Cara Kerja Pemeriksa Kecepatan Server Bitcatcha (& 4 Tip Mempercepatkan Website)

Avatar
Oleh          •   Juni 02, 2020      Rahasia Periklanan

 

Anda bisa kehilangan ribuan potensi penjualan & konversi.

 

Mengapa?

 

Jawabannya sederhana. Website Anda terlalu lambat.

 

 

Kita lihat faktanya:

 

  • Menurut Google, probabilitas pengunjung meninggalkan website Anda meningkat 32% jika kecepatan pemuatan website di antara 1-3 detik.
  • Menurut thinkwithgoogle, standar pemuatan website yang cepat adalah 0-1 detik.

 

Cukup jelas bahwa di sini kecepatan itu penting

 

Kita semua ingin segalanya serba cepat. Saat mencari sesuatu atau jawaban, kita ingin menemukannya secepat mungkin.

 

Jika website cepat, berarti website melayani pengguna dengan lebih baik; membuat pelanggan senang serta memikat banyak calon pelanggan yang akhirnya berlangganan dengan Anda. Selain itu, jumlah kunjungan halaman meningkat dan banyak orang yang membagikan konten Anda. Akhirnya Anda dan perusahaan Anda jadi makin dipercaya banyak orang.

 

Intinya: website yang cepat menghasilkan konversi yang lebih banyak, sehingga Anda untung banyak. Ternyata bukan hanya pengunjung Anda yang senang dengan kecepatan…

 

Google juga selalu berburu website yang cepat

 

Google selalu mencari website dengan pemuatan cepat, lalu menempatkan website tersebut di peringkat yang cukup tinggi pada halaman pencariannya. Google ingin memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa kepada penggunanya agar pengguna mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan CEPAT.

 

Semakin cepat website Anda, semakin tinggi peringkatnya di Google.

 

Penasaran berapa peringkat website Anda sekarang?

 

 

Apa yang Membuat Website Lambat?

 

Sebelum mengetahui lebih lanjut seluk beluknya, lihat dua faktor utama yang memengaruhi kecepatan pemuatan website Anda secara keseluruhan.

 

  1. Kecepatan server berdasarkan layanan web hosting.
  2. Desain web, kerapihan kode, cache, plugin, dan media visual.

 

Jika masih bingung, kita gunakan contoh mobil.

 

  1. Dalam konteks ini, layanan web hosting adalah mesin. Kecepatan diukur berdasarkan berapa lama, dalam hitungan milidetik, waktu yang dibutuhkan untuk merespons permintaan.
  2. Kode website itu seperti rangka, roda, dan gaya mobil. Kecepatan pemuatan gambar & konten di layar pengguna bergantung pada kode.

 

Untuk meningkatkan kecepatan, pasang perlengkapan paling aerodinamis serta ban yang tercepat dan memiliki cengkeraman terkuat untuk mobil. Tapi kalau mesinnya lambat, ya percuma.

 

Sama halnya dengan website Anda.

 

Anda dapat memangkas kode, mengoptimalkan gambar, dan mengompres halaman. Namun jika web host & kecepatan server – yang merupakan mesin Anda – lambat, optimasi kode yang seperti apa pun juga takkan membantu meningkatkan kecepatan pemuatan website.

 

Sederhananya, web hosting memegang tanggung jawab terbesar untuk performa website Anda.

 

 

Mengapa Harus Pemeriksa Kecepatan Server Bitcatcha

 

Server Speed Checker

 

Sebagian layanan penguji kecepatan pemuatan website tidak memberikan penilaian spesifik. Hal ini menyulitkan Anda mengetahui bagian mana yang menyebabkan website Anda tetap lambat.

 

Apakah itu karena optimasi website, desain web, atau web hosting, Anda tidak diberi tahu secara spesifik bagian mana yang membuat website Anda lambat. Hal ini sangat menjengkelkan.

 

Berangkat dari kegelisahan ini, rasanya kami perlu membuat alat pemeriksa kecepatan yang khusus menguji kecepatan web hosting agar tahu bagian mana yang membuat website lambat.

 

Jadi – sederhananya – pemeriksa kecepatan Bitcatcha menunjukkan seberapa cepat web host Anda.

 

 

Cara Kerja Pemeriksa Kecepatan Server

 

Saat Anda menggunakan alat pemeriksa kecepatan server kami, kami jamin semuanya akan mudah Anda pahami. Yang harus Anda lakukan hanyalah memasukkan alamat web dan menekan ‘go’ (‘periksa’). Kami akan memeriksa website lalu membeberkan hasilnya.

 

Server Speed Test

 

Kami mempersiapkan sedikit kejutan untuk Anda semua.

 

Kami menyiapkan server di 10 lokasi berbeda di seluruh dunia (New York, Los Angeles, London, Singapura, Sao Paolo, Bengaluru, Sydney, Jepang, Kanada & Jerman) sebagai titiknya.

 

Catatan

Titik-titik ini diuji dengan ketat untuk memastikan bahwa titik cukup stabil agar kami dapat memberi Anda hasil yang akurat. Tiap titik diuji setidaknya 100x dengan URL yang sama untuk mengukur kestabilan titik tersebut. Jika titik tidak memenuhi persyaratan, kami akan mencari server lain dengan titik yang sesuai dengan persyaratan kami.

 

Saat Anda memasukkan URL ke pemeriksa kecepatan server, alat ini melakukan 4 hal:

 

  1. Memeriksa domain yang valid untuk URL.
  2.  

  3. Memeriksa DNS URL yang menginformasikan lokasi server Anda ke alat kami.
  4.  

  5. Mengambil tangkapan layar dari website Anda sehingga Anda dapat memastikan secara visual bahwa kami menguji website yang benar.
  6.  

  7. 10 titik kami akan mem-ping website Anda secara bersamaan, mengukur waktu yang dibutuhkan server Anda untuk merespons permintaan dari seluruh dunia ini. Tindakan ini serupa dengan 10 orang berbeda dari seluruh belahan dunia mengakses website Anda secara bersamaan.

 

Setiap titik akan mem-ping server website Anda 3 kali, lalu menggunakan hasil tercepat dari 3 percobaan sebagai kesimpulan waktu yang dibutuhkan server untuk merespons permintaan titik tersebut.

 

Catatan

Kami mengambil hasil terbaik dari 3 percobaan ketimbang hasil rata-rata karena traffic web harus diarahkan melalui ISP. Cara ISP mengirim data dari server kembali ke titik tidak menentu, ISP butuh beberapa kali percobaan agar ISP dapat menemukan rute pengiriman data yang paling efisien.

 

Alat ini lalu mengambil nilai diperoleh dari 10 titik dan membuat angka rata-rata. Skor rata-rata merupakan hasil akhir dan dikonversi menjadi rating; mulai dari A+ (tercepat) sampai E (terlambat).

 

Dengan alat ini, proses hanya berlangsung selama beberapa detik!

 

 

Cara Kami Menentukan Peringkat untuk Hasil Kecepatan Server

 

Demi pengalaman pengguna yang terbaik, rating kecepatan Bitcatcha yang ideal untuk hasil kecepatan server Anda adalah B+ ke atas. Minimal C+. Berikut klasifikasi peringkat untuk server:

 

  • Hasil di bawah 180 md = A+
  • 181 md – 210 md berperingkat A
  • 211 md – 220 md berperingkat B+
  • 221 md – 240 md berperingkat B
  • 241 md – 280 md berperingkat C+
  • 281 md – 360 md berperingkat C
  • 361 md – 520 md berperingkat D+
  • 521 md – 840 md berperingkat D
  • 841 md – 1.480 md berperingkat E+
  • Anything above 1.480 md berperingkat E

 

Perlu diperhatikan bahwa traffic dialihkan melalui ISP. Oleh karena itu, kami tidak mungkin memberikan data yang 100% akurat, kecuali Anda memiliki bandwidth khusus.

 

Meskipun begitu, hasil dari alat pemeriksa kecepatan server kami memberi Anda informasi penting tentang seberapa cepat layanan web hosting Anda.

 

Mendapatkan hasil yang akurat

 

Ingat apa kami tulis tentang ISP mencari rute pengiriman data yang paling efisien? Dalam beberapa percobaan pertama saat menggunakan pemeriksa kecepatan server, Anda mungkin mendapatkan hasil yang tidak konsisten.

 

Untuk hasil yang lebih akurat, uji kecepatan server minimal 3 kali sampai Anda melihat hasil yang konsisten. Ingin lihat buktinya, bagaimana kalau sekarang Anda mencoba memeriksa kecepatan website Anda denganalat pemeriksa kecepatan Bitcatcha?

 

Jika terus-menerus mendapatkan hasil lebih rendah dari B+, sebaiknya Anda menggantinya. Masalahnya adalah web host; mesin website terlalu lambat.

 

Mesin website yang lambat menyebabkan website Anda kehilangan konversi & peringkat Anda turun di peringkat pencarian Google. Tidak perlu panik, kami bisa bantu. Lihat daftar sumber informasi ini untuk mendapatkan layanan yang lebih cepat & andal.

 

 

Trik untuk Meningkatkan Kecepatan

 

Pertama, jika website lemot, coba trik-trik yang dapat ditindaklanjuti sekarang ini untuk meningkatkan sedikit kecepatan.

 

1. Pindahkan server agar lebih dekat dengan audiens

 

Hubungi web host dan minta mereka untuk memindahkan website ke server yang lebih dekat dengan audiens Anda. Dengan begini, pelanggan dapat mengakses website dengan lebih cepat.

 

2. Gunakan hosting, cloud, atau VPS khusus

 

Salah satu alasan kecepatan web hosting Anda lambat mungkin karena Anda berbagi host dengan orang lain. Dengan hosting atau VPS khusus, website Anda mendapat server tersendiri. Bandwidth & sumber daya hanya digunakan oleh website Anda. Anda juga lebih leluasa untuk mengendalikan pengaturan server agar pemuatan website lebih cepat. Anda bisa melihat daftar web hosting terbaik kami, semua pilihan mengoptimalkan website demi meraih kecepatan tertinggi.

 

3. Gunakan jaringan pengiriman konten (CDN)

 

Jaringan pengiriman konten (Content Delivery Network atau CDN) menggunakan server yang terletak di seluruh dunia. Informasi website Anda akan disimpan di tiap titik tersebut, sehingga titik akan menampilkan konten kepada pengguna berdasarkan lokasi geografis mereka.

 

Misalnya, jika seseorang membuka website Anda dari Australia, CDN akan menampilkan konten dari server yang terdekat dengan pengguna tersebut. Dengan sistem pengiriman konten, tanpa memandang di mana website Anda diakses, kecepatan pemuatan website akan selalu cepat.

 

4. Aktifkan pengaturan ‘selalu aktif’ (Keep Alive)

 

Minta web host untuk mengaktifkan pengaturan “selalu aktif”. Dengan mengaktifkannya, Anda menjaga koneksi ke website selalu terbuka dan mengizinkan semua mengalir lewat satu koneksi (saat pengaturan dinonaktifkan, koneksi terbuka & tertutup tiap kali pengguna baru mengakses website Anda).

 

Sekarang coba uji kecepatan website Anda di sini. Jika hasil percobaan masih belum baik (lebih rendah dari B+), berarti inilah saatnya untuk mengganti web hosting.

 

Jika mendapatkan hasil yang bagus secara konsisten (B+ sampai A+) dan website masih lambat, berarti desain web atau koding yang menjadi penyebabnya. Dan jika masalah itu teratasi, PASTI rasio konversi Anda akan naik.

 

Ingat, kecepatan yang lambat menurunkan konversi! Gunakan alat pemeriksa kecepatan server untuk menguji kecepatan website dan membuat perbaikan yang diperlukan. Dijamin, rasio konversi & pendapatan akan naik!

 

 

Intinya: Optimalkan Terus

 

Jadi sekarang kita tahu bahwa 2 faktor utama yang memengaruhi kecepatan website:

 

  1. Kode, cache, plugin, media visual, dll
  2. Kecepatan web hosting

 

Sebagian besar alat penguji website menguji kecepatan secara keseluruhan, dan hal ini menghalangi Anda untuk mengetahui bagian mana yang sebenarnya bermasalah pada website Anda.

 

Pemeriksa Kecepatan Server milik Bitcatcha dibuat khusus untuk menguji kecepatan server, sehingga Anda mengetahui bagian mana yang bermasalah pada website Anda.

 

Saat Anda menggunakan pemeriksa kecepatan server kami, titik kami di 10 lokasi berbeda akan mem-ping website Anda, seperti 10 orang yang berbeda mengakses website Anda di waktu yang bersamaan. Kami mengukur seberapa cepat web hosting Anda merespons ping ini, dan menyajikan Anda hasil akhir yang berasal dari hasil rata-rata 10 titik sehingga Anda tahu bagaimana performa web hosting Anda.

 

Untuk akurasi yang optimum, jalankan pengujian beberapa kali sampai Anda melihat hasil yang konsisten. Jika terus-menerus mendapatkan hasil lebih rendah dari B+, mungkin sudah waktunya mengganti penyedia web hosting.

 

Kecepatan itu penting, pastikan web host Anda memberikan kecepatan yang ideal.

 

Jika tidak tahu web hosting mana yang harus digunakan, kami sudah membuat daftar web hosting terbaik untuk Anda yang blogger, penjual online, atau konsultan.

 

Kami meng-upgrade pemeriksa kecepatan server ke model berbasis langganan. Jika ingin jadi orang pertama yang diberi tahu kapan pembaruan ini akan dirilis, lakukan prapendaftaran di sini!

 

Jika ada pertanyaan tentang alat pemeriksa kecepatan kami; hubungi kami. Apabila alat ini bermanfaat bagi Anda, bagikan kepada teman-teman Anda!

 

 

Situs ini menggunakan cookie untuk analitik, pemasaran, dan peningkatan situs. Pengungkapan FTC: Kami berpartisipasi dalam program afiliasi, dan kami mendapatkan komisi atas pembelian yang dilakukan melalaui tautan kami. Dengan menutup kotak pesan ini atau melanjutkan akses ke situs kami, Anda setuju untuk menggunakan cookie kami. Silakan meninjau Kebijakan Privasi dan Pengungkapan FTC kami untuk informasi lebih lanjut.