8 Web Hosting Gratis untuk Website Anda di Indonesia

Avatar
Oleh          •   September 08, 2020      Rahasia Periklanan

 

Siapa pun yang ingin membuat website pasti ingin mendapatkan hosting web gratis. Lagipula, tidak ada yang suka membayar untuk sesuatu — bahkan jika Anda tidak tahu apakah website Anda akan menguntungkan atau tidak. Karena itu, layanan gratis adalah satu-satunya solusinya, bukan?

 

Mmm, tepat… dan agak kurang tepat.

 

 

Tak ada salahnya menggunakan web hosting gratis untuk website Anda, dan tentu memiliki keistimewaan sendiri. Tetapi, pasti ada batasannya.

 

Ini adalah cara yang sangat bagus untuk membangun kehadiran internet tanpa mengeluarkan uang di muka. Tetapi, menggunakan web hosting gratis juga dapat mengakibatkan hasil yang tidak menyenangkan untuk website Anda.

 

Cara kerja dalam perusahaan web hosting

 

Setiap kali Anda mengetikkan www.sembarang.com di browser internet atau ponsel, Anda sebenarnya mengirimkan informasi melalui jaringan kabel yang rumit ke komputer fisik, yang tepatnya disebut server, yang berada di lokasi fisik.

 

Kemudian, server itu mengirimkan data yang diperlukan kembali ke komputer atau perangkat seluler Anda, agar dapat menampilkan website yang Anda cari.

 

Membeli server menghabiskan cukup banyak uang. Mengelolanya tidak murah, belum lagi harus menyewa ruangan fisik untuk menyimpan server tersebut, membayar tagihan Penyedia Layanan Internet, listrik, dan sebagainya.

 

Intinya, biaya pemeliharaan server tidak murah, dan itulah alasan perusahaan web hosting yang berkualitas membebankan harga premium atas layanan mereka.

 

Jadi, bagaimana mungkin beberapa perusahaan dapat menyediakan layanan ini secara gratis?

 

Itulah pertanyaan yang tepat.

 

 

Bagaimana perusahaan hosting membuat layanan mereka gratis

 

Perusahaan web hosting perlu mencari cara untuk melunasi tagihan mereka dan tetap menyalakan lampu di rumah. Meski ada banyak strategi dan metode yang dapat digunakan oleh perusahaan agar layanannya tetap gratis, beberapa di antaranya dapat diterima, beberapa tidak etis, dan beberapa lainnya benar-benar menyedihkan.

 

Berikut adalah beberapa hal yang dilakukan sebagian besar perusahaan web hosting gratis untuk membayar pengeluaran mereka.

 

  • Iklan di Website Anda
    Salah satu cara mereka untuk mendapatkan penghasilan sambil memberi Anda layanan gratis adalah dengan memasang iklan di website Anda. Iklan ini dapat berupa iklan milik mereka atau iklan pihak ketiga. Jika Anda memilih web hosting gratis, umumnya, Anda tidak memiliki kendali atas jenis iklan yang akan dipajang di website Anda. Lagipula, tidak ada yang namanya makan siang gratis.
  • Fitur Terbatas
    Hal lain yang dapat dilakukan perusahaan-perusahaan ini, adalah menawarkan fitur yang cukup untuk membuat website Anda berjalan, tetapi tidak cukup untuk benar-benar membuahkan hasil yang layak. Hal tersebut akan memaksa Anda untuk meningkatkan ke layanan berbayar atau membeli fitur tambahan “dengan harga serendah mungkin yang terjangkau oleh siapa pun!”

     

    Misalnya, mereka mungkin membatasi bandwidth website Anda, sehingga website Anda macet ketika melebihi 100 pengunjung. Agar website Anda dapat berjalan lagi, Anda tak punya pilihan selain membeli upgrade, yang otomatis membuat Anda menjadi pelanggan berbayar.

  • Kecepatannya Sangat Rendah
    Situs Anda juga bisa sangat lambat. Lagi pula, Anda tidak membayar apa pun kepada mereka. Mereka tidak berutang kepada Anda untuk mengalokasikan sumber daya ke website Anda. Mereka lebih memilih untuk memberikan sumber daya itu kepada pelanggan mereka yang membayar.
  • Tidak Ada Nama Domain Khusus
    Anda kemungkinan besar tidak akan mendapatkan nama domain khusus juga. Dengan layanan web hosting gratis, kemungkinan besar Anda terbatas pada nama.hostinggratis.com, yang bukan contoh ideal untuk profesionalisme.

 

Tetapi, dengan semua kelemahan ini, layanan web hosting gratis memang memiliki kelebihan. Mereka sangat cocok bagi orang-orang yang baru memulai, untuk sekedar hobi, dan ini cara yang bagus untuk membuat website Anda aktif dan berjalan dalam waktu singkat.

 

Saya sudah cukup banyak mengoceh, jadi mari pelajari poin inti dari seluruh artikel ini.

 

 

8 Web Hosting Gratis Tahun 2020

 

Catatan

Kami menggunakan kurs 1 USD untuk 13.948 IDR untuk semua harga yang tertera.

 

PENYIMPANAN

10GB

SITE BUILDER

Ya

HARGA (IDR)

Rp 8.739 /bln

Fitur Utama

  • Bandwidth 100GB
  • Uptime 99%
  • Dukungan 24/7
  • Kecepatan Server Luar Biasa

“Layanan premium dengan harga yang rendah. Cocok untuk semua tujuan!”

 

Web hosting yang pertama dan paling favorit dengan harga terendah sehingga bisa dianggap gratis adalah Hostinger.

 

Ya, kami tahu daftar ini seharusnya diterapkan pada layanan web hosting gratis, tetapi harga Hostinger hanya Rp 8.739 per bulan, yang bisa dianggap gratis! Apa lagi yang bisa Anda beli seharga Rp 8.739 untuk sebulan pada jaman sekarang ini?

 

Layanan Hostinger adalah yang terbaik, cepat, dan dapat diandalkan, menyaingi beberapa raksasa web hosting di industri ini. Faktanya, kami menjalankan beberapa tes, dan Hostinger benar-benar mengungguli beberapa dari mereka dalam hal kecepatan!

 

Mereka telah membangun 6 pusat data di seluruh dunia untuk memastikan bahwa kecepatan mereka tetap konsisten di mana pun pelanggan Anda berada. Kami sebenarnya telah membuat 3 situs percobaan dengan Hostinger (Singapura, Belanda, dan AS) untuk melihat bagaimana tarifnya secara global, dan semuanya secara konsisten memiliki kecepatan rata-rata kurang dari 180 md!

 

Itu sangat cepat untuk sesuatu yang harganya cuma Rp 8.739 per bulan, bukan?

 

Selain kecepatan, yang menjadikan Hostinger web hosting (nyaris) gratis favorit kami adalah jaminan uptime 99%. Ini meyakinkan kami bahwa website apa pun yang kami putuskan untuk di-host dengan mereka pasti tidak akan mengalami downtime, atau Hostinger akan mengembalikan 5% dari biaya bulanan kepada kami.

 

Dengan fitur yang penuh sesak dan HPanel yang mudah digunakan (versi cPanel milik mereka), Hostinger dengan mudah mengalahkan pesaing lainnya, sambil memberikan perusahaan web hosting premium langkah yang baik atas uang mereka bayarkan. Baca review lengkap kami tentang Hostinger di sini.

 

Apa saja kekurangan di Hostinger?

 

  • Tidak ada domain gratis
  • Tidak ada backup harian
  • Tidak gratis sepenuhnya

 

 

PENYIMPANAN

500MB

SITE BUILDER

Ya

HARGA (IDR)

Gratis

Fitur Utama

  • Bandwidth 500MB
  • AI Writer & Heatmap
  • SSL & SEO Gratis
  • Template Desainer

“Bagus bagi pemula, khususnya dengan website builder mereka yang gratis.”

 

Zyro sesungguhnya adalah buah karya dari Hostinger, dibuat sebagai platform pengembangan situs web kilat bagi para pengguna dengan secuil keahlian pengkodean. Antarmukanya yang mudah digunakan membuatnya menjadi salah satu platform terbaik bagi semua orang untuk membuat situs web pertama secara gratis, asalkan mereka familier dengan antarmuka grafis.

 

Mereka menonjolkan fitur yang cukup memuaskan, menyediakan ruang penyimpanan & bandwidth sebesar 500MB, SSL gratis, dan alat-alat SEO, serta templat yang bagus karya para desainer untuk membuat situs web Anda terlihat unik sebagai milik Anda.

 

Namun, fitur utama yang sesungguhnya tidak terletak pada penawaran mereka, tetapi apa yang bisa mereka lakukan untuk Anda – Zyro memiliki alat-alat yang tepat untuk membuat situs web yang sempurna dan langsung bisa digunakan:

 

  • AI Writer
    Anda cukup memilih beberapa opsi yang ditentukan di awal, mengeklik selanjutnya, dan *simsalabim* Anda mendapatkan seluruh konten yang dibuat untuk Anda dalam beberapa detik saja. Tentunya, kontennya tidak terlalu bagus dan agak generik, tetapi tidak semua orang memiliki akses ke suatu penulis konten. Jadi, ini adalah cara yang tepat untuk membuat konten yang mengisi situs Anda dengan cepat.
  • Galeri Gambar yang Sangat Besar
    Zyro berkolaborasi dengan Unsplash untuk menyediakan bank gambar yang penuh berisi gambar yang indah dan menginspirasi – tanpa dipungut biaya sama sekali untuk menggunakannya!
  • Pembuat Logo & Slogan
    Pemilik bisnis baru mungkin kesusahan memikirkan logo dan slogan mereka, yang kini tidak lagi menjadi masalah karena Zyro dapat membuatnya hanya dengan beberapa kali mengeklik tombol!

 

Kami sejujurnya merasa bahwa Zyro adalah salah satu layanan web hosting gratis terbaik, dan jika Anda merasa bahwa Anda membutuhkan lebih banyak sumber atau layanan, semuanya tersedia hanya dengan mengeklik tombol upgrade yang harganya murah! Kami juga melakukan uji coba situs dengan layanan ini dan menemukan bahwa layanan ini cukup cepat. Baca ulasan lengkap tentang Zyro untuk mengetahui lebih lanjut!

 

Apa saja kekurangan di Zyro?

 

  • Sumber terbatas
  • Fitur kustomisasi terbatas
  • Rencana gratis disertai iklan
  • Ada beberapa bug

 

 

PENYIMPANAN

1GB

SITE BUILDER

Ya

HARGA (IDR)

Gratis

Fitur Utama

  • Bandwidth 10GB
  • 2 Website
  • Iklan Sendiri
  • Subdomain Gratis

“Layanan web hosting luar biasa untuk memulai bisnis pertama Anda, tetapi waspadalah terhadap kemungkinan terjadinya downtime.”

 

Dipersembahkan oleh Hostinger, 000Webhost.com adalah yang berikutnya dalam daftar layanan web hosting gratis terbaik ini.

 

Mereka telah ada selama lebih dari satu dekade, dan mereka telah membuktikan dirinya sebagai salah satu perusahaan web hosting gratis terbaik yang ada bagi orang-orang yang ingin belajar cara membuat website sendiri.

 

000Webhost.com 100% gratis selamanya, jadi Anda tidak perlu khawatir bahwa website Anda akan ditutup setelah jangka waktu tertentu.

 

Untuk layanan web hosting gratis, 000Webhost.com hadir dengan sejumlah fitur yang mengejutkan.

 

Anda diberi ruang penyimpanan 1GB, bandwidth 10GB, website builder gratis, penginstal WordPress otomatis yang akan membantu Anda memulai dalam beberapa menit, dan yang terbaik, 2 website aktif, masing-masing dengan sumber daya khusus masing-masing!

 

Website builder gratis ini mudah digunakan, mudah dipelajari, dan dilengkapi dengan banyak templat untuk membuat website profesional yang tampak keren. Anda bahkan tidak perlu mempelajari kode apa pun.

 

Satu-satunya kekurangan 000Webhost.com adalah bahwa beberapa orang melaporkan downtime yang mengerikan, tapi hei, ini gratis. Anda tidak bisa berharap untuk memiliki kue Anda dan memakannya juga, ‘kan?

 

Secara pribadi, karena 000Webhost.com dipersembahkan oleh Hostinger, saya secara alami lebih suka untuk mendapatkan web hosting dari mereka karena harganya sangat rendah. Namun, jika Anda benar-benar tidak ingin mengeluarkan uang sepeser pun, 000Webhosting.com adalah pilihan yang sangat baik.

 

Apa saja kekurangan di 000Webhost?

 

  • Mungkin beberapa kali mengalami downtime
  • Kecepatan server mungkin agak lambat
  • Tidak ada backup

 

 

PENYIMPANAN

500MB

SITE BUILDER

Ya

HARGA (IDR)

Gratis

Fitur Utama

  • Uptime 99,9%
  • Dukungan 24/7
  • Subdomain Gratis
  • Optimal di Ponsel
  • Site Builder Luar Biasa

“Tersedia dengan website builder luar biasa untuk membuat website yang terlihat profesional.”

 

Wix adalah salah satu dari perusahaan web hosting yang sangat populer, bahkan di antara mereka yang tidak tahu tentang web hosting.

 

Jujur, Wix tidak menawarkan banyak dalam hal fitur gratis. Namun, kekurangan yang mereka miliki dalam hal tersebut, mereka tebus dengan kegunaan.

 

Ketika salah satu teman saya pertama kali mulai bereksperimen dengan membuat website, ia langsung memilih Wix hanya untuk melihat apa yang bisa ia buat dalam waktu terbatas tanpa pengetahuan tentang pengkodean.

 

Yang berhasil ia buat sangat mengesankan, terlihat profesional dan apik. Yang perlu dia lakukan adalah memilih basis dari daftar template Wix yang luar biasa, dan menyesuaikannya dengan idenya menggunakan antarmuka drag-and-drop.

 

Jika Anda mencari web hosting gratis untuk meng-host website kecil, dengan website builder yang dapat dengan mudah menghasilkan website yang bagus, tidak perlu mencari jauh-jauh. Anda bisa cukup menggunakan Wix saja. Baca review lengkap kami tentang Wix di sini.

 

Apa saja kekurangan di Wix?

 

  • Penyimpanan terbatas
  • Bandwidth terbatas
  • Tidak ada akun email gratis
  • Iklan ditampilkan di akun gratis

 

 

PENYIMPANAN

Tanpa Batas

SITE BUILDER

Tidak

HARGA (IDR)

Gratis

Fitur Utama

  • Tidak Ada Iklan
  • Uptime 99%
  • SSL Gratis
  • 10 Akun Email Gratis
  • Bandwidth Tanpa Batas

“Penyimpanan & bandwidth tanpa batas dengan 10 akun email gratis – salah satu layanan gratis yang lebih baik dalam daftar ini.”

 

Meskipun cukup baru dibandingkan dengan pemain lain dalam daftar ini, InfinityFree telah berhasil memberikan pengaruh yang cukup besar di industri ini dengan menawarkan sederet fitur tak terbatas

 

Penginstal skrip Softculous membuat instalasi WordPress sangat mudah, dengan ribuan tema yang Anda inginkan untuk membuat website yang tampak menakjubkan.

 

Selain penampilan, yang cukup mengesankan kami tentang InfinityFree adalah jumlah fitur yang tersedia tanpa memaksa kami untuk menampilkan iklan di website kami.

 

Dengan mereka, Anda akan dapat menikmati penyimpanan tanpa batas, bandwidth tidak terbatas, 10 akun email gratis, dengan uptime 99,9% (saya perhatikan mereka tidak pernah mengatakan apa pun tentang garansi). Apakah saya sudah bilang bahwa semua ini GRATIS tanpa harus menampilkan iklan?

 

Ada juga fakta bahwa mereka menawarkan keamanan SSL gratis, lebih dari 400 database MySQL, subdomain gratis dan PHP7.3 untuk kinerja pemuatan yang lancar, menjadikan InifinityFree pilihan web hosting gratis yang luar biasa.

 

Apa saja kekurangan di InfinityFree?

 

  • Hanya ada dukungan berbasis forum
  • TOS ambigu pada fitur tak terbatas
  • Performa server yang terbatas

 

 

PENYIMPANAN

1GB

SITE BUILDER

Tidak

HARGA (IDR)

Gratis

Fitur Utama

  • Dukungan 24/7
  • Instaler Skrip
  • Gratis 1 Akun Email
  • Gratis 1 Domain
  • Gratis 3 Subdomain

“Dukungan 24/7 tanpa perlu mentoleransi iklan, membuat Awardspace menjadi pilihan gratis yang baik.”

 

Satu hal yang membuat daftar ini sangat sulit disusun adalah jumlah layanan web hosting gratis berkualitas yang tersedia di pasaran. Kualitasnya benar-benar sangat mengejutkan!

 

Kami dengan senang hati menyertakan Awardspace ke dalam daftar ini, dan memang demikian. Akun gratis perusahaan web hosting kecil ini memberi banyak manfaat bagi pengguna untuk terjun ke bisnis pembuatan website.

 

Awardspace menawarkan jenis manfaat yang sama dengan yang dapat ditawarkan oleh web host gratis yang cukup baik, tetapi mereka berhasil meningkatkan kompetisi dengan menawarkan 1 domain gratis dan 3 subdomain gratis, yang secara efektif memungkinkan pengguna mereka hingga 4 website gratis per akun!

 

Dengan penginstal 1-klik mereka, Anda dapat menjalankan WordPress atau Joomla dengan mudah, membuat website Anda siap untuk dilihat dunia dalam hitungan menit.

 

Selain itu, Awardspace juga menyediakan dukungan pelanggan 24/7, bahkan dengan akun gratis. Platform ini juga bebas iklan, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang iklan yang mengganggu di website Anda!

 

Apa saja kekurangan di Awardspace?

 

  • Bandwidth terbatas
  • Pemuatan situs mungkin lambat

 

 

PENYIMPANAN

250MB

SITE BUILDER

Tidak

HARGA (IDR)

Gratis

Fitur Utama

  • Bandwidth 6GB
  • Dukungan 24/7
  • Uptime 99%
  • Instaler Skrip
  • Gratis 3 Akun Email

“Cukup baik untuk website biasa, meski dengan batasan mereka.”

 

Jika Anda hanya ingin membuat website sederhana dan tidak terlalu peduli tentang fitur, Anda tidak akan salah pilih dengan layanan web hosting gratis seperti Freehostia.

 

Layanan ini stabil dengan tingkat uptime 99,9%, mudah digunakan dengan instaler 1-klik (untuk membuat WordPress, Joomla, atau CMS favorit Anda dan bisa tayang dalam waktu singkat), cepat untuk dibuat menggunakan website builder gratis yang dilengkapi dengan templat cantik (sehingga Anda dapat membuat website yang tampak bagus), dan menyediakan 3 akun email gratis.

 

Selain itu, Freehostia memungkinkan Anda meng-host hingga 5 domain dengan 1 akun gratis, jadi itu sangat luar biasa! Yang sedikit mengecewakan, Anda harus membeli nama domain sendiri karena Freehostia tidak menyediakannya.

 

Anda bisa berpesta-pora dengan bandwidth 6GB, ruang penyimpanan 250MB, dan dukungan pelanggan 24/7, sehingga tidak terlalu buruk!

 

Satu-satunya masalah yang saya temukan adalah bahwa sumber daya yang diberikan kepada Anda adalah per akun. Maka, artinya, 5 domain yang Anda host akan berbagi bandwidth 6GB dan penyimpanan 250MB… yang menjadi tak berguna jika Anda meng-host 5 domain.

 

Meski demikian, Freehostia masih sangat bagus untuk layanan gratis. Ingatlah batasannya jika Anda memutuskan untuk menggunakan layanan mereka!

 

Apa saja kekurangan di Freehostia?

 

  • Penyimpanan terbatas
  • Tidak ada domain gratis
  • 5 domain yang berbagi sumber daya

 

 

PENYIMPANAN

10GB

SITE BUILDER

Ya

HARGA (IDR)

Gratis

Fitur Utama

  • Gratis 1 Akun Email
  • Instaler Skrip
  • Dukungan Tiket 24/7
  • Bandwidth Tidak Terukur

“Kecepatan server yang tidak konsisten dengan fitur cukupan, tetapi jangan lupa, ini gratis!”

 

Freehosting adalah layanan web hosting gratis paling favorit kami yang terakhir dalam daftar ini, tetapi layanan mereka cukup layak untuk masuk dalam daftar ini.

 

Mereka cukup jelas tentang apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan oleh akun web hosting gratis mereka, dan mereka tidak malu tentang itu. Mereka akan memberikan web hosting tanpa embel-embel akun gratis, dengan bandwidth yang tidak terukur selama yang diinginkan pengguna, asalkan pengguna tetap menggunakan TOS Freehosting.

 

Sebagai pengguna akun gratis mereka, Anda dapat menikmati penyimpanan 10GB untuk website, bandwidth tidak terukur (seperti yang dibahas sebelumnya), instaler skrip otomatis untuk menghemat waktu instalasi CMS, website builder gratis, dan 1 akun email gratis.

 

Perlu diingat bahwa ketika Anda meng-host dengan Freehosting, yang terbaik adalah tidak melanggar TOS mereka, karena mereka terkenal sering menghapus website tanpa peringatan. Proyek yang telah Anda kerjakan dengan sangat keras mungkin hilang begitu saja jika Anda secara tidak sengaja melanggar ketentuan mereka.

 

Hal lain yang tidak kami sukai dari Freehosting adalah kecepatan servernya yang tidak konsisten, setidaknya dengan akun gratis. Beberapa teman yang menggunakan layanan mereka mengeluhkan kecepatan pemuatan situs mereka sebagai salah satu yang terburuk yang pernah mereka temui.

 

Freehosting memiliki banyak fasilitas, tetapi juga memiliki kekurangan. Selama mengetahui apa saja kelemahannya, Anda dapat terus menikmatinya tanpa ada kendala besar.

 

Apa saja kekurangan di Freehosting?

 

  • Tidak ada SSL gratis
  • Tidak ada domain gratis
  • Kecepatan server tidak konsisten
  • Pelanggaran TOS dapat mengakibatkan penghapusan website

 

 

Kesimpulan: Mana Yang Harus Dipilih?

 

PENYIMPANAN

SITE BUILDER

HARGA /BLN

Hostinger

10GB

Ya

Rp 8.739*

Zyro

500MB

Ya

0

000Webhost

1GB

Ya

0

* Harga berdasarkan tarif langganan 48 bulan.

 

Layanan web hosting gratis memang memiliki kelebihan, saya tidak akan berbohong. Ini sangat cocok bagi orang-orang yang baru memulai dan bereksperimen dengan membuat website untuk bisnisnya, karena mari kita hadapi itu – tak ada yang tidak suka gratisan.

 

Namun, tidak semua yang bagus itu gratis dan tidak semua yang gratis itu bagus. Meski dalam hal ini, beberapa layanan web hosting gratis yang tercantum di sini sebenarnya cukup baik. Bagaimana pun, maksud saya adalah, layanan web hosting gratis memiliki keterbatasan, dan batasan itu di antaranya mungkin berupa iklan di luar kehendak, fitur yang lambat, kecepatan server yang lambat, nama domain yang dipaksakan.

 

Mereka hebat untuk tujuan percobaan, tetapi jika Anda lebih serius dalam menggunakan website, maka layanan gratis tidak akan memadai.

 

Secara pribadi, saya lebih suka memilih layanan berbayar profesional yang punya semua fasilitas web hosting premium dengan harga yang sangat rendah seperti Hostinger. Faktanya, kami memiliki beberapa situs percobaan yang di-host dengan layanan mereka, dan sejauh ini, kami tidak menemukan apa pun selain pujian atas layanan mereka.

 

Kecepatan server sangat cepat secara global, hasil uptime tidak pernah melewati 99%, dan tim pendukung mereka yang dengan senang hati melayani.

 

Antara membayar Rp 8.739 per bulan untuk layanan yang dapat diandalkan atau mendapatkan layanan yang tidak memuaskan secara gratis, saya pasti akan memilih yang pertama, dan langsung menyerah terutama jika saya serius dalam menggunakan website.

 

Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda! Jika Anda memiliki pertanyaan tentang salah satu layanan yang tercantum di sini, silakan mengirimkan email kepada kami!