Best Website Builder

Website Builder Terbaik 2020

Website builder menawarkan para pengguna dengan sedikit atau tanpa pengetahuan teknis untuk membuat website atau toko online dengan cepat. Website builder dilengkapi dengan banyak fitur, tetapi lebih mahal dari hosting web bersama tradisional. Lihat perbandingan kami terkait 3 website builder teratas tahun 2020.

#1 Wix
#2 Shopify
#3 Weebly

Tahun Didirikan
2006
2006
2006

Harga Awal /bln
Rp 62.766
Rp 404.492
Rp 69.740

Bandwidth
1GB
Tanpa Batas
Tanpa Batas

Penyimpanan
500MB
Tanpa Batas
500MB

Alat SEO
Ya
Ya
Ya

Biaya Transaksi
Gratis
2%
3%




Daftar Peringkat: 3 Website Builder Terbaik pada tahun 2020 (Berdasarkan Kecepatan, Kemudahan Penggunaan, Dukungan, & Fitur Tambahan)

 

website builder terbaik Indonesia

 

Saat ini, dunia website builder menjadi sedikit lebih kompleks. Sebelumnya, banyak orang menggunakannya untuk membuat website dengan cepat. Kini, ada lonjakan besar di sektor e-Commerce dan banyak website builder terjun langsung ke bisnis ini dengan sepenuh hati.

 

Tidak hanya menawarkan alat pembuatan website, para website builder saat ini telah bekerja keras dan dalam banyak kasus mampu menawarkan dukungan menyeluruh untuk bisnis online. Mulai dari memberikan sejumlah alat pemasaran hingga membantu pemrosesan transaksi online dan pengelolaan inventaris, website builder saat ini sangatlah canggih.

 

Namun selalu ada perbedaan antara berbagai penyedia. Sebagian penyedia menawarkan harga rendah tetapi biaya transaksinya lebih tinggi. Sebagian penyedia lebih mudah digunakan dibandingkan penyedia lain. Dan masih banyak yang lainnya. Namun ujung-ujungnya, tiga merek dalam bisnis website builder sering kali menyita perhatian kami.

 

Tiga website builder teratas kami untuk tahun 2020 mempunyai segudang pengalaman serta semuanya memiliki reputasi dan fitur yang hebat. Sebelum kami memperkenalkannya kepada Anda lebih lanjut, lihat cara kami menilainya.

 

Catatan

Kami menggunakan kurs 1 USD untuk 13.948 IDR untuk semua harga yang tertera.

 
 

Bagaimana Kami Memilih Website Builder Terbaik?

 

Kompleksitas dalam website builder peringkat teratas sungguh rumit karena sangat bergantung pada kebutuhan setiap pengguna. Oleh karena itu, kami telah memfokuskan di beberapa area utama agar mudah dibaca. Namun – sebaiknya perhatikan hal khusus seperti ‘Fitur Penting’ karena menjadi area tempat perbedaan utama dibuat – dan tempat Anda mungkin menemukan hal yang Anda butuhkan secara khusus.

 

  1. KecepatanKecepatan adalah urat nadi setiap website, dari blog pribadi hingga toko online besar. Hal ini memengaruhi begitu banyak hal sehingga harus menjadi salah satu persyaratan utama dalam setiap host. Website builder tidak hanya membantu Anda membuat website, tetapi juga bertindak sebagai platform hosting – sehingga memengaruhi kecepatan website Anda.
  2. Kemudahan PenggunaanAlat yang berguna juga harus mudah digunakan. Website builder yang paling canggih di dunia tidak berguna jika tidak sulit digunakan. Idealnya, alat akan menawarkan fitur umum dalam pengembangan website tetapi sangat mudah digunakan sehingga tidak memerlukan petunjuk.
  3. Dukungan SelulerKini masyarakat luas sudah banyak menggunakan seluler dan bahkan mesin telusur seperti Google lebih berfokus pada peningkatan kemudahan penggunaan seluler. Website builder setidaknya harus dapat menawarkan peluang untuk menjadikan website Anda mobile-friendly.
  4. Fitur e-CommerceSalah satu elemen terpenting dari toko online adalah kemampuan untuk memproses transaksi. Lagi pula, tanpanya tidak akan ada e-Commerce kan? Namun, tidak semua pemrosesan transaksi serupa, dan harganya berbeda-beda bagi pemilik website.
  5. Fitur Tambahan PentingTidak semua kebutuhan website e-Commerce sama. Sering kali terdapat fitur yang agak berbeda, yang lebih mengunggulkan suatu bagian sehingga membuatnya beda dari yang lainnya.

 

Dengan demikian, mari lihat 3 website builder teratas pada tahun 2020:

 
 


Kecepatan Server

A+

Peringkat Keseluruhan

Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5

Harga (IDR)

Rp 62.766 /bln

Fitur Utama

  • Template banyak
  • Editor seluler canggih
  • Fitur ekstra berguna
  • Ketersediaan app pihak ketiga yang luas

"Wix menawarkan kepada pengguna cara yang baik untuk membuat website yang terlihat profesional tanpa harus tahu sederet kode."


 
 

  1. Performa website Wix yang cepatDi antara semua website builder yang telah saya ulas, sejauh ini Wix memiliki performa tercepat. Meski hal ini mungkin bukan pertimbangan utama Anda, tetapi saya akan menyarankan Anda memperhatikannya. Setelah menemukan website builder terbaik – Anda harus bisa meng-hosting website yang cepat di sana. Website yang lambat akan memengaruhi penjualan Anda atau hal lainnya.
  2. Editor seluler yang canggihSebagai website builder, Wix memiliki antarmuka tarik lalu lepas (drag & drop) yang fantastis, tetapi yang paling mengesankan adalah editor selulernya. Ini adalah editor yang secara khusus memungkinkan Anda mengubah versi seluler website Anda – hingga membuatnya menampilkan tata letak yang berbeda dibandingkan dengan website lengkap. Editor ini sangat berguna dan saat ini menjadi titik penjualan terbaik untuk Wix.
  3. Pusat Aplikasi sangat bergunaSelain fitur standar yang ditawarkan, Wix dilengkapi dengan pasar aplikasi yang memungkinkan Anda melakukan semua hal yang mungkin Anda inginkan atau butuhkan. Anda dapat menambahkan atau menghapusnya guna memberikan berbagai fitur pada website Anda, sehingga Anda akan memiliki bisnis online yang sangat cepat & berkembang.
  4. Kemampuan pemasaran yang hebatMembuat website hanya setengah dari proses – sisanya adalah bagaimana cara menarik perhatian pengguna. Struktur Wix dilengkapi dengan Pengelolaan SEO, yang akan memecahkan sebagian besar masalah. SEO sering kali merupakan salah satu aspek paling sulit dari hosting website yang dihadapi pemilik baru – dan bahkan banyak pemilik lama. Dengan Wix? Cukup klik Wix SEO Wix dan Anda akan dipandu melalui langkah-langkah untuk melakukannya.

 

Kekurangannya: Website Anda Terikat dengan Wix

 

Mengingat kecanggihannya, tidak heran jika Wix menjaga pelanggannya dengan hati-hati. Jika telah membuat website dengan Wix, Anda tidak dapat memindahkan bisnis dengan mudah. Wix tidak mengizinkan pelanggan mengekspor website mereka, jadi intinya Anda bisa membuat website baru atau tetap menggunakan Wix. Baca review Wix secara mendalam kami.

 
 


Kecepatan Server

C+

Peringkat Keseluruhan

Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5

Harga (IDR)

Rp 278.960 /bln

Fitur Utama

  • Alat pemasaran bagus
  • Dukungan komunitas
  • Akses app pihak ketiga
  • Menjual ke lebih dari satu platform

"Shopify adalah salah satu website builder e-Commerce terbaik di pasar saat ini, yang menawarkan kepada pengguna cara meningkatkan skala penjualan."


 
 

Saat membahas website builder e-Commerce, Shopify jauh lebih baik daripada rata-rata website builder yang Anda kenal. Mendukung lebih dari 600.000 penjual saat ini, Shopify menawarkan berbagai macam alat yang didesain khusus dengan mempertimbangkan toko online. Teknologinya yang dibuat dengan cepat digabungkan dengan alat tersebut menawarkan pelanggan solusi terpadu untuk menjadi penjual e-Commerce.

 

  1. Pengalaman orientasi yang luar biasaDaripada membiarkan Anda terjun langsung membuat website secara asal, Shopify akan memandu Anda dari awal. Menawarkan proses pembuatan website yang cerdas yang Anda bantu dengan menjawab beberapa pertanyaan, hal ini akan memberi Anda sesuatu dikontribusikan. Setelah menggunakannya, Anda dapat mempelajari semua alat yang ada saat senggang.
  2. Beragam app pihak ketigaShopify memberi Anda akses ke banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat berfungsi dengan toko online Anda. Meskipun tidak dilakukan oleh Shopify sendiri, aplikasi tersebut disetujui untuk digunakan pada platform. Artinya, Anda dapat memperluas fungsi toko online dengan cepat & mudah. Aplikasi mereka bersifat komprehensif dan mencakup semuanya, mulai dari pembuat newsletter standar hingga pengelola bursa dan/atau laba.
  3. Kemampuan lintas platformMenjual secara online melalui toko yang Anda miliki adalah hal yang membantu, tetapi apakah itu cukup? Berkat Shopify, Anda dapat menjual melalui berbagai saluran. Dari Point-of-Sales (POS) hingga Facebook, jangkau pelanggan dengan cara baru!
  4. Menggabungkan cara online dengan offlineBagi mereka yang sudah menjual melalui toko fisik, Shopify memiliki opsi bagi Anda untuk memperluas bisnis tersebut secara online. Kemampuan integrasi lengkapnya membantu Anda menggabungkan inventaris dan mengontrol semua saluran penjualan sekaligus – bahkan dari toko fisik.

 

Kekurangannya: Terlalu Banyak Detail

 

Keuntungan yang besar seperti itu menghadirkan potensi kekurangan yang serius. Perhatian Shopify terhadap detail terkadang terlalu berlebihan. Jika baru menggunakan e-Commerce, Anda mungkin akan menjumpai kesulitan. Baca review Shopify lengkap di sini.

 
 


Kecepatan Server

A

Peringkat Keseluruhan

Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5

Harga (IDR)

Rp 69.740 /bln

Fitur Utama

  • Pembayaran di Weebly.com
  • Intergrasi SEO
  • Pencatatan prospek
  • Pusat Aplikasi

"Dengan produk yang lengkap & mudah digunakan, Weebly menawarkan kombinasi yang kuat antara fitur & performa yang baik."

 
 

Weebly mungkin menawarkan mulai dari harga terendah sebesar Rp 69.740 per bulan tetapi ada sedikit pengecualian. Harga tersebut tidak berlaku untuk website e-Commerce. Jika ingin menjalankan toko online, Anda harus membeli salah satu paket di Weebly dengan harga lebih tinggi yang dimulai dari Rp 167.376 per bulan.

 

  1. Editor yang dilengkapi dengan fitur yang hebatDilengkapi dengan 35 template di dalamnya, Anda dapat memulai dengan cepat di Weebly. Area ini menjadi keunggulan website builder ini. Istilah ‘tarik lalu lepas’ sangat literal dan Anda dapat menggunakannya untuk menambahkan hampir semua hal ke website Anda. Mulai dari blok teks sederhana hingga multimedia yang kompleks – semuanya tersedia.
  2. Responsif dan sepenuhnya selulerDengan fitur dasar yang responsif terhadap seluler dari website mereka, bagi saya Weebly sudah jauh di atas dan melebihi area ini. Selain editor seluler, Weebly juga memiliki aplikasi seluler lengkap untuk dimanfaatkan oleh penggunanya. Aplikasi ini sangat canggih sehingga Anda dapat membuat website dari perangkat seluler.
  3. Pusat Aplikasi yang Luar BiasaDi sinilah tempat pemula di website builder keluar dan juara seperti Weebly bersinar. Pusat Aplikasi ini tidak hanya menawarkan fiturnya sendiri, tetapi juga banyak fitur dari developer lain. Perluas fungsi website Anda dengan alat add-on yang mencakup pasar e-Commerce yang besar. Semuanya tersedia mulai dari analisis sederhana hingga pemasaran lanjutan.
  4. Fitur tambahan bonusDengan setiap paket Weebly, ada juga domain gratis yang juga menawarkan paket gratis untuk website dasar. Salah satu fitur menonjol yang muncul karena Pusat Aplikasi mereka adalah Aplikasi MarketGoo yang menawarkan laporan analisis SEO gratis di website Anda – aplikasi keren bagi pemilik website baru.

 

Kekurangannya: Kecepatannya Sedikit Lambat

 

Meskipun Weebly mengelola peringkat A yang kuat secara keseluruhan dalam pengujian kecepatan Bitcatcha kami, kami merasa terganggu karena tingkat responsnya baik untuk website AS tetapi semakin menurun responsnya jika areanya semakin jauh. Ditambah lagi dengan beberapa kelemahan kecil dalam kompresi gambar dan caching konten memang menurunkan skor keseluruhan Weebly kami. Baca review Weebly lengkap kami.

 
 

Website Builder Mana Yang Harus Saya Pilih?

 

Tiga website builder yang telah saya cantumkan di sini adalah apa yang kebanyakan orang anggap sebagai yang terbaik – tentu saja saya setuju. Namun, meminta siapa pun untuk memilihnya dalam urutan yang saya cantumkan hanya akan menjadi masalah, karena jika Anda perhatikan, masing-masing memiliki kelebihan & kekurangan yang kuat di berbagai area. Sebaiknya pertimbangkan kebutuhan pribadi Anda dan kemudian menyesuaikannya. Jika menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda, hampir tidak ada kendala memilih salah satu dari pilihan ini.

 

Saran terakhir – banyak orang merasa tergoda untuk menentukan pilihan berdasarkan harga. Meskipun hal itu tentu saja menjadi pertimbangan, sebaiknya sesuaikan fitur dengan kebutuhan nyata Anda sebelum mempertimbangkan harga sebagai faktor. Memilih host yang salah karena keuntungan harga dapat menyebabkan kemungkinan beralih ke hot lain nantinya – yang akan memakan waktu dan mungkin, mahal.