tl;dr

Dalam hal kecepatan, keamanan, privasi, dan fitur, ExpressVPN luar biasa. Ini adalah hal yang dicari dalam layanan VPN, dan harganya wajar – jika Anda bersedia mendaftar untuk kurun waktu agak lama. Lihat lebih lanjut.

 

Review ExpressVPN: 13 Kelebihan & 1 Kelemahan ExpressVPN

 

ExpressVPN adalah salah satu nama terbesar & terpopuler dalam bisnis VPN. Didirikan pada tahun 2009 dan dijalankan oleh perusahaan yang berada di British Virgin Islands, perusahaan ini telah lama menawarkan layanan keamanan dan privasi.

 

Meskipun bukan merupakan layanan termurah, saya yakin bahwa ada banyak hal yang dapat diharapkan dari ExpressVPN. Berbagai fitur bagus yang dikombinasikan dengan lokasi server yang tersebar luas menjadikannya layanan yang sulit dikalahkan.

 

 

Catatan

Kami menggunakan kurs 1 USD untuk 13.948 IDR untuk semua harga yang tertera.

 

Yang Kami Suka Dari ExpressVPN

 

1. Peluang Unik Dalam Hal Privasi

 

Layanan ini dijalankan oleh Express VPN International Ltd., sebuah perusahaan yang berbasis di British Virgin Islands (BVI). Walaupun biasanya tempat perusahaan itu berpusat tidak melambangkan peringkat produk, dalam hal ini saya tidak setuju.

 

Anda lihat, penting untuk dicatat di sini bahwa ‘British‘ dalam judul adalah nominal terbaik, karena BVI memiliki pemerintahan sendiri. Faktanya, seluruh sistem hukumnya adalah miliknya sendiri dan sama sekali tidak terkait atau tunduk kepada Inggris Raya.

 

Penting juga (dari perspektif VPN) bahwa saat ini, tidak ada undang-undang penyimpanan data di BVI. Bahkan jika kepentingan asing adalah untuk mencoba memaksa perusahaan BVI untuk menghasilkan rekaman sehubungan dengan penyelidikan apa pun, perintah seperti itu harus datang dari pengadilan BVI. Prosedur hukumnya panjang dan membosankan dan pada akhirnya, jika pelanggaran yang dilakukan bukan merupakan pelanggaran berdasarkan hukum BVI, tidak mungkin ada kasus.

 

Mari kita simpulkan ini dengan jelas

Jika Anda menggunakan ExpressVPN dari mana saja di seluruh dunia dan ada penyelidikan terhadap Anda, ExpressVPN tidak dapat dipaksa untuk menyediakan bukti mengenai aktivitas Internet Anda.

 

(Kembali Ke Atas)

 

2. Penguncian Jaringan Membuat Identitas Anda Tetap Aman

 

Untuk membangun faktor privasi, ExpressVPN juga memiliki Kunci Jaringan (Kill Switch), yang mulai digunakan jika koneksi Internet Anda ke server VPN terhenti. Jika situasi ini muncul, tombol kill akan segera memotong semua lalu lintas data ke dan dari perangkat Anda. Ini untuk memastikan bahwa tidak ada data atau kebocoran IP, karena terowongan VPN telah dikompromikan.

 

Sebagai contohnya, katakanlah Anda mengaktifkan Kunci Jaringan dan sedang mengakses torrent. Jika koneksi ke server VPN terputus karena alasan apa pun, semua aktivitas Internet Anda akan dihentikan. Setidaknya sampai Anda terhubung ke server VPN lain.

 

Untuk mengujinya, saya mencoba unduhan file sederhana dan, dalam prosesnya, menonaktifkan perangkat lunak VPN saya. Saya segera mendapat pesan kesalahan dari server file yang memberi tahu saya bahwa unduhan diblokir.

 

ExpressVPN Network Lock

 

(Kembali Ke Atas)

 

2.1. Kebocoran DNS: Apakah ExpressVPN Benar-Benar Pribadi?

 

Untuk memastikan bahwa Kunci Jaringan berfungsi, saya memastikan juga menjalankan tes untuk Kebocoran DNS. Jika Kunci Jaringan tidak berfungsi, menjalankan alat Kebocoran DNS akan memberi tahu saya jawabannya. ExpressVPN memiliki suatu alat yang dapat Anda gunakan untuk ini, atau sebagai alternatif ada juga alat pihak ketiga lainnya seperti Tes Kebocoran DNS.

 

Yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi website tersebut dan secara otomatis akan menguji koneksi Anda. Cocokkan pengujian mereka dengan server VPN yang Anda sambungkan. Jika cocok, semua baik-baik saja.

 

DNS-Leaks Proof

 

(Kembali Ke Atas)

 

3. Tidak Ada Kebijakan Logging

 

Ini lebih didasarkan pada premis privasi daripada keamanan. Saat kami mengatakan logging, kami mendiskusikan data yang dikumpulkan tentang Anda selama sesi Internet Anda. Ini kemungkinan akan mencakup informasi seperti alamat IP, URL yang Anda kunjungi, dll. Secara umum, semua aktivitas internet Anda.

 

Sebagai salah satu penyedia VPN terbaik, ExpressVPN secara eksplisit menyatakan bahwa ia tidak menyimpan log aktivitas Anda. Menurut mereka, mereka telah “secara hati-hati merekayasa aplikasi dan server VPN kami untuk menghilangkan informasi sensitif”.

 

Ini termasuk:

 

  • Alamat IP (sumber atau VPN)
  • Riwayat penjelajahan
  • Tujuan atau metadata lalu lintas
  • Kueri DNS

 

Perusahaan ini merangkum posisi dan kebijakannya dengan sangat rapi menjadi satu kalimat:

 

ExpressVPN Tidak Ada Kebijakan Logging

Akibatnya, ExpressVPN tidak pernah bisa dipaksa untuk memberikan data pelanggan yang memang tidak ada.

 

Mari kita pikirkan hal ini lagi. Jika penyedia layanan VPN tidak menyimpan jenis informasi ini, tidak mungkin mereka bisa memberikannya jika ada yang memaksa mereka untuk memberikan data tersebut (misalnya melalui perintah pengadilan).

 

(Kembali Ke Atas)

 

4. Pembagian Saluran – Memilih Perangkat Jaringan Yang Ingin Dilindungi

 

Jika Anda memutuskan untuk menjalankan ExpressVPN dari perute alih-alih melalui aplikasi pada masing-masing perangkat, Pembagian Saluran (Split Tunneling) adalah sesuatu yang mungkin Anda butuhkan. Ini memungkinkan Anda untuk mengakses internet dan pada saat yang sama juga menggunakan perangkat lain di jaringan, seperti printer jarak jauh. Aplikasi ExpressVPN untuk router Anda dapat mendukung ini dan dapat dikonfigurasi sesuai keinginan Anda.

 

Misalnya, Anda dapat mengonfigurasi untuk melindungi semua komputer Anda di jaringan untuk meneruskan lalu lintas mereka melalui VPN tetapi membiarkan printer Anda terbuka untuk lalu lintas normal. Jika Anda telah membagikannya, orang lain masih dapat menggunakan printer itu.

 

RAIH EXPRESSVPN @ DISKON 35% (Rp 116.047* /BLN)

* Penguncian jaringan, tidak ada kebijakan logging, menghubungkan hingga 3 perangkat.
** Jaminan 30 hari uang kembali.

 

(Kembali Ke Atas)

 

5. ExpressVPN CEPAT!

 

Saya mencoba 6 lokasi geografis yang berbeda dan saya melihat adanya penurunan dalam pelayanan yang semakin jauh saya dapatkan dari lokasi saya yang sebenarnya. Biasanya, saya dapat mencapai sekitar 100 Mbps maks pada saluran saya, yang cukup bagus.

 

Speed test results with VPN off

Tes kecepatan saat ExpressVPN nonaktif
(Lihat hasil tes kecepatan selengkapnya)

 

Speed test result on Malaysia server

Tes kecepatan di Server Asia – Malaysia
(Lihat hasil tes kecepatan selengkapnya)

 

Speed test result on Singapore server

Tes kecepatan di Server Asia – Singapura
(Lihat hasil tes kecepatan selengkapnya)

 

Speed test result on Sydney server

Tes kecepatan di Server Australia – Sydney
(Lihat hasil tes kecepatan selengkapnya)

 

Speed test result on Mumbai server

Tes kecepatan di Server India – Mumbai
(Lihat hasil tes kecepatan selengkapnya)

 

Speed test result on South Africa server

Tes kecepatan di Server Afrika – Afrika Selatan
(Lihat hasil tes kecepatan selengkapnya)

 

Speed test result on New York server

Tes kecepatan di Server AS – New York
(Lihat hasil tes kecepatan selengkapnya)

 

Streaming YouTube juga lancar dan tidak terhambat. Saya dapat melakukan streaming video 4K tanpa masalah sama sekali.

 

Stream 4k videos on ExpressVPN

 

(Kembali Ke Atas)

 

6. Enkripsi Sekelas Pemerintah

 

Dari fitur paling penting yang disediakan VPN, kami telah mencapai privasi & kecepatan. Keamanan adalah unsur penting lain dan ketika berbicara tentang VPN ada dua aspeknya; jenis enkripsi yang mereka gunakan untuk mengamankan data Anda dan protokol yang mereka gunakan untuk membawa data Anda. ExpressVPN memiliki Standar Enkripsi Mutakhir dengan kunci 256-bit (AES-256).

 

Standar enkripsi ini mengamankan banyak rahasia pemerintah di seluruh dunia. Dengan menggunakan kunci 256-bit berarti bahwa ada BANYAK kemungkinan kombinasi untuk mencoba memecahnya sebelum data Anda dapat dibaca oleh orang lain.

 

(Kembali Ke Atas)

 

7. BANYAK Pilihan Protokol

 

VPN bergantung pada dua komponen utama untuk menjaga keamanan identitas dan aktivitas Anda. Salah satunya adalah enkripsi yang saya bahas di atas, tetapi itu juga berarti data juga dilewatkan melalui terowongan yang aman. Setiap jenis terowongan memiliki karakteristik yang berbeda tetapi terutama memanfaatkan kombinasi kompatibilitas dan kecepatan.

 

Kita ambil contoh L2TP dibandingkan dengan PPTP. Keduanya adalah protokol tunnelling, tetapi L2TP menyajikan enkripsi yang lebih baik (128-bit vs 256-bit).

 

ExpressVPN memberi Anda pilihan protokol tunneling yang berbeda. Anda bisa menjadi pengaturan yang Anda suka, atau biarkan ExpressVPN memilih untuk Anda. Setiap protokol tentu saja memiliki pro dan kontra sendiri, jadi Anda harus mencari tahu apa yang optimal dalam kecepatan dan keamanan untuk diri sendiri.

 

(Kembali Ke Atas)

 

8. Banyak Pilihan Lokasi Server

 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ExpressVPN mengelola server di 148 kota di 94 Negara. Ini dikategorikan dalam empat wilayah utama: Amerika, Eropa, Asia Pasifik dan Timur Tengah & Afrika. Namun, tidak semuanya menawarkan protokol tunneling yang sama.

 

ExpressVPN server list

 

Meskipun ExpressVPN menawarkan 7 pilihan protokol keamanan yang berbeda, tidak setiap server pada jaringan mereka mendukung semuanya. Untungnya, sejumlah besar server mereka berarti bahwa bahkan jika Anda menemukan satu yang tidak akan mendukung protokol yang Anda inginkan, Anda mungkin dapat menemukan alternatif terdekat.

 

LIHAT DAFTAR LENGKAP SERVER @ WEBSITE EXPRESSVPN

* 2.000+ server, 148 kota, 94 negara.

 

(Kembali Ke Atas)

 

9. 3X Perangkat Dan Mudah Diatur

 

Setiap langganan ExpressVPN mendukung 3 perangkat untuk koneksi secara bersamaan ke Internet.

 

Untuk di rumah, Anda bisa mengaturnya di router dan Anda akan tercakup. Jika Anda berada di luar rumah, saya tidak dapat benar-benar melihat Anda menggunakan lebih dari laptop, ponsel cerdas, dan tablet Anda (bahkan pada saat yang sama).

 

Connect 3x Devices with ExpressVPN

 

Setelah mendaftar membuat akun, Anda akan diberikan kata sandi untuk digunakan untuk akun Anda – harap ubah ini sesegera mungkin. Setelah selesai melakukannya, Anda akan dibawa ke halaman instruksi dan diberi opsi untuk menginstal layanan VPN Anda.

 

Ada instruksi terperinci (disertai video!) tentang cara mengatur ExpressVPN dengan hampir semua perangkat yang dikenal manusia. Baiklah, itu mungkin sedikit berlebihan, tetapi saya yakin bahwa hampir semua perangkat utama ada di sana.

 

Ikuti saja panduannya, Sobat. Selain itu, bahkan jika Anda menghadapi masalah, ingat dukungan pelanggan luar biasa yang saya sebutkan sebelumnya? Hubungi saja seseorang di sana.

 

Peringatan

Jika ISP Anda menggunakan PPPoE untuk menghubungkan ke Internet, Anda tidak akan dapat dengan mudah menginstal VPN di router Anda. Anda akan memerlukan router tambahan untuk mengelola koneksi VPN. Satu-satunya cara yang mungkin untuk mengatasinya adalah dengan mem-flash firmware router Anda ke jenis khusus seperti OpenWRT, yang dapat mengelola dua WAN yang berbeda secara bersamaan.

 

(Kembali Ke Atas)

 

10. Anda Dapat Membayar Dengan BitCoin

 

Sementara penyedia VPN menawarkan teori privasi dan keamanan, saya sering bertanya-tanya bagaimana, karena harus ada jejak uang jika pengguna membayar dengan kartu kredit, atau bahkan PayPal. Namun, berkat cryptocurrency baru yang gila, berbagai penyedia layanan ikut-ikutan dan sekarang ExpressVPN menerima pembayaran dalam BitCoin.

 

Pay in BitCoin

 

Melalui metode ini, Anda benar-benar dapat tetap anonim karena tidak ada cara untuk melacak pembayaran kembali kepada Anda.

 

Bagi mereka yang belum memiliki BitCoin, Anda memerlukan dua hal; a) Dompet BitCoin dan b) beberapa BitCoin. Investopedia memiliki Panduan Cara Membeli BitCoin yang bermanfaat.

 

(Kembali Ke Atas)

 

11. Torrenting Diperbolehkan!

 

Berbagi file peer-to-peer adalah sesuatu yang telah lama diperdebatkan di seluruh dunia. Banyak perusahaan besar telah menekan ISP untuk melacak dan menghukum pengguna P2P untuk semuanya mulai dari pembajakan perangkat lunak hingga pelanggaran DMCA.

 

Penggunaan VPN menghilangkan ancaman penganiayaan bagi pengguna P2P, tetapi masalahnya adalah, beberapa VPN tidak mengizinkan aktivitas P2P, atau membatasinya. Tidak ada masalah ini dengan ExpressVPN, mereka bahkan memiliki halaman yang mengajarkan pengguna mereka CARA menyiapkan klien torrent di layanan mereka!

 

Torrenting on ExpressVPN

 

Saya bisa mendapatkan lebih banyak kecepatan di torrent saya di ExpressVPN seperti biasanya, yang cukup mengagumkan (setidaknya di jalur 50Mbps saya yang lain);

 

(Kembali Ke Atas)

 

12. Akses Ke SEMUA Konten Netflix

 

Sekali lagi, perusahaan lain yang mencoba membatasi akses penggunanya adalah Netflix. Perusahaan ini mengunci pengguna berdasarkan wilayah, memungkinkan pengguna kawasan yang berbeda mengakses konten yang berbeda. ExpressVPN juga membantu pengguna Netflix mendapatkan akses di mana saja dan mengajari Anda cara melakukannya di layanan mereka. Lihat cara membuka konten Netflix.

 

RAIH NETFLIX SEKARANG @ DISKON 35%

* 8.32/bulan dengan bandwidth tak terbatas. Mendukung hingga 3 perangkat.
** Jaminan 30 hari uang kembali.

 

(Kembali Ke Atas)

 

13. Dukungan Pelanggan Yang Luar Biasa

 

Saya juga mengalami masalah saat mencoba memasang ExpressVPN di TP-Link Archer C7 saya, jadi saya punya alasan yang bagus untuk mencoba dukungan pelanggan mereka. Tujuan saya adalah basis data dukungan mereka, yang sayangnya tidak banyak membantu dalam kasus saya.

 

Selanjutnya, saya mencoba layanan Live Chat mereka, yang sangat cepat. Dalam beberapa detik, seorang asisten layanan pelanggan telah terhubung ke obrolan saya dan kami melanjutkan percakapan. Selama obrolan layanan, asisten layanan pelanggan berpengetahuan luas dan bermanfaat.

 

Meskipun kami tidak dapat memperbaiki masalah melalui obrolan, saya dipandu dengan proses melalui email (untuk mentransfer gambar ke sana kemari) dan setelah selesai, mereka mengirimi saya salinan seluruh transkrip obrolan. Layanan yang luar biasa!

 

Chat transcript being mailed

 

Sekarang saya bukan seorang yang buta teknologi, tetapi saya bisa melihat betapa bermanfaatnya kombinasi dari proses-proses ini bagi pemula yang baru mengenal VPN.

 

Saya benar-benar menilai sistem dukungan mereka yang sangat baik!

 

(Kembali Ke Atas)

 

Apa Yang Tidak Kami Suka Dari ExpressVPN

 

Tarifnya Cukup Tinggi

 

Meskipun benar bahwa ExpressVPN sering diberi label mahal (dan sampai batas tertentu, saya setuju), saya ingin membahas varian teori konstruksi yang terlibat di sini – Anda dapat memilih dua dari tiga; murah, bagus, dan aman. Apa pilihan Anda, ketika mencari sesuatu untuk menambah keamanan dan privasi Anda?

 

Berlangganan ExpressVPN dari bulan ke bulan akan membuat Anda mendapat diskon Rp 180.626, tetapi ini turun drastis hingga Rp 116.047 per bulan jika Anda memilih untuk melakukan pembayaran dalam 12-bulan.

 

(Kembali Ke Atas)

 

Paket & Harga ExpressVPN

 

Bulanan
Tahunan
Setengah Tahun

Harga /bln
Rp 180.626
Rp 116.047
Rp 139.340

Total Harga
Rp 180.626
Rp 1.394.103
Rp 836.183

Siklus Bayar
1 bulan
12 bulan
6 bulan

Jaminan Uang Kembali
30 hari
30 hari
30 hari


 

Harga untuk ExpressVPN mudah diikuti. Jika membayar secara bulanan, Anda akan menghadapi tagihan sebesar Rp 180.626 per bulan. Jika Anda memilih untuk membayar setiap enam bulan, akan berkurang menjadi Rp 139.340 per bulan, yang dibayar di muka.

 

Tarif terbaik ada pada pembayaran di muka tahunan yang tarifnya turun menjadi Rp 116.047 per bulan (diskon 35%). Artinya, Anda mendapatkan 6 bulan gratis dibandingkan dengan jika Anda melakukan pembayaran bulanan!

 

Harga-harga itu termasuk semua bandwidth yang dapat Anda tangani serta koneksi tanpa batas ke sejumlah besar lokasi server di seluruh dunia. Ubah server sekali setiap 5 menit jika Anda menginginkannya!

 

Bagaimanapun, ExpressVPN juga menawarkan jaminan 30 hari uang kembali, yang berarti mereka yakin Anda tidak akan menyesal telah melakukan pembelian.

 

(Kembali Ke Atas)

 

Kesimpulan: Apakah ExpressVPN Sepadan Dengan Harganya Yang Tinggi?

 

Menurut saya, ini adalah penipuan pertama di dunia VPN. Memang benar, teknisnya ada di sana, tetapi pengalaman langsung tidak. Saya harus mengatakan bahwa keterampilan teknis tidak sulit dan dapat diperoleh dari sedikit bacaan.

 

ExpressVPN menyenangkan untuk diuji, dalam lebih dari satu cara. Ini adalah layanan hebat yang menawarkan semua fungsionalitas yang saya butuhkan (saya suka ber-torrent) dan beberapa yang saya tidak butuhkan (saya tidak menggunakan Netflix) serta dengan biaya berlangganan jangka panjang sekitar Rp 111.584 sebulan. Harga yang murah untuk membayar ketenangan pikiran.

 

Satu-satunya ketidakcocokan yang saya temui adalah dalam pengaturan modem, karena broadband saya menggunakan PPPoE untuk terhubung dan saya tidak punya waktu untuk menyiapkan ExpressVPN. Pastikan Anda memperhatikan peringatan saya sebelumnya tentang hal ini jika Anda bermaksud mendaftar.

 

Fitur Utama

  • ✓ Tidak Ada Batasan
  • ✓ Perlindungan Privasi Luar Negeri
  • ✓ Perlindungan Kebocoran DNS/IPv6
  • ✓ Dukungan 24/7 Melalui Email & Live Chat
  • ✓ Dukungan Beberapa Protokol

Disarankan Untuk

  • • Privasi Mutlak
  • • Torrent
  • • Netflix
  • • Mac, Windows & Semua Platform


 

RAIH EXPRESSVPN @ DISKON 35% (Rp 116.047* /BLN)

* Penguncian jaringan, tidak ada kebijakan logging, menghubungkan hingga 3 perangkat.
** Jaminan 30 hari uang kembali.

 

(Kembali Ke Atas)

ExpressVPN

Kecepatan

Luar Biasa

Keamanan & Privasi

Sorotan Fitur

Tidak Ada
Logging
Kunci
Jaringan
3
Perangkat

Lihat Fitur Lengkap

Mulai dari

Rp 116.047*

bulanan

KUNJUNGI VPN

  • • Sungguh pribadi
  • • #1 VPN di Bitcatcha

Rahasia Periklanan

Situs ini menggunakan cookie untuk analitik, pemasaran, dan peningkatan situs. Pengungkapan FTC: Kami berpartisipasi dalam program afiliasi, dan kami mendapatkan komisi atas pembelian yang dilakukan melalaui tautan kami. Dengan menutup kotak pesan ini atau melanjutkan akses ke situs kami, Anda setuju untuk menggunakan cookie kami. Silakan meninjau Kebijakan Privasi dan Pengungkapan FTC kami untuk informasi lebih lanjut.