Bitcatcha didukung oleh pembaca. Saat Anda membeli melalui tautan di situs kami, kami dapat memperoleh komisi afiliasi. Lihat lebih lanjut

 

tl;dr

ProtonVPN telah ada selama beberapa waktu, dan perusahaan juga menyediakan layanan email yang aman. Anda akan menemukan beragam kualitas dan fitur yang tidak semuanya buruk. Pastikan saja mereka sanggup melakukan apa yang Anda perlukan, sebelum mendaftar untuk paket jangka panjang. Lihat selengkapnya.

 

Review ProtonVPN – 9 Kelebihan & 6 Kekurangan ProtonVPN

 

ProtonVPN memang bukan penyedia jaringan pribadi virtual (VPN) yang paling mapan. Tetapi kenyataannya, mereka telah menyediakan layanan email aman sejak tahun 2014.

 

Berkantor pusat di Jenewa, Swiss, mereka memberikan jaminan kepada pengguna, salah satunya dengan mengandalkan peraturan privasi yang ketat dari negara mereka.

 

 

Catatan

Kami menggunakan kurs 1 USD untuk 13.948 IDR untuk semua harga yang tertera.

 

Yang Kami Suka dari ProtonVPN

 

1. Berbasis di Swiss

 

Swiss adalah negara dengan pegunungan Alpen, dengan cokelat dan susu yang luar biasa, pisau Swiss Army yang terkenal, dan banyak lagi lainnya. Namun, negara ini juga terkenal karena sangat fanatik dalam hal menjaga privasi. Hak privasi dijamin di bawah naugan Konstitusi Federal Swiss (Pasal 13):

 

“Setiap orang memiliki hak privasi dalam kehidupan pribadi, keluarga, dan di rumah mereka, serta sehubungan dengan surat dan telekomunikasi mereka.”

 

Hal ini menjadikan negara itu lokasi yang ideal bagi perusahaan yang berspesialisasi dalam privasi dan keamanan untuk menempatkan kantor pusat. ProtonVPN adalah salah satu dari perusahaan itu, dengan basis operasi yang aman di Jenewa.

 

(Kembali Ke Atas)

 

2. Enkripsi & Protokol yang Tangguh

 

Enkripsi adalah salah satu keunggulan penyedia layanan VPN karena seluruh keberadaannya berkisar pada dasar pemikiran privasi dan keamanan. Ada berbagai protokol dan tingkat enkripsi yang dapat ditawarkan. Beberapa penyedia layanan VPN memungkinkan pengguna untuk memilih tingkat enkripsi yang mereka inginkan, tetapi ProtonVPN telah memutuskan untuk memaksimalkan semuanya dan hanya memilih yang terbaik.

 

VPN ini hanya menawarkan protokol terbaik yang tersedia untuk perangkat yang Anda gunakan. Misalnya, aplikasi Windows mereka hanya mendukung OpenVPN (baik TCP dan UDP), sedangkan Anda hanya dapat menggunakan IKEv2 untuk perangkat seluler. Enkripsi juga diatur pada tingkat setinggi mungkin – AES-256.

 

Pertukaran kunci dilakukan dengan RSA 4096-bit, sedangkan autentikasi pesan melalui HMAC dengan SHA384. Semua itu sangat aman untuk penggunaan pribadi.

 

Sebagai catatan yang menarik, meski optimal untuk keamanan, pengaturan ini mungkin bukan yang terbaik bagi semua orang. Orang yang berbeda menggunakan VPN untuk tujuan yang berbeda dan protokol/enkripsi adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk memodulasi performa dengan cara tertentu.

 

Sebagai contoh, jika saya hanya ingin menggunakan VPN untuk menembus pengunci geografis pada suatu konten, saya mungkin menginginkan opsi pengurangan enkripsi untuk mendapatkan kecepatan koneksi semaksimal mungkin.

 

LIHAT LEBIH LANJUT @ SITUS RESMI PROTONVPN!

* Akses ke 41 negara dengan lebih dari 500 server.

 

(Kembali Ke Atas)

 

3. Tidak Ada Kebocoran & Log

 

Bagian dari pengujian saya selalu mencakup tes kebocoran dasar yang mencakup kebocoran DNS dan kebocoran WebRTC. ProtonVPN seaman yang mereka katakan dan tidak ada kebocoran yang ditemukan selama proses evaluasi saya. Perusahaan juga memiliki kebijakan larangan log yang ketat.

 

Sementara banyak penyedia VPN menyatakan hal ini, ProtonVPN telah melangkah lebih jauh dan membuat Laporan Transparansi yang berisi permintaan informasi yang telah diterima dari pihak berwenang dan tindakan yang telah diambil terkait permintaan tersebut.

 

Meskipun informasi yang ada sangat sederhana dan tidak banyak menjelaskan banyak hal, ini adalah langkah menjadi lebih maju yang positif. Lagipula, perusahaan perlu menyeimbangkan pada batasan tertentu, terutama perusahaan VPN dalam hal hukum.

 

(Kembali Ke Atas)

 

4. Server Secure Core

 

protonvpn secure core multiple servers

 

Konsep ‘Secure Core’ oleh ProtonVPN sesungguhnya merupakan sesuatu yang disebut ‘solusi multi-lompatan’ oleh para penyedia layanan VPN.

 

Artinya, koneksi Anda dialirkan melalui serangkaian server VPN untuk potensi privasi tambahan. Bagi ProtonVPN, ‘Inti yang Aman’ terdiri dari berbagai server di tiga negara – Swiss, Islandia, dan Swedia.

 

Jika Anda mengaktifkan opsi ‘Secure Core’ di klien VPN, koneksi Anda akan dialirkan melalui salah satu dari negara ini sebelum menuju ke negara yang dipilih sebagai lokasi server VPN.

 

(Kembali Ke Atas)

 

5. Kecepatannya Lumayan

 

Terkait layanan VPN, kecepatan adalah salah satu masalah paling sensitif — dan selalu ada argumen yang berkelanjutan antara pelanggan dan penyedia layanan. Pelanggan biasanya mengeluh tentang ‘kecepatan lambat’, sementara penyedia layanan berjuang untuk menjelaskan bahwa kecepatan tergantung pada banyak faktor.

 

Untuk tujuan pengujian, saya perlu mengklarifikasi beberapa hal sebelum Anda hanya melihat nilai nominal yang saya dapatkan. Yang pertama adalah bahwa perangkat adalah faktor penting. Enkripsi membutuhkan daya pemrosesan, dan kemampuan perangkat mungkin menjadi faktor.

 

Yang kedua adalah jarak dari server VPN yang dipilih – semakin jauh server yang dipilih, semakin lambat koneksinya (dalam hal latensi). Dengan mengingat hal itu, saya menjalankan tes ini pada PC desktop dari lokasi fisik di Malaysia.

 

Kecepatan dasar koneksi Internet saya (secara teoritis) adalah 500 Mbs, tetapi pada saat pengujian, saya hanya dapat mencapai kurang dari 300 Mbps:

 

protonvpn speed test malaysia

Hasil tes kecepatan dasar dari Malaysia.

 

Dengan mempertimbangkan hal itu, mari kita lihat performa ProtonVPN saat dihubungkan ke berbagai server lain di lokasi strategis di seluruh dunia:

 

protonvpn speed test australia

Hasil tes kecepatan saat menghubungkan ke Australia.

 

protonvpn speed test singapore

Hasil tes kecepatan saat menghubungkan ke Singapura.

 

protonvpn speed test UK London

Hasil tes kecepatan saat menghubungkan ke London.

 

protonvpn speed test US

Hasil tes kecepatan saat menghubungkan ke AS.

 

protonvpn speed secure core US

Hasil tes kecepatan saat menghubungkan ke AS menggunakan Secure Core (Islandia).

 

Seperti yang Anda lihat, umumnya, kecepatan yang ditawarkan oleh ProtonVPN layak. Sebagian besar kecepatan ini cukup untuk hampir semua hal, bahkan streaming video 4k berkualitas tinggi, jika perlu. Satu-satunya hal yang mungkin akan terlihat saat menggunakan VPN adalah jika Anda mencoba mengunduh file yang besar, yang mungkin memerlukan waktu lebih lama.

 

Saat menggunakan server Secure Core mereka di Islandia, pada hasil tes akhir, ada penurunan nyata dalam latensi dan kecepatan yang diharapkan. Namun, bahkan pada tingkat ini pengalaman browsing internet tidak terlalu buruk. Itu cuma harga yang harus Anda bayar untuk menjaga privasi Anda di Internet.

 

(Kembali Ke Atas)

 

6. Server di 41 Negara

 

Seperti kebanyakan penyedia layanan VPN yang baik, ProtonVPN memiliki keberadaan yang baik di seluruh dunia – di 41 negara, di mana mereka menangani lebih dari 500 server. Meskipun bukan jumlah negara dan server yang terbesar, ini masih merupakan jumlah yang lumayan.

 

Infrastruktur (baik perangkat keras dan bandwidth) harganya mahal, dan sebagai pengguna, saya akan sangat skeptis terhadap penyedia layanan yang mengklaim menawarkan sejumlah besar server dengan harga rendah. Beberapa bisa melakukannya, tetapi tidak banyak.

 

(Kembali Ke Atas)

 

7. Streaming Netflix & iPlayer BBC

 

Secara pribadi, salah satu alasan utama saya untuk menggunakan VPN adalah saya ingin mengakses konten Netflix wilayah AS. Ini adalah faktor yang penting bagi saya. Dengan menjalankan ProtonVPN, seringnya saya bisa melakukan streaming konten Netflix AS dengan lancar—jadi saya akan meluluskan mereka untuk yang satu ini.

 

Perhatikan bahwa ada beberapa kasus server ProtonVPN yang tidak dapat terhubung ke Netflix. Saya belum bisa menguji 500 server mereka, tetapi telah bekerja dengan baik sejauh ini sejauh ini.

 

Demikian pula, bagi mereka yang ingin menonton iPlayer BBC dapat melakukannya dengan baik.

 

(Kembali Ke Atas)

 

8. Mendukung Browser Tor & P2P

 

Bagi para ultra-paranoid, jika merasa tidak puas dengan pengamanan koneksi menggunakan layanan VPN saja, Anda akan senang saat mengetahui bahwa browser Tor juga berfungsi dengan baik.

 

Namun, perhatikan bahwa tidak semua server ProtonVPN mendukung Tor (Klik di sini untuk daftar server mereka dan yang diizinkan pada masing-masingnya).

 

P2P juga tersedia, tetapi dibatasi hanya untuk server tertentu.

 

(Kembali Ke Atas)

 

9. Harga Bervariasi

 

Basic
Plus
Visionary

Harga /bln
Rp 55.792
Rp 111.584
Rp 334.752

# Perangkat
2
5
10

Secure Core
Tidak
Ya
Ya


 

Salah satu hal yang lebih baik tentang ProtonVPN adalah memberi pilihan apa yang ingin dibayar oleh pelanggan. Beberapa pengguna menginginkan tingkat layanan dasar untuk harga yang lebih baik dan Anda bisa mendapatkannya dengan ProtonVPN. Bahkan, mereka punya paket gratis juga.

 

Paket gratis ini sangat terbatas baik dalam hal kecepatan maupun lokasi server, tetapi tidak mengganggu pengguna dengan bandwidth terbatas. Anda juga dapat memilih tingkatan paket lain yang membuka akses ke lebih banyak server, jumlah perangkat yang didukung, dan fitur tambahan.

 

Sebagaimana VPN lainnya, menurut saya, rencana tingkat bawah mereka melayani segmen pelanggan yang tidak banyak dipenuhi penyedia layanan lainnya. Rencana tingkat yang lebih tinggi lebih sesuai dengan standar industri, tetapi dapat dianggap mahal jika dibandingkan dengan beberapa penyedia terkenal seperti Surfshark dan NordVPN.

 

LIHAT FITUR LENGKAP @ SITUS RESMI PROTONVPN!

* Tidak ada log, batasan data, iklan, dan sebagainya!

 

(Kembali Ke Atas)

 

Yang Tidak Kami Suka Dari ProtonVPN

 

1. Keterbatasan Server di Kawasan Asia

 

Meskipun server ProtonVPN menjangkau 41 negara, saya perhatikan hanya sedikit yang melayani wilayah Asia. Anda memang mendapatkan beberapa lokasi utama seperti Singapura dan Hong Kong, tetapi bagi mereka yang membutuhkan dukungan tingkat negara di wilayah ini akan kecewa.

 

Meskipun hal ini mungkin dapat diterima untuk penggunaan umum, pelanggan yang mungkin memiliki kebutuhan spesifik seperti koneksi lokal untuk tujuan bisnis atau sebaliknya akan merasa kurang beruntung.

 

(Kembali Ke Atas)

 

2. Rentan Terhadap Blokir VPN

 

Selama tes, saya menemukan bahwa ProtonVPN cenderung diblokir oleh lebih banyak website daripada kebanyakan VPN lainnya yang saya coba. Ini bisa berarti server-server mengenali koneksi VPN atau langsung memblokirnya yang akhirnya akan mengalami kesalahan acak seperti penyimpangan CSS.

 

Sayangnya, masalah yang saya temui tidak dapat diselesaikan bahkan setelah menghubungi dukungan pelanggan mereka.

 

Namun, saya mengakui bahwa hampir tidak mungkin bagi penyedia layanan VPN untuk bekerja pada tingkat keberhasilan 100%. Masalah yang muncul saat menggunakan ProtonVPN terlihat jauh lebih banyak dari kebanyakan VPN yang sudah saya gunakan sebelumnya.

 

(Kembali Ke Atas)

 

3. Diduga Menggunakan Sedikit Trik Tersembunyi

 

Setiap perusahaan menggunakan beberapa bentuk strategi pemasaran, tetapi alasan saya perlu menambahkan hal ini sebagai kekurangan ProtonVPN adalah bahwa trik pemasaran mereka dapat memengaruhi calon pelanggan secara negatif.

 

Misalnya, dasar pemikiran mereka tentang server ‘Secure Core’ yang digunakan sebagai poin penjualan utama untuk mempromosikan layanan mereka. Inti tersebut terdiri dari Swiss, Islandia, dan Swedia. Namun, Swedia sebenarnya adalah anggota 5 Eyes.

 

Itu membuat saya merasa sedikit tidak nyaman dan akan membuat kami kembali tentang pernyataan ProtonVPN bahwa mereka tidak menyimpan log dan telah mengonfigurasi semua server mereka dengan benar untuk memastikan hal itu.

 

Nilai jual lainnya seperti server mereka yang berada di instalasi militer bawah tanah sebelumnya, meski menarik, tetapi tidak benar-benar memiliki banyak pengaruh pada privasi Anda.

 

(Kembali Ke Atas)

 

4. Ketersediaan P2P Terbatas

 

Sebagai penggemar berat P2P, saya sangat kecewa menemukan bahwa dari semua server ProtonVPN yang mendukung torrent hanya segelintir negara; Swiss, Swedia, Singapura, dan Belanda. Ini berarti bahwa jika ingin menonton Netflix AS dan ber-torrent secara bersamaan, maka Anda kurang beruntung.

 

Satu-satunya pilihan Anda adalah menggunakan saluran terpisah dan membebaskan klien torrent dari layanan VPN. Itu mungkin bukan solusi yang baik bagi pengguna di beberapa negara dengan undang-undang hak cipta yang sangat menindas.

 

(Kembali Ke Atas)

 

5. Dukungan Hanya Melalui Email

 

Ketika saya tengah kesulitan menjangkau website, saya ingin mencari bantuan. Namun, ternyata saya menemukan bahwa ProtonVPN tidak menyediakan dukungan langsung. Jalur dukungan utamanya adalah melalui email – dan perlu waktu untuk merespons.

 

Mereka butuh waktu 24 jam untuk menanggapi email pertama saya (tidak termasuk tanggapan otomatis) dan setelah itu, setiap email saya memakan waktu sekitar setengah hari atau lebih untuk mendapatkan balasan. Namun, jeda waktu bukan masalah terbesar, jawab mereka.

 

Persoalan mendasar yang saya dapatkan dari tanggapan-tanggan itu adalah bahwa: “kami memiliki banyak server, jika salah satunya tidak bekerja sesuai keinginan, cobalah semuanya satu per satu sampai Anda beruntung.” Anda dapat menebak bahwa hal itu membuat tekanan darah saya naik beberapa angka.

 

(Kembali Ke Atas)

 

6. Agak Sulit Dikonfigurasi

 

Sebagian besar VPN saat ini mencoba dan membuat semudah mungkin bagi Anda untuk menggunakan perangkat lunak mereka. Sifat VPN membuat mereka menjadi penghalang besar bagi orang yang tidak memiliki pengetahuan teknis yang tinggi.

 

Umumnya, ProtonVPN memiliki antarmuka pengguna aplikasi Windows yang sangat ramping. Sebenarnya, saya suka peta dunia neon hijau bergaya lama yang keren itu.

 

Namun, terkait pembagian saluran, sesuatu yang aneh sedang terjadi. Pembagian saluran adalah opsi yang dimiliki banyak penyedia yang memungkinkan Anda mengecualikan aplikasi tertentu atau bahkan website dari saluran VPN. Untuk melakukan hal ini, biasanya dengan menambahkan aplikasi atau URL website.

 

protonvpn split tunneling

Menambahkan alamat IPv4? Kenapa tidak menerima nama domain saja?

 

Dengan beberapa alasan yang tidak diketahui, untuk mengecualikan website dari aplikasi ProtonVPN, Anda harus menemukan alamat IP website itu. Contohnya, semisal Anda ingin mengecualikan google.com dari saluran VPN. Alih-alih mengetikkan nama domain itu, Anda harus menemukan alamat IP Google (yaitu 172.217.3.100).

 

Sejujurnya, menurut saya,ada kemalasan di bagian pengembangan front-end dan untuk sebuah perusahaan yang sudah berkecimpung dalam bisnis selama bertahun-tahun, hal itu sangat tidak bisa dimaafkan.

 

(Kembali Ke Atas)

 

Kesimpulan: Apakah ProtonVPN Sepadan dengan Harganya?

 

Seperti yang Anda lihat, ada sekitar jumlah argumen yang sama baik yang mendukung maupun melawan ProtonVPN yang bisa saya pikirkan. Namun, pada akhirnya, tergantung pada untuk apa Anda menggunakan layanan ini. Misalnya, jika Anda hanya tertarik untuk mengamankan koneksi Anda, jika menghubungkan ke server VPN terdekat dan melupakan hal lain – ProtonVPN mungkin akan bekerja baik untuk Anda.

 

Jika Anda membutuhkan solusi fleksibel yang memungkinkan melakukan banyak hal sekaligus (menjelajahi, torrent, streaming, dll.), maka Anda mungkin perlu mencari penyedia alternatif. Intinya, ProtonVPN baik-baik saja, tetapi tarif pengguna untuk paket Plus (untuk akses ke Secure Core dan lebih banyak server) – $8 per bulan, agak mahal.

 

Pengguna VPN pemula dan pengguna ringan akan baik-baik saja, terutama pengguna ultra-ringan yang dapat hidup dengan paket Gratis atau Dasar.

 

Fitur Utama

  • ✓ Tidak Ada Logging
  • ✓ Kunci Jaringan
  • ✓ Server Secure Core
  • ✓ Dukungan P2P & Netflix

Disarankan Untuk

  • • Keamanan Kelas Tinggi
  • • Pengguna Banyak Platform
  • • Pengguna berbasis AS & UE


 

RAIH PROTONVPN @ HANYA Rp 55.792 /BLN

* Garansi 30 hari uang kembali.
** Harga berdasarkan tariff langganan 12 bulan.

 

(Kembali Ke Atas)

ProtonVPN

Kecepatan

Baik

Keamanan & Privasi

Sorotan Fitur

Tidak Ada
Log
Secure
Core
5
Perangkat

Lihat Fitur Lengkap

Mulai dari

Rp 55.792

bulanan

KUNJUNGI VPN

  • • Berbasis di Swiss
  • • Server di 41 negara

Rahasia Periklanan