tl;dr

Shopify adalah website builder yang disiapkan khusus untuk toko e-Commerce. Shopify dapat membantu Anda membuat dan mengelola setiap titik aspek bisnis dengan mudah, mulai dari desain hingga pengelolaan inventaris. Hampir semua hal dapat dilakukan kecuali menyajikan makan malam. Jadi, sedikit mengejutkan bahwa mereka sedikit tertinggal dalam segi kecepatan. Pelajari lebih lanjut.

 

Review Shopify – 8 Kelebihan & 3 Kekurangan Yang Perlu Dipertimbangkan

 

Sebetulnya, Shopify jauh lebih unggul dari kebanyakan website builder lainnya. Bahkan sebenarnya mereka tidak melabel diri sendiri sebagai website builder, melainkan sebagai platform e-Commerce yang lengkap. Berawal dari Ottawa di Kanada pada tahun 2004, perusahaan tersebut kini mendukung lebih dari 600.000 penjual yang menyerahkan jumlah bruto lebih dari $82 miliar.

 

Perusahaan ini menawarkan alat bagi pengguna untuk menyiapkan toko online dengan mudah. Mulai dari penawaran desain cepat hingga layanan pendukung seperti gateway pembayaran, alat pemasaran, dan bahkan pengelolaan inventaris, Shopify adalah tempat terpadu bagi penjual e-Commerce pemula.

 

 

Catatan

Kami menggunakan kurs 1 USD untuk 13.948 IDR untuk semua harga yang tertera.

 

Keunggulan Shopify

 

1. Pengalaman Orientasi yang Lancar & Komprehensif

 

Seamless Onboarding Experience

 

Menurut saya, salah satu poin plus terbesar dari Shopify adalah pengalaman orientasinya yang lancar dan mulus. Hal ini akan memandu pengguna dengan sempurna melalui hampir seluruh proses pembuatan website e-Commerce secara akurat.

 

Setelah Anda mendaftar, seluruh proses dari awal hingga selesai disederhanakan dengan sangat baik. Pada setiap langkahnya, Shopify memberikan upaya terbaik untuk berinteraksi dengan pengguna guna mencoba dan memberi gambaran terkait tujuan dan hasil akhir website-nya.

 

Melalui serangkaian pertanyaan singkat, Anda dapat membantu Shopify memberikan solusi ideal untuk Anda dalam sistem. Faktanya, upaya ini bahkan membuahkan hasil, sehingga sistem dapat merekomendasikan tema berdasarkan jenis bisnis yang akan Anda jalankan.

 

Setelah melewati tahap penyiapan awal, Anda dapat mempelajari dan menjelajahi fitur lainnya saat senggang. Setidaknya Anda akan menerapkan framework dasar. Hal ini sangat menguntungkan pengguna yang mencoba menggunakan Shopify tetapi belum memiliki gambaran yang jelas saat mendaftar untuk mengujinya.

 

Smooth Onboarding Experience

 

Proses ini tidak hanya menguntungkan bagi pengguna baru, tetapi juga bagi pengguna yang memiliki situasi berbeda. Misalnya, jika Anda sudah memiliki outlet retail fisik dan ingin memperpanjang operasi secara online, atau jika Anda beralih dari toko fisik ke platform online sepenuhnya – opsi ini juga tersedia.

 

Hanya dengan menjawab beberapa pertanyaan saat melanjutkannya, Anda akan membantu Shopify memudahkan Anda dalam proses ini.

 

(Kembali Ke Atas)

 

2. Tema yang Dapat Dikustomasi

 

Customizable Themes

 

Meskipun Shopify menawarkan tema untuk berbagai kebutuhan, hal ini dimaksudkan sebagai panduan dan kemungkinan Anda perlu menyesuaikannya dengan tepat agar sesuai dengan bisnis unik yang Anda inginkan. Artinya, Anda dapat menambahkan gambar dan latar yang berbeda untuk tampilan dan nuansanya.

 

Lalu ada elemen kunci yang membentuk website Anda – misalnya, Anda mungkin memiliki bagian blog untuk membantu Anda dengan beberapa tujuan SEO, atau Anda mungkin memerlukan katalog produk yang mencantumkan item apa pun yang Anda miliki beserta harga, gambar, dan lain sebagainya.

 

Tata letak yang bervariasi cocok untuk berbagai hal, jadi Anda mungkin perlu sedikit waktu agar terbiasa. Saya pikir tata letak yang cocok akan sangat bergantung pada item yang Anda jual. Misalnya, website contoh yang saya siapkan. Website ini bertujuan untuk menjual komponen PC kecil, beberapa komponennya sekecil sekrup.

 

Menggunakan tata letak dengan gambar yang besar tampak sedikit konyol dan lebih masuk akal untuk menggunakan katalog akses cepat dari bagian inventaris untuk dijual.

 

Shopify Catalogue

 

Pertimbangkan hal tersebut terhadap website yang mempromosikan berbagai hal indah seperti wisata perjalanan. Untuk website seperti itu, gambar yang bagus dan tersebar luas akan menyampaikan emosi yang lebih positif kepada calon pelanggan.

 

Apa pun cara pandangan dan mempelajari berbagai hal, pada akhirnya Anda akan menyadari bahwa seluruh pengalaman penyesuaian Shopify didesain demi membantu Anda membangun toko online yang lebih baik. Mereka punya yang tepat untuk setiap contoh kasus.

 

Banyak dari elemen tersebut khusus untuk website e-Commerce, seperti newsletter, atau katalog produk. Namun, mungkin ada sedikit kebingungan karena terkadang menggunakan istilah Shopify.

 

(Kembali Ke Atas)

 

3. Shopify Dilengkapi Dengan Alat Pemasaran yang Luar Biasa

 

Saya masih ingat dalam review saya terkait Squarespace, betapa terbatasnya opsi yang dimiliki saat membahas Search Engine Optimization (SEO). Hal ini tidak menjadi masalah di Shopify. Faktanya, selain dari fakta bahwa Shopify telah memiliki kode yang bersih dan dapat di-crawl dengan mudah, hal ini memungkinkan Anda menyisipkan tag khusus dan deskripsi meta.

 

Marketing Campaigns

 

Selanjutnya, saya merasa senang karena bisa membuat kampanye pemasaran melalui dashboard Shopify. Sebagai seseorang yang menggunakan beberapa platform sekaligus, saya pasti bisa melihat keindahan saat mengintegrasikan semua hal dalam satu tempat.

 

Meskipun screenshot yang telah saya tunjukkan hanya mencantumkan dua, jangan khawatir, ini adalah defaultnya dan Anda akan memiliki akses ke platform lain jika Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi tersebut dari daftar Aplikasi Shopify. Hal ini bahkan memungkinkan Anda membuat halaman landing untuk setiap platform pemasaran individu tersebut langsung dari dashboard Shopify.

 

Ini adalah hal yang belum pernah saya lihat dapat dilakukan dengan sangat baik atau komprehensif pada website builder lain hingga saat ini dan selalu membuat saya terkesan.

 

(Kembali Ke Atas)

 

4. Dukungan Komunitas

 

Shopify Community Support

 

Meskipun sudah ada basis pengetahuan yang besar tentang artikel bantuan dan FAQ, Shopify juga memiliki komunitas pengguna yang terikat bersama untuk membahas berbagai poin tentang platform. Karena dikelola oleh Shopify sendiri, Anda juga dapat memperoleh pembaruan tentang berita dan perkembangan dalam dunia Shopify di sini.

 

Memiliki komunitas yang besar dan aktif seperti ini berbeda jauh daripada hanya mengandalkan basis pengetahuan dan staf dukungan. Berbagai pengguna memiliki tingkat kemampuan dan kematangan yang berbeda-beda dalam menggunakan Shopify, sehingga mudah untuk mendapatkan bantuan jika diperlukan.

 

Basis pengetahuan dan FAQ dapat berfungsi sebagai garis pertahanan pertama yang baik, tetapi jauh lebih baik jika memiliki komunitas besar berisi pengguna lain yang dapat dihubungi untuk meminta bantuan jika menghadapi masalah yang tidak ada dalam buku. Ini adalah komunitas nyata dan informal.

 

Selain pertanyaan teknis, saya bahkan melihat beberapa pengguna memposting di forum yang isinya hanya meminta masukan terkait website Shopify mereka. Tindakan ini bukan hanya menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan kritik yang membangun, tetapi juga dapat berfungsi untuk mempromosikan diri sendiri dalam komunitas Shopify.

 

(Kembali Ke Atas)

 

5. Akses ke Aplikasi Pihak Ketiga

 

Shopify App Store

 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Shopify memiliki pusat aplikasi tempat Anda dapat memilih dan menginstal aplikasi pihak ketiga lainnya yang dapat berfungsi dengan toko online Anda. Aplikasi ini dibuat oleh developer yang telah melihat kebutuhan khusus tertentu dan telah berupaya sendiri untuk mendukungnya.

 

Tentu saja, Shopify juga memiliki aplikasi sendiri untuk area lain yang mungkin dianggap tidak masuk akal untuk dibuat di versi inti default.

 

Menjelajahi pusat Aplikasi Shopify sangat mirip dengan menjelajahi Apple App Store atau Play Store Google. Saat menjelajahi toko tersebut, saya sangat terkesan dengan ide brilian yang ditawarkan di sana.

 

Tentunya, Anda akan berharap menemukan hal-hal seperti add-on desain serta newsletter biasa, dan sebagainya, namun ada hal yang sangat detail ditawarkan di sini. Misalnya, salah satu area yang saya temukan – perlindungan terhadap penipuan. Untuk toko online, hal ini akan menjadi perhatian penting, namun bukan sesuatu yang mungkin dipikirkan oleh pemilik toko baru.

 

Atau mungkin sarana dukungan pelanggan yang lebih inovatif, seperti menawarkan bot chat di toko Anda, atau aplikasi untuk mengelola bursa dan/atau laba? Ada banyak hal di sini yang sangat berharga, dan saya jarang menemukan ‘error’ atau sampah.

 

Perhatikan bahwa banyak aplikasi yang tersedia harganya mahal – karena sebanding dengan manfaatnya. Salah satu contohnya adalah aplikasi ShipStation yang membantu Anda memperluas dan mengotomatisasi proses pengiriman barang yang dibeli melalui toko Anda. Hanya dengan Rp 125.532 per bulan, aplikasi ini tidak hanya akan mempermudah pengiriman barang, tetapi juga memberi Anda akses ke tarif diskon untuk beberapa perusahaan seperti FedEx dan USPS.

 

LIHAT SEMUA APLIKASI @ WEBSITE RESMI SHOPIFY

* Lebih dari 2.500 aplikasi untuk meningkatkan fungsi bisnis Anda.

 

(Kembali Ke Atas)

 

6. Jangkauan Penjualan yang Luas!

 

Multiple Sales Channels

 

Sebelumnya ketika membahas kampanye pemasaran yang dapat Anda jalankan langsung dari dashboard Shopify, saya sudah gatal ingin membagikan informasi ini – Shopify tidak hanya membantu Anda membuat toko untuk menjual dan memasarkan produk, tetapi Anda dapat lebih memperluas kehadiran Anda ke saluran lain.

 

Sistem ini menunjukkan kematangan yang luar biasa dalam ide yang beralih dari menjaga pelanggan Anda dengan hati-hati menjadi membantu pelanggan Anda dengan sepenuh hati demi mencapai kesuksesan dalam bisnis mereka. Saya yakin ini adalah konsep yang nyaman di antara penyedia layanan.

 

Bahkan, Shopify mendorong Anda untuk mengoptimalkan setiap dan semua saluran yang baik guna lebih mendongkrak penjualan Anda. Anda dapat mengintegrasikan toko Shopify dengan Facebook, menghubungkannya ke Amazon, Pinterest, atau bahkan pada aplikasi seluler yang Anda kembangkan.

 

(Kembali Ke Atas)

 

7. Memperluas Jangkauan Toko Fisik Secara Online

 

Dengan susahnya usaha retail fisik akibat booming-nya belanja online, pasti ada retailer yang mencari cara untuk memanfaatkan momen ini. Sebagian mungkin ingin membuat toko online untuk mendukung toko fisik mereka atau sepenuhnya beralih ke toko online.

 

Bagi mereka yang ingin menjual kue dan memakannya, di sinilah Shopify memiliki proposisi yang unik – integrasi dengan sistem Point of Sale (POS)-nya sendiri. Artinya, Anda dapat menggunakan POS Shopify di toko fisik Anda dan menggunakan database gabungan yang dibagikan di antara keduanya.

 

Database gabungan dapat membantu Anda mengelola semua data yang Anda perlukan untuk menjalankan bisnis dengan lebih baik – informasi pelanggan, penjualan, inventaris, dan lainnya. Perangkat POS Shopify juga dapat membantu Anda memproses pembayaran melalui lebih dari 100 cara pembayaran internasional, sehingga menjadikan bisnis Anda bersaing secara global.

 

Perpindahan dari retail fisik ke online tidaklah mudah bagi mereka yang terbiasa dengan cara tradisional dalam berbisnis. Dengan menyediakan kemungkinan integrasi keduanya dan mempertahankan elemen tradisional seperti sistem POS, Shopify berfungsi sebagai jembatan antara dua dunia bagi mereka yang ingin melakukan perubahan.

 

PELAJARI LEBIH LANJUT @ WEBSITE RESMI SHOPIFY

* Daftar untuk mendapatkan masa uji coba gratis selama 14 hari. Tidak butuh kartu kredit.

 

(Kembali Ke Atas)

 

8. Basis Pengetahuan & Dukungan Pelanggan yang Luar Biasa

 

Dilengkapi dengan fitur yang lengkap, selain proses orientasi yang sangat baik, Shopify memiliki fitur sistem bantuan yang sangat komprehensif untuk mendukungnya. Kami tidak membahas tentang bantuan biasa yang disediakan sebagian besar perusahaan demi menunjukkan bahwa mereka mencoba, tetapi database bantuan Shopify melakukan yang terbaik untuk memberi saran, tidak hanya memperbaiki masalah tertentu.

 

Anda dapat menemukan sejumlah topik yang erat kaitannya dengan hati pemilik toko online, seperti SEO, pemasaran, dan bahkan analisis data. Ini sangat kontras dengan beberapa pesaing yang mencoba membatasi bantuan mereka semata-mata untuk fungsi mereka sendiri dan menolak untuk membantu atau memberi saran terkait hal apa pun lebih lanjut.

 

Jika merasa bahwa mencoba mencari jawaban dari database tidak cocok dengan Anda, Shopify juga memiliki tim dukungan yang tersedia 24/7 – tidak hanya melalui email, tetapi juga dapat diakses melalui telepon dan live chat.

 

(Kembali Ke Atas)

 

Kekurangan Shopify

 

1. TERLALU BANYAK detail

 

Awalnya saya agak terisolasi saat melihat banyak detail di akun Shopify hanya karena proses orientasi yang sangat baik yang saya bahas sebelumnya. Namun, setelah saya melakukan dasar-dasarnya dan dilepaskan, saya menyadari bahwa saya menghabiskan banyak waktu mempelajari antarmuka untuk mencoba berbagai hal.

 

Sederhananya, ada sejumlah besar – dan maksud saya memang besar – hal yang dapat Anda manfaatkan di Shopify. Jangan salah, ini potensi yang sangat bagus. Tetapi jika terlalu banyak mempelajarinya, Anda mungkin sangat mudah kehilangan fokus.

 

Selain menganggu, jika tidak hati-hati, Anda mungkin akan menghadapi kesulitan di luar kemampuan Anda dengan semua tambahan opsional dan kehilangan jejak tujuan utama toko Anda. Namun pada saat yang sama, jika mengabaikan apa yang ditawarkan, Anda mungkin akan kehilangan peluang nyata yang mungkin sayang untuk dilewatkan.

 

Selain itu, karena murahnya layanan tambahan, Anda mungkin menghadapi tagihan akhir yang tidak dapat Anda bayar dan akhirnya Anda harus mengonfigurasi ulang toko Anda berkali-kali.

 

Sebaiknya, sebelum Anda mempelajari Shopify lebih dalam, pastikan Anda ingat persis tujuan yang ingin Anda capai secara online dan pelajari lebih lanjut alat yang dapat membantu Anda mencapai tujuan tertentu.

 

Hal lainnya bisa dianggap menarik secara visual dan bisa dipelajari nanti. Dalam versi 2.0 dari toko Anda, mungkin.

 

(Kembali Ke Atas)

 

2. Aplikasi Pihak Ketiga Dapat Merusak Website Anda

 

Selanjutnya adalah sesuatu yang bukan masalah Shopify unik, melainkan apa pun yang berfungsi dengan integrasi pihak ketiga. Hal ini terutama menjadi perhatian dalam hal software, karena mungkin terdapat bug yang belum terdeteksi atau diperbaiki ketika dua bagian software mencoba bekerja bersama.

 

Jika Anda menggabungkannya dengan kode atau skrip individual yang dapat ditambahkan di sini dan di sana, semuanya mungkin akan menjadi error untuk alasan yang paling tidak terduga. Terkadang, masalah ini mungkin tidak mudah untuk diperbaiki, terutama jika Anda menghadapi aplikasi atau software yang berfungsi dengan informasi database inti Anda.

 

Men-debug dan/atau mencari bantuan adalah proses yang sulit, meski dengan sumber daya bermanfaat dalam jumlah besar yang dimiliki Shopify. Hal ini bukan sepenuhnya kegagalan Shopify, tetapi sesuatu yang bisa terpengaruh dan tidak bisa dihindari.

 

(Kembali Ke Atas)

 

3. Kecepatan Website Meragukan

 

Ini adalah salah satu area di mana saya awalnya tidak terlalu khawatir saat memulai ulasan Shopify saya, lalu dalam sekejap mata, hal tersebut menjadi masalah. Saya menjalankan tes kecepatan beberapa kali dan ternyata, website yang didukung oleh Shopify mungkin bukan yang paling cepat.

 

Pada tes kecepatan Bitcatcha, website Shopify sampel saya hampir mendapatkan peringkat C+. Kecepatannya baik-baik saja saat dimulai di zona AS pada 55 md, tetapi karena website bergerak lebih jauh ke Timur menuju Asia, kecepatan turun lebih jauh dengan zona waktu Jepang pada 892 md.

 

Shopify WebPageTest Load Speed

Shopify: Website dimuat dalam 3,174 detik – Lihat hasil lengkap

 

Beralih ke Pengujian WebPageSpeed, hasilnya tidak jauh lebih baik dan di sini saya mendapatkan detail sedikit lebih banyak. Dan terus terang saja, saya sedikit terkejut. Time to First Byte mendapat peringkat D dan tampaknya juga terdapat beberapa masalah kecil terkait caching konten.

 

Alasan mengapa saya menganggapnya tidak biasa adalah bahwa sebagian besar software pembuatan website biasanya sangat efisien, terutama karena dalam kebanyakan kasus, software menagih biaya lebih dari biaya yang ditawarkan oleh perusahaan hosting web standar untuk sumber daya.

 

(Kembali Ke Atas)

 

Fitur & Paket Shopify

 

Basic
Shopify
Advanced

Biaya Transaksi
2.0%
1.0%
0.5%

Akun Staf
2
5
15

Lokasi
4
5
8

POS Shopify
Ya
Ya
Ya

Harga /bln
Rp 404.492
Rp 1.101.892
Rp 4.170.452


 

Mulai dari paket paling dasar seharga Rp 404.492, Shopify memiliki paket lanjutan dengan harga Rp 4.170.452 per bulan. Selain semua hal tersebut – ada juga biaya per transaksi yang perlu dipertimbangkan. Pada tingkat terendah, Anda akan membayar biaya transaksi sebesar 2% selain biaya bulanan.

 

Jika memperoleh pendapatan sebesar Rp 13.948.000 dari toko online, Anda akan membayar Shopify sebesar Rp 404.492 + Rp 278.960 (Rp 278.960 adalah biaya transaksi).

 

Ada dua cara untuk membandingkannya – website builder lain dan meng-hosting website e-Commerce Anda sendiri pada platform lain. Website builder lainnya akan menagih biaya yang lumayan besar kepada Anda tetapi mungkin tidak memiliki biaya transaksi.

 

Jika meng-hosting website e-Commerce Anda sendiri, Anda akan membayar lebih sedikit biaya untuk hosting, tetapi Anda harus melakukan semuanya sendiri. SELAIN ITU, Anda akan tetap memerlukan gateway pembayaran, yang membutuhkan biaya juga. Misalnya WorldPay, salah satu prosesor pembayaran teratas secara online.

 

Jika menyiapkannya dengan website Anda sendiri, WorldPay akan memerlukan biaya bulanan plus biaya transaksi rendah, atau model bayar sesuai penggunaan dengan biaya transaksi yang lebih tinggi. Mungkin akan lebih mahal dari Shopify!

 

Intinya di sini adalah Shopify tidak murah, tetapi untuk menjalankan toko online, opsi lainnya mungkin juga tidak terlalu murah. Ada biaya yang terlibat dalam pembayaran yang tidak bisa dihindari. Jika Anda seorang penjual, PayPal bahkan akan menyedot darah langsung dari pembuluh darah Anda.

 

(Kembali Ke Atas)

 

Putusan: Apakah Shopify Pilihan Tepat Bagi Anda?

 

Dalam hal sumber daya dan kemampuan, saya merasa bahwa Shopify berada di tingkat teratas dalam bisnisnya. Di tempat lain, saya tidak pernah lihat seperti tabel dan penawaran komprehensif khusus untuk membantu kliennya menjalankan toko online yang sukses.

 

Benar, memang memiliki beberapa titik lemah kecil seperti yang telah saya sebutkan, dan harganya tidak benar-benar murah, tetapi itu hanyalah biaya untuk menjalankan bisnis. Jika Anda serius menjalankan toko online, Shopify adalah opsi yang fantastis.

 

Banyaknya otomatisasi yang sangat mengesankan, dan Anda bisa menjalankan operasi yang dapat dijalankan oleh satu orang secara global dengan bantuan Shopify. Pada akhirnya, keuntungan ini bahkan dapat membantu akuntansi Anda.

 

Jadi bagi saya, pertanyaannya sebenarnya bukan apakah ini akan sesuai untuk bisnis Anda, tetapi apakah Anda serius menjalankan toko online. Jika Anda memang serius, tidak ada alasan untuk tidak mencoba Shopify. Saya yakin jika mereka tidak memikirkannya, Anda mungkin tidak boleh menggunakan atau melakukannya!

 

Fitur Utama

  • ✓ Orientasi Bagus
  • ✓ Antarmuka Solid & Andal
  • ✓ Aplikasi Banyak
  • ✓ Dukungan & Materi yang Bagus
  • ✓ Bantuan Terkait Pemenuhan Pesanan
  • ✓ Pemrosesan Pembayaran Terintegrasi

Disarankan Untuk

  • • Toko Online Berbagai Ukuran
  • • Bisnis Berbasis Internet
  • • Toko Retail yang Ingin Memperluaskan Jangkauan Secara Online


 

MULAI SEKARANG @ SHOPIFY

* Uji coba gratis 14 hari. Paket berbayar mulai dari Rp 404.492/bln.
** 2% biaya transaksi.

 

(Kembali Ke Atas)

Shopify

Uji Coba

14 Hari

Kecepatan Website

Sorotan Fitur

Toko
Online
Produk
Tanpa Batas
Pemulihan
Keranjang

Lihat Fitur Lengkap

Mulai dari

Rp 404.492*

bulanan

KUNJUNGI SHOPIFY

  • • 2.0% Biaya Transaksi
  • • POS Shopify untuk pasar & acara

Rahasia Periklanan

Situs ini menggunakan cookie untuk analitik, pemasaran, dan peningkatan situs. Pengungkapan FTC: Kami berpartisipasi dalam program afiliasi, dan kami mendapatkan komisi atas pembelian yang dilakukan melalaui tautan kami. Dengan menutup kotak pesan ini atau melanjutkan akses ke situs kami, Anda setuju untuk menggunakan cookie kami. Silakan meninjau Kebijakan Privasi dan Pengungkapan FTC kami untuk informasi lebih lanjut.