHCP
  • SShield Security
  • Bandwith tanpa ukuran

“Nilai jual terkuat dari SPanel ScalaHosting adalah karena mereka menawarkan banyak fitur nilai tambah kepada para pengguna VPS.”

 

ScalaHosting adalah penyedia layanan terkemuka di industri yang telah dipenuhi dengan kinerja yang biasa-biasa saja. Mereka bukan hanya unggul dalam hal kualitas produk dan layanan, tetapi juga merupakan inovator sejati dalam hal teknologi.

 

Perusahaan ini telah menghabiskan waktu bertahun-tahun mengerjakan alternatif cPanel yang layak dan berhasil meluncurkannya baru-baru ini. Pelanggan VPS Cloud yang Dikelola Scala sekarang dapat memanfaatkan SPanel dan berbagai alat yang berkaitan dengannya.

 

Selain bertindak sebagai panel kontrol hosting web all-in-one, SPanel mempersembahkan juga fitur utama lainnya – SShield dan manajer SWordpress.

 

SShield membantu pengguna mengelola ancaman cybersecurity secara real-time. Menurut pengujian internal mereka, SPanel mampu memblokir 99,998% serangan. Sebagai salah satu fitur gratis yang disertakan di paket, fitur ini memilik tingkat keberhasilan yang luar biasa.

 

SWordPress memberi pemilik situs WordPress antarmuka manajemen single-point yang sangat baik untuk semua kebutuhan WordPress mereka melalui antarmuka SPanel. Anda dapat menginstal, uninstall, memperbarui, dan melakukan banyak hal lainnya di sini.

 

Secara keseluruhan, host ini sepadan dengan harganya yang juga fantastis dengan menyediakan sumber daya yang banyak dan keandalan yang didukung oleh jaminan uptime yang solid.

 

Baca lihat lebih banyak di review ScalaHosting lengkap kami!

 

 

Uptime Keseluruhan

99,9%

Kecepatan Server

A+

Harga (IDR)

Rp 460.284 /bln

Fitur Utama

  • SSD 75GB
  • Transfer data 2TB
  • 4GB RAM & 4 vCPUs
  • Node.js & TLS 1.2
  • cPanel atau Plesk

“Dengan Railgun Optimizer, prakonfigurasi caching server & SSD, A2 tidak diragukan lagi dalam hal kecepatan.”

 

Seperti Hostinger, A2 Hosting menyediakan kecepatan terbaik untuk website Anda dengan hosting VPS mereka.

 

Dengan teknologi seperti Pengoptimal Railgun, prakonfigurasi caching server, dan penyimpanan SSD untuk servernya, A2 Hosting sangat terfokus pada kecepatan.

 

Mereka menawarkan semua fitur penting yang Anda akan butuhkan untuk hosting VPS, seperti kemampuan menggunakan cPanel, OS Linux, dan mengizinkan akses Root. Tetapi, keunggulan utama mereka adalah menyediakan server dengan kecepatan yang tak tersaingi di industri ini.

 

Pelajari lebih lanjut di review A2 Hosting kami!

 

 

Uptime Keseluruhan

100%

Kecepatan Server

A+

Harga (IDR)

Rp 390.544 /bln

Fitur Utama

  • SSD 75GB
  • Bandwidth 4TB
  • 4GB RAM
  • CentOS w LAMP
  • Lisensi cPanel penuh

“Peforma server yang luar biasa dengan uptime tinggi & TTFB rendah”

 

Dengan InMotion Hosting, Anda bisa mendapat kinerja server yang luar biasa dengan uptime tinggi (>99,95%) dan Time-To-First-Byte (TTFB) rendah (<450md), dibarengi dengan layanan pelanggan mereka yang solid. Paket hosting VPS mereka sangat disarankan jika kinerja server adalah prioritas Anda.

 

Banyak fitur yang Anda dapatkan dengan InMotion Hosting, contohnya lisensi cPanel gratis dengan CertOS dan sertifikat SSL & SSD kelas perusahaan untuk keamanan tambahan dan hosting berkecepatan tinggi, menjadikannya pilihan tepat untuk pengguna tingkat tinggi.

 

Dulu, kami menggunakan host www.bitcatcha.com dengan mereka, dan itu berbicara banyak tentang kecepatan dan layanan mereka.

 

Lihat review InMotion Hosting kami untuk informasi lebih lanjut!

 

 

Apa itu VPS?

 

Hosting VPS (Virtual Private Server) adalah teknologi hosting unik yang posisinya berada di antara shared web hosting yang standar dan layanan server terdedikasi.

 

VPS sangat cocok untuk bisnis yang memerlukan paket hosting yang menyediakan lebih banyak kapasitas server, fungsionalitas, dan fleksibilitas dibandingkan dengan shared server, tetapi tidak semahal harga server terdedikasi.

 

Dengan kata lain, hosting VPS memberikan Anda yang terbaik dari keduanya. Anda mendapatkan lebih dari semuanya, tetapi harganya tidak terlalu mahal.

 

Berikut adalah beberapa hal dasar yang perlu diketahui, tetapi bila Anda ingin tahu lebih banyak, ada banyak panduan Hosting VPS yang dapat Anda baca di internet.

 

Lebih lanjut tentang VPS

 

VPS memungkinkan Anda untuk merumahkan website Anda dalam kompartemen virtual pada server fisik. Walaupun terdengar mirip seperti shared hosting, sebenarnya cukup banyak perbedaannya karena Anda memiliki sistem operasi milik Anda sendiri, sumber terdedikasi (CPU & RAM), dan penyimpanan terdedikasi dalam sebuah server virtual pribadi.

 

VPS Hosting

Hosting VPS hanya seharga sebagian kecil dari keseluruhan server. (sumber)

 

Jadi, ini sangat cocok dipilih bila Anda memerlukan manfaat server pribadi, tetapi menginginkan biaya yang lebih rendah.

 

Apa Perbedaan VPS Dengan Hosting Jenis Lain?

 

“Apakah benar-benar terlihat ada perbedaan?”

 

Tentu saja ada, dan bahkan lebih besar dari yang Anda pikirkan!

 

Untuk memberikan Anda pemahaman yang lebih baik tentang perbedaannya, mari kita lihat pada inti dari cara kerja setiap layanan hosting.

 

Shared hosting

 

Dengan shared hosting, website Anda di-host di satu server fisik bersama ratusan website lainnya. Ini adalah pilihan paket hosting termurah, tetapi juga banyak memiliki keterbatasan ketika Anda berbagi semua sumber server Anda dengan pengguna lainnya.

 

Ini hampir sama seperti berbagi satu apartemen dengan teman serumah lainnya. Semuanya senang dan bermain bersama, sampai seseorang memonopoli toilet.

 

Ya, aku membahas tentang dirimu, Karen. Berhentilah memonopoli toilet.

 

Secara umum, shared hosting lebih cocok digunakan oleh website kecil yang tidak memerlukan banyak bandwidth atau sumber server. Banyak penyedia akan mengelola pemeliharaan server yang membuatnya mudah digunakan oleh mereka yang tidak mempunyai pengetahuan teknis.

 

Sisi negatifnya adalah, Anda memiliki sumber yang sangat terbatas dan bila Anda berbagi bersama pengguna nakal, mereka mungkin akan memonopoli semua sumber daya dan menyebabkan website Anda menjadi lambat.

 

Tahukah Anda apa yang terjadi ketika website Anda melambat? Konversi turun. Tidak ada yang akan senang dalam hal ini.

 

Hosting Virtual Pribadi (Virtual Private Server, VPS)

 

Anda tidak akan benar-benar mengerti arti kebebasan, sampai Anda keluar dari apartemen yang dihuni bersama teman konyol yang memonopoli toilet dan pindah ke apartemen Anda sendiri.

 

Selamat tinggal, Karen!

 

Seperti inilah hosting VPS. Anda memiliki seluruh apartemen untuk Anda sendiri, dan walau Anda masih menjadi satu bagian dalam server fisik dengan pengguna lain, sumber server Anda menjadi milik Anda dan hanya Anda sendiri.

 

Dengan VPS, Anda tidak khawatir karena pengguna nakal yang memonopoli sumber daya server karena Anda terisolasi satu sama lain, meskipun menggunakan server fisik yang sama.

 

Artinya, website Anda akan berperforma lebih cepat, menghasilkan banyak KONVERSI dan PENJUALAN.

 

Anda juga memiliki keamanan yang lebih baik dengan VPS, karena semua data Anda terpisah dari pengguna lain sehingga mengurangi kesempatan hacker untuk mengakses website Anda.

 

Bagian terbaiknya?

 

Biasanya harga VPS hanya sebagian kecil dari harga server terdedikasi. Intinya, Anda mendapatkan manfaat server pribadi, tanpa harga yang terlalu tinggi.

 

Server Hosting Terdedikasi (Dedicated Server Hosting)

 

Ketika Anda mencapai titik tertentu dalam hidup, Anda ingin tinggal di sebuah rumah mewah dengan toilet yang lebih besar dari ruang tamu apartemen lama Anda.

 

Seperti inilah tepatnya server berdedikasi. Pada dasarnya, Anda memiliki seluruh server untuk Anda sendiri dengan akses ke sumber daya sebanyak yang Anda butuhkan. Namun, layaknya memiliki rumah, server terdedikasi adalah pilihan termahal dari semua layanan hosting.

 

Mengingat Anda memiliki seluruh server fisik untuk Anda sendiri, Anda akan memiliki akses ke semua sumber daya server tanpa perlu berbagi dengan pengguna lain. Anda juga memiliki kontrol penuh dalam semua aspek server Anda, termasuk sistem operasi, perangkat keras, dan sebagainya.

 

Ini adalah layanan hosting yang sangat kuat, tetapi juga termahal dan umumnya disarankan untuk pengguna yang menjalankan website berprofil tinggi dengan lalu lintas tinggi, dan memerlukan bandwidth besar.

 

Haruskah Anda beralih ke VPS?

 

Beberapa dari Anda mungkin akan bertanya-tanya apakah Anda harus beralih ke VPS.

 

Sebenarnya, bila Anda menjalankan website kecil seperti website hobi, jawabannya adalah tidak.

 

TETAPI.

 

Jika Anda mengalami salah satu hal yang kami sebut di bawah, itu adalah pertanda bahwa memiliki teman serumah bukanlah pilihan terbaik untuk Anda.

 

  • Website Anda mulai melambat, atau pengguna Anda akan mengalami pemuatan halaman yang lambat.
  • Anda sering mendapatkan lalu lintas tinggi secara.
  • Anda terus melihat pesan “Internal Server Error” atau “50X”.
  • Anda memiliki data sensitif yang tersimpan di website Anda.
  • Anda berencana atau sedang menjalankan sebuah toko online.
  • Anda ingin menginstal aplikasi atau perangkat lunak khusus.
  • Anda sering mengalami “Service Unavailable” pada saat memuat website Anda.

 

Selain itu, bila Anda sedang menjalankan sebuah bisnis atau layanan, Anda mungkin ingin mengganti layanan yang sedang digunakan. Hosting VPS biasanya lebih dapat diandalkan dan lebih cepat dari shared hosting, dan kecepatan tambahan akan membantu meningkatkan penjualan dan konversi.

 

Penutup: Hosting VPS Mana Yang Perlu Anda Pilih?

 

Sebagai penutup, berikut adalah rekap untuk 3 hosting VPS terbaik kami:

 

Uptime
Keseluruhan

Performa
Server

Harga
(IDR/BLN)

Hostinger

100%

A+

Rp 57.900

SiteGround

100%

A+

Rp 1.1 juta

ScalaHosting

100%

A+

Rp 138.783

 

Kami sudah menyebutkannya sebelumnya dan kami akan menyebutkannya lagi – tidak ada yang namanya penyedia VPS yang sempurna (setidaknya, itulah yang kami ketahui). Akan tetapi, Hostinger memang hampir sempurna, dengan memberikan berbagai penawaran hebat dengan harga terjangkau.

 

Manapun VPS yang akan Anda pilih, ke-5 VPS yang kami sebutkan di atas saat ini adalah penyedia terbaik, karena mereka memberi Anda layanan pelanggan yang terbaik, kinerja server, keandalan, kemudahan penggunaan, dan yang paling penting, kecepatan.

 

Jika Anda mementingkan konversi dan penjualan, kecepatan yang ditawarkan 5 layanan VPS terbaik ini sudah cukup. Semua VPS ini adalah pilihan yang sangat baik, Sisanya hanya tergantung pada kebutuhan website Anda, fitur yang Anda inginkan, dan anggaran yang Anda miliki.