tl;dr

Selain berfungsi sebagai alat backup, pCloud juga merupakan alat berbagi kerja yang sangat baik. Anda dapat menggunakannya pada perangkat digital apa pun dan dapat mengamankan file dengan enkripsi manual, hanya dengan membayar biaya satu kali untuk berlangganan seumur hidup! Apa lagi alasan kami tidak menyukai pCloud? Pelajari lebih lanjut.

 

Review pCloud – 9 Kelebihan & 1 Kelemahan Cloud Storage pCloud

 

Didirikan di Swiss pada tahun 2013, pCloud adalah pendatang yang relatif baru di pasar penyimpanan online pada 2013.

 

Tetap saja, walau dinilai sebagai pendatang baru di bidang ini, pCloud telah membuktikan cloud storage mereka adalah solusi serbaguna yang optimal untuk keperluan pribadi dan bisnis.

 

 

Catatan

Kami menggunakan kurs 1 USD untuk 13.948 IDR untuk semua harga yang tertera.

 

Yang sangat membedakan mereka dengan layanan lain adalah dua fitur khusus ini:

 

  1. Langganan Seumur Hidup
    Dengan sekali membayar, Anda dapat berlangganan layanan seumur hidup tanpa biaya perpanjangan tahunan atau bulanan.
  2. pCloud Crypto
    Untuk keamanan data terbaik, Anda dapat mengunci file dengan enkripsi pada perangkat Anda sebelum mengunggahnya di penyimpanan. Ini akan mengamankannya dari hal yang tidak diinginkan dan memastikan bahwa hanya Anda (dan siapa pun yang Anda berikan kunci) yang memiliki akses ke file.

 

Hingga saat ini, pCloud telah digunakan oleh lebih dari 6 juta pengguna dan telah memperoleh sertifikat ISO di bidang Sistem Manajemen Kualitas (Quality Management Systems atau QMS) dan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (Information Security Management Systems atau ISMS).

 

Pelanggan besar mereka termasuk Uber, AirBnb, Twitter, dan Instagram.

 

Langganan Seumur Hidup

pCloud adalah cloud storage pertama yang menawarkan paket berlangganan seumur hidup. Dengan biaya Rp 2.440.900 untuk paket Premium dan Rp 4.881.800 untuk paket Premium Plus, Anda akan mendapatkan hak istimewa untuk penyimpanan selamanya. Pelajari lebih lanjut.

 

Kelebihan pCloud

 

Kami telah menyelidiki tentang keramahan pengguna, kemampuan di berbagai platform digital, integritas data, dan keamanan. Dan tentu saja, apakah harganya terjangkau. Sebelum menunjukkan analisis kami, lihat video pCloud kami yang akan memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang apa itu pCloud:

 

 

1. Tidak Pernah Kehilangan File Lagi Dengan Sistem Rewind pCloud

 

Beberapa alasan mengapa orang menggunakan cloud storage sebagai alat cadangan adalah agar mereka memiliki jaminan jika mereka kehilangan file karena virus, korupsi, kesalahan atau hanya menyimpan file penting dengan versi yang salah.

 

pCloud selalu memastikan bahwa Anda memiliki salinan utuh dari file yang tersedia untuk diunduh dengan menyimpan 5 salinan terpisah dari setiap file yang diunggah ke server di 3 tempat berbeda di fasilitas pusat data aman di Dallas, Texas. Ini adalah perlindungan utama terhadap file yang hilang, dicuri, atau rusak.

 

Selain itu, apakah Anda tidak sebal ketika terjadi kesalahan saat Anda sedang bekerja, sehingga data Anda menjadi salah, tetapi data asli Anda hilang karena Anda keburu menyimpan data yang salah?

 

Nah, pCloud juga memiliki fitur lain yang disebut pCloud Rewind yang menyimpan riwayat file Anda selama 30 hari sehingga jika terjadi kesalahan dengan versi saat ini dan menyimpan atau menghapus file secara tidak sengaja, Anda dapat dengan mudah mengembalikan ke versi sebelumnya.

 

Untuk proyek jangka panjang, Anda juga dapat memilih fitur tambahan extended file history (EFH) yang menyimpan versi file sebelumnya hingga 360 hari untuk berjaga-jaga.

 

(Kembali Ke Atas)

 

2. Keamanan Tingkat Tinggi Untuk Melindungi File Sensitif

 

Pada era di mana file yang berisi informasi sensitif dapat di-hack, diintip, dan bahkan dicuri atau diubah, keamanan selalu penting bagi pengguna cloud storage. pCloud memberi Anda yang pilihan terbaik dengan layanan sandi bagi pengguna yang disebut pCloud Crypto.

 

pCloud Crypto encryption

 

Untuk memperjelas, semua penyedia layanan cloud menggunakan enkripsi Advanced Encryption Standard (AES) TLS/SSL 256-bit yang memungkinkan sistem cloud storage mengamankan file selama transfer dari perangkat Anda ke server.

 

Siapa pun yang memotong file ini dalam perjalanannya ke cloud storage tidak akan dapat melihat file Anda tanpa kata sandi.

 

Tetapi, setelah diunggah ke server cloud storage, file akan kembali dalam format aslinya dan itu berarti siapa pun yang memiliki akses ke server dapat mengakses data. Tidak hanya karyawan pCloud, tetapi setiap penegak hukum dan autoritas pemerintah dengan akses hukum.

 

pCloud memiliki keamanan data dengan tingkat lebih tinggi melalui program tambahan bernama pCloud Crypto yang memberikan kekuatan enkripsi kepada Anda, sang klien.

 

Perangkat lunak ini mengenkripsi file di komputer atau di ponsel terlebih dahulu sebelum mengirimnya untuk penyimpanan. Untuk membukanya, Anda harus menggunakan kata sandi yang disebut CryptoPass.

 

Dengan begitu, bahkan setelah dienkripsi lagi dan didekripsi selama proses transfer, masih ada pCloud Crypto untuk melindunginya terhadap akses yang tidak diinginkan oleh siapa pun yang tidak memiliki kunci CryptoPass.

 

Fakta Menarik

pCloud sangat yakin bahwa pCloud Crypto tidak dapat di-hack. Sedemikian yakinnya sehingga mereka menantang hacker dari universitas terkemuka, termasuk Berkeley, Boston, MIT, dan 613 organisasi lainnya untuk membuktikannya. Apakah mereka berhasil? Lihat laporannya di sini.

 

(Kembali Ke Atas)

 

3. Manajemen File Yang Mudah Saat Di Perjalanan

 

Salah satu keunggulan pCloud adalah bisa dioperasikan di semua platform digital termasuk Windows, Mac, Linux, dan bahkan sistem seluler seperti Android, iOS, dan Windows mobile. Fitur penyesuaian otomatis pCloud, membuat semua file selalu diperbarui dengan mudah.

 

Platforms supported by pCloud

 

Bayangkan hal ini: Anda sedang mengerjakan presentasi PowerPoint dari rumah di laptop untuk pertemuan penting. Kemudian, saat naik taksi untuk pergi ke pertemuan, Anda mendapatkan informasi baru dan perlu mengubah tampilannya selama di perjalanan.

 

Cukup buka pCloud di ponsel, akses file PowerPoint dan perbaiki dari sana. Kemudian, ketika mengaksesnya dari laptop, Anda sudah memiliki versi terbaru.

 

Bayangkan skenario serupa saat Anda harus mengubah file tetapi laptop atau ponsel tidak tersedia. Teman di dekat Anda membuka laptopnya dan menawarkan agar menggunakannya. Namun, karena akun cloud storage terbatas hanya untuk laptop dan seluler, Anda harus membayar biaya tambahan untuk mengaksesnya dari perangkat yang berbeda… ataukah ada pilihan Anda tidak perlu membayar biaya lebih?

 

Dengan pCloud, kami menguji kemungkinan itu dan kami sangat terkejut ketika mengetahui bahwa file kami dapat diakses dari beberapa perangkat yang berbeda tanpa biaya tambahan.

 

Beberapa penyedia cloud storage mengikat akun Anda ke satu komputer, laptop, atau perangkat seluler. Kami terkejut menemukan bahwa dengan pCloud, file kami dapat diakses dari beberapa perangkat tanpa biaya tambahan.

 

(Kembali Ke Atas)

 

4. Menyimpan File Dari Platform Online Lain Dengan Mudah

 

Jika sebelumnya Anda sudah menggunakan penyedia cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox, jangan khawatir. pCloud juga dapat bertukar informasi dengan layanan pihak ketiga lainnya dan memungkinkan Anda untuk mengunggah dari situs lain dengan mudah.

 

Dalam hal ini, termasuk media sosial seperti Facebook, Instagram dan Picasa.

 

Contohnya, ketika terhubung dengan Facebook, tempat penyimpanan foto kami dicadangkan dan struktur foldernya tetap sama dengan gambar Facebook dalam foldernya masing-masing.

 

Mereka bahkan berusaha melakukan integrasi ke cadangan situs WordPress. Karena itu, tampaknya pCloud ke depannya akan dapat terhubung ke situs dan layanan online yang umum digunakan.

 

(Kembali Ke Atas)

 

5. Aplikasi Seluler Yang Ramah Pengguna Dan Bebas Hambatan

 

Jika membahas tentang platform lain, sudahkah Anda mencoba aplikasi seluler dari pCloud?

 

Aplikasi ini menawarkan tampilan antarmuka sederhana dengan kenyamanan mengunggah, mengatur, dan berbagi file seperti yang sangat mudah.

 

Misalnya, ketika menyentuh sudut kiri atas untuk mengakses menu slide-in kiri, ada empat tombol untuk mengakses berbagai jenis file melalui perangkat Anda: dokumen, audio, video atau visual.

 

Filter files according to its file type

 
 

Anda juga dapat menyusun file Anda sesuai keingininan Anda sendiri:

 

Folders for different purposes

 

  • Folder Crypto
    Untuk file rahasia yang ingin Anda berikan keamanan tertinggi.
  • File Offline
    Untuk file yang ingin Anda akses ketika ponsel Anda tidak memiliki koneksi internet.
  • Folder Bersama
    Untuk file yang ingin Anda bagikan dengan publik.

 

Anda juga dapat berbagi file dan melihat statistik berbagi dengan mudah menggunakan “My Links” untuk memantau file yang telah Anda distribusikan.

 

View share statistics

 
 

Anda juga memiliki pilihan tentang pengaturan struktur folder dan file. Anda dapat mengeditnya satu per satu, atau bersamaan dan menambahkan folder baru.

 

Edit files and folders on mobile app

 

Ikon pencarian mempermudah pelacakan file. Ikon berbagi di sebelah setiap folder memberikan kebebasan untuk berbagi dan menautkannya.

 

Search files on pCloud app

 
 

Jika Anda adalah pengguna baru dan membutuhkan bantuan dalam penggunaannya, pCloud Help memberikan panduan lengkap untuk mempelajari cara penggunaan aplikasi secara efektif.

 

Semua ini dapat dilakukan melalui aplikasi seluler dan perangkat apa pun yang telah disinkronkan dan telah terhubung dengan pCloud, secara instan.

 

Namun, jangan menelan kata-kata kami begitu saja. Unduh aplikasinya dan cobalah sendiri.

 

(Kembali Ke Atas)

 

6. pCloud Drive – Hard Drive Virtual Online Anda

 

Jika Anda memiliki banyak data dan kapasitas penyimpanan pada perangkat komputer Anda tidak cukup, Anda mungkin berpikir untuk membeli hard drive eksternal untuk mengarsipkan semuanya. Namun, tetap saja, membawa perangkat fisik dapat menyusahkan Anda untuk bekerja atau berbagi file saat bepergian.

 

Sebaliknya, bagaimana dengan hard drive virtual yang memiliki tambahan kenyamanan akses online, sinkronisasi otomatis semua informasi, dan berbagi file?

 

pCloud Drive

 

Kami menemukan jawabannya di pCloud Drive, sebuah aplikasi desktop untuk menyimpan file dan folder di internet yang berfungsi seperti hard drive tambahan di komputer Anda, ini lebih baik karena bisa diakses melalui internet dengan mudah, kapan saja dan di mana saja.

 

(Kembali Ke Atas)

 

7. Arsipkan Semua Data Penting Yang Jarang Digunakan Dalam Gudang Data

 

Jika membahas tentang menyimpan data, tidak peduli apakah Anda sedang menjalankan bisnis dengan banyak file atau hanya ingin tempat untuk menyimpan file pribadi tanpa menggunakan ruang komputer, Anda dapat menggunakan pCloud untuk mengarsipkan data berharga dengan aman.

 

Dengan keamanan tingkat tinggi jaringan pCloud, dengan keuntungan tambahan dari enkripsi Crypto untuk data rahasia dan pilihan berlangganan seumur hidup, Anda dapat menyimpan semua informasi penting tanpa batasan waktu dengan akses yang mudah pada semua perangkat pilhan Anda.

 

(Kembali Ke Atas)

 

8. Kemudahan Mengakses File Anda

 

Sering kali, ketika Anda ingin mengunggah file ke akun cloud storage, Anda harus melalui proses rumit menggunakan layanan antarmuka untuk mengeklik & memilih file Anda satu per satu.

 

Dengan pCloud, kami menemukan bahwa pengunggahan sangat mudah, hanya dengan menyeret & menjatuhkan file ke portal web atau drive virtual.

 

Selain itu, pCloud memiliki plugin pemutar media yang terpasang di sistemnya untuk memudahkan pendaftaran, pengorganisasian, dan pemutaran file video, gambar, dan musik.

 

(Kembali Ke Atas)

 

9. Mengkolaborasikan File Anda Secara Mudah Dengan Orang Lain

 

Berbagi file dan folder sangat mudah dengan pCloud. Cukup dengan mengeklik tombol atau menyentuh ikon, Anda dapat menghasilkan tautan unduhan atau unggahan untuk dikirim ke orang-orang di daftar kontak Anda. Ini akan memungkinkan mereka untuk mengunduh file Anda atau berbagi file dengan Anda di folder yang ditugaskan itu.

 

Collaborate with others

 

Anda bahkan dapat mengundang mereka untuk mengelola bersama folder yang ditugaskan untuk tujuan kerja. Untuk pengguna bisnis, fitur ini berfungsi sebagai alat kerja jarak jauh yang bagus.

 

LIHAT FITUR LENGKAP @ PCLOUD RESMI

* Paket Premium mulai dari Rp 55.792/bulan (kapasitas penyimpanan 500GB)
** Drive pCloud, account rewind, aplikasi seluler, AES 256-bit

 

(Kembali Ke Atas)

 

Kelemahan pCloud

 

Karena pCloud memiliki kesempatan untuk belajar dari produk lain sebelum memproduksi sendiri, pCloud tidak benar-benar memiliki kelemahan.

 

Untuk itu, ada layanan tambahan yang disediakan pCloud yang harus dibeli secara terpisah dari paket langganan Anda:

 

  1. pCloud Crypto
    Untuk keamanan file terbaik, tersedia fitur tambahan pCloud Crypto untuk mengenkripsi file Anda secara manual.
  2. Extended File History (EFH)
    Jika perlu melacak riwayat file untuk jangka waktu yang lama, Anda harus menggunakan Extended File History yang akan melacak semua versi file dan pembaruan selama setahun.

* Lebih lanjut tentang harga dari fitur tambahan ini di bawah.

 

(Kembali Ke Atas)

 

Paket & Harga pCloud

 

pCloud memiliki 2 paket berlangganan dan 2 fitur tambahan terpisah yang bisa Anda pilih.

 

Semua paket memiliki akses gratis ke aplikasi seluler dan desktop, transfer keamanan SSL, mengunggah file tanpa batas ukuran (secara teoritis, tetapi tergantung juga pada kapasitas penyimpanan yang tersedia), versi file, berbagi tautan (baik ke atas dan bawah).

 

Perbedaannya untuk paket Premium atau Premium Plus adalah dalam hal kapasitas penyimpanan dan unduhan yang Anda dapat:

 

Langganan Tahunan

 

pCloud Annual Subscriptions

 

Paket Premium Tahunan menyediakan kapasitas penyimpanan 500GB dan kapasitas unduhan bersama dengan 30 hari riwayat file. Dalam paket Premium Plus Tahunan, yang lebih cocok untuk pengguna data lebih berat, kapasitas penyimpanan dan unduhan tautan ditingkatkan menjadi 2TB.

 

(Kembali Ke Atas)

 

Langganan Seumur Hidup

 

pCloud Lifetime Plans

 

Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang sama secara permanen untuk pembayaran satu kali yang terjangkau masing-masing Rp 2.440.900 dan Rp 4.881.800.

 

Terutama jika Anda berencana untuk menjadi pengguna Cloud jangka panjang, ini akan menguntungkan dalam jangka panjang karena Anda tidak perlu memperbarui biaya berlangganan apa pun!

 

Sampai saat ini, pCloud adalah satu-satunya penyedia cloud storage yang memberikan pilihan seperti itu. Dan seperti yang Anda tahu dari daftar panjang klien mapan pCloud, mereka akan tetap di sini agar Anda tidak perlu khawatir langganan ini akan kedaluwarsa…

 

Catatan

Kami telah melakukan beberapa penelitian dan analisis pada paket berlangganan pCloud seumur hidup. Pastikan untuk membacanya di review seumur hidup pCloud.

 

(Kembali Ke Atas)

 

Fitur Tambahan

 

Selain paket di atas, Anda dapat menambahkan layanan berikut untuk langkah keamanan ekstra dan membuat cadangan file:

 

  • pCloud Crypto
    Rp 1.743.500 untuk berlangganan seumur hidup.
    Rp 69.600 pembayaran bulanan atau Rp 667.830 pembayaran tahunan.
  • Extended File History
    Rp 543.972 untuk pelacakan file sampai dengan satu tahun.

 

Jika Anda masih belum yakin, uji coba gratis akan memberi Anda kapasitas penyimpanan online 10GB (+ 4GB untuk menginstal pCloud di komputer dan perangkat seluler Anda) dan kapasitas pengunduhan 50GB dari tautan bulanan bersama. Riwayat file hanya akan disimpan hingga 15 hari.

 

RAIH PCLOUD PREMIUM @ Rp 55.792* /BLN

* Kapasitas penyimpanan 500GB. Paket Seumur Hidup @ Rp 2.440.900 satu kali bayar

 

(Kembali Ke Atas)

 

Bagaimana pCloud Dibandingkan Dengan Dropbox?

 

pCloud VS Dropbox

 

Dropbox telah ada selama lebih dari 10 tahun sebagai penyedia cloud storage dan pada tahun 2016 meluncurkan Project Infinite untuk menyediakan layanan yang setara dengan pCloud… atau benarkah demikian?

 

184,987 orang telah berpindah dari Dropbox ke pCloud dengan alasan yang valid. Berikut perbandingan singkat agar Anda dapat memutuskan sendiri:

 

pCloud VS Dropbox: Kecepatan Unggahan & Unduhan

 

Salah satu faktor penting untuk menentukan baik tidaknya penyedia cloud storage adalah kecepatannya. Semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh, mengunggah, dan menyinkronkan, Anda akan semakin nyaman mengakses dan mengelola file.

 

pCloud melakukan beberapa tes kecepatan real-time terhadap DropBox dengan file video berukuran 1.12GB dan berikut hasilnya:

 

Kecepatan unggahan – Dropbox (5 menit 34 detik) vs pCloud (54 detik)

 

 

Kecepatan unduhan – Dropbox (1 menit 34 detik) vs pCloud (37 detik)

 

(Kembali Ke Atas)

 

pCloud VS Dropbox: Keamanan Data

 

Baik pCloud dan Dropbox akan melindungi file selama proses transfer ke server mereka. Namun, Dropbox berhenti sampai di situ saja. Dropbox menegaskan bahwa mereka memiliki kebijakan ketat untuk mengawasi karyawannya, tetapi faktanya, file tetap dapat diakses oleh mereka.

 

Namun, pCloud menghilangkan kekhawatiran ini dengan pCloud Crypto. Dengan langkah keamanan tambahan, enkripsi dilakukan secara manual pada perangkat, bahkan pCloud sendiri pun tidak dapat mengakses data yang disimpan di akun Anda kecuali Anda sendiri memberikan kuncinya.

 

(Kembali Ke Atas)

 

pCloud VS Dropbox: Keterjangkauan & Kesepadanan Nilai Dengan Uang

 

Sudah sewajarnya Anda mencari nilai yang sepadan dalam hal kapasitas ruang penyimpanan untuk durasi tertentu.

 

Kami melakukan perbandingan dan menemukan bahwa paket Bisnis Dropbox menawarkan Rp 91.778 (termasuk pajak) per bulan untuk ruang penyimpanan 1TB, sementara paket Premium Plus pCloud menawarkan penyimpanan 2TB seharga Rp 111.444 per bulan.

 

Penawaran ini merupakan 2 kali jumlah penyimpanan dalam setengah harga!

 

Jika berlangganan seumur hidup, Anda hanya perlu membayar satu kali yang setara dengan langganan tahunan 3 setengah tahun. pCloud benar-benar hemat digunakan dalam jangka panjang.

 

(Kembali Ke Atas)

 

pCloud VS Dropbox: Pelacakan File

 

Dropbox menyediakan riwayat penyimpanan file hingga 120 hari. Sementara itu, Extended File History pCloud memungkinkan Anda melakukan pelacakan riwayat file hingga 120 hari, memberi Anda kesempatan melacak proyek jangka panjang.

 

(Kembali Ke Atas)

 

Kesimpulan: Apakah Kami Merekomendasikan pCloud?

 

Tentu! Saat ini, pCloud adalah penyedia penyimpanan pilihan #1 kami karena menyediakan semua yang dibutuhkan bagi pengguna pribadi maupun bisnis dengan keamanan tingkat tinggi dan harga terjangkau.

 

Dengan layanan antarmuka yang ramah pengguna, dapat digunakan di semua platform digital, kapasitas penyimpanan hingga 2TB, dan paket langganan seumur hidup, ini benar-benar pilihan yang terbaik.

 

Kami sarankan Anda untuk mendaftar uji coba gratis dan mengujinya sendiri.

 

KUNJUNGI @ WEBSITE RESMI PCLOUD

* Tidak perlu Kartu Kredit untuk uji coba gratis.
** Paket termasuk drive pCloud dan unggahan otomatis.

 

(Kembali Ke Atas)

pCloud

Jumlah Penyimpanan

2TB

Peringkat Keseluruhan

A+

Mulai dari

Rp 111.444*

bulanan

KUNJUNGI PCLOUD

  • • Mudah sekali
  • • #1 cloud storage di Bitcatcha

Rahasia Periklanan