Bitcatcha didukung oleh pembaca. Saat Anda membeli melalui tautan di situs kami, kami dapat memperoleh komisi afiliasi. Lihat lebih lanjut

Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Alat Uji Kecepatan Situs Web Kami (& Mengapa Anda Perlu Menggunakannya!)

Avatar
DITULIS OLEH
DIPERBARUI
November 22, 2021

 

Diperbaharui Terakhir 19/4/21

Berita menarik! Tim kami baru saja merilis pembaruan besar untuk alat uji kecepatan Bitcatcha yang sangat populer ini. Selain mengukur kecepatan server, alat kami sekarang juga bisa mengukur kecepatan situs web! Baca artikel ini untuk mempelajari cara kerjanya.

 

Alat uji kecepatan situs web kami dapat membantu Anda meningkatkan penjualan dan konversi untuk bisnis online Anda.

 

Jika Anda tertarik untuk mengetahui caranya, tetaplah bersama kami. Kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang pemeriksa kecepatan situs web kami secara mendetail, dan mengapa itu penting untuk bisnis Anda.

 

 

Di Internet, Kecepatan adalah Raja

 

website speed is important

 

Orang bijak pernah berkata bahwa orang sabar disayang Tuhan. Tetapi dalam kehidupan nyata, tidak ada yang suka menunggu. Baik itu di kasir, menunggu lampu merah, atau bahkan di lift, semua orang tidak suka menunggu.

 

Hal ini bahkan lebih terasa di internet di mana orang-orang begitu terbiasa dengan kecepatan secepat kilat, mereka merasa bahwa perlu menunggu 3 detik untuk sebuah situs dimuat sangatlah lama.

 

Ini mungkin terdengar sangat konyol, tetapi semua ini benar adanya.

 

Menurut Think with Google, kemungkinan pengguna batal membuka sebuah situs meningkat menjadi 32% jika situs tersebut membutuhkan waktu antara 1 hingga 3 detik untuk dimuat di seluler, dan jumlahnya meningkat pesat setiap detiknya.

 

32% of users will bounce if page load time takes up to 3 seconds

 

Hal ini penting karena jika Anda menjalankan bisnis online. Anda bisa kehilangan 32% pengunjung, bahkan sebelum Anda mendapatkan kesempatan untuk mengubah mereka menjadi pelanggan yang membayar!

 

Tidak hanya itu, teman-teman.

 

Google sebenarnya telah mengumumkan bahwa Core Web Vitals akan segera menjadi bagian dari kriteria peringkat mereka. Dari 3 Web Vitals yang ada (Largest Contentful Paint, First Input Delay, Cumulative Layout Shift), 2 yang pertama sangat bergantung pada kecepatan.

 

Artinya, jika situs web Anda terlalu lambat untuk dimuat, hal itu akan memberikan pengalaman pengguna yang buruk. Dengan pengalaman pengguna yang buruk, Google tidak akan memprioritaskan situs Anda dalam hal peringkat, yang berarti peluang orang melihat situs Anda akan turun. Sudah mulai terlihat kemana kita mulai mengarah kan?

 

Pemuatan situs web lama

Prioritas peringkat yang lebih rendah

Situs web tidak memiliki visibilitas

Situs web tidak memiliki penjualan

 

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan dan konversi, situs web Anda perlu dimuat secepat mungkin. Kami akan menunjukkan trik penting supaya Anda dapat melakukannya.

 

 

Bagaimana Kami Menentukan Kecepatan Situs Web

 

how bitcatcha measure website speed

 

Banyak orang tidak menyadari hal ini, tetapi kecepatan situs web sebenarnya dibagi menjadi 2 kategori: kecepatan server, dan kecepatan pemuatan situs web. Mereka kedengarannya mirip, tapi jelas memiliki 2 arti yang berbeda.

 

Penjelasan Tentang Kecepatan Server

 

Kecepatan server, yang merupakan layanan hosting web Anda, adalah inti dari situs web Anda. Seberapa cepat situs web Anda melakukan sesuatu tergantung pada seberapa cepat layanan hosting web Anda.

 

Anggap saja seperti mobil. Semakin baik mesinnya, semakin cepat mobil bisa melaju. Kami mengukur kecepatan server berdasarkan waktu yang dibutuhkan (dalam milidetik) bagi server untuk menanggapi permintaan.

 

Kecepatan memuat situs web didasarkan pada desain web, kode, cache, plugin, dan media visual. Semua ini pasti membantu kecepatan pemuatan situs, tetapi jika server Anda lambat, yang lainnya juga akan ikut melambat.

 

Sekali lagi, anggap saja seperti mobil. Anda dapat meningkatkan transmisi Anda, menambahkan turbocharger, atau menukar velg dengan velg yang lebih ringan untuk meningkatkan kinerja. Tapi jika mesin agak lambat, tidak ada yang akan membantu.

 

Jadi, hosting web dan pengkodean Anda bekerja sama untuk membuat situs Anda cepat dan tanggap. Tetapi jika hosting web Anda lambat, tidak ada pengoptimalan kode yang dapat menyelamatkan situs Anda.

 

Penjelasan Tentang Core Web Vitals

 

Core Web Vitals pada dasarnya adalah 3 metrik berbeda yang digunakan Google untuk menentukan kinerja situs web Anda: Largest Contentful Paint, First Input Delay, and Cumulative Layout Shift.

 

  • Largest Contentful Paint (LCP)
    LCP adalah ukuran seberapa cepat elemen terbesar yang terlihat di situs Anda dimuat untuk pengunjung. Ini bisa berupa blok teks atau gambar. Misalnya, jika Anda menempatkan gambar besar di situs Anda, LCP mengukur seberapa cepat gambar tersebut dimuat dalam hitungan detik. Untuk pengalaman pengguna yang baik, LCP idealnya harus di bawah 2,5 detik.
  • First Input Delay (FID)
    Anda tahu betapa menjengkelkannya ketika Anda mulai melihat sesuatu di situs web tetapi tidak bisa mengklik tombol apapun sampai semuanya dimuat sepenuhnya? FID mengukurnya dalam milidetik. Secara khusus, FID mengukur penundaan saat pengguna pertama kali berinteraksi dengan halaman, hingga saat browser memberikan respons. Idealnya, situs harus memiliki FID kurang dari 100 md.
  • Cumulative Layout Shift (CLS)
    Kita semua pernah memiliki pengalaman menunggu situs web dimuat, mengklik tombol, hanya untuk menemukan bahwa tata letak bergeser pada detik terakhir dan Anda mengeklik iklan sebagai gantinya. CLS, mengukur stabilitas visual sebuah situs, agar kami tidak akhirnya mengeklik tautan yang tidak ingin kami klik.

 

Jika situs web Anda memenuhi semua 3 persyaratan Web Vital, kemungkinan besar peringkat situs Anda di pencarian Google akan meningkat!

 

 

Apa Yang Diukur Alat Kami, Dan Mengapa

 

bitcatcha website speed test measurements

 

Pemeriksa kecepatan situs web oleh Bitcatcha mengukur tepat 3 hal penting:

 

  1. Waktu Respons Server
  2. Largest Contentful Paint
  3. Total Blocking Time

 

Metrik #1: Waktu Respons Server

 

Saat Anda memasukkan URL di alat pemeriksa kecepatan situs web kami, alat ini akan melakukan ping ke situs Anda dari 10 node global kami, mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan server Anda untuk menanggapi permintaan ini dari seluruh dunia. Skenario ini meniru adanya 10 orang berbeda dari seluruh dunia yang mengakses situs web Anda pada waktu yang bersamaan.

 

Hasil akhirnya adalah rata-rata kecepatan server Anda di seluruh dunia, dalam hitungan milidetik.

 

Metrik #2: Largest Contentful Paint

 

Kami mengukur LCP karena kami tahu bahwa Google memprioritaskan pengalaman pengguna yang baik untuk peringkat mereka, dan kecepatan muat yang lambat tidak dianggap sebagai pengalaman pengguna yang baik.

 

Untuk mengukur LCP, Lighthouse melihat berapa lama waktu yang diperlukan elemen terbesar yang terlihat di situs untuk dmemuat (dalam detik) dan memberi peringkat waktu itu. Hal ini telah dilakukan secara otomatis melalui Lighthouse API (alat pengukuran Web Vitals milik Google) yang telah kami integrasikan ke dalam alat pemeriksa kecepatan situs web kami.

 

Metrik #3: Total Blocking Time

 

TBT bekerja dengan mengukur perkiraan jumlah total waktu browser Anda terblokir saat situs sedang dimuat. Bayangkan ini – memuat gambar, teks, JavaScripts, dan yang lainnya, mengambil daya dari CPU, yang menghalangi browser Anda untuk melakukan lebih banyak hal.

 

Dengan memperkirakan jumlah waktu browser Anda terblokir karena memuat sesuatu, Lighthouse dapat mengukur seberapa baik pengalaman pengguna. Singkatnya, semakin sedikit waktu yang dihabiskan browser Anda terblokir, semakin baik pengalaman pengguna.

 

Dengan meningkatkan skor TBT Anda, browser Anda menjadi lebih responsif, yang secara alami akan menghasilkan skor FID yang lebih baik!

 

Kami mengukur TBT, bukan FID, karena FID memerlukan data pengguna sebenarnya yang tidak dapat disimulasikan. Karena TBT adalah data lab yang sebenarnya dapat disimulasikan, dan skor TBT yang baik secara alami meningkatkan FID, kami menggunakannya sebagai perangkat pengukuran.

 

Mengapa kami tidak mengukur CLS

 

Kami ingin alat pemeriksa kecepatan situs web kami secara khusus didedikasikan untuk mengukur kecepatan situs web, yang akan melibatkan waktu respons server, LCP dan TBT. Dengan cara ini, pengguna kami dapat mendiagnosis dengan lebih akurat bagian mana dari situs web mereka yang menyebabkan kemacetan dalam kecepatan pemuatan situs – hosting web, atau pengkodean.

 

Karena CLS mengukur stabilitas visual, ini tidak ada hubungannya dengan kecepatan. Oleh karena itu, kami memilih untuk tidak memasukkannya ke dalam pemeriksa kecepatan situs web kami.

 

 

Apa Arti Peringkat Situs Web Anda

 

bitcatcha website speed test explains lcp tbt server speed

 

Setelah kami menjelaskan cara kerja alat kami dan apa saja fungsinya, Anda pasti ingin tahu apa arti peringkat situs web Anda. Setelah Anda memasukkan URL dan menekan enter, Anda akan disajikan dengan Skor Penilaian Akhir situs web Anda, yang dapat berkisar dari A+ hingga E.

 

the grade and its description on bitcatcha server speed test report

 

Jika situs web Anda secara konsisten menghasilkan B+ atau lebih baik sebagai Skor Penilaian Akhir, maka Anda berhak mendapat ucapan selamat – Anda memiliki situs yang berjalan cukup cepat! Jika Anda mendapatkan hasil yang lebih buruk dari itu, Anda harus mulai mengoptimalkan situs Anda.

 

Cara Mendapatkan Penilaian Akhir A+

 

Kami menggunakan hasil dari uji kecepatan server kami yang dikombinasikan dengan angka-angka dari metrik Web Vital, dan mengubahnya menjadi persentase. Hasil persentase dari 3 metrik ini kemudian dirata-ratakan untuk memberi kami Penilaian Skor Akhir server, yang diberi peringkat seperti yang di bawah ini:

 

  • A+ antara 91% – 100%
  • A antara 81% – 90%
  • B+ antara 71% – 80%
  • B antara 61% – 70%
  • C+ antara 51% – 60%
  • C antara 41% – 50%
  • D+ antara 31% – 40%
  • D antara 21% – 30%
  • E+ antara 11% – 20%
  • E antara 0% – 10%

 

Tentunya, Anda ingin Penilaian Skor Akhir Anda mendapat nilai A+ untuk memastikan situs Anda berkinerja sangat baik bagi pengguna Anda, dan untuk meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat tinggi di penelusuran Google. Setidaknya, Anda menginginkannya tidak kurang dari B.

 

Apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peringkat Anda?

 

Nah, jika Anda memperhatikan dengan baik, Anda dapat melihat bahwa masing-masing metrik sebenarnya memiliki kode warna.

 

performance are color coded for each metric in the speed test report

 

Skor yang baik akan muncul sebagai hijau, cukup baik sebagai kuning, dan jika buruk, akan menjadi merah. Untuk mendapatkan peringkat A+, Anda membutuhkan ketiga metrik tersebut untuk tampil sebagai hijau.

 

 

Sistem peringkat Kecepatan Server

 

Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, 10 node global kami akan melakukan ping ke situs web Anda dan memberi tahu kami berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menanggapi setiap permintaan mereka dalam hitungan milidetik.

 

Kami menggunakan angka-angka ini untuk menghitung Rata-Rata Global yang kemudian dinilai sesuai:

 

server speed is the average of all 10 locations tested

 

  • Kecepatan server di bawah 180 md yang berarti: baik (Hijau)
  • 181 md – 840 md yang berarti: cukup baik (Kuning)
  • 840 md ke atas, perlu ditingkatkan (Merah)

 

Server yang ideal perlu mendapat peringkat Baik (180 md ke bawah) dari penguji kecepatan Bitcatcha kami. Peringkat dari metrik kecepatan server kami akan memberi Anda referensi yang sangat bagus tentang seberapa cepat layanan hosting web Anda.

 

 

Peringkat LCP & TBT dengan Lighthouse API

 

bitcatcha uses lighthouse api to measure tbt and lcp

 

Lighthouse (yang merupakan alat Google untuk menguji Web Vitals, yang digabungkan ke dalam pemeriksa kecepatan situs web kami) mengukur LCP dalam hitungan detik.

 

Jika bagian terbesar dari konten Anda berhasil dimuat dalam:

 

  • 2,5 detik ke bawah, maka itu dianggap bagus (Hijau)
  • 2,5 – 4 detik, cukup baik (Kuning)
  • 4 detik ke atas berarti perlu ditingkatkan (Merah)

 

TBT mengukur waktu browser Anda terblokir dalam satuan milidetik:

 

  • 0 – 300 milidetik dianggap cepat (Hijau)
  • 300-600 milidetik sedang (Kuning)
  • 600 milidetik dan dianggap lambat (Merah)

 

Jadi, berapa skor yang didapat situs web top di dunia?

Kami tidak dapat menahan diri untuk menempatkan situs web paling populer di dunia melalui alat uji kecepatan situs web Bitcatcha kami. Kunjungi hasil uji kami dari 100 situs web teratas dunia untuk melihat seberapa baik kinerjanya, dan bagaimana perbandingannya dengan situs Anda!

 

 

Apa Yang Dapat Anda Lakukan Untuk Meningkatkan Setiap Metrik

 

bitcatcha explains how to improve website performance

 

Sekarang ada 27 kombinasi tentang bagaimana hasil akhir yang diperoleh dapat buruk, tetapi kami tidak dapat mencakup semuanya. Kami hanya akan fokus pada dasar-dasarnya: cara mendapatkan peringkat hijau pada setiap metrik secara individual.

 

Meningkatkan Kecepatan Server

 

Kami akan berusaha menjelaskan hal ini sesederhana mungkin. Jika Anda secara konsisten mendapatkan skor di atas 500 md, Anda pasti ingin melihat lagi penyedia hosting web Anda. Beralihlah ke penyedia lain yang akan memberi Anda kecepatan server yang lebih cepat akan sangat bermanfaat! daftar penyedia hosting web tercepat kami.

 

Meningkatkan Largest Contentful Paint (LCP)

 

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan skor LCP Anda. Sebagai peringatan, penjelasan disini bisa menjadi sedikit teknis, jadi bersiaplah.

 

  • Meningkatkan kecepatan server
    Dengan beralih ke server yang lebih cepat dan berperforma lebih baik, LCP Anda juga akan meningkat. Ini adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan LCP.
  • Optimalkan aset Anda
    Orang sering kali hanya menggunakan gambar-gambar apa adanya, langsung di situs mereka. Terkadang, gambar ini mungkin berukuran besar, menyebabkan pelambatan dan memengaruhi LCP. Optimalkan gambar Anda dengan alat online seperti https://tinypng.com/, yang dapat mengurangi jumlah kilobyte yang perlu dimuat untuk membantu LCP.
  • Gunakan CDN
    Dengan menggunakan Content Delivery Network (CDN), data Anda akan didistribusikan ke jaringan server di lokasi yang berbeda. Saat seseorang memuat situs Anda, konten akan dimuat dari CDN terdekat, yang secara dramatis akan mengurangi kecepatan pemuatan situs!
  • Simpan aset Anda dalam cache
    Jika situs Anda tidak mengharuskan Anda untuk terus-menerus mengubah gambar, simpan dalam cache. Hal ini dapat mencegah file dibuat ulang secara berlebihan dan meminimalkan penggunaan sumber daya untuk menghasilkan kecepatan pemuatan yang lebih pendek. Hal ini dapat dilakukan dengan cache sisi server seperti NGINX dan Varnish.

 

Meningkatkan Total Blocking Time (TBT))

 

Berikut ini adalah beberapa cara Anda dapat meningkatkan nilaiTBT.

 

  • Hapus JavaScript yang tidak digunakan
    JavaScripts membutuhkan sumber daya untuk dijalankan. Jika beberapa berjalan tetapi tidak melakukan apa-apa, Anda hanya menambah waktu browser Anda terblokir. Identifikasi mana yang tidak Anda butuhkan dan singkirkan.
  • Kurangi kumpulan JavaScript yang membengkak
    Beberapa plugin dan bagiannya menggunakan banyak jQueries, yang dapat menghabiskan cukup banyak sumber daya. Kurangi ini agar Anda bisa lebih hemat sumber daya.
  • Tunda JavaScript yang tidak digunakan
    Dengan menunda pemuatan JavaScript yang tidak penting, Anda akan membebaskan sumber daya berharga dari browser Anda, yang kemudian akan membantunya merender situs Anda lebih cepat untuk meningkatkan skor TBT Anda.
  • Manfaatkan code splitting (pemecahan kode)
    Memecah kode JavaScript Anda menjadi potongan-potongan kecil yang dapat dimuat pada kondisi tertentu memungkinkan pengambilan modul sesuai permintaan. Pada dasarnya, modul tidak akan dimuat kecuali diperlukan. Ini dapat dilakukan jika Anda menggunakan client-side framework (kerangka sisi klien) seperti React, Angular, dan Vue.

 

Cara termudah untuk meningkatkan TBT Anda adalah memiliki situs yang lebih sederhana. Masalah paling umum yang menurunkan peringkat TBT adalah kumpulan JavaScript yang membengkak yang tidak digunakan tetapi masih dimuat di situs web.

 

Menyingkirkan apa pun yang menghalangi kecepatan render browser Anda akan menghasilkan skor TBT yang lebih baik!

 

Web Vitals adalah topik yang sangat luas, dan tidak masuk akal bagi kami untuk membahas semua yang ada di artikel ini. Jika Anda tertarik dengan solusi yang lebih mendetail untuk masalah LCP dan TBT Anda, lihat halaman ini. Kunjungi dan Anda Anda akan mendapat gambaran tentang apa yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan skor Anda!

 

Jika Anda tidak tahu cara melakukannya sendiri, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menyewa seorang ahli untuk menyelamatkan Anda semua kepusingan ini.

 

 

Bagian Akhir: Kesimpulan Singkat

 

Selesai sudah.

 

Kami telah membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang pemeriksa kecepatan situs web kami dan cara kerjanya. Jika Anda hilang konsentrasi di suatu tempat, berikut ringkasan singkatnya.

 

Pemeriksa kecepatan situs web kami menguji 3 hal spesifik:

 

  1. Waktu Respons Server
  2. Largest Contentful Paint
  3. Total Blocking Time

 

Metrik ini kemudian akan memberi Anda Skor Penilaian Akhir yang memberi peringkat situs web Anda pada skala A+ hingga E. Anda ingin memastikan bahwa situs web Anda mendapatkan setidaknya peringkat B+, atau Anda akan mengalami penurunan dalam konversi/penjualan dan peringkat Google karena kecepatan pemuatan situs yang lambat.

 

Anda dapat meningkatkan Penilaian Skor Akhir dengan memperhatikan 3 metrik. Lakukan berbagai penyesuaian hingga ketiga metrik semuanya berwarna Hijau, dan Anda akan mendapatkan peringkat A+ yang didambakan!

 

Alat pemeriksa kecepatan situs web kami akan membantu Anda mendiagnosis bagian mana dari situs web Anda yang menyebabkan pelambatan, sehingga lebih mudah bagi Anda untuk mendeteksi kemacetan daripada membuang waktu yang berharga untuk menguji semuanya satu per satu.

 

Alat ini juga akan membantu Anda memenuhi persyaratan Core Web Vital, yang meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat di Google, yang mengarah ke peningkatan penjualan!

 

Jika Anda bingung mencari hosting web mana, kami telah meneliti siapa penyedia hosting web terbaik untuk Anda, yang akan berguna baik jika Anda adalah seorang blogger, penjual online, atau konsultan.

 

 

Pertanyaan Yang Sering Diajukan

 

1. Mengapa kecepatan situs web penting?

 

Kecepatan situs web dapat berdampak langsung pada konversi situs web Anda, karena situs web yang lebih cepat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik kepada pengunjung. Situs web yang lambat juga dapat berdampak negatif pada potensi peringkat Anda di mesin telusur.

 

2. Mengapa situs web saya memuat dengan lambat?

 

Ada beberapa alasan mengapa situs web bisa lambat – host web yang buruk, kode situs web yang tidak optimalkan, atau mungkin situs web Anda terlalu banyak media. Anda dapat menggunakan uji kecepatan situs web gratis kami untuk menentukan letak masalahnya.

 

3. Bagaimana cara memecahkan masalah situs web yang lambat?

 

Cukup uji situs web Anda dengan uji kecepatan situs web gratis kami. Anda akan mendapat laporan terperinci yang akan menunjukkan kepada Anda metrik mana yang berkinerja buruk. Dari sana, Anda akan mengetahui area mana yang harus ditingkatkan dari situs web Anda, dan apa langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

 

4. Berapa kecepatan situs web yang bagus?

 

Idealnya – Anda ingin mendapatkan peringkat hijau pada ketiga metrik dalam pengujian kami. Setidaknya – Anda perlu memastikan waktu respons rata-rata situs web Anda lebih cepat dari 180 md, yang dapat dicapai dengan menggunakan host web yang cepat.

 

5. Dimana saja 10 lokasi yang termasuk saat uji kecepatan server?

 

10 lokasi yang ditampilkan dalam uji kecepatan server kami meliputi: AS (B), AS (T), London, Singapura, Sao Paulo, Mumbai, Sydney, Jepang, Kanada, dan Jerman.

 

6. Apakah saya perlu menginstal sesuatu di situs web saya untuk pengujian ini?

 

Tidak! Anda hanya perlu menempelkan URL situs web Anda ke alat kami untuk menjalankan pengujian. Anda akan segera disajikan dengan laporan kinerja situs web Anda.

 

7. Dapatkah saya menggunakan alat ini meningkatkan situs web saya secara langsung?

 

Tidak – alat kami hanya mengaudit dan memberi tahu Anda bagaimana kinerja situs web Anda. Namun, kami memberikan saran tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan kinerja situs web Anda di semua metrik.