Bitcatcha didukung oleh pembaca. Saat Anda membeli melalui tautan di situs kami, kami dapat memperoleh komisi afiliasi. Lihat lebih lanjut

 

tl;dr

Awalnya, saya sangat ragu untuk meninjau IPVanish VPN karena saya tahu mereka adalah layanan berbasis di AS. Secara pribadi, itu seperti meminta serigala untuk menjaga ayam. Pertama kali dirilis pada tahun 2012, IPVanish mengubah kepemilikannya pada tahun 2017. Sayangnya, perubahan dalam kepemilikan tidak banyak berpengaruh positif bagi perusahaan, dari sudut pandang saya. Saya mengalami kesulitan merekomendasikan VPN ini karena berbagai alasan termasuk kinerja kecepatan menengah, kecurigaan anonimitas dan dukungan pelanggan yang buruk. Pelajari lebih lanjut.

 

Review IPVanish: 4 Kelebihan & 4 Kekurangan IPVanish

 

Didirikan pada tahun 2012, VPN IPVanish bukan anak tertua di blok ini. Dan pada kenyataannya, sudah pernah berpindah tangan sekali. Apa yang tidak biasa tentang perusahaan ini adalah bahwa meskipun popularitasnya terlihat jelas dalam waktu yang singkat, perusahaan ini juga telah berhasil terlibat dalam kontroversi Logging. Hal ini biasanya terdengar seperti hukuman mati bagi penyedia layanan VPN, namun tetap ia bertahan.

 

Selain itu, ini adalah perusahaan yang berbasis di AS dan hal ini tidak berjalan dengan baik karena ia mengklaim memiliki kebijakan larangan-logging dari awal. Meskipun AS belum memiliki undang-undang wajib penyimpanan data, mereka memiliki agensi keamanan yang ingin merekam metadata Internet untuk seluruh planet. Sebuah teka-teki.

 

Namun demikian, IPVanish sedikit ombang ambing dalam hal kinerja, beberapa bagus, beberapa mengerikan, jadi mari kita lihat apa yang bisa mereka lakukan.

 

 

Catatan

Kami menggunakan kurs 1 USD untuk 13.948 IDR untuk semua harga yang tertera.


 

Yang Kami Sukai Dari IPVanish VPN

 

1. Ketersediaan yang bagus

 

IPVanish mengklaim mengoperasikan lebih dari 1.000 server dalam jaringan yang telah berkembang hingga mencakup lebih dari 60 negara di seluruh dunia. Tentu saja, fokus utamanya di Eropa dan Amerika Utara, dengan 443 server di Eropa dan 561 server di Amerika Utara. Meskipun hal ini menyisakan sedikit untuk Asia dan seluruh bagian dunia lainnya, karena memang cakupannya ada di bagian sana.

 

(Kembali Ke Atas)

 

1.1. Ia Memiliki Infrastruktur Sendiri

 

Yang luar biasa adalah bahwa IPVanish mengklaim memiliki semua infrastrukturnya adalah milik sendiri. Meskipun ini mungkin benar untuk peralatan server, saya tidak yakin bagaimana bisa demikian untuk sisa infrastruktur lainnya yang biasanya berasal dari pusat data.

 

Sebagai satu-satunya penyedia layanan VPN sejati tingkat tinggi, kami di IPVanish memiliki & mengoprasikan seluruh jaringan kami, termasuk server. Ini memungkinkan kami untuk memberikan layanan premium dengan harga yang kompetitif.

 

Kami tidak pernah meninggalkan keamanan Anda dalam kendali orang lain karena kami tidak menjual infrastruktur kami, kami dapat memberikan koneksi VPN teraman di dunia. Dan tanpa pihak ketiga yang memperlambat kami, jaringan IPVanish sangat cepat.”

 

(Kembali Ke Atas)

 

1.2. Kompatibel dengan hampir semua perangkat

 

Bagi Anda yang membaca ulasan VPN saya sekarang, saya yakin Anda sudah terbiasa dengan ocehan saya mengenai dukungan perangkat. Faktanya adalah bahwa dengan produk yang ditargetkan secara luas seperti VPN, pasti ada banyak dari kita yang menggunakan beragam perangkat.

 

IPVanish Apps

 

Bahkan, saya berani mengatakan bahwa banyak dari kita bahkan mungkin menggunakan beberapa perangkat pada berbagai platform bahkan dalam satu rumah. Juga, secara halus, meskipun saya heran pada beberapa orang yang masih menggunakan Windows Phone – faktanya tetap mereka ada, bahkan rekan bisnis dekat saya adalah salah satunya.

 

Jadi, begitulah – dukungan terhadap beragam perangkat merupakan nilai tambah bagi IPVanish.

 

Dan karena IPVanish juga dapat digunakan pada beberapa router, saya akan sekali lagi mengingatkan Anda yang berpikir untuk melakukannya, baik untuk kenyamanan atau hanya untuk iseng;

 

Catatan

Menjalankan layanan VPN pada router Anda akan membantu Anda mengatasi batas koneksi perangkat simultan yang diberlakukan sebagian besar VPN. Namun, ada kekurangannya. Dalam hampir semua kasus (terutama untuk router penggunaan rumah umum), melakukan hal itu akan memperlambat trafik internet Anda dibandingkan dengan jika Anda menjalankan aplikasi VPN khusus perangkat. Hal in terjadi karena router kurang mampu menangani enkripsi data yang dibutuhkan, sehingga memperlambat kecepatan transmisi data Anda.

 

(Kembali Ke Atas)

 

2. IPVanish unggul dalam keamanan

 

Jujur saja, keamanan adalah nomor dua bagi saya setelah anonimitas dalam layanan VPN, tetapi itu adalah sudut pandang pribadi. Ketika saya memikirkan pengguna Internet di negara-negara seperti China, AS, dan Singapura, saya dengan sepenuhnya memahami perlunya koneksi yang aman.

 

Sekadar info, AS adalah salah satu daerah terpanas di dunia bagi perusahaan untuk menuntut mereka yang terlibat dalam berbagi file secara ilegal. China sangat menyensor Internetnya dan Singapura mengikuti jejak AS. Namun, ada banyak negara lain di mana pengguna mungkin ingin menggunakan VPN – seperti di negara-negara Eropa.

 

(Kembali Ke Atas)

 

2.1. Forced 256-bit Encryption

 

Tanpa terkecuali, semua layanan VPN yang telah saya uji hingga saat ini telah menawarkan kepada para pengguna pilihan dalam perihal tingkat enkripsi. Bagaimanapun, seperti yang saya sebutkan, enkripsi yang lebih tinggi dapat menurunkan kecepatan Anda. Namun, IPVanish tampaknya telah mengambil sikap keras dan memberlakukan enkripsi 256-bit wajib pada semua pengguna.

 

Dengan memasukkannya ke dalam perspektif, enkripsi 256-bit adalah salah satu level tertinggi yang ada saat ini dan telah menjadi semakin lazim dalam algoritma, protokol, dan teknologi modern (kami bahkan menggunakannya untuk SSL).

 

Sederhananya, kunci 256-bit akan membutuhkan daya komputasi yang besar untuk dipecahkan dan bahkan hanya dengan waktu yang cukup – lebih dari bertahun-tahun dalam kehidupan siapa pun, itu sudah pasti.

 

Poin penting yang perlu diperhatikan adalah bahwa semakin tinggi koneksi terenkripsi, semakin besar kemungkinan koneksi tersebut mengalami penurunan kecepatan, jadi saya akan membiarkan Anda memutuskan sendiri keseimbangan sempurna apa yang Anda butuhkan untuk keperluan Anda.

 

(Kembali Ke Atas)

 

2.2. Tidak Ada Kebijakan Log

 

Ini adalah cawan suci bagi penyedia layanan VPN. Kita semua perlu tahu bahwa layanan VPN yang kita percaya untuk mengamankan data kita tidak akan berkhianat dan memberikannya kepada orang lain. Saya tidak akan berkata lebih banyak tentang ini sekarang, tetapi cukup untuk dikatakan, secara resmi, IPVanish memiliki kebijakan larangan Logging.

 

Privasi Anda adalah prioritas kami, tetapi kepercayaan Anda kepada kami sama pentingnya. Itu sebabnya kami ingin setransparen mungkin dalam kebijakan kami. IPVanish adalah penyedia layanan VPN tanpa log, yang berarti bahwa kami tidak menyimpan catatan koneksi, trafik, atau data aktivitas apa pun sehubungan dengan layanan kami.” — Kebijakan Privasi IPVanish

 

(Kembali Ke Atas)

 

2.3. Pilihan Protokol

 

Jika keamanan dan anonimitas adalah benteng dari layanan VPN, maka protokol mereka adalah kekuatan pada otot mereka. IPVanish mendukung berbagai protokol sehingga Anda dapat mengadopsinya seperlunya untuk situasi Anda.

 

IPVanish mengklaim mendukung OpenVPN, IKEv2, L2TP / IPsec dan SSTP, tetapi saya perhatikan bahwa opsi untuk SSTP tidak ada pada aplikasi Windows VPN mereka. Mungkin sudah dihapus.

 

IPVanish Missing SSTP

 

(Kembali Ke Atas)

 

2.4. Kunci Jaringan (Kill Switch) yang Berfungsi!

 

Sebagian besar VPN memiliki sesuatu yang termasuk yang disebut Kill Switch, yang dirancang untuk mengakhiri koneksi Anda ke Internet jika koneksi ke server VPN sempat hilang karena alasan apa pun. Beberapa dapat bekerja, beberapa tidak tetapi saya senang melaporkan bahwa Kill Switch IPVanish berfungsi. Ia mungkin sedikit lamban, tetapi begitu ia berhasil diaktifkan, semuanya fitur tidak akan terhubung sama sekali.

 

Faktanya, begitu Anda memuat klien IPVanish Anda, Anda tidak akan dapat menjelajahi internet sampai Anda terhubung ke server mereka. Menjelajah tanpa koneksi hanya mungkin dilakukan setelah Anda keluar dari perangkat lunak klien IPVanish Sejauh ini, ini merupakan implementasi terbaik dari Kill Switch yang telah saya lihat sejauh ini.

 

(Kembali Ke Atas)

 

3. Kecepatan cukup untuk streaming video 8k

 

Sejujurnya, saya tidak begitu menyukai kecepatan yang ditawarkan oleh server IPVanish. Ini mungkin disebabkan oleh pengaturan saya, tetapi saya telah dengan jujur mencoba hampir setiap kombinasi yang didukung aplikasi mereka dan tidak beruntung selain dari (seperti biasa) server yang berbasis di Singapura. Hal itu akan sangat logis, karena itu adalah lokasi terdekat dengan saya yang memiliki infrastruktur bagus.

 

Saya baru-baru ini beralih penyedia broadband saya dan meskipun kecepatan saluran saya telah diuji untuk dapat memberikan hampir 500Mpbs seperti yang diiklankan, peralatan saya yang payah hanya bisa berjalan sejauh ini. Itulah mengapa kali ini saya memberikan kecepatan dasar untuk memberi tahu Anda norma apa yang berlaku untuk koneksi yang dapat ditangani platform pengujian saya – sekitar 200Mbps

 

Speedtest Result – No VPN baseline speed

Tes kecepatan tanpa kecepatan dasar VPN
(Lihat hasil lengkap)

 

Hasil kecepatan IPVanish yang saya dapat kumpulkan cukup menyedihkan;

 

Malaysia hanya memiliki dua server yang tersedia, dan server pilihan terbaik memberi saya kecepatan menakjubkan sebesar 20Mbps. Saya bisa mendapatkan yang lebih tinggi dari itu menggunakan paket Internet lama saya yang bekerja pada 50Mbps.

 

Speed test result on Malaysia server

Tes Kecepatan Asia – Server Malaysia
(Lihat hasil lengkap)

 

Juara langganan saya, Singapura, memberi saya kira-kira setengah dari kecepatan dasar saya. Tidak terlalu bagus, tapi hei, ini hampir 100Mbps!

 

Speed test result on Singapore server

Tes Kecepatan Asia – Server Singapura
(Lihat hasil lengkap)

 

Australia, yang sedikit lebih jauh dari saya, menurunkan kecepatan itu menjadi setengahnya dan memberi waktu Ping yang sedikit mengejutkan.

 

Tes Kecepatan Australia– Server Adelaide
(Lihat hasil lengkap)

 

Afrika Selatan, sesuai perkiraan, rendah seperti biasa pada skala kecepatan bagi saya. Saya mengerti bahwa Afrika Selatan mungkin tidak banyak dipilih pengguna, tetapi saya selalu memasukkannya demi penyebaran geografis.

 

Tes Kecepatan Afrika– Server Afrika Selatan
(Lihat hasil lengkap)

 

Untuk Eropa, pilihan normal saya adalah Belanda karena berada cukup di tengah-tengah di sana dan memiliki infrastruktur yang layak.

 

Tes Kecepatan Eropa – Server Belanda
(Lihat hasil lengkap)

 

Dan akhirnya, di seluruh dunia dari lokasi fisik saya, Amerika Utara. Saya menghubungkan kecepatan yang lebih tinggi yang tersedia di sana menjadi basis IPVanish.

 

Tes Kecepatan Amerika Utara – Server Dallas
(Lihat hasil lengkap)

 

Dengan yang tertinggi hampir 100Mbps dan terendah 20Mbps, orang bisa berpendapat bahwa IPVanish tidak benar-benar memberikan nilai yang baik. Namun di sini saya ingin menyatakan bahwa kecepatan 100Mbps pada VPN itu masih layak, dan saya yakin Anda akan menemukan server di suatu tempat yang dapat memberi Anda kecepatan yang baik.

 

Namun kecepatan yang sama yang bisa saya dapatkan dengan IPVanish masih memungkinkan saya untuk streaming video 8k UHD dari YouTube Secara realistis, kecepatan sekitar 15Mbps akan memungkinkan Anda melakukan ini untuk video UHD.

 

 

(Kembali Ke Atas)

 

4. Harga bagus tanpa periode penguncian yang lama

 


 

IPVanish tampaknya telah jatuh di tengah-tengah penetapan harga dalam perang VPN. Pada Rp 139.480 khusus per bulan dan Rp 90.522 per bulan pada paket satu tahun, ia tidak berada di manapun. Di satu sisi itu tidak terlalu mahal jika Anda berlangganan setiap bulan, sementara di sisi lain, Anda tidak bisa menabung sebanyak yang lainnya untuk jangka waktu yang lama.

 

Ambil contoh NordVPN, yang memiliki harga jangka panjang yang benar-benar fantastis.

 

(Kembali Ke Atas)

 

Yang Tidak Kami Sukai Dari IPVanish VPN

 

1. Kurangnya server yang dioptimalkan

 

Ini adalah hal pertama yang saya perhatikan setelah saya menginstal VPN di sistem saya. Saya melihat berbagai pengaturan dan memperhatikan bahwa IPVanish menempatkan prioritas tinggi yang luar biasa pada server Ping dan mengurutkannya berdasarkan hal itu. Selain itu, Anda harus mengambil risiko dengan apa pun yang dipilih aplikasi untuk Anda.

 

Jangan salah paham – server Ping itu PENTING. Pada dasarnya itu adalah seberapa banyak perlambatan yang ditunjukkan server saat berkomunikasi dengan perangkat Anda, tetapi itu tidak penting dalam konteksnya.

 

Sebagai pengguna VPN, tentunya harus diantisipasi bahwa kita mungkin menggunakan layanan ini untuk berbagai hal, seperti Torrenting, Streaming Video atau apa pun, jadi mengapa fokus hanya pada Ping? Tolong jadikan hidup ini sederhana.

 

(Kembali Ke Atas)

 

2. Masalah privasi

 

Meskipun kebijakan tanpa Log mereka yang dinyatakan secara terbuka, IPVanish telah mendapat kecaman serius karenakurangnya keberanian dalam menghadapi otoritas pemerintah beberapa waktu yang lalu. Yang lebih membingungkan lagi adalah mereka dituduh menyerahkan informasi yang seharusnya tidak ada.

 

(Kembali Ke Atas)

 

2.1. Perusahaan berbasis di AS

 

Sebagai perusahaan yang berbasis di AS, IPVanish memiliki kewajiban untuk membantu pihak berwenang dalam penyelidikan mereka. Melihat seberapa cepat mereka diduga mengkambinghitamkan pengguna mereka ketika ditanyai oleh Homeland Security, sekali lagi, apakah Anda bersedia bertaruh pada mereka agar melindungi Anda?

 

AS saat ini sedang berjuang untuk mendapatkan hukum retensi data yang disahkan. Meskipun saat ini mereka tidak memiliki undang-undang retensi data wajib seperti Arahan Retensi Data Eropa, berapa lama sampai itu jadi kenyataan?

 

(Kembali Ke Atas)

 

2.2. Kontroversi Logging

 

Awal tahun ini (2018), sebuah artikel di TorrentFreak menuduh IPVanish menyerahkan log pengguna kepada pihak berwenang (Departemen Keamanan Dalam Negeri AS). Yah, hanya satu log user sih, tapi itu sudah cukup buruk.

 

Sekarang, IPVanish telah diambil alih relatif baru-baru ini, jadi ketika ditanya tentang hal itu, mereka jelas menolak semuanya dengan mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui tentang apa pun yang terjadi sebelum mereka mengambil alih perusahaan Meskipun demikian, saya merasa terkejut bahwa pelanggaran serius terhadap salah satu pilar utama perilaku VPN ini begitu saja diabaikan oleh pemiliknya yang baru.

 

IPVanish tidak pernah, belum pernah, dan tidak akan, mencatat atau menyimpan log pengguna kami sebagai perusahaan StackPath. Saya tidak bisa berbicara mengenai apa yang terjadi dalam pengawasan orang lain, dan tim manajemen itu sudah lama pergi. Tapi ketahuilah ini – selain tidak logging, StackPath akan membela privasi pengguna kami, terlepas dari siapa yang meminta sebaliknya.” – Jeremy Palmer, Wakil Presiden, Produk & Pemasaran

 

Pertanyaannya adalah, apakah Anda bersedia mengambil kata mereka untuk itu, karena mereka jelas telah mempertaruhkannya?

 

(Kembali Ke Atas)

 

2.3. Ditemukan informasi lokasi server yang aneh

 

IPVanish Strange Locations Detected
 

Saya telah sangat lama menggunakan speedtest.net dan ia biasanya akurat tidak hanya dalam hal tes kecepatan, tetapi juga menunjukkan lokasi yang benar dari server pengujian yang terlibat. Faktanya, ini adalah pertama kalinya saya mengalami masalah ini dalam sejarah saya menggunakan layanan mereka.

 

Ketika terhubung ke server IPVanish, saya perhatikan bahwa Speedtest sering mencoba memasangkan saya dengan server yang sangat jauh dari lokasi saya seperti yang ditunjukkan. Biasanya, ia memasangkan Anda dengan server terdekat ke lokasi Anda.

 

Jadi mengapa ia mencoba memasangkan saya dengan server ribuan kilometer jauhnya? Saya membawa masalah ini dalam email ke dukungan pelanggan mereka, tetapi mereka pada dasarnya mengabaikan pertanyaan saya. Ada ide tentang apa yang sedang terjadi di sini?

 

Sayangnya, fenomena aneh ini terkadang meluas ke layanan geo-location. Ambil contoh insiden pemain iBBC yang ditunjukkan di bawah ini;

 

 

(Kembali Ke Atas)

 

3. Dukungan pelanggan yang buruk

 

Keluhan terbesar saya tentang IPVanish – Dukungan pelanggan. Atau malah, kekurangannya. Saya pasti dapat memahami beberapa perusahaan yang tidak menyediakan dukungan pelanggan 365/24/7, terutama melalui layanan obrolan langsung karena biaya dapat jadi sangat mahal.

 

Apa yang saya tidak mengerti adalah mengapa perusahaan jasa teknis seperti IPVanish berpikir mereka tidak mampu melakukannya.

 

Saya lebih tidak dapat memahami mengapa mereka merasa tidak apa-apa untuk mengklaim bahwa mereka menawarkan dukungan pelanggan 24/7, jika mereka membutuhkan waktu 3 hari untuk menanggapi email terperinci yang meminta bantuan dengan setengah hati.

 


 

Secara teknis, mereka benar, mereka segera merespon – dengan email otomatis yang mengatakan bahwa mereka akan segera merespons. Namun ini sejauh ini ia menghancurkan semangat dukungan pelanggan sehingga saya hanya bisa terperangah.

 

Tidak hanya respons mereka tiga hari terlambat, tetapi juga gagal untuk mengatasi dengan cara yang berarti masalah yang saya alami. Mereka pada dasarnya mengatakan kepada saya:

 

Keluar dari server yang sekarang dan ganti ke protokol lain. Cobalah untuk koneksi ulang ke server terdekat Anda.”

 

Saya telah memberi mereka informasi terperinci tentang masalah yang dihadapi, bersama dengan konfigurasi klien saya dan yang mereka katakan hanya itu saja. Jika saya belum mencoba solusi yang mereka sarankan, saya akan malu pada diri saya sendiri. Saya tidak yakin apakah masalahnya adalah kebijakan perusahaan atau asisten layanan pelanggan yang benar-benar tidak menginginkan pekerjaan itu, tetapi hasil akhirnya sama.

 

SUNGGUH MEMALUKAN, IPVanish.

 

(Kembali Ke Atas)

 

4. Aplikasi klien buruk

 

Dari desain kuno ke kurangnya pilihan yang sangat mencolok, orang akan mengatakan bahwa aplikasi IPVanish sederhana dan minimalis – jika ia cukup baik. Sayangnya, kurangnya banyak fungsi yang sangat penting membuatnya tampak disalahpahami menjadi sederhana.

 

Dari penguncian ke satu standar enkripsi ke kurangnya organisasi server (kecuali oleh Ping, selalu Ping dengan mereka), penghematan dalam desain telah ditangani agak kelewatan.

 

Dan secara pribadi, jika saya memiliki layanan yang menawarkan kecepatan buruk, saya tidak akan menyertakan monitor trafik di klien itu sendiri. Ini seperti menggosok garam ke luka yang terbuka.

 

(Kembali Ke Atas)


Kesimpulan: Apakah IPVanish VPN sepadan dengan harganya?

 

Ketika saya duduk dan memulihkan napas setelah berkata-kata kasar pada layanan pelanggan, saya harus menenangkan diri selama beberapa menit untuk dapat kembali fokus. Salah satu hal yang membuat saya jengkel adalah layanan pelanggan yang buruk dan saya mengalaminya kali ini.

 

Namun, dengan keseimbangan beberapa hal untuk dan terhadap perusahaan ini, saya merasa seolah-olah itu masih sedikit tidak biasa. Ambil contoh sikap keras mereka pada keamanan dengan menerapkan tingkat enkripsi 256-bit. Namun pada saat yang sama mereka telah melalui banyak tuduhan logging yang hanya mereka coba singkirkan.

 

Pada akhirnya, saya merasa ini bukan masalah teknis utama yang dihadapi IPVanish, tetapi lebih pada sikap perusahaan. Dari seorang wakil presiden pemasaran yang dapat mencoba menepis tuduhan dengan mengatakan “kami tidak tahu apa-apa” kepada staf layanan pelanggan yang pada dasarnya tidak peduli – saya merasa seolah-olah IPVanish mempunyai beberapa masalah serius.

 

Namun dengan posisi yang tepat dan sedikit polesan, masih ada ratusan atau bahkan ribuan orang yang tidak mau repot-repot melakukan hal yang benar dan membaca sebuah produk sebelum mereka membelinya.

 

Secara pribadi, saya akan menghindari IPVanish, tetapi jujur, hal ini memang memiliki titik terang seperti yang telah saya sebutkan dalam ulasan saya.

 

Fitur Utama

  • ✓ Enkripsi 256-bit
  • ✓ Opsi harga yang seimbang
  • ✓ Mendukung 10 perangkat secara bersamaan
  • ✓ Garansi 7 hari uang kembali
  • ✓ Dukungan P2P File Sharing
  • ✓ Kebijakan tanpa logging

Disarankan Untuk

  • Streaming video (terkadang)
  • • Pengguna yang sedar akan keamanan
  • • Penggemar P2P
  • • Pengguna di US & EU


 

RAIH IPVANISH @ Rp 90.662* /BLN

* Tanpa kebijakan logging, mendukung 10 perangkat secara bersamaan!
** Garansi 7 hari uang kembali!

 

(Kembali Ke Atas)

IPVanish VPN

Kecepatan

Memuaskan

Keamanan & Privasi

Sorotan Fitur

Tidak Ada
Logging
Kunci
Jaringan
10
Perangkat

Lihat Fitur Lengkap

Mulai dari

Rp 90.522*

bulanan

KUNJUNGI VPN

  • • Cocok untuk Penggemar P2P
  • • Harga bagus tanpa periode penguncian

Rahasia Periklanan