Ekstensi VPN Chrome Terbaik 2020 (3 Berbayar & 3 Gratis)

Avatar
Oleh        •   November 21, 2020      Rahasia Periklanan

 

Jika Anda sudah membaca artikel pengantar saya tentang Jaringan Pribadi Virtual (Virtual Private Network atau VPN), sekarang Anda mungkin sudah tahu bahwa fungsinya cukup sederhana. Tugas VPN adalah membuat koneksi yang aman antara perangkat Anda dan informasi yang Anda coba akses. Sementara itu, VPN juga harus mengamankan informasi tersebut dengan mengenkripsinya.

 

Terdengar simpel, tetapi tidak semudah itu untuk diterapkan. Elemen inti dari VPN – Keamanan, Anonimitas, Kecepatan, dan Stabilitas – sangat penting untuk kelangsungannya.

 

 

Catatan

Kami menggunakan kurs 1 USD untuk 13.948 IDR untuk semua harga yang tertera.

 

Mengapa Ekstensi VPN Digunakan Untuk Google Chrome?

 

Best VPN Extensions for Google Chrome

 

Namun, meski membaca semua informasi yang tersedia di VPN dan mata Anda tertuju pada harganya, beberapa dari pengguna mungkin ingin tahu: “Bagaimana jika saya hanya ingin agar identitasnya tetap anonim & aman saat menjelajahi internet?

 

Di sinilah plugin atau ekstensi browser VPN berperan. Dalam hal ini, mari kita bahas tentang ekstensi VPN untuk Google Chrome.

 

Di samping itu, Google Chrome telah lama menghancurkan dominasi Microsoft IE (atau saat ini disebut Edge) dan melampaui Firefox untuk menjadi Browser Internet paling populer saat ini. Bergantung pada statistik mana yang Anda yakini, hingga saat ini statistik pangsa pasarnya berada di antara 59.69% hingga 66.93%.

 

Dengan basis pengguna yang begitu kuat, wajar saja bahwa banyak developer akan memusatkan upayanya pada platform ini, dan memang mereka sudah melakukannya. Penyedia layanan VPN teratas seperti NordVPN & ExpressVPN memiliki ekstensi VPN khusus untuk Chrome, memungkinkan Anda menjaga penelusuran tetap aman, terlindung, dan anonim.

 

 

Ekstensi Browser VPN Berbeda Dari Samaran (incognito) Chrome

 

Chrome sebelumnya telah memperkenalkan mode Samaran (Incognito), di mana pengguna dapat membuka tab dan menjelajahi tanpa histori penelusurannya dicatat. Artinya, saat menjelajahi internet, Chrome menghapus histori penjelajahan Anda lalu menghapus cookie yang terakumulasi selama sesi tersebut setelah Anda menutup jendela tersebut.

 

Hal ini tidak sempurna dan tidak efektif.

 

Mengapa demikian? Selama sesi penjelajahan, informasinya tidak hanya melewati browser Anda. Informasi ini berpindah melalui router Anda, sistem operasi Anda, dan bahkan mungkin direkam di website yang Anda kunjungi. Khususnya berlaku bagi pengguna yang memanfaatkan layanan streaming.

 

Chrome Incognito

 

Alamat IP Anda tetap terbuka dan tersedia juga, yang berarti pelacakan apa pun dapat langsung kembali ke Anda.

 

 

Memahami Batasan Ekstensi VPN Chrome

 

Namun, Ekstensi VPN menawarkan banyak kemiripan dengan aplikasi VPN itu sendiri. Faktanya, beberapa ekstensi sangat mirip sehingga mereka hanya memperluas fitur aplikasi VPN utama. Sebagian besar, aplikasi dimaksudkan untuk menawarkan kenyamanan dan kontrol yang lebih besar atas pengalaman penjelajahan web Anda.
 

Hal terpenting untuk diketahui adalah bahwa hampir semua ekstensi VPN hanya berfungsi sebagai proxy. Artinya, bahwa ekstensi tersebut hanya memengaruhi traffic yang melewati browser itu sendiri. Hanya dua pengecualiannya, yaitu perangkat yang dijalankan pada Chrome OS atau ekstensi yang memanfaatkan Pesan Native.

 

Singkatnya, pengecualiannya lebih jarang, jadi gunakan saja kecanggihan VPN-nya yang berbasis browser APA PUN.

 

1. Hanya trafik Chrome Anda yang aman

 

Meskipun ekstensi browser menawarkan manfaat serupa dengan software VPN lengkap, ada perbedaan utama. Oleh karena itu, ekstensi VPN biasanya hanya disebut proxy.

 

Manfaat mirip VPN yang ditawarkan oleh proxy hanya berlaku untuk browser Anda, dalam hal ini adalah Chrome. Aplikasi lain di komputer Anda yang memanfaatkan jaringan Anda akan membuat traffic data mereka tetap tidak aman.

 

Hal ini juga meluas ke browser lain yang mungkin terkadang Anda gunakan. Misalnya, jika Anda memiliki ekstensi proxy untuk Chrome dan meluncurkan Microsoft Edge, traffic data di Edge tidak akan diamankan oleh ekstensi Chrome Anda.

 

Aplikasi Full VPN mengenkripsi trafik data pada tingkat sistem. Artinya, satu aplikasi VPN Anda akan melindungi trafik data dari semua bagian sistem Anda – browser, aplikasi lain, dan bahkan Sistem Operasi itu sendiri.

 

2. Enkripsi terbatas

 

Saya akan memulainya dengan pernyataan umum: Sebagian besar proxy saat ini (bukan hanya proxy VPN) hanya memanfaatkan protokol SOCKS dan HTTP/HTTPS.

 

Untuk mewujudkannya dalam ekstensi browser, artinya saat menggunakan SOCKS dan HTTP, tidak ada enkripsi. Jika Anda menggunakan ekstensi VPN yang menawarkan protokol HTTPS, pada dasarnya hal tersebut adalah enkripsi tingkat SSL.

 

Hal ini terutama menjadi poin yang perlu diperhatikan untuk proxy VPN 100% gratis. Saya perhatikan bahwa bahkan untuk layanan ekstensi VPN berbayar, tidak semua server negara menawarkan protokol HTTPS.

 

3. Dukungan terbatas

 

Sayangnya, hal ini serupa di seluruh papan, kecuali jika Anda menggunakan proxy yang disediakan sebagai layanan tambahan oleh penyedia layanan VPN lengkap seperti ExpressVPN atau TorGuard. Sebagian besar pengguna ekstensi VPN gratis harus merasa puas dengan FAQ, dukungan berbasis komunitas, atau dukungan email (jika Anda beruntung).

 

Bersiaplah untuk menyelesaikannya sendiri jika nantinya menghadapi masalah ini.

 

 

Manfaat Menggunakan Ekstensi VPN

 

Meskipun ada perbedaan, proxy memiliki kegunaan unik juga dalam beberapa skenario.

 

  1. Penggunaan Kasus KhususKarena fungsinya yang lebih terbatas, proxy cenderung lebih ringan pada penggunaan resource sistem. Misalnya Anda menggunakan Chromebook – Anda mungkin a) tidak punya pilihan lain dan b) perlu menghemat sumber daya sistem.
  2. Kontrol Risiko KhususAda juga argumen bahwa browser Internet adalah salah satu target yang paling umum yang cenderung menjadi target peretas. Semua browser rentan terhadap risiko keamanan, satu-satunya perbedaan adalah pada tingkat apa peretasan itu terjadi.
     
    Jika Anda tidak ingin VPN lengkap menggunakan resource, Anda dapat memutuskan untuk mempertahankan data Anda dan menyembunyikan identitas Anda dengan ekstensi proxy VPN.
  3. Pemblokiran IklanBeberapa ekstensi VPN dilengkapi dengan layanan lain seperti pemblokiran iklan, penghindaran pelacak, atau pengelolaan cookie. Semua layanan ini membantu menghilangkan sampah dari internet sebelum sampai ke Anda, tetapi juga dapat menghasilkan beberapa halaman web yang aneh (terkadang).
  4. Mencegah Kebocoran WebRTCFirefox dan Chrome keduanya memiliki kerentanan keamanan yang dapat menyebabkan alamat IP Anda bocor. Kondisi ini tentu saja dapat diatasi menggunakan aplikasi VPN secara penuh, tetapi beberapa penyedia ekstensi VPN sekarang telah dilengkapi dengan pencegahan kebocoran WebRTC ke ekstensi mereka.

 

 

Bagaimana Cara Memilih VPN Untuk Chrome?

 

Meskipun ekstensi VPN Chrome sebagian besar adalah ekstensi proxy, saya merasa bahwa jika mereka mematuhi prinsip-prinsip inti VPN yang sebagian besar sangat penting. Kuncinya tetap sama: privasi, keamanan, dan kecepatan.

 

Jika Anda tidak yakin bahwa proses pemilihannya baik dan bahwa setiap ekstensi VPN lama akan berhasil, saya akan berbagi dengan hal yang saya pelajari di lain hari: VPN Hoxx. Saat saya membaca dokumentasi, mereka, saya akhirnya ingin tahu mengapa ada orang yang mendaftar ke layanan mereka, bahkan dengan akun gratis.

 

hoxx privacy policy

 

VPN ini akan mengumpulkan informasi log, memblokir port SMTP, mengumpulkan informasi pribadi, informasi perangkat, menerapkan teknologi pelacakan, menyatakan bahwa penggunanya harus setuju untuk membagikan informasi dengan pemerintah atau lembaga penegak hukum… dan lain sebagainya.

 

Jika saat ini memiliki ketakutan yang sama dengan saya, Anda akan tahu betapa pentingnya pilihan partner VPN. Jadi, dengan adanya hal tersebut, mari lihat beberapa ekstensi VPN Chrome teratas.

 

 

3 Ekstensi Chrome VPN Teratas Berbayar

 

Meskipun berbayar, saya harus menyebutkan juga bahwa sebagian besar ekstensi browser VPN yang Anda temukan di internet gratis untuk diinstal. Namun, sebagian ekstensi akan mengharuskan langganan berbayar Anda dapat menggunakan layanan ekstensi tersebut (pada dasarnya menjadikannya ekstensi berbayar). Tanpa basa-basi lagi, berikut 3 pilihan ekstensi berbayar teratas kami.

 

Performa Keseluruhan

Sangat Baik

Peringkat Kami

Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5Rated 4 out of 5

Harga (IDR)

Rp 97.496 /bln

Fitur Utama

  • 4.400+ server
  • DNS ganda
  • Dukungan 6+ perangkat
  • PGP untuk privasi comm.
  • Banyak protokol

"NordVPN dilengkapi dengan paket yang sangat keren & menawarkan performa yang solid melalui ribuan server VPN."

 

Ekstensi Chrome NordVPN sedikit aneh. Ingat saat saya bilang bahwa ExpressVPN cocok bagi pengguna yang suka pengalaman yang praktis? Ekstensi NordVPN memiliki pengalaman yang serupa, tetapi agak sedikit berlebihan.

 

Faktanya, sedikit sekali hal yang dapat Anda ubah dalam aplikasi. Hingga memilih server, yang dapat Anda pilih adalah negaranya. Misalnya, saat mencoba menghubungkan ke server AS, bahkan menjadi peluang di server negara bagian mana tempat saya yang akan terhubung. Hal ini sedikit menjengkelkan.

 

Meskipun saya terhubung dengan cepat ke server AS, koneksinya sangat buruk sampai pengujian kecepatan saja bahkan tidak dapat memilih server untuk saya. Kecepatan koneksi Malaysia menakjubkan, dan saya akhirnya mendapatkan kecepatan yang baik selain Singapura.

 

NordVPN extension

 

Kelebihan

  • Antarmuka ringkas & praktis
  • Koneksi server sangat cepat

Kekurangan

  • Tidak ada pilihan lokasi khusus negara bagian
  • Beberapa server memiliki koneksi yang buruk

 

 

Performa Keseluruhan

Luar Biasa

Peringkat Kami

Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5

Harga (IDR)

Rp 116.047 /bln

Fitur Utama

  • Mudah digunakan
  • Jaringan VPN Global
  • Kill Switch
  • Proteksi kebocoran DNS
  • Pemblokiran WebRTC

"Kombinasi keamanan, anonimitas & performa yang ampuh di semua platform utama."

 

Seperti aplikasinya, ekstensi Chrome ExpressVPN praktis & mudah digunakan. Ada setelan yang dapat disesuaikan, seperti spoofing lokasi dan pemblokiran WebRTC, tetapi bagi pengguna yang suka mengklik, ekstensi ini cocok untuk Anda.

 

Ada opsi untuk mengonfigurasi aplikasi Windows Anda di ekstensi tetapi mengkliknya akan meluncurkan aplikasi Windows dan Anda melakukan perubahan konfigurasi – hal ini tidak terlalu mengesankan. Kecepatan pada ekstensi sedang hingga menengah, dan masih bisa lebih buruk.

 

Meskipun ada sedikit keluhan terkait ekstensi yang membuka aplikasi pada beberapa perubahan konfigurasi, walaupun mengganggu, hal ini akan memperluas kemampuan ekstensi. Fantastis bagi pengguna yang mencari privasi & keamanan mutlak, sementara pada saat yang sama berfungsi untuk mereka yang mencari ekstensi browser yang ringan.

 

Secara keseluruhan, saya mendukung ekstensi ExpressVPN karena didukung oleh layanan VPN lengkap dari perusahaan. Layanan ini dapat membuka dunia baru bagi pengguna melalui jaringan khusus lebih dari 2.000 server di seluruh dunia dan sejauh ini telah menempati peringkat teratas dalam pengujian VPN kami.

 

Express VPN extension

 

Kelebihan

  • Mudah digunakan
  • Memiliki HTTPS yang tersebar luas
  • Kecepatan server yang baik

Kekurangan

  • Koneksi server lambat
  • Kecepatan upload lambat

 

 

3. Surfshark

https://surfshark.com/
Surfshark

Performa Keseluruhan

Luar Biasa

Peringkat Kami

Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5Rated 5 out of 5

Harga (IDR)

Rp 27.756 /bln

Fitur Utama

  • 1.040+ server
  • Koneksi Multi-Hop
  • Mendukung banyak platform
  • Tidak ada log

"Bebas embel-embel dan performanya konsisten. Surfshark berhasil membuat dirinya menjadi pesaing yang kuat."

 

Sama seperti aplikasi Windows dan seluler milik mereka, ekstensi Chrome Surfshark cukup nyaman untuk digunakan. Rasanya sangat ringan dan responsif terhadap perintah. Koneksi dibuat dengan cepat dan mudah tanpa perlu berurusan dengan pengaturan atau apa pun.

 

Pada dasarnya – semua bekerja secara unik. Satu-satunya hal yang perlu Anda lakukan adalah mengklik untuk menyalakannya dan kemudian pilih server apa yang ingin Anda sambungkan. Tes kecepatan menunjukkan bahwa VPN ini berperforma serupa dengan aplikasi Windows lengkap.

 

Secara pribadi, saya tidak pernah terlalu menyukai ekstensi Chrome. Saya rasa mereka menambahkan terlalu banyak pada apa yang sudah menjadi pusat perhatian memori, tetapi ekstensi Chrome Surfshark terasa tepat. Tentu saja, Anda akan memerlukan akun untuk menggunakannya.

 

 

Kelebihan

  • Berjalan secara independen
  • Sangat ringan
  • Kecepatan tinggi

Kekurangan

  • Fiturnya terbatas

 

 

Bagaimana Dengan Ekstensi VPN Chrome GRATIS?

 

Seperti yang sebelumnya saya bilang berulang kali mengenai penyedia VPN dan saya akan mengulanginya lagi sekarang: jangan gampang tertipu oleh label ‘gratis’. Perusahaan yang menyediakan layanan gratis juga harus memperoleh pendapatan.

 

Saat mengambil penawaran ‘gratis’, Anda sering berhadapan dengan risiko – baik privasi Anda atau kehilangan kontrol atas data Anda. Beberapa layanan bahkan menggunakan malware atau pengalihan website untuk memperoleh uang dari Anda. Pertimbangkan peringatan ini.

 

Performa Keseluruhan

Memuaskan

Peringkat Kami

Rated 3 out of 5Rated 3 out of 5Rated 3 out of 5

Harga (IDR)

Gratis

Fitur Utama

  • Enkripsi AES 256-bit
  • Banyak perangkat
  • Jaringan di seluruh dunia
  • Mode vigilant

"Dimiliki oleh McAfee yang dapat membuktikan standar keamanannya, TunnelBear dapat menjaga Anda semasa lokasi spoofing."

 

Secara pribadi, menurut saya ekstensi VPN TunnelBear memiliki proses pendaftaran yang fantastis. Setelah menginstal ekstensi, Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran yang meminta Anda untuk mendaftarkan nama pengguna dan sandi.

 

Masalahnya adalah bahwa akun gratis hanya akan memberi Anda bandwidth terenkripsi 500MB per bulan. Jumlah ini biasanya kurang bagi kebanyakan pengguna. Kecepatan servernya ternyata sangat bervariasi, dan sementara saya hanya mendapatkan kecepatan standar dari server AS, server Singapura memiliki kecepatan yang luar biasa!

 

Tunnelbear VPN extension

 

Kelebihan

  • Pendaftaran dan koneksi yang mudah
  • Sebagian memiliki kecepatan yang luar biasa pada server tertentu

Kekurangan

  • Kecepatannya berbeda-beda pada server negara yang berbeda
  • Kuota gratis 500MB per bulan tidak cukup bahkan untuk email

 

 

Performa Keseluruhan

Baik

Peringkat Kami

Rated 3.5 out of 5Rated 3.5 out of 5Rated 3.5 out of 5

Harga (IDR)

Gratis

Fitur Utama

  • 2.000+ server
  • Banyak perangkat
  • Transfer data tanpa batas
  • Split tunneling

"PureVPN tersedia di multi-platform dan juga memiliki Plugin Chrome sendiri untuk kenyamanan terbaik."

 

PureVPN sebenarnya adalah penyedia layanan VPN lengkap, yang berarti memiliki aplikasi berbasis OS, dan juga menawarkan ekstensi Chrome PureVPN secara gratis. Ekstensi chrome menurut saya cukup bagus dan gratis seperti ekstensi pada umumnya.

 

Pertama, penyedia ini menawarkan kepada pengguna layanan anonimitas yang sangat mendasar secara gratis, Anda hanya perlu mendaftar untuk akun. Namun, layanan ini memang memiliki beberapa batasan yang saya anggap adil untuk harganya (gratis).

 

Anda tidak dapat memilih negara mana yang akan terhubung kecuali untuk Rumania, Australia, dan Swedia. Sebagian besar aplikasi pemblokiran geografis seperti Netflix US, Hulu US, atau iPlayer BBC tidak akan berfungsi kecuali Anda mendaftar untuk akun premium.

 

Di sisi lain, penjelajahan web dasar berfungsi dengan baik dan ada juga perlindungan WebRTC. Bahkan, dengan ekstensi Chrome PureVPN, kecepatan penelusuran yang saya peroleh lebih tinggi dari biasanya, terutama untuk layanan gratis.

 

PureVPN extension

 

Kelebihan

  • Kecepatan penelusuran yang baik
  • Tidak ada kuota bandwidth

Kekurangan

  • Selain penjelajahan web dasar, hampir semua hal lain mengharuskan upgrade premium

 

 

Performa Keseluruhan

Memuaskan

Peringkat Kami

Rated 3 out of 5Rated 3 out of 5Rated 3 out of 5

Harga (IDR)

Gratis

Fitur Utama

  • Langsung terhubung dengan sekali klik
  • Banyak perangkat
  • Tidak ada logging
  • Perlindungan 360°
  • 30+ lokasi global

"Kombinasikan ZenMate dengan plugin Chrome-nya & manfaatkan enkripsi terbaiknya."

 

Selama ekstensi VPN Chrome digunakan, ZenMate cukup bagus. Kecepatannya bagus, ada banyak opsi tambahan dan berbagai hal yang biasanya tidak Anda dapatkan di ekstensi gratis. Namun, semuanya hanya berlangsung selama seminggu.

 

Seperti yang Anda lihat, prinsip ZenMate adalah ‘memancing pengguna’, artinya saat mendaftar Anda secara otomatis memulai layanan premium. Setelah seminggu masa uji coba ini, Anda akan kembali ke model gratis.

 

Memang tidak terlalu buruk, tapi menyebalkan. Bagaimanapun, mereka menawarkan koneksi server yang kuat dan stabil dengan kecepatan cepat, jadi saya tidak banyak mengeluh.

 

ZenMate VPN extension

 

Kelebihan

  • Sangat cepat & stabil
  • Bandwidth tanpa batas

Kekurangan

  • Iklan banner yang mengganggu dalam ekstensi

 

 

Kesimpulan: Haruskah Saya Membeli Ekstensi VPN?

 

Ujung-ujungnya, saya harus menekankan lagi perbedaan utama antara aplikasi VPN dan ekstensi VPN Chrome (atau ekstensi VPN untuk browser apa pun). Aplikasi VPN mengamankan semua traffic jaringan dari perangkat Anda, ekstensi browser hanya mengamankan traffic berbasis browser.

 

Karena sebagian besar perangkat saat ini termasuk laptop, smartphone, dan tablet sering kali menginstal banyak aplikasi yang menggunakan traffic jaringan, hanya mengamankan traffic berbasis browser Anda hampir tidak cukup untuk menjaga identitas tetap anonim.

 

Berikut dua poin utama untuk dipertimbangkan:

 

  1. Untuk sepenuhnya melindungi semua traffic jaringan, Anda memerlukan aplikasi VPN.
  2. Menggunakan plugin gratis atau ekstensi browser artinya Anda kemungkinan membayar dengan privasi Anda.

 

Jika yang Anda cari hanyalah menjelajah secara anonim, mungkin ekstensi browser Chrome cocok untuk Anda. Namun, karena ekstensi VPN terbaik mengharuskan Anda berlangganan layanan untuk menggunakan layanannya, sebaiknya instal aplikasi VPN.